in

10 Inspirasi Acara Malam Tahun Baru

Inspirasi Acara Malam Tahun Baru – Pada malam tahun baru, selalu identik dengan acara pesta kembang api hingga pesta barbeque atau biasanya disebut dengan acara bakar-bakar.

Namun, tidak seperti malam tahun baru yang sebelum-sebelumnya yang ramai-ramai berkumpul dengan orang banyak. Hal tersebut karena sekarang kita tengah berada dalam kondisi pandemi Covid-19, bahkan saat ini telah ramai diperbincangkan mengenai kemuncul virus varian terbaru yakni Omicron.

Dari adanya kondisi tersebut, tentu mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah saja dan tidak melakukan aktivitas bersama banyak orang.

Walaupun saat ini kita tengah berada dalam kondisi pandemi, lantas tidak membuat perayaan malam tahun baru menjadi terganggu, kok.

Sebab ada berbagai pilihan acara yang dapat kamu lakukan baik secara sendiri maupun bersama keluargamu pada tengah malam tahun baru nanti!

Apa saja ya acara yang dapat kita lakukan saat malam tahun baru nanti selain rutinitas bakar-bakar?

Yuk simak uraian berikut, siapa tahu dapat menjadi inspirasimu besok ketika malam tahun baru!

1. Pesta Barbeque atau Acara Bakar-Bakar

Pesta barbeque atau dalam bahasa lokalnya biasa disebut dengan acara bakar-bakar . Dalam acara ini kita akan menggelar kegiatan berupa membakar berbagai kuliner baik dalam bentuk sate ataupun tidak.

Kuliner yang dipakai dalam acara ini tidak hanya sosis dan daging ayam saja, tetapi juga bisa ditambah dengan aneka ikan, bakso, daging sapi, jagung, atau seafood.

Bahkan saat ini, kuliner olahan sejenis crab stick, chikuwa, dan dumpling keju tengah digandrungi oleh masyarakat sebagai tambahan menu bakar-bakar.

Acara ini tentu saja dapat dilakukan oleh kamu dan keluargamu. Di teras rumah, di balkon, atau di halaman belakang rumahmu.

Untuk resep bumbu bakaran, kamu dapat mengolahnya dengan resep andalanmu sendiri atau melihat di buku resep.

tombol beli buku

2. Movie Time

Pada kondisi pandemi seperti ini, memang kita diwajibkan untuk di rumah saja dan tidak berkumpul bersama banyak orang di luar rumah.

Lalu, bagaimana jika kita ingin merayakan malam pergantian tahun tetapi cuaca saat itu tidak mendukung untuk melakukan bakar-bakar?

Jawabannya adalah dengan movie time atau menonton film!

Kegiatan menonton film sampai pagi dan ditemani dengan aneka camilan dapat menemani malam pergantian tahun baru.

Ada banyak film yang dapat kita tonton saat ini. Bahkan kamu juga dapat rewatch atau menonton ulang sebuah film supaya lebih mendalami kenangan yang ada dalam film tersebut.

Tidak hanya film, kamu juga dapat menonton drama Korea, series Thailand, atau anime favoritmu dalam rangka menghabiskan waktu pada malam pergantian tahun baru tersebut.

Adanya teknologi yang serba canggih ini, kamu dapat memanfaatkan berbagai platform yang menyediakan berbagai film, misalnya Netflix, HBO Go, Disney+ Hotstar, Viu, iQiyi, WeTV, dan lain-lain.

Nah, acara kedua ini dapat menjadi inspirasimu apabila kamu cenderung menyukai waktu sendirian.

tombol beli buku

3. Bermain Game

Bagi Grameds pecinta game, bermain game pada saat malam pergantian tahun  juga dapat menjadi ide yang menarik.

Kamu dapat mengajak teman-temanmu untuk bermain bersama, baik melalui laptop ataupun smartphone.

Bagi anak rantau yang tidak dapat pulang ke kampung halaman, dapat melakukan aktivitas ini dengan bermain game PS4 bersama teman-temanmu seperantauan.

 

tombol beli buku

4. Bermain Truth-or-Dare

Permainan Truth or Dare sampai sekarang masih menjadi favorit banyak orang ketika berkumpul. Permainan ini cukup sederhana dan dapat kamu lakukan bersama keluarga atau teman-temanmu.

Kamu dapat menggunakan botol atau sesuatu yang lain untuk diputar di atas meja. Botol atau alat lainnya tersebut akan menunjuk pada seseorang. Seseorang yang mendapat giliran “ditunjuk” oleh botol tersebut harus menerima tantangan dari yang lain, dapat berupa truth (jujur) atau dare (tantangan).

Apabila kamu mendapat truth, kamu harus menjawab secara jujur atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman atau keluargamu. Namun, apabila kamu mendapatkan dare, kamu harus melakukan apapun tantangan yang diberikan oleh teman-teman atau keluargamu.

 

5. Me Time

Bagi kamu yang suka melakukan kegiatan secara sendirian, tentu saja masih dapat mengikuti perayaan malam pergantian tahun.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan, misalnya membaca buku, membaca komik, atau membaca novel.

Bahkan kamu juga bisa bermalas-malasan di kasur dengan scroll sosial media, mendengarkan lagu, atau membuat konten kreatif ala kamu.

tombol beli buku

6. Pesta Kembang Api

Malam pergantian tahun baru selalu dikaitkan dengan pesta kembang api. Namun, karena saat ini tidak diperbolehkan untuk berkumpul-kumpul dalam pesta kembang api, kita tentu dapat melakukannya bersama keluarga.

Pesta kembang api tersebut juga dapat dinikmati dan menjadi hiburan bagi tetangga-tetanggamu, lho

Apabila kamu ingin melaksanakan acara ini, lihat dulu apakah cuaca pada malam pergantian tersebut hujan atau tidak.

Hati-hati ya saat menghidupkan api dan kembang apinya! Jauhkan dari jangkauan anak, saudara, atau keponakanmu yang masih kecil!

Baca Juga: Kata Bijak Tahun Baru

7. Family Time

Pada saat pandemi Covid-19 ini, kita akan menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga di rumah. Maka dari itu, saat malam pergantian tahun baru besok, kamu dapat melakukan Family Time.

Dalam Family Time kamu dapat bercanda, tertawa, hingga melakukan obrolan secara intens dengan Ayah, Ibu, dan saudaramu.

Kamu juga dapat membicarakan resolusi pada tahun baru dengan keluargamu supaya mereka bisa memberikan sedikit saran dan bantuan supaya kamu dapat mencapai resolusi tersebut.

Ciptakan suasana hangat bersama keluarga ya…

8. Belajar Memasak

Hobi memasak yang Grameds miliki ternyata dapat juga dilakukan saat malam pergantian tahun baru, lho

Kamu dapat mencoba berbagai resep baru dan membiarkan keluarga atau temanmu mencicipi hasil kreasi masakanmu.

Siapa tahu, upaya belajar memasak yang kamu lakukan saat malam pergantian tahun baru tersebut ternyata dapat membuahkan pundi-pundi rezeki pada tahun barunya.

Inspirasi acara tahun baru ini dapat dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki. Ingat bahwa cooking is a basic life skill and not a gender role!

tombol beli buku

9. Mengobrol Secara Virtual

Saat pandemi Covid-19 seperti ini, kita tetap dapat melakukan percakapan intens secara virtual melalui sosial media, baik itu dengan aplikasi Zoom, Google Meet, atau bahkan fitur Video Call dalam aplikasi WhatsApp.

Kamu dapat berbagi kisah, menceritakan hal-hal yang lucu, dan berbicara mengenai resolusi tahun baru tersebut kepada orang terkasihmu, baik itu orang tua, teman-teman, atau pasanganmu.

Apabila kamu ingin obrolannya terasa ramai, undang teman-temanmu secara online untuk bergabung. Namun, usahakan jaringan internetnya lancar ya supaya tidak tersendat-sendat saat mengobrol nanti.

10. Mengadakan Pesta Kecil

Inspirasi acara tahun baru yang terakhir adalah mengadakan pesta kecil-kecilan bersama keluarga atau teman-temanmu.

Dalam pesta tersebut, tidak perlu mewah, yang terpenting adalah kebersamaannya saja. Makanan dan minuman disajikan dalam sebuah meja dan biarkan orang-orang yang berpartisipasi mengambilnya sesuai selera.

Supaya lebih bagus, kamu dapat melangsungkan kegiatan sederhana berupa tukar kado dan bercanda bersama.

Nah itu dia beberapa inspirasi acara yang dapat dilakukan pada malam pergantian tahun baru. Jangan lupa untuk berdoa sebelum melaksanakan acaranya ya.

Baca juga artikel terkait “20 Rekomendasi Kado Ulang Tahun Untuk Pacar” :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum