in

10 Ide Jualan Makanan yang Inovatif dan Kekinian yang Menguntungkan!

pixabay.com

Ide Jualan Makanan – Memulai usaha sendiri dengan mencoba sektor kuliner memang akan menjadi sebuah opsi utama dalam memulai bisnis. Wisata kuliner di Indonesia tak ayal adalah sebuah ladang usaha yang sangat menjanjikan dan cukup menguntungkan dilihat dari sisi peluang bisnis. Masyarakat kita terutama sebagai orang Asia Tenggara yang memiliki keanekaragaman suku, budaya, ras, dan bahkan agama menjadi salah satu faktor penunjang dalam mempengaruhi berbagai macam cita rasa masakan yang entah ada berapa macam jumlahnya.

Makanan-makanan dari berbagai daerah yang sangat banyak di Indonesia membuat kita tidak sulit untuk memilih usaha kuliner apa yang akan kita mulai. Ditambah dengan lidah orang Indonesia yang sangat mudah untuk menerima cita rasa baru dalam mulutnya, sehingga semakin banyak jenis makanan yang bermacam rupa, rasa, bentuk, dan jenisnya.

Peluang bisnis ini sendiri terdengar cukup menjanjikan. Terutama ide jualan makanan kekinian yang biasanya memadukan cita rasa berlatar budaya lokal dan interlokal yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner.

Ide Jualan Makanan Jajanan Pasar

1. Bakso Aci

Ide Jualan Makanan
kompas.com

Masakan khas Bandung menjadi salah satu pilihan untuk memulai bisnis kuliner. Kemasyhuran jajanan bakso aci tidak berkurang. Camilan ini menjadi favorit konsumen Indonesia karena teksturnya yang unik dan rasanya yang enak. Coba jual bakso aci kemasan dropship atau beku.

Bakso biasa dengan bakso aci sama-sama berbentuk bulat dan bertekstur kenyal. Namun, baso aci ini adalah bakso yang dibuat hanya dengan adonan tepung, tanpa daging giling. Bahan utamanya, yaitu tepung kanji, atau orang Sunda menyebutnya aci, sehingga mirip dengan saus cilok yang sering kita lihat.

Perbedaan antara baso aci dengan saus cilok adalah rasa dan cara penyajiannya. Saus cilok adalah saus yang kaya dan berani dibumbui dengan aroma kencur. Ketika melakukan kunjungan ke Garut, maka akan menemukan warung Bakso Aci. Hal ini karena bakso aci menjadi salah satu khas Jawa Barat ini.

Hidangan ini tidak hanya bisa dinikmati di Jawa Barat, tetapi bisa dinikmati di luar Jawa Barat. Hal ini karena bakso aci diproduksi untuk pasar dalam negeri. Banyak pengusaha kuliner dari berbagai daerah yang mulai memasarkan bakso aci ini dengan berbagai inovasi dengan penyajian, rasa, dan kemasan yang unik.

2. Risol Mayo

Ide Jualan Makanan
kompas.com

Risol atau hanya rissole (bahasa Inggris: rissole) adalah kue kering yang diisi dengan daging (biasanya daging cincang) dan sayuran, dibungkus dengan telur dadar, dilapisi dengan remah roti dan telur kocok, lalu digoreng. Hidangan ini juga bisa dipanggang dalam oven dan disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan pembuka ringan.

Untuk isian risol, bisa diisi dengan daging ayam, sapi, udang, ikan, jamur, kentang, wortel, buncis, dan sebagainya. Itu artinya, untuk isian risol, bisa disesuaikan dengan selera.

Adonan omelet dibuat dengan mencampurkan tepung terigu, kuning telur, mentega (margarin), air atau susu. Ada dua jenis risol yang cukup terkenal di Indonesia: risol sayur campur daging goreng dan risol ‘ragout’. Bentuk kue ini adalah persegi panjang seperti amplop. Selain itu, ada juga risol segitiga yang biasanya berisi ragout dan dapat disajikan dengan saus kacang encer, saus cabai botol, dan cabai rawit.

Risol mayo dikenal sebagai jajanan pasar yang sangat enak. Rasanya lembut dan ada rasa manis dari mayonaise. Risol mayonaise biasanya berisi sosis ayam. Hidangan ini, bisa Anda jadikan sebagai ide jualan makanan karena saat makanan ini memiliki campuran cita rasa Indonesia dengan Eropa.

3. Tteokbokki

Ide Jualan Makanan
pixabay.com

Banyaknya yang menyukai industri hiburan Korea juga telah melahirkan tren kuliner baru, sehingga berbagai produk makanan ringan dan makanan Korea semakin populer di kalangan konsumen Indonesia. Tteokbokki merupakan salah satu manisan yang banyak peminatnya. Terlebih, hidangan ini disajikan dengan rasa pedas yang cocok dengan lidah Indonesia.

Tteokbokki terbuat dari tepung beras yang dibalut dengan saus gochujang pedas, jajanan ini sangat cocok disantap sambil menonton drama Korea atau bersantai bersama keluarga. , Hidangan ini juga sudah menyebar ke luar negeri, termasuk Indonesia. Tekstur tteokbokki ditandai dengan rasa saus gochujang yang harum, manis dan pedas. Selain itu, tteokbokki biasanya ditaburi dengan isian telur rebus, irisan daun bawang, dan keju untuk menambah rasa. Jadi, apakah tertarik untuk berbisnis Tteokbokki?

4. Corndog

Ide Jualan Makanan
pixabay.com

Belakangan ini, banyak drama Korea juga menampilkan corn dog dalam pertunjukannya. Oleh karena itu, corn dog menjadi salah satu makanan modern yang paling digemari. Bahan dan cara pembuatannya pun sangat sederhana. Dengan modal minim, Anda bisa memulai bisnis kuliner kecil-kecilan yang menguntungkan.

Corn dog adalah salah satu jajanan khas Korea yang memadukan sosis dan adonan tepung. Corn dog dilapisi lebih lanjut dengan tepung jagung kasar sebelum digoreng. Variasi lainnya adalah corn dog yang dilapisi kentang goreng.

Corn dog hadir dalam berbagai jenis, tidak hanya sosis, tetapi juga isian mozzarella. Anda dapat menggunakan tidak hanya tepung jagung kasar untuk kulit luar, tetapi juga kentang, pasta tumbuk, dan tepung kental. Di Korea, corn dog ditaburi gula bubuk dan ditutup dengan saus.

5. Brownies

Ide Jualan Makanan
pixabay.com

Brownies atau kue coklat adalah makanan yang dipanggang atau dikukus yang dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan menjadi populer di Amerika Serikat dan Kanada pada awal abad ke-20.

Selain biskuit, brownies juga merupakan seni kuliner modern yang masih dicari konsumen hingga saat ini. Apalagi sekarang ini topping yang ada semakin beragam yang membuat brownies semakin digemari. Tidak hanya unik, tapi juga bisa membuat kamu ketagihan.

Brownies adalah kue yang terbuat dari bahan yang mudah didapat dan enak. Brownies dicirikan oleh rasa coklatnya yang kaya dan teksturnya yang lembut. Jika saat ini, Anda sedang mencari ide untuk berjualan kue, brownies bisa menjadi solusi bagi Anda untuk memulai bisnis memasak. Brownies bukan hanya satu jenis, tetapi banyak jenis brownies dan teknik membuatnya.

Bisnis Makanan Sehat

Selain beberapa jajanan pasar yang telah dijelaskan di atas ada beberapa ide jualan makanan yang lain dan juga tak kalah inovatif untuk memulai bisnis berjualan makanan. Ide jualan inovatif lainnya adalah mencoba memulai bisnis makanan sehat, di mana industri kuliner pada zaman sekarang juga tidak hanya memikirkan dari segi cita rasa yang enak saja, tetapi juga dari segi bahan dan gizinya.

Adapun bahan-bahan yang diperhatikan biasanya merupakan bahan-bahan organik yang menyehatkan untuk para konsumennya. Hal ini bukan tanpa alasan karena melihat tingkat obesitas serta kolesterol yang tinggi dari masyarakat, sehingga bisa menjadi inspirasi bagi para pemilik bisnis kuliner ini untuk mengkreasikan makanan-makanan yang lebih sehat dan tentunya lezat serta mengenyangkan.

Mereka yakin ide bisnis makanan sehat juga tak akan kalah bersaing dengan beberapa makanan cepat saji yang beredar di masyarakat terutama untuk kaum rebahan yang ingin banyak makan tapi tidak ingin memiliki badan yang lebar.

Potensi bisnis di bidang ini masih sangat besar, karena pemain yang berbisnis dalam penyediaan makanan sehat masih belum terlalu banyak. Kondisi ini sangat berbeda pada bisnis makanan cepat saji yang pemainnya sudah sangat banyak baik dalam bentuk kedai, ataupun restoran.

Segmen pasar untuk makanan sehat memang tidak sebesar makanan cepat saji, tetapi ada beberapa konsumen yang memiliki kebutuhan yang besar untuk mendapatkan makanan sehat. Oleh sebab itu, biasanya mereka rela untuk mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan makanan sehat dan untuk bisa menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh.

Kalian harus memilih makanan sehat apa yang dijual, jenis makanan harus spesifik seperti salad buah. Oleh sebab itu, kalian harus menentukan kira-kira siapa orang yang mau dan mampu membelinya untuk menentukan segmen pasar.

Setelah menentukan pasar, maka kamu perlu menentukan makanan sehat apa yang ingin dijual. Jika sudah menentukan seperti apa makanan sehat yang ingin dijual, lihat siapa yang ingin menjadi target dari makanan kalian.

Berikut ini ide bisnis dari beberapa makanan sehat yang bisa kamu praktekkan.

1. Catering Diet Sehat

Ide Jualan Makanan
pixabay.com

Diet katering dapat diartikan sebagai usaha makanan yang menyediakan makanan rendah lemak. Idealnya, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, makanlah makanan ini dengan teratur tiga kali sehari dengan makanan biasa Anda. Mengkonsumsi menu makan katering diet dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Wabah virus corona memaksa orang untuk mengurangi aktivitas di luar rumah atau tidak makan di luar sama sekali. Oleh karena itu, katering harian yang sehat adalah cara kreatif untuk sebuah bisnis. Terlebih, makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang dikonsumsi sehari-hari.

Menciptakan makanan diet sehat harus rendah kalori, gula dan garam. hidup sehat dengan tetap menjaga berat badan agar tidak mudah sakit. Perhatikan target pasar mana yang bisa dijangkau oleh diet sehat ini. Alangkah baiknya, untuk pekerja kantoran yang tidak ingin ribet.

2. Makanan Organik

Ide Jualan Makanan
pixabay.com

Makanan organik menjadi sebuah alternatif lain bagi masyarakat yang sangat peduli dengan kebersihan serta kesehatan dan takut memesan makanan dari luar. Makanan organik sendiri sudah dikenal sebagai makanan sehat di Indonesia bahkan sebelum wabah virus corona.

Para perempuan yang mengurus rumah tangga yang lebih sering memasak sendiri adalah target audiens untuk makanan organik. Untuk membantu konsumen, kami menyarankan Anda untuk memilih layanan pengiriman makanan organik yang bisa langsung datang ke rumah Anda dengan menggunakan layanan kurir lewat aplikasi berbayar yang menawarkan jasa pengantaran makanan.

3. Makanan Vegetarian

Ide Jualan Makanan
pixabay.com

Seseorang yang disebut vegetarian adalah seseorang yang tidak makan daging karena alasan kesehatan atau agama. Vegetarian sejati biasanya makan makanan nabati seperti sayuran dan buah-buahan. Untuk mempertahankan gaya hidup ini, vegetarian perlu berhati-hati dengan pola makan mereka. Beberapa makanan yang biasanya berbahan dasar daging bisa diganti dengan bahan lain seperti jamur atau tahu. Vegetarian sering bingung mau makan apa.

Makan daging dapat menyebabkan penyakit, sehingga vegetarian menjadi alternatif bagi sebagian orang. Jadi toko makanan vegetarian juga bisa menjadi solusi untuk ide bisnis makanan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Tidak ada batasan usia untuk vegetarian. Tidak menggunakan daging seperti ayam, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan rasanya. Makanan vegetarian tetap enak dan menyegarkan rasanya, tetapi makanan ini sangat bergizi dan Anda bisa memakannya tanpa khawatir berat badan bertambah.

4. Salad Buah

Ide Jualan Makanan
pixabay.com

Anda bahkan dapat menjual salad buah karena mengandung vitamin untuk perbaikan dan serat untuk kesehatan pencernaan. Membuat salad buah tidaklah terlalu repot, sehingga bisnis sehat ini sangat mudah untuk dijalankan. Hal terpenting dalam bisnis salad buah adalah menemukan pemasok buah yang dapat secara stabil memasok buah berkualitas tinggi dan murah.

Target pasar salad buah sendiri bisa dikatakan dikonsumsi oleh semua kalangan. Selain target pasar, jangan lupa teknik pemasaran yang Anda pilih. Pemasaran yang terencana dengan baik dan dengan strategi periklanan yang tepat juga bisa menjadi faktor kunci keberhasilan bisnis Anda.

Betapapun enak dan sehatnya makanan, akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan strategi pemasaran dan promosi yang tepat, sehingga banyak orang tidak menyadarinya. Akibatnya, penjualan menjadi surut.

Resep salad buah bisa menjadi sajian yang enak dan menyegarkan untuk diketahui karena menjadi favorit keluarga. Resep salad buah bisa Anda buat dengan mudah dimana saja. Selain itu, resep salad buah biasanya menggunakan bahan pelengkap yang mudah ditemukan di dekat Anda, seperti susu kental manis atau yogurt. Resep salad buah ini bisa Anda buat sendiri di rumah dengan cepat dan mudah tanpa harus repot menyiapkan bahan.

5. Gado-Gado Organik Masa Kini

Ide Jualan Makanan
kompas.com

Gado-gado dikenal luas sebagai makanan kesehatan. Namun, tahukah kamu kalau para maniak makanan sehat yang satu ini juga banyak diminati terutama jika bisa dipesan secara daring? Makanan ini adalah salah satu produsen makanan kesehatan yang bisa Anda coba.

Hidangan ini berbeda dari gado-gado biasa. Semua bahan dan sayuran adalah bahan-bahan organik. Meski harganya lebih mahal, permintaan akan makanan ini tetap tinggi. Hal ini dikarenakan gado-gado organik menawarkan manfaat kesehatan dari bahan-bahan organik yang bebas bahan kimia.

Jika ingin menjadikan gado-gado organik sebagai ide jualan makanan, maka kamu perlu menemukan pemasok bahan-bahan organik yang tepat. Selain itu, isian gado-gado harus kreatif agar berbeda dan menarik. Jangan lupa rasa bumbu kacang khas menjadi penentu cita rasa gado-gado.

Kesimpulan

Tubuh membutuhkan nutrisi yang sehat untuk menjaga fungsi organ dan memastikan kinerjanya. Secara umum, jenis makanan yang termasuk dalam kelompok makanan kesehatan mengandung berbagai macam zat gizi. Anda memerlukan pola makan yang sehat (4 sehat 5 sempurna), pola makan yang bersih, dan dengan gizi seimbang.

Diet yang sehat dan seimbang mencakup makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Anda bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda dari lebih dari satu jenis makanan sehat. Bahkan, Anda disarankan untuk mengonsumsi menu yang bervariasi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh Anda.

Ide bisnis berjualan makanan bisa muncul dari mana saja dan kapan saja yang kamu perlukan untuk memulai bisnis hanyalah modal yang cukup menyesuaikan usaha makanan apa yang ingin dibuat dan tidak melulu harus dengan budget yang tinggi.

Memulai usaha kuliner gampang-gampang susah bagi seseorang yang baru mau memulai usaha. Meski begitu, bukan tidak mungkin memulai bisnis makanan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan ditambah dengan akses yang dipermudah lewat aplikasi online untuk memesan makanan dan tidak memerlukan tempat berjualan langsung karena hanya dibutuhkan bisnis makanan yang didaftarkan pada aplikasi tertentu dan kita bisa memulai bisnis kuliner online.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai ide jualan makanan yang ada yang bisa kamu gunakan. Setelah mengetahui beberapa ide jualan makanan di atas, apakah kamu tertarik untuk berbisnis makanan?

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mempelajari mengenai memulai bisnis makanan yang ada di tengah industri kuliner saat ini, kamu bisa mempelajarinya dengan membaca referensi-referensi yang ada di internet maupun buku yang hanya bisa kamu dapatkan di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat ya!

Penulis: Pandu Akram

BACA JUGA:

  1. 15 Ide Usaha Sampingan 
  2. Ide Jualan Online yang Laku Setiap Hari
  3. 20 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend
  4. 15 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan
  5. Ragam Ide dan Peluang Usaha Terbaru 2022 di Era Digital 
  6. 10 Peluang Bisnis Usaha yang Cocok untuk Anak Muda


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda