in ,

61 Kata-Kata Happy Eid Al Fitr yang Bisa Kamu Gunakan

unsplash.com

Kata-Kata Happy Eid Al Fitr – Setiap tahun umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh suka ria dan biasanya dirayakan bersama dengan keluarga dan saudara. Pada Hari Raya tersebut merupakan hari kemenangan setelah satu bulan menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan melawan hawa nafsu. Biasanya, untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri umat muslim mempunyai tradisi bermaaf–maafan agar hati menjadi bersih serta mengucapkan selama lebaran.

Bermaaf–maafan ini merupakan salah satu kebiasaan umum dan berlangsung di Indonesia. Namun, untuk meminta maaf tidak harus bertemu langsung, sehingga dapat dilakukan melalui telepon maupun mengirimkan pesan yang dapat dilakukan melalui sebuah ponsel.

Dahulu ketika ponsel masih menjadi barang mahal dan langka, ucapan tersebut biasanya dituliskan melalui selembar kartu. Akan tetapi, dengan adanya kecanggihan teknologi, maka ucapan Hari Raya Idul Fitri atau Selamat Lebaran cukup dikirim melalui aplikasi pesan. Tidak hanya melalui aplikasi pesan, tradisi zaman dahulu juga masih berjalan, seperti bermaaf–maafan dari rumah satu ke rumah berikutnya.

Adanya ponsel ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk membuat atau menemukan kata-kata yang menarik dan cocok diucapkan saat Hari Raya Idul Fitri. Namun, tidak semua orang pandai dalam merangkai kata–kata indah, sehingga mereka membutuhkan inspirasi untuk membuat ucapan lebaran.

Tidak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang rekomendasi kata-kata happy eid al fitr. Rekomendasi ucapan-ucapan ini bisa kamu kirim ke keluarga atau sanak saudara ketika Idul Fitri tiba.

Rekomendasi Kata-Kata Happy Eid Al Fitr

Pada dasarnya, ada banyak sekali contoh kata-kata happy eid al fitr atau Idul Fitri yang bagus. Berikut ini kata–kata ucapan selamat Idul Fitri, simak yuk grameds:

  1. “Harta yang paling bernilai adalah kesabaran. Rekan yang paling setia adalah amal. Ibadah yang paling indah adalah keikhlasan. Identitas tertinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri.”
  2. “Ya Rabbi, berkahi umur kami hingga Ramadhan di tahun depan. Sucikan hati kami untuk bisa memaafkan saudara kami. Taqaballahu minna wa minkum.”
  3. “Seiring surya berseri indah dipagi penuh hikmat ini, kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata–kata serta tindakan yang tidak berkenan di hati.”
  4. “Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku. Selamat Hari Raya Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin.”
  5. “Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka dengan niat yang tulus dan suci saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.”
  6. “Waktu mengalir deras bagaikan air. Ramadhan yang suci akan segera berakhir. Untuk salah yang pernah kubuat, khilaf yang pernah terucap, pintu maaf selalu kuharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri.”
  7.  “Inilah hari yang penuh kesucian dan kesukacitaan. Hari kemenangan dan hari untuk saling memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin, selamat Hari Raya Idul Fitri.”
  8. “Sebening embun di pagi hari, seputih kapas tanpa biji, seperti itu suasana hati. Berharap selamanya seperti ini dengan pribadi positif sepanjang hari. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.”
  9. “Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga coretan kata ini mampu menjadi jembatan di hari penuh kemenangan. Taqaballahu minna wa minkum. Minal aidin wal faizin.”
  10. “Mawar indah harum mewangi, aromanya menyentuh nurani, pesan ini sebagai pengganti diri, Selamat Hari raya Idul Fitri.”
  11. “Jiwa–jiwa kembali putih seakan terlahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit Ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang hakiki. Selamat Idul Fitri (sesuaikan tahun Islam). Mohon maaf lahir dan batin.”
  12. “Dari dulu terus mencari, meski hati masih sendiri, jangan pernah bersusah hati karena hari ini Idul fitri. Semoga kita yang sendiri bisa saling berbagi, Minal aidzin wal faizin mohon maaf lahir dan batin.”
  13. “Aku tidak memintamu untuk menjadi awan, karena aku takut kamu akan mendung. Aku juga tidak memintamu untuk menjadi bunga, karena aku takut kamu akan layu. Aku hanya memintamu untuk memaafkanku setulus hati. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.”
  14. “Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada kata maaf. Taqabbalallahu minna wa minkum.”
  15. “Sunset Ramadhan beranjak pergi, berganti fajar Syawal di pagi hari, membawa cahaya kedamaian di penghujung Ramadhan, menebar berkah di hari kemenangan. Selamat Idul Fitri. Taqabballahu minna wa minkum. Minal aidin wal faizin.”
    Kata-Kata Happy Eid Al Fitr
  16. “Semoga bulan Ramadhan (tahun Islam) ini, memberikan banyak manfaat untuk kita dan dapat memotivasi kita mengalahkan hawa nafsu serta menuju kemerdekaan dalam Idul Fitri. Terlambat bukan berarti lupa. Selamat Hari Raya Idul Fitri, selamat berlebaran dan berkumpul dengan sanak saudara.”
  17. “Takbir, tahmid, tahlil telah berkumandang. Memecah keheningan malam. Mengantar rasa syukur kepada-Nya. Esok pagi menyambut hari yang fitri. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqabballahu Minna Wa Minkum.”
  18. “Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada perbuatan seindah yang memaafkan, kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran. Selamat hari raya idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin.”
  19. “Sifat sejatinya adalah mengkhotbahkan Allah san Syariah-Nya di dalam jiwa, di dunia nyata, dalam semua gerakan, sepanjang nafas dan langkah, semoga kita berada pada hari kemenangan itu. Selamat untuk Idul Fitri.”
  20. “Selamat Hari Raya Idul Fitri (Tahun Islam). Semoga Allah SWT menjadikan kita semua sebagai hamba–hamba-Nya yang kembali ke fitrah.”
  21. “Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka dan bila ada langkah yang memberikan luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.”
  22. “Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf. Selamat hari raya Idul Fitri.”
  23. “Bila hati penuh dendam akan membuat hati kelam. Bila kata terus menyakiti akan muncul rasa benci. Hilangkan rasa benci dan dendam. Dengan menyambut Hari Raya Idul Fitri. ”
  24. “Sucikan hati dengan dzikir, cerahkan hati dengan pikir, teruslah bersyukur dengan menebar senyuman, dengan kerendahan hati saya mengucapkan selamat lebaran (tahun Islam).”
  25. “Apabila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah memberikan luka, mohon maaf lahir batin, selamat hari raya idul fitri.”
  26. “Berharap malam segera tiba, berganti pagi penuh doa, menyambut lebaran bersama keluarga. Izinkan kami memohon maaf atas segala dosa, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin dari kami sekeluarga.”
  27. “Salah tak bisa dicegah, dendam tak akan menyelesaikan masalah, izinkan aku memohon maaf agar langkah ke depan menjadi mudah. Selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.”
  28. “Kata–kata seindah dzikir teralun bagaikan adzan, berbaris rapi dan shaf. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba. Keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat idul fitri (tahun Islam).”
  29. “Ada tikus makan serabi, dimakannya di pagi hari. Saat semua sudah tersusun rapi, izinkan untuk memohon diri. Sekadar mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.”
  30. “Aku memang bukan matahari yang bisa membuatmu membedakan siang dan malam. Tapi setidaknya cahaya kecilku ini bisa berarti di hari raya ini. Minal aidzin walfaidzin.”
  31. “Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa membasuk jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini. Selamat hari raya idul fitri. Mohon maaf lahir batin.”
  32. “Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Di hari fitri ini mohon maaf lahir serta batin.”
  33. “Taqabbalallahu minna wa minkum shiyaamana washiyaamakum kullu aamiin wa antum fii khoir. Mohon dibukakan pintu maaf yang seluas–luasnya dan semoga kita bisa bertemu dengan Ramadhan di tahun yang akan datang.”
  34. “Mata dapat salah lihat. Kuping dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Di hari yang fitri ini, saya dan keluarga mengucapkan: “ Selamat Hari Raya Idul Fitri (tahun Islam).”
  35. “Selamat idul fitri. Semoga Allah SWT menerima amal kami dan darimu (amal kita semua) dan semoga Allah SWT selalu memberikan kebaikan kepada kita sepanjang tahun dan selamanya.”
  36. “Ramadhan telah berlalu namun kerinduan kepadanya tak juga hilang. Ya Rabb pertemukanlah kami kembali dengan bulan yang penuh dengan pahala.”
  37. “Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka.”
  38. “Di tengah gema takbir, hati tertunduk untuk memohon maaf. Dari lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, tingkah laku yang tidak berkenan serta hati yang berprasangka.”
  39. “Karena keagungan-Mu jua, tercurah hidayah-Mu kepada umma-Mu yang sungguh–sungguh menjalankan ibadah untuk meraih kemenangan Ramadhan suci.”
  40. “Senang memaafkan dengan sesadar–sadarnya. Sadar pula kita sering berbuat khilaf. Selamat hari raya idul fitri (tahun Islam). Mohon untuk kita saling memaafkan. Barakallah.”
    Kata-Kata Happy Eid Al Fitr
  41.  “Senja Ramadhan beranjak pergi, berganti fajar syawal di pagi hari. Membawa cahaya kedamaian di penghujung Ramadhan. Menebar berkah di hari kemenangan.”
  42. “Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Maafkan aku yang pernah melukaimu. Karena hanya maafmu yang dapat menghapus laraku. Minal aidzin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.”
  43. “Jazakumullah khair saudara–sudaraku. Untuk semua pelajaran yang pernah kau berikan. Untuk semangat yang pernah kau tularkan. Untuk ketaatan dan kesabaranmu. Semoga Allah menerima amalan–amalan kita dan mempertemukan kita dengan Ramadhan tahun depan.”
  44. “Tak ada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa. Izinkan saya membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini.”
  45. “Selamat Hari Raya Idul Fitri (tahun Islam) bagi umat muslim yang merayakannya. Dengan berakhirnya bulan suci Ramadhan semoga kita tetap terus berada di jalan-Nya dengan hati yang bersih dan saling memaafkan.”
  46. “Di hari yang fitri ini, mari saling memaafkan setulus hati. Di hari yang fitri ini, semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang lebih baik lagi. Selamat Hari Raya Idul Fitri (tahun Islam).”
  47. “Dalam setiap senyum dan tawa bersama, dalam setiap doa sunyi yang terjawab, dalam setiap kesempatan yang datang padamu, semoga Allah memberkatimu!” Selamat Hari Raya Idul Fitri (tahun Islam). Mohon maaf lahir dan batin.”
  48. “Tak ada untaian kalimat yang bisa menyenangkan hati setiap orang, tak ada kesempurnaan di dunia ini. Tak ada kesalahan yang tak termaafkan karena Dia Sang Pemilik Segalanya juga sangat pemaaf.”
  49. “Semoga ibadah puasa kita serta ibadah lainnya diterima Allah SWT dan semoga kita selalu dalam Ridho Allah.”
  50. “Taqabbalallohu Minna wa Minkum. Selamat Hari Raya Idul Fitri (tahun Islam). Mohon maaf lahir dan batin.”
  51. “Dengan segala kerendahan hati, perkenankan kami sekeluarga menghaturkan “Selamat Menyambut kedatangan Idul Fitri 1 Syawal (tahun Islam).”
  52. “Di beningnya hati ada keruhnya prasangka, di santunnya sapa ada celahnya kata. Mohon maaf lahir dan batin bila itu pernah terasa. Selamat hari raya idul fitri (tahun Islam).”
  53. “Seiring surya berseri indah dipagi penuh hikmat ini, kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan di hati.”
  54. “Ucapan yang paling baik adalah “Allah”, lagu yang paling indah adalah “Adzan”, referensi yang paling lengkap adalah “Al-Qur’an”, senam yang paling sehat adalah “Sholat”, diet yang paling bagus adalah “Puasa”, kebersihan yang menyegarkan adalah “Wudhu”, perbuatan yang paling mulia adalah “Memaafkan”, Selamat Hari Raya Idul Fitri (tahun Islam), Mohon maaf lahir dan batin.”
  55. “Hari ini segalanya terasa indah. Andai semua salah dan khilaf dapat terhapus dengan ikhlas. Selamat idul fitri (tahun Islam). Mohon maaf lahir dan batin.”
  56. “Kata–kata seindah zikir teralun bagaikan azan, berbaris rapi dalam shaf, bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba, keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idul Fitri (tahun Islam).”
  57. “Buka hati dapat cinta, buka buku dapat ilmu, buka hp dapat WA, buka WA dapat ucapan. Selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.”
  58. “Dalam beningnya hati ada secuil benih prasangka. Dalam santunnya ucapan ada kalanya khilaf tak sengaja. Dengan kerendahan hati, mohon dimaafkan segala kesalahan. Selamat lebaran hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.”
  59. “Idul Fitri yang agung, seagung kalimat Thayyibah Seagung Islam yang kaffah, Seagung silaturahim yang mengandung cinta dan kedamaian. Selamat Hari Idul Fitri (tahun Islam), Mohon maaf lahir & batin.”
  60. “Mohon maaf bila ada perkataan saya yang menyakitkan, bila ada tulisan–tulisan saya yang tidak sedap dibaca, bila ada kelakuan saya seperti lupa usia. Semoga kita diizinkan untuk menikmati indahnya Idul Fitri mohon maaf lahir & batin.”
  61. “Jika jemari tak sempat berjabat, jika ada kata membakar lara, menusuk hari semoga pintu maaf bisa terbuka. Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri(tahun Islam), mohon maaf lahir dan batin.”

Kata-Kata Happy Eid Al Fitr

Itulah beberapa kata-kata happy eid al fitr yang bisa diketahui dan kita sampaikan. Bagi Grameds yang akan menyambut hari raya idul fitri, apakah sudah ada rencana akan merangkai kata–kata seperti apa? Jika belum, kalimat di atas bisa buat contoh ya!

Apabila Grameds masih bingung, masih membutuhkan referensi terkait tentang kata–kata menarik saat Idul Fitri, maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah 

BACA JUGA:

  1. Kata-Kata Ucapan Idul Fitri yang Menyentuh Hati nan Indah
  2. 70 Ucapan Selamat Idul Fitri Lengkap
  3. 50+ Ucapan Maaf Lahir Batin Bahasa Indonesia, Jawa, dan Inggris 
  4. 11 Cara Meminta Maaf yang Unik
  5. 20+ Kata Mutiara Pagi Hari Islami, Cocok Dijadikan Motivasi
  6. Kata Mutiara Islami Tentang Cinta dan Jodoh 
  7. Motto Hidup Islami untuk Hidup yang Lebih Tenteram


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda