in

Kumpulan Kata-Kata Gaul dan Artinya: Tren Komunikasi Kekinian

unsplash.com

Kumpulan Kata-Kata Gaul dan Artinya – Setiap tahun pasti ada tren tersendiri di kalangan para kaum muda. Tak terkecuali dalam bertutur kata atau berkomunikasi. Selalu saja ada anak-anak gaul yang kemudian mengenalkan tren kata-kata gaul.

Kata-kata gaul ini menjadi buah kreativitas anak-anak muda, meski kadang terkesan berlebihan atau aneh. Namun, karena kata-kata yang dipakai unik dan menarik, pada akhirnya banyak orang yang ikut memakai kata tersebut. Nah, lalu apa saja kata-kata gaul dan artinya yang perlu Grameds ketahui? Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya, ya!

Kata-Kata Gaul dan Artinya dari Gabungan Dua Kata

Ada banyak kata-kata gaul yang dipakai anak muda. Beberapa mungkin muncul karena kebiasaan juga karena spontanitas. Lama-lama kata-kata gaul semakin merebak dan digunakan di mana-mana. Ada banyak jenis kata gaul yang telah digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Berikut ini adalah contoh dari kata-kata gaul dan artinya yang merupakan gabungan dari dua kata.

1. Gaje atau gak jelas

Kata gaul pertama adalah gaje. Gaje merupakan gabungan dari kata gak jelas. Kata ini biasanya dilontarkan oleh seseorang ketika mereka tidak paham dengan maksud dari orang lain. Atau bisa jadi digunakan ketika ada seseorang yang berperilaku aneh dan tidak sesuai.

2. Bucin atau budak cinta

Kata gaul kedua adalah bucin. Kata ini gabungan dari kata budak cinta. Sebuah kata gaul yang sering kali diberikan kepada para muda mudi yang sedang dimabuk asmara. Bagi mereka yang sedang jatuh cinta dan akan melakukan apapun untuk orang yang dicintainya, mereka akan dijuluki bucin oleh orang lain. Sebab mereka sedang tergila-gila dengan cinta, sehingga muncul istilah budak cinta.

3. Gercep atau gerakan cepat

Kata selanjutnya adalah gercep yang merupakan gabungan dari kata gerakan cepat. Kata ini biasanya akan dipakai ketika ada seseorang yang tanggap dalam melakukan sesuatu. Tanpa menunggu lama, ketika sudah ada sesuatu yang mesti dilakukan, mereka akan segera melakukannya. Orang-orang semacam itulah yang akan dibilang gercep oleh orang lain. Bisa juga diberikan kepada mereka yang melakukan sesuatu lebih cepat dari biasanya.

4. Mager atau males gerak

Kata berikutnya yaitu males gerak atau mager. Kata ini diciptakan untuk para kaum rebahan yang cenderung malas untuk melakukan sesuatu. Karena ada banyak kemudahan yang bisa dilakukan lewat media sosial, seperti membeli sesuatu secara online atau membeli makan melalui delivery order. Maka dari itu, kata mager amat sering disematkan oleh mereka yang sedang malas.

5. Mantul atau mantap betul

Kata gaul dan artinya yang kelima adalah mantul atau mantap betul. Anak-anak muda biasa memakai kata ini untuk memberikan pujian bagi orang lain. Tak hanya anak-anak muda, para orang tua juga kerap memakainya, bahkan kadang dijadikan sebagai lelucon.

6. Japri atau jaringan pribadi

Kata selanjutnya yaitu japri atau jaringan pribadi. Mereka yang memakai kata ini biasanya adalah yang memiliki urusan secara pribadi. Jika ingin dihubungi secara personal melalui media sosial, mereka akan meminta dijapri saja.

7. Pansos atau panjat sosial

Kata gaul ketujuh yaitu pansos atau kepanjangan dari panjat sosial. Kata-kata ini biasa diberikan kepada mereka yang suka mencari perhatian banyak orang melalui media sosial. Baik yang mengupload konten-konten buruk atau sebaliknya.

8. Modus atau modal dusta

Kata selanjutnya yaitu ada modus atau modal dusta. Kata ini akan diberikan kepada mereka yang hanya memberikan dusta atau kebohongan ketika melakukan sesuatu. Modus ini biasa dipakai ketika ada seseorang yang berusaha mendapatkan hati dengan cara tak biasa. Adapun contoh kalimatnya yaitu, “Kamu modus banget sih, pake ngasih-ngasih makanan segala.”

9. Baper atau bawa perasaan

Kesembilan ada kata baper atau bawa perasaan. Kata ini biasanya ditujukan bagi seseorang yang merasa terbawa perasaan saat ada yang memperlakukan mereka dengan cara istimewa atau berbeda dari yang lain. Adapun contoh kalimatnya yaitu, “Jangan baper lo, siapa tahu dia kayak gitu ke cewek lain juga.”

10. Gabut atau gaji buta

Kata selanjutnya yaitu ada gabut yang sudah sangat sering terdengar. Kata gabut akan diberikan kepada mereka yang sedang bersantai-santai saat seharusnya bekerja. Umumnya mereka sedang bosan melakukan rutinitas dan ingin sesuatu yang baru. Sehingga mereka justru malah tidak melakukan apapun. Contoh kalimatnya seperti, “Gabut gue, ngerjain tugas gak kelar-kelar.. jalan-jalan aja yuk.”

11. Jadul atau jaman dulu

Jadul biasa digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang berbau jaman dulu. Contohnya seperti, “Baju lo beli di mana sih? Jadul banget.”

12. Curcol atau curhat colongan

Kata curcol atau curhat colongan ini biasanya dipakai ketika hendak curhat diam-diam kepada seseorang. Namun bisa juga dinyatakan kepada orang yang memang sudah sering diajak curhat. Contoh penggunaannya yaitu, “Gaes, gue mau curcol nih tentang cowok yang deketin gue baru-baru ini”.

Kumpulan Kata-Kata Gaul dan Artinya

Kata-Kata Gaul dan Artinya dari Singkatan Bahasa Inggris

Selain singkatan atau gabungan dari bahasa Indonesia, anak-anak muda juga menciptakan kata-kata gaul dari bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris yang sudah kian banyak menjadi alasan beberapa kata gaul juga memakai bahasa Inggris. Beberapa kata berikut mungkin sudah tidak asing bagi Anda. Apa saja kata gaul yang berasal dari singkatan bahasa Inggris? Berikut daftarnya.

1. Anw atau anyway

Kata ini biasa dipakai dalam bahasa chatting, yang artinya ngomong-ngomong. Contohnya yaitu, “Anw, kenapa dia tiba-tiba mau keluar dari sekolah ya?”

2. BTW atau by the way

Kata BTW yang berasal dari by the way ini juga diartikan sebagai ngomong-ngomong. Adapun contoh kalimatnya, “BTW, kamu udah pernah liat karya anak sebelah belum? ”

3. AKA atau as known as

Kata AKA ini memiliki arti dikenal juga atau alias. Adapun contoh kalimatnya yaitu, “Cowok itu bang jago AKA preman kampus, jadi ya wajar saja kalau banyak yang takut dekat-dekat sama dia.”

4. FYI atau For Your Information

Selanjutnya ada FYI atau for your information. Di media sosial, kata gaul ini banyak dipakai ketika hendak memberikan sebuah informasi. Baik itu informasi terbaru maupun yang sifatnya informasi tambahan. Contoh penggunaannya seperti, “FYI bahwa hari ini bakal ada hal-hal seru di acara perpisahan kelas. Jadi, stay tune ya.”

5. OOTD atau Outfit of the Day

Berikutnya yaitu ada kata gaul OOTD atau outfit of the day. Kata gaul ini biasa dipakai oleh anak-anak hits. Biasanya mereka memakainya ketika mengupload foto berbusana tertentu di sebuah acara atau kegiatan. Captionnya pasti adalah OOTD, yang ingin memberitahukan pada para pembaca tentang outfit yang hari itu mereka pakai. “OOTD, baju tenun kasual dan rok etnik buat kondangan.”

6. OTW atau On The Way

Berikutnya adalah OTW atau on the way. Kata ini sudah sangat sering dipakai. Baik dalam bahasa pesan media sosial ataupun bahasa lisan. Kata ini memiliki arti bahwa seseorang sedang dalam perjalanan. Bahkan saking seringnya dipakai, ada beberapa orang yang akan mengatakan OTW meski sebenarnya ia masih belum dalam perjalanan. Adapun contoh kalimatnya yaitu, “Gue OTW gaes, tungguin ya. Sebentar lagi juga sampai.”

7. Kepo atau Knowing Every Particular Object

Kata ketujuh ada kepo atau knowing every particular object. Kata ini ditujukan kepada orang-orang yang sering bertanya-tanya dan serba ingin tahu. Berikut adalah contoh kalimatnya, “Kamu kok Kepo sih, udah lah cukup aku aja yg tahu.”

8. PAP atau Post a Picture

Selanjutnya ada kata PAP atau post a picture. Kata gaul satu ini sangat sering dipakai terutama di media sosial. Umumnya mereka yang meminta PAP adalah orang-orang terkasih. Namun tak hanya itu saja, banyak yang kemudian meminta PAP untuk membuktikan sesuatu atau mengetahui kejadian di tempat yang tidak bisa mereka datangi. Contoh kalimatnya seperti, “Coba dong PAP-in temen kamu, kayaknya aku kenal deh.”

9. CMIIW atau Correct Me If I’m Wrong

Kata gaul yang sering dipakai selanjutnya yaitu CMIIW atau correct me if I’m wrong. Kalau dalam bahasa Indonesia artinya koreksi jika saya salah. Adapun contoh kalimatnya yaitu, “Menurutku kita nggak harus pergi, karena alasan-alasan yang udah aku sampaikan tadi. Tapi ya CMIIW.”

10. TGIF atau Thank God It’s Friday

Kata gaul selanjutnya adalah TGIF atau Thank God It’s Friday. Biasanya kata ini diartikan sebagai semangat menuju akhir pekan. Mereka akan memakainya untuk menyemangati diri sendiri atau kawan-kawannya supaya tetap semangat sebab weekend sebentar lagi akan tiba. Contoh kalimatnya yaitu, “Planning main ke Jakarta Barat akhirnya terealisasi, TGIF.”

11. LOL atau Laugh of Loud

Kata kesebelas yaitu ada LOL atau laugh of loud yang menyatakan tertawa sangat ngakak. LOL ini biasanya juga disertai dengan emoticon tertawa keras. Adapun contoh kalimatnya, “Teman kamu humoris banget ya, LOL.”

12. GWS atau Get Well Soon

Selanjutnya ada GWS yang merupakan singkatan dari get well soon. Kata ini sering disampaikan kepada mereka yang sedang sakit, dengan harapan bisa segera membaik dan sembuh.

Kumpulan Kata-Kata Gaul dan Artinya

Kata-Kata Gaul yang Pengucapannya Dipersingkat

Selain dua macam kata-kata gaul dan artinya yang sering dipakai di atas, masih ada kata gaul lain yang pengucapannya dipendekkan atau dipersingkat.

Berikut ini adalah bentuk kata gaul yang pengucapan maupun penulisannya disingkat. Selain digunakan dalam percakapan lisan, kata berikut juga banyak digunakan dalam pesan tertulis melalui media sosial. Lalu apa saja sih kata-kata gaul tersebut? Simak daftarnya berikut ini ya.

  1. Cans atau cantik banget
  2. Gans atau ganteng banget
  3. Gils atau gila banget
  4. Goks atau gokil, lucu banget
  5. Leh uga atau boleh juga
  6. Ntaps atau mantap
  7. Halu atau berhalusinasi
  8. Monmaap atau mohon maaf
  9. Yauds atau yaudah
  10. Jamber atau jam berapa

Kata-Kata Gaul Lain dan Artinya yang Juga Banyak Digunakan

Selain kata-kata gaul di atas, masih banyak kata gaul dan artinya lainnya yang juga sering dipakai. Berikut adalah kata-kata gaul lain beserta artinya.

  1. Ngab atau bang, yaitu kata bang yang pengucapan atau penulisannya dibalik. Biasa dipakai untuk memanggil abang-abang yang memang sudah akrab.
  2. Sabi atau bisa, yaitu kata gaul yang suku katanya dibalik.
  3. Kuy, yaitu ajakan yang berasal dari kata yuk yang dibalik.
  4. Woles yaitu kata gaul yang berasal dari bahasa Inggris slow. Di mana artinya lambat atau pelan-pelan.
  5. Santuy yaitu kata gaul plesetan yang berasal dari kata santai.
  6. Tubir atau kata gaul kebalikan dari kata ribut. Biasanya dipakai untuk guyonan ketika hendak mengajak teman ribut namun bercanda saja.
  7. Rempong, yaitu kata gaul yang berarti ribet atau repot. Sering dijulukkan kepada para perempuan yang seringkali ribet saat hendak bepergian atau memilih sesuatu.
  8. YXGK yaitu kependekan dari Ya Kali Gak Kuy, yaitu kata gaul yang berarti penerimaan atas berbagai ajakan.
  9. Bosque, yaitu kata gaul yang penulisannya diplesetkan dari kata bosku. Kata ini sering diucapkan kepada teman akrab yang sedang menyuruh melakukan sesuatu.
  10. Unch yang berarti lucu atau gemas. Biasanya sering diucapkan perempuan ketika melihat hal-hal lucu, baik itu anak kecil maupun benda-benda seperti baju, tas, dan lain-lain.
  11. Receh yaitu kata gaul yang sering disematkan kepada mereka yang gemar tertawa, padahal hal yang ditertawakan tidaklah terlalu lucu bagi teman lainnya.
  12. PHP atau pemberi harapan palsu, yaitu kata gaul yang biasa diberikan pada orang-orang yang memberikan harapan palsu. Biasanya mereka itu hanya menebar janji-janji manis namun kemudian diingkarinya.
  13. Mainstream, yaitu kata gaul dari bahasa Inggris yang akan diucapkan untuk hal-hal yang sudah biasa dilakukan. Sementara kebalikannya, yaitu anti-mainstream akan disampaikan untuk hal-hal yang tidak biasa.
  14. Galau atau sedih sendu, merupakan kata gaul yang menunjukkan rasa sedih atau sendu karena sesuatu.
  15. Unyu, yaitu kata gaul yang biasa diartikan sebagai imut atau lucu. Biasanya digunakan untuk menjuluki diri sendiri atau anak kecil
  16. Kece yaitu kata gaul yang artinya keren.
  17. Garing, yaitu kata gaul yang artinya nggak lucu. Anak-anak tongkrongan biasanya akan mencela teman bercandanya dengan kata ini jika jokes yang dibawa tidaklah lucu alias garing.
  18. Komuk atau kondisi muka, yaitu kata gaul untuk mengomentari raut muka atau wajah seseorang saat mendengar sesuatu.
  19. Manjiw atau mantap jiwa, yaitu kata gaul yang biasa dipakai untuk mengapresiasi seseorang.
  20. Generasi micin, yaitu kata gaul yang disematkan untuk mereka, generasi saat ini yang mana sudah banyak mengkonsumsi micin. Namun sebuatan ini juga berlaku bagi mereka karena lahir setelah tahun 2000.
  21. Kids jaman now yaitu kata gaul yang biasa diberikan kepada anak-anak yang sudah seperti orang dewasa saat ini. Seperti masih kecil sudah menguasai komputer dan HP.

Kumpulan Kata-Kata Gaul dan Artinya

Itulah kumpulan kata-kata gaul dan artinya yang sering dipakai. Tak sedikit anak-anak muda yang memakai kata tersebut dalam percakapan sehari-hari. Umumnya, kata tersebut juga dipakai oleh mereka yang memang sudah akrab satu sama lain. Jika ingin menambah pengetahuan mengenai kata-kata gaul, Grameds bisa mendapatkan buku-bukunya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Badriyah

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda