in ,

14 Inspirasi Kebaya Wisuda dan Tips Memilih Kebaya

Kebaya Wisuda – Momen wisuda menjadi salah satu hal yang membahagiakan dalam hidup, terutama para mahasiswa dan mahasiswi. Melalui acara wisuda ini menjadikan bukti bahwa dirinya berhasil lulus setelah memperjuangkan pendidikannya di perguruan tinggi. Meskipun momen wisuda dapat dialami beberapa kali karena jenjang pendidikan itu memang harus diraih setinggi-tingginya, tetapi untuk yang baru pertama kali mengalami wisuda, pasti sangat bahagia ketika menjalaninya. Maka dari itu, orang pasti akan selalu ingin tampil maksimal di hari wisuda, terlebih lagi bagi para wisudawati.

Banyak outfit yang dapat dijadikan pilihan untuk merayakan momen istimewa ini, salah satunya adalah menggunakan kebaya. Saat ini, kebaya bukan hanya sekadar pakaian adat saja lho, tetapi juga dapat menjadi simbol keanggunan dan kemenawanan pemakainya, sehingga akan cocok digunakan pada acara wisuda. Lalu, apa saja ya inspirasi kebaya yang dapat dipakai ketika momen istimewa itu datang? Yuk simak ulasan berikut beserta tips memilih kebaya supaya tidak menyesal di waktu kedepannya.

https://id.pinterest.com/

7 Inspirasi Kebaya Wisuda Hijab yang Modern

1. Kebaya Brokat Dipadukan dengan Selendang Bahu

https://id.pinterest.com/

Inspirasi model kebaya wisuda untuk kamu yang berhijab adalah dengan memadukan kebaya brokat dan selendang bahu. Selendang bahu ini nantinya akan menjuntai di salah satu sisi saja. Supaya tidak terlalu nyentrik, kamu dapat memilih warna kebaya yang soft, misalnya coklat susu, pink pastel, hijau sage, dan lainnya.

Untuk bagian bawahan, kamu dapat menggunakan rok batik dengan warna yang agak gelap. Pemakaian high heels juga disarankan supaya tubuh kamu tampak lebih jenjang.

2. Gamis Kebaya Brokat

https://id.pinterest.com/

Apabila kamu tidak mau repot menggunakan rok batik, dapat diakali dengan menggunakan model gamis kebaya brokat. Pada dasarnya, model kebaya ini terlihat seperti terusan yang membentuk rok. Nah, supaya lebih elegan, maka pada bagian lengan dapat kamu tambahkan juntaian kain dengan warna yang sama.

Pilihan warna yang cocok untuk model kebaya ini adalah abu-abu muda, coklat muda, hingga merah maroon. Supaya tubuhmu terlihat jangkung, gunakan high heels ya…

3. Kemeja Kancing Dikombinasikan dengan Jarik Jawa

Untuk kamu yang ingin terlihat anggun dan elegan, dapat memilih model kebaya kancing dan dipadukan dengan jarik jawa. Meskipun biasanya kemeja kancing digunakan di acara pernikahan, tetapi tidak ada salahnya kok jika dipakai pada acara wisuda. Kamu dapat memilih kebaya dengan model panjang dan menutupi panggul, disertai warna yang netral.

Padukan juga dengan warna hijab yang netral supaya tidak terlalu mencolok. Nah, jika sudah tampil cantik seperti itu, kamu dapat menambahkan aksesoris lain berupa kalung mutiara.

Apabila kamu tidak memiliki high heels, maka pump heels juga dapat membuat kakimu terlihat lebih jenjang.

4. Kebaya Brokat Warna Hitam

https://id.pinterest.com/

Kata siapa warna hitam pada kebaya brokat itu nampak aneh? Justru jika dipadukan dengan rok jarik Jawa, kamu akan terlihat lebih keren sekaligus memukau. Untuk warna hijab, akan lebih keren jika menggunakan warna hitam juga.

Berhubung saat ini penggunaan sepatu boots hitam sedang populer, kamu juga dapat menggunakan itu kok. Jadi makin terlihat kekinian ya!

5. Kebaya Brokat dengan Lengan Balon

https://id.pinterest.com/

Kebaya brokat tidak melulu memiliki desain dengan lengan panjang biasa saja, tetapi juga dapat divariasikan pada lengan balon. Namun pada bagian ujungnya, jangan diberikan karet yang terlalu kencang karena nantinya tubuhmu akan terasa gerah.

Jika ingin terlihat elegan, kancing pada kebaya diletakkan di bagian belakang saja supaya bagian depan hanya terdapat brokat dan aksesoris tambahan. Untuk bawahan, kamu dapat menggunakan rok batik yang selaras dengan warna kebaya.

6. Dress Kebaya Brokat

https://id.pinterest.com/

Kebaya brokat ternyata dapat dijadikan model dress lho… Nah, untuk kamu yang berhijab, lebih baik pada ukuran panggul ditambahkan sedikit supaya tidak terlalu ketat. Untuk bagian lengan, kamu dapat menggunakan model lengan balon dengan kain kebaya yang transparan tetapi terdapat kain furing.

Warna yang cocok untuk model kebaya ini adalah abu-abu muda, ungu muda, dan warna-warna soft lainnya. Jika ingin terlihat jenjang, dapat menggunakan high heels atau pump heels sebagai alas kaki ya…

7. Tunik Kebaya Brokat

https://id.pinterest.com/

Jika ingin tampil di acara wisuda dengan kesan sopan, maka dapat memilih inspirasi model kebaya brokat tunik ini. Yap, pada dasarnya tunik adalah pakaian yang didesain secara simple dengan panjang hingga betis. Untuk bagian furing (kain dalaman/inner) dapat berukuran hingga paha, sementara kain kebaya brokat di bagian luar dapat berukuran hingga betis.

Dipadukan dengan rok jarik Jawa juga akan memberikan kesan elegan dan cantik. Pilihlah warna-warna yang kalem alias soft, misalnya pink muda, coklat muda, atau putih tulang. Sebagai alas kaki, gunakan pump heels warna hitam, pasti akan nampak cocok!

7 Inspirasi Kebaya Wisuda yang Simple

Jika sebelumnya membahas tentang beberapa inspirasi kebaya wisuda untuk wisudawati yang berhijab, maka kali ini untuk wisudawati yang tidak memakai hijab. Namun, inspirasi kebaya wisuda berikut juga dapat digunakan oleh mereka yang berhijab kok. Dengan catatan, menambahkan ukuran panjang di bagian lengan ya…

1. Kebaya Brokat Warna Pastel

https://id.pinterest.com/

Saat ini, penggunaan warna-warna pastel yang soft masih digandrungi oleh muda-mudi, baik itu diterapkan di pakaian, sepatu, bahkan hingga cat dinding. Nah, supaya wajahmu terlihat lebih cerah, ada baiknya menggunakan kebaya brokat dengan warna ungu pastel. Kamu bebas menentukan apakah bagian lengannya akan berukuran pendek atau panjang. Jika lengannya berukuran panjang, sebaiknya didesain menggunakan model terkini, misalnya bishop sleeve atau slit sleeve.

Untuk bawahannya, tidak harus kok menggunakan kain batik berwarna coklat. Dapat kamu variasikan dengan warna yang selaras pada kebaya brokatnya.

2. Kebaya Brokat Kutubaru Ala Maudy Ayunda

https://id.pinterest.com/

Masih ingat dengan kebaya warna merah dengan model kutubaru yang dipakai oleh Maudy Ayunda ketika acara wisuda pada tahun 2021 lalu? Nah, kamu juga bisa kok menggunakan kebaya dengan model serupa. Tidak harus berwarna merah menyala seperti milik Maudy Ayunda, tetapi kamu dapat memilih warna lain sesuai favoritmu.

Berhubung kebaya kutubaru itu berasal dari daerah Jawa, maka ada baiknya jika rok yang kamu gunakan adalah berupa jarik Jawa berwarna coklat. Nah, jika sudah begini, kamu pasti akan terlihat cantik dan elegan!

3. Kebaya Brokat Kutubaru Dipadukan dengan Ikatan Selendang di Pinggang

https://id.pinterest.com/

Inspirasi lain untuk model kebaya wisuda adalah kebaya brokat kutubaru yang dipadukan dengan selendang di pinggang. Sekilas memang terlihat seperti kebaya kutubaru yang biasa digunakan para wanita di Bali ketika upacara adat ya… Berhubung acara wisuda itu adalah acara resmi, maka akan lebih baik jika pada bagian lengannya diberikan ukuran panjang.

Untuk bawahannya, gunakan kain batik yang memiliki warna senada dengan kebaya brokatnya. Selendang yang diikat di pinggang itu dapat pula diberi tambahan aksesoris supaya ikatannya tidak terlihat. Ikatan selendang tidak harus diletakkan di sisi sebelah kanan atau kiri, tetapi juga dapat diletakkan di bagian tengah ya…

4. Kebaya Brokat Lengan Pendek Warna Gold

Jika sebelum-sebelumnya, rekomendasi warna kebaya wisuda adalah selalu pastel, maka kali ini kita akan membahas warna gold alias emas. Yap, penggunaan warna gold yang hampir nampak seperti coklat muda ini tetap cocok lho jika digunakan pada kebaya brokat untuk acara wisuda.

Untuk model kebaya yang satu ini adalah berupa rok batik tanpa lengan yang kemudian diberikan kain brokat pada bagian luar. Terlihat simple tetapi nampak menawan dan tetap sopan ya. Pada bagian lengan, dapat disesuaikan ukurannya, apakah akan pendek, tiga per empat, atau panjang.

5. Dress Kebaya Brokat Lengan Terompet

https://id.pinterest.com/

Dress kebaya brokat dengan lengan terompet juga cocok dipakai ketika acara wisuda. Pada bagian lengan, tidak perlu terlalu panjang, kira-kira tiga per empat saja supaya tanganmu nampak jenjang.

Banyak pilihan warna yang dapat digunakan, tetapi jika ingin nampak kalem maka gunakan saja warna-warna pastel.

6. Kebaya Brokat Dikombinasikan dengan Selendang

https://id.pinterest.com/

Kombinasi kebaya brokat dengan selendang yang menjuntai di bagian sisi lengan memang tengah populer akhir-akhir ini. Maka dari itu, tak ada salahnya jika kamu menggunakan model hits yang satu ini. Panjang kebaya dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh, tetapi akan lebih bagus jika seukuran paha dan bagian dalamannya seukuran pinggang saja.

Untuk bawahan, kamu dapat menggunakan rok batik yang memiliki warna selaras dengan kebaya brokat tersebut. Jangan lupa diberi selendang tambahan di bagian sisi kanan atau kiri lengan. Biarkan selendang itu menjuntai ya…

7. Kebaya Brokat Simple dengan Ikat Pinggang Batik

https://id.pinterest.com/

Inspirasi kebaya wisuda yang terakhir adalah kebaya brokat dengan ikat pinggang dari kain batik. Yap, ikat pinggang ini harus memiliki pola yang sama dengan rok bawahannya supaya tampilannya tidak terlalu nyentrik. Supaya kamu nampak elegan, gunakan warna-warna soft misalnya coklat muda sehingga akan cocok jika dipadukan dengan ikat pinggang batik.

Pada bagian lengan, kamu dapat menggunakan kain brokat yang transparan.

4 Tips Memilih Kebaya Untuk Acara Wisuda

Sebelum hendak membeli kebaya brokat baik itu di toko yang sudah dalam bentuk jadi maupun yang didesain bersama penjahit, ada baiknya Grameds harus memperhatikan beberapa tips berikut ya… Supaya tidak menyesal karena salah ukuran, salah warna, atau salah model.

1. Perhatikan Bentuk Tubuh

Pada dasarnya, bentuk tubuh wanita itu beragam lho, ada yang berbentuk apel, piri, hingga jam pasir. Nah, ketahui terlebih dahulu apa bentuk tubuhmu. Caranya dengan menggunakan alat ukur (meteran).

Bentuk Tubuh Apel

Untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh apel, maka dapat menggunakan kebaya dengan motif dan lapisan. Pada warnanya, gunakanlah warna monokrom dengan ukuran lengan penuh atau ¾. Hindari kebaya dengan bawahan yang ketat ya… Jika ingin menggunakan ikat pinggang, lebih baik ditaruh di pinggang.

Bentuk Tubuh Jam Pasir

Untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh jam pasir, gunakan garis leher berbentuk V. Sebenarnya, bentuk tubuh jam pasir ini dapat disebut sebagai bentuk yang proporsional sehingga akan cocok dipadukan dengan desain kebaya apapun. Namun, hindari menggunakan kebaya yang nampak longgar.

Bentuk Tubuh Pir

Ciri khas dari bentuk tubuh berbentuk buah pir adalah bagian pantat dan paha terlihat lebih besar dibandingkan dengan tubuh bagian atas. Trik jitu memilih kebaya untuk bentuk tubuh ini adalah dengan menggunakan kebaya bermotif. Hindari mengenakan bawahan yang terlalu ketat karena akan bagian pantat dan pahamu justru akan terlihat besar.

Bentuk Tubuh Segi Empat

Jika ingin menggunakan rok batik, maka lebih baik pilihlah yang berbentuk A-line. Hindari kebaya yang berbentuk seperti payung atau melebar di bagian bawahnya, karena akan membuat tubuhmu terlihat “tenggelam”.

Bentuk Tubuh Segitiga Terbalik

Bentuk tubuh segitiga terbalik ini justru menjadi tipe tubuh paling atletis, dengan bahu yang lebih lebar dari pinggul. Pilihan kebaya yang tepat untuk bentuk tubuh yang satu ini adalah dengan V-neck supaya dapat menciptakan ilusi bahwa bahu kamu tidaklah lebar. Perhatikan pula kerutan dan motif pada kebayanya.

2. Perhatikan Warna Kebaya

Warna pada kebaya juga berpengaruh lho pada tampilan bentuk tubuhmu nantinya. Lebih baik, sesuaikan warna kebaya dengan warna kulit supaya tidak terlalu nyentrik. Perhatikan tips pilihan warna kebaya sesuai dengan warna kulit berikut ini.

  • Kulit putih: segala macam warna pastel, warna hitam, atau merah maroon.
  • Kulit kuning langsat: warna pink pastel, hitam, pink tua, dan merah maroon.
  • Kulit hitam: warna merah maroon, biru navy, putih tulang, atau cream.
  • Kulit coklat: warna putih tulang, biru pastel, atau kuning pastel.

3. Gunakan Bahan yang Nyaman

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan ketika hendak memilih kebaya untuk acara wisuda adalah bahan kainnya. Ada baiknya memilih kain kebaya yang halus, apalagi dengan adanya brokat. Selain itu, pilihlah dalaman (inner) yang berupa kain berbahan lembut sekaligus menyerap keringat.

4. Aksesoris Pendukung

Aksesoris pendukung menjadi hal terakhir yang harus dipikirkan secara matang sebelum memilih kebaya untuk acara wisuda. Banyak aksesoris pendukung yang dapat digunakan, mulai dari hiasan rambut (bagi yang tidak berhijab), wedges/heels, tas, kalung, ikat pinggang, hingga hijab. Nah, pastikan warna aksesoris tersebut netral dan tidak terlalu mencolok supaya tetap elegan ketika dipadukan dengan kebaya milikmu. Selain itu, pastikan pula aksesoris tersebut mudah dan nyaman ketika digunakan ya…

Nah, itulah beberapa inspirasi kebaya wisuda baik untuk yang berhijab maupun yang simple. Tidak lupa dengan adanya beberapa tips sebelum memilih kebaya, supaya tidak menyesal di hari kedepannya. Apakah Grameds sudah menentukan hendak menggunakan desain kebaya untuk dipakai di acara wisuda?

Sumber:

https://kebayarosi.com/

https://id.pinterest.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum