in

Kemampuan Luffy One Piece dari Haki hingga Buah Iblisnya

Sumber: GGWP

Kemampuan Luffy One Piece – Monkey D. Luffy adalah karakter fiksi dan protagonis dalam serial anime dan manga One Piece karya Eiichiro Oda.

Dia adalah putra kandung dari pemimpin Tentara Revolusioner, Monkey D. Dragon, cucu dari Angkatan Laut terkenal, Monkey D. Garp, anak angkat dari bandit gunung Curly Dadan, dan saudara angkat dari “Tinju Api” Portgas D. Ace dan Sabo.

Tujuan hidupnya adalah menjadi Raja Bajak Laut dengan mencari harta karun legendaris:

One Piece ditinggalkan oleh mantan Raja Bajak Laut, Gol D. Roger. Dia percaya bahwa dengan menjadi Raja Bajak Laut, dia akan menjadi orang paling bebas di seluruh dunia. Dia memakan buah iblis bernama Gomu-Gomu. Buah ini memberinya kekuatan manusia karet. Sebagai pendiri dan kapten Bajak Laut Topi Jerami, dia bukan hanya orang pertama yang membuatnya, tapi juga petarung terkuat di kelompoknya.

Sebagai kapten Bajak Laut Topi Jerami, Monkey D. Luffy memiliki otoritas tertinggi dalam kru dan terkadang bertanggung jawab untuk membuat keputusan penting. Meskipun menjadi anggota termuda dari Generasi Terburuk, Luffy adalah bajak laut yang sangat kuat dengan potensi besar, telah melakukan banyak prestasi yang hampir mustahil yang mengguncang Tiga Kekuatan Besar.

Saat ini, Luffy telah menerima bounty tertinggi di Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dengan harga 3.000.000.000 Berry dan secara resmi mendapatkan gelar “Yonkou” yang selanjutnya menunjukkan kedewasaannya, dan kekuatan serta prestasinya yang terus berkembang sepanjang hidupnya.

Selain memimpin krunya sendiri, Luffy juga memimpin armada yang secara tidak resmi dibentuk oleh kru tujuh bajak laut kuat yang menyebut diri mereka Armada Besar Topi Jerami  yang semuanya bersumpah untuk melayani di bawah Kelompok Topi Jerami sebagai pemimpin mereka, walaupun Luffy secara terbuka menolak untuk memimpin mereka.

Apakah Sobat Grameds sudah mengetahui kemampuan Luffy? Jika Sobat Grameds belum mengetahui kemampuan orang nomor 1 di Bajak Laut Topi Jerami ini, mari simak penjelasannya berikut ini!

Kemampuan Luffy One Piece

kemampuan luffy
sumber: kompas.com

Luffy memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, mampu mengangkat batu besar, menghancurkan batu, menghancurkan baja dengan tangan kosong, mengangkat dan menggeser bola emas padat besar yang diikatkan di lengannya, menghancurkan bangunan. .

Kekuatannya lebih jauh ditunjukkan ketika dia dengan mudah memblokir langkah kaki Donquixote Doflamingo, seorang pria yang sangat kuat yang dua kali lebih tinggi dari Luffy, dengan hanya satu kaki di sudut tanpa tuas.

Dia cukup kuat untuk menghancurkan setengah dari Nuh, sebuah kapal besar seukuran Pulau Manusia Ikan, sambil kehilangan darah dan (seperti yang dicatat oleh Raja Laut) akan melakukannya jika mereka tidak muncul.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Kemampuan Luffy One Piece

Kekuatan fisik dan kelincahan Luffy yang luar biasa adalah hasil dari metode pelatihan ortodoks kakeknya, seperti dilempar ke jurang maut, diikat ke bola, dilempar ke hutan pada malam hari selama masa kanak-kanak serta bertahun-tahun pelatihan yang sangat ketat.

Di lingkungan Gunung Colubo bersama Ace, yang meliputi pertarungan satu sama lain, berburu dan melawan binatang buas, dan menendang untuk melatih keterampilan bertarungnya. Luffy juga mengklaim bahwa ia memiliki pukulan sekuat pistol meskipun masih berusia 7 tahun.

Sifat pertarungan Luffy adalah menyerang dengan meregangkan bagian tubuh. Semua panah selalu dimulai dengan kata “Gomu-gomu” diikuti dengan nama senjata atau meriamnya (misalnya:’Gomu Gomu no Pistol’, ‘Gomu Gomu no Bazooka’, ‘Gomu Gomu no Gatling’, dll).

1. Gear Second

Teknik ini memperlancar peredaran darah namun organ tubuhnya tidak hancur karena sifat karet di tubuhnya. Efek Gear Second adalah meningkatkan kecepatan atau kelincahan. Kata “lempar” juga ditambahkan ke nama gerakan “jet” (contoh: Gomu Gomu no Jet pistol). Saat digabungkan dengan Haki, tinjunya menimbulkan efek ledakan.

2. Gear Third

Teknik memperbesar tulang dengan menggembungkannya seperti balon. Efek dari Gear Third adalah kekuatan serangan meningkat, tetapi kecepatan serangan menurun. Kata “Gigant” juga ditambahkan ke nama gerakan (contoh: Gomu Gomu no Gigant Pistol). Ketika haki ditambahkan, tangannya menjadi hitam dan semakin keras.

3. Gear Four

Teknik memperbesar tubuh hingga seukuran gorila, dengan memasukkan boushaku haki. Kekuatan ini mirip dengan tubuh gorila dengan kekuatan penghancur yang sangat kuat. Dan dengan kekuatan tinju yang bisa dilempar ke udara. (Kekuatan ini muncul di Dressrosa selama pertarungan melawan Shichibukai Donquixote Doflamingo).

4. Gear Fifth

Pengguna akan memiliki tubuh dengan sifat karet. Dia akan bertarung dengan semua imajinasinya dan membuat semua orang tersenyum. “Pejuang Kebebasan” juga dikenal sebagai “NIKA SANG DEWA MATAHARI”. Kebangkitannya akan ditandai dengan peningkatan “kekuatan lengan” dan “kebebasan” di tubuhnya yang lentur. Kekuatannya dianggap sebagai kekuatan paling absurd di dunia.

5. Hybrid

Teknik penggabungan dari Gear Second dan Gear Third. Kata “Shell” ditambahkan dalam nama jurusnya.

Mengulas Kekuatan Buah Iblis Luffy

kemampuan luffy
sumber: kompas.com

Ada Buah Iblis tipe Mythical Zoan yang disebut Hito Hito no Mi model:Nika memungkinkan pengguna untuk memperoleh sifat dan kemampuan Nika.

Pemerintah Dunia sangat tertarik dengan buah ini bahkan menyembunyikan identitasnya dengan mengganti namanya menjadi “Gomu Gomu no Mi” untuk mencegah pihak lain memburu buah tersebut dan mencarinya sendiri sehingga tidak anggota Yonkou dan krunya mereka sepertinya tahu. Saat ini kekuatan Buah Iblis ini dimiliki oleh Monkey D. Luffy.

Dari siluet di penampilan terakhirnya, Nika menyerupai prajurit bertubuh ramping dengan rambut seperti api. Dia tampak mengenakan sesuatu di pahanya.

Menurut legenda yang didengar oleh Who’s-Who, Nika adalah orang yang heroik dan baik hati yang berteman dengan para budak. Dikatakan bahwa suatu hari Nika akan mendatangi para budak untuk membebaskan mereka dari tuan mereka yang menindas dan membuat mereka tersenyum kembali.

Nika telah dihormati sejak zaman kuno oleh para budak yang percaya bahwa dia pada akhirnya akan membebaskan mereka dari penderitaan. Namun, tidak jelas apakah mitos tersebut benar-benar ada.

Who’s-Who, mantan anggota CP9 yang dipenjara karena gagal dalam misinya, mendengar tentang legenda tersebut dari seorang sipir yang tidak disebutkan namanya, kemudian mulai berdoa kepada Nika dengan maksud untuk meringankan rasa sakit, penderitaannya sendiri.

Ketika Who’s-Who menyadari bahwa sipir lah yang memberitahunya tentang legenda Nika yang tiba-tiba menghilang dari misi, dia curiga cerita itu tidak dimaksudkan untuk dibagikan dan bahwa Pemerintah Dunia ada hubungannya dengan sipir. Dia kemudian memutuskan untuk keluar dari penjara untuk menghindari hukuman yang bisa lebih buruk karena mengetahui terlalu banyak.

Who’s-Who bertanya pada Jinbei tentang legenda Nika selama pertarungan mereka untuk menghubungkan manusia ikan dengan perbudakan. Marah dengan spekulasi tentang hubungan antara manusia ikan dan perbudakan, Jinbei memutuskan untuk tidak menanggapi dan malah memberikan pukulan fatal bagi Who’s-Who.

Fakta Menarik Buah Iblis Hito Hito No Mi Model: Nika

  • Meskipun konsep Nika mengacu pada beberapa mitologi dunia nyata, Nika juga merupakan dewa sejati pertama dan satu-satunya di dunia One Piece dengan kekuatan aslinya sendiri.
  • Kredensial dunia nyata Nika meliputi: Konsep Dewa Matahari sangat umum di banyak budaya di dunia nyata. Karena pentingnya matahari bagi kehidupan secara umum, sebagian besar dewa matahari secara umum dikenal sebagai simbol kekuasaan dan kemakmuran.
  • Nika adalah nama lain Nike, dewi kemenangan Yunani.
  • Nama Nika mungkin juga terinspirasi dari Pohon Nika, nama Pohon Beringin di Maladewa. Mereka terkait erat dengan pohon karet.
  • Pohon beringin dikatakan sebagai rumah Kijimuna di Okinawa. Mereka adalah roh anak nakal yang menyerupai penampilan Nika.
  • Menurut Who’s Who, ada hubungan antara Nika yang dikatakan sebagai Dewa Matahari, dan Bajak Laut Matahari, meski tidak jelas apakah memang ada.
  • Secara teknis, Fisher Tiger mungkin cocok dengan deskripsi Nika karena dia membebaskan budak Mariejoa dan merupakan kapten pertama Bajak Laut Matahari.
  • Beberapa budaya di seluruh dunia telah terbukti menyembah matahari atau dewa-dewa yang terkait dengannya: Mousse suku Shandia kuno berkata 400 tahun yang lalu bahwa dia akan “bertemu dengan dewa matahari” setelah pengorbanan.
  • Ular Kashigami yang disembah oleh Shandia, memiliki “Dewa Matahari” sebagai salah satu dari banyak gelarnya.
  • Otohime, mendiang Ratu Pulau Manusia Ikan, sangat mengagumi matahari dan sering menganggapnya sebagai simbol yang harus dicari manusia ikan dan putri duyung.
  • Suku Elbaf merayakan kematian dan kelahiran kembali matahari melalui Festival Titik Balik Matahari Musim Dingin.
  • Kata “Nika” mirip dengan kata bahasa Jepang Latin yang secara kasar dapat diterjemahkan sebagai “senyuman gigi”, merujuk pada sifat Nika yang riang dan nakal.
  • Selama acara radio pada Desember 2021, komedian Jepang Sanma Akashiya, seorang teman Oda, berspekulasi bahwa Nika dapat mengandalkan dirinya sendiri. Oda dengan cepat mengirim pesan kepadanya untuk menangkal hal ini dan mengklaim bahwa Nika akan mengungkapkan wajahnya saat dia muncul lagi, sebuah klaim yang ternyata benar.

Gaya Bertarung Luffy

kemampuan luffy
sumber: kompas.com

Luffy memiliki keterampilan pertarungan tangan kosong yang sangat efektif, dipelajari melalui pertempuran dengan Ace dan Sabo sejak usia dini, bersama dengan kekuatan fisiknya dan keterampilan Gomu Gomu no Mi sebelum menjadi Hito Hito No Mi Model: Nika.

Hal ini memungkinkan dia untuk dengan mudah mengalahkan banyak musuh dan bahkan pasukan di dalam sekejap dan Luffy bahkan menyaingi Rob Lucci, seorang guru Rokushiki yang sangat kuat dalam pertarungan satu lawan satu.

Tidak seperti Zoro atau Sanji, Luffy tidak mengikuti kode kehormatan tertentu dan jika perlu, dia akan menyerang wanita atau hewan, menyerang di bawah pinggang, menyerang musuhnya bahkan jika mereka membelakangi atau jika mereka tidak siap atau tidak curiga, menggunakan musuh sebagai senjata tameng manusia bahkan menggigit lawannya.

 

Dalam pertempuran, Luffy terbukti sangat mahir dalam berimprovisasi dan sering muncul dengan serangan balik yang kreatif dan teknik unik untuk digunakan melawan musuh-musuhnya. Namun, hal ini membuat musuh dan sekutu bertanya-tanya apakah Luffy serius dalam pertempuran, terutama ketika dia muncul dengan gerakan yang canggung dan berlebihan (seperti Crocodile ketika Luffy menjadi Mizu Luffy), mendorong Luffy untuk menjawab bahwa dia selalu serius.

Ketika Luffy bertarung, dia kebanyakan mengandalkan instingnya, yang menariknya, sebagian besar benar. Pada awal arc Arlong Park, setelah digigit, dia berhasil melarikan diri dengan lengannya yang masih utuh dengan meninju kepala Arlong untuk mengendurkan rahangnya untuk menariknya keluar.

Dia memilih Mr 3 asli dari tumpukan lilin yang tampak tidak menyenangkan. Dia juga mengalahkan “Raigo” Enel menggunakan Bola Emas sebagai konduktor, tetapi menurut Oda, dia tidak tahu apa yang dia lakukan dan bertindak berdasarkan insting.

Bahkan sebelum mempelajari Kenbunshoku Haki, Luffy dapat dengan mudah menghindari serangan apapun dengan mempercayai instingnya, seperti yang ditunjukkan dalam pertarungannya melawan Enel dan Rob Lucci.

Keuntungan lain adalah ketidakpastiannya. Karena kepribadiannya yang unik, suka bersenang-senang, siap bertempur, dan fisik muda, lawan-lawannya (dan bahkan sekutu) tertangkap basah oleh taktiknya. Sifat ini memberi kesan pada orang-orang bahwa dia sembrono, bahkan gila, dan membuat orang menebak-nebak.

Selama masa kecilnya, Luffy menjadi mahir dengan staf, saat ia menggunakannya melawan berbagai lawan. Sebagai seorang pemuda, Luffy dapat menggunakan tiang yang patah sebagai gada raksasa sementara untuk menyerang musuh seperti Laboon dan lagi ketika dia menghadapi Laksamana di Marineford.

Di anime, Luffy mampu menangkis serangan pisau dari Grount menggunakan sendok sebagai tonggak pendek yang diimprovisasi. Setelah dua tahun berlatih di Rusukania, kemampuan fisik dan tempur Luffy telah meningkat pesat.

Di Pulau Manusia Ikan, Luffy mampu dengan cepat mengalahkan Vander Decken IX saat terikat. Hody, seorang manusia ikan yang sangat kuat, menggunakan ramuan pada Energi Steroid, dan bahkan mengirimnya terbang di bawah air dengan pukulan yang ditingkatkan Haki.

Bukti lain dari keahliannya adalah mengalahkan Hajrudin, seorang prajurit Elbaf yang perkasa dengan satu pukulan, head-to-head dan mengalahkan Don Chinjao, seorang bajak laut legendaris dan penguasa Hasshoken.

Keahlian Luffy juga meluas ke gulat sumo. Dia bisa dengan mudah menghadapi Urashima, seorang Yokozuna dengan kekuatan luar biasa, dan mengalahkannya dengan satu ayunan lengannya.

Jenis-Jenis Haki yang Sudah Luffy Kuasai

kemampuan luffy
sumber: greenscene

Luffy pertama kali secara tidak sengaja mengaktifkan Haki ketika Luffy berhadapan dengan Duval yang sedang menunggang banteng ganas yang hendak menabrak Luffy. Haki pertama yang digunakan Luffy adalah Haoshoku Haki atau biasa dikenal dengan Haki Conqueror (Haki Raja). Berikut jenis-jenis Haki yang dikuasai Luffy:

1. Kenbunshoku Haki (Pengamatan)

Jenis Haki yang pertama ini merupakan jenis Haki yang mengandalkan indra keenam yang dimiliki manusia. Dengan menggunakan haki ini, seseorang dapat memprediksi pergerakan lawan sebelum menyerang mereka, membuat serangan lebih mudah dihindari.

Meskipun tersembunyi atau sangat jauh sehingga mata kita tidak dapat melihatnya secara alami, kita dapat melihatnya. Tapi dalam 2 tahun Luffy berlatih dengan Rayleigh, sekarang dia bisa menguasai Haki tersebut, kalian bisa melihat kru Luffy dibubarkan untuk pertama kalinya dalam 2 tahun, dia bisa menghindari serangan para pacifista.

Pada level tertinggi Kenbunshoku haki pengguna bahkan dapat melihat sedikit masa depan, contoh pengguna yang dapat mencapai level ini adalah komandan bajak laut manis Big Mom Katakuri dan mungkin juga Shanks bisa melakukannya. Haki ini juga dapat digunakan pada level tertinggi.

2. Busoshoku Haki (Persenjataan)

Jenis Haki ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan pikiran mereka untuk bertindak sebagai perisai terhadap serangan, dan pengguna yang menggunakan Haki jenis ini juga dapat melakukan serangan yang lebih kuat.

Selain mempengaruhi pengguna Buah Iblis tipe logia, pengguna Buah Iblis lainnya juga bisa merasakan efeknya saat menerima serangan dari pengguna Busoshoku Haki. Ini terlihat ketika Luffy menghentikan Doflamingo yang mencoba membunuh Law dengan kakinya.

3. Haoshoku Haki (Raja Penakluk)

Jenis Haki ini juga mampu mematahkan kekuatan pengguna Buah Iblis karena dapat menyentuh tubuh mereka, Haki jenis ini sangat langka dan tidak dapat diperoleh melalui pelatihan karena hanya satu dari sejuta orang yang memilikinya.

Haki ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan kehendak mereka kepada orang lain atau mengancam lawan mereka, siapapun dengan Haki ini memiliki kualitas seorang raja. Dengan Haki ini, pengguna dapat merobohkan banyak orang sekaligus dan membuat mereka pingsan sesaat. Salah satu master dari Haki ini adalah Yonkou Akagami Shanks.

Namun siapa sangka jika Luffy memiliki kemampuan Haki ini, pertama kali secara tidak sengaja dilepaskan saat Battle of Marineford, dia berteriak untuk menghentikan eksekusi Ace, setelah dilatih oleh Rayleigh selama 2 tahun, dia mampu menguasai Haki ini, dan terbukti di Pulau Manusia Ikan ada 50.000 Manusia Ikan yang tidak sadarkan diri saat Luffy menggunakan Haki ini.

Penutup

Demikian ulasan informasi mengenai kemampuan Luffy di serial One Piece. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi One Piece lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Rujukan:

http://patrickjefferson-blog.blogspot.com/2013/07/

https://bekasi.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-124149048/bocoran-one-piece-1046-luffy-dalam-bahaya-tiga-dewa-selain-dewa-matahari-nika-sedang-bersembunyi

Hebat, Inilah Jenis-jenis Haki Yang Sudah Luffy Kuasai Pada Serial One Piece

 

BACA JUGA:

Daftar Nama Buah Iblis One Piece

Kemampuan Zoro dan 15 Fakta Karakternya Dalam Serial One Piece

15 Fakta One Piece Ini Wajib Kamu Ketahui

Biografi Lengkap Eiichiro Oda, Sang Pencipta One Piece

20 Rekomendasi Anime Cowo Ganteng yang akan Membuatmu Jatuh Cinta



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.