in

20 Film Zombie Terbaik yang Sayang untuk Mengisi Waktu Luang-Mu!

The New York Times

Film Zombie Terbaik – Grameds, apakah grameds salah satu pencinta film yang memacu adrenalin? Jika kamu pencinta film yang memacu adrenalin pasti kamu sering mencari film bertemakan zombie. Genre film zombie memiliki daya tarik tersendiri karena biasanya digambarkan sebagai mayat hidup atau manusia yang sudah terinfeksi virus.

Biasanya, film zombie ini akan masuk dalam sub genre horor namun tidak jarang juga ada yang bergenre aksi, komedi, fiksi ilmiah, thriller hingga romansa. Meskipun membuat kamu deg degan dan menyeramkan karena ada aksi kejar-kejaran tapi kamu juga pasti bingung dengan ending dari ceritanya.

Jika kamu adalah pencinta film zombie, berikut ini adalah rekomendasi film zombie yang wajib kamu tonton.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik

1. Train To Busan

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Film zombie terbaik yang pertama adalah film zombie buatan Korea Selatan. Film ini disutradarai oleh Yeon Sang Ho dan penulis naskah oleh Park Joo Suk. Film Train To Busan ini berhasil memecahkan rekor sebagai film pertama yang bisa mencapai 10 juta penonton di Korea Selatan pada tahun 2016.

Film ini menceritakan mengenai sebuah kota di Korea Selatan yang secara mengejutkan diserang oleh sekelompok zombie. Pemerintah Korea Selatan langsung menutup kora itu agar virus tidak menyebar ke kota lain.

Train To Busan sendiri ceritanya berpusat pada seorang ayah dan putrinya yang terjebak di sebuah kereta menuju busan dan sudah dipenuhi oleh zombie. Aksi mereka untuk bertahan hidup dijamin membuat kamu sedih dan adrenalin memuncak.

2. Resident Evil

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Jika kamu pencinta film zombie pasti kamu pernah nonton yang satu ini. Film ini bahkan dinobatkan sebagai film zombie terbaik dan fenomenal. Film ini dirilis dengan beberapa sekuel namun masih tetap meraih kesuksesan yang luar biasa.

Resident Evil bercerita tentang seorang wanita bernama Alice dalam menghadapi zombie-zombie untuk bisa bertahan hidup atau melindungi orang lain. Virus ini adalah virus T hasil produksi Umbrella Corps yang menjadi penyebab utama berubahnya manusia dan hewan menjadi seorang zombie.

Film ini menjadi salah satu film zombie yang paling sukses yang diadaptasi dari video game dengan judul yang sama garapan capcom.

3. World War Z

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Film zombie selanjutnya adalah World War Z. Film ini dirilis pada tahun 2013 dan dimainkan oleh aktor terkenal Brad Pitt. Film ini juga merupakan hasil adaptasi dari buku yang memiliki judul yang sama karangan Max brooks.

Brad Pitt di film ini berperan sebagai mantan petugas PBB bernama Gerry Lane yang memiliki tugas untuk menemukan dan menghentikan wabah zombie. Virus ini sudah mengubah manusia berakal menjadi makhluk yang beringas dan kejam serta tidak berperikemanusiaan hanya dalam 12 detik.

The Architecture of Love | Di balik Pena

4. I Am a Hero

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Nah, film yang satu ini adalah film zombie yang berasal dari Jepang. Film I Am a Hero menjadi salah satu film zombie yang ga boleh kamu lewatkan. I Am a Hero rilis pada tahun 2016, film ini disutradarai oleh Shinsuke Sato dan dibintangi oleh kasumi Arimura, Masami Nagasawa dan Yo Oizumi.

Film ini berfokus pada karakter Hideo Suzuki yaitu seorang penulis manga yang kurang beruntung. Saat virus itu mulai menyebar, dia berusaha melindungi dirinya dari orang lain, di situasi yang kacau ini untuk pertama kali dia merasa menjadi pahlawan dalam hidupnya.

5. Shaun of the Dead

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Seperti yang sudah dikatakan di awal bahwa film zombie tidak selalu memiliki genre horor atau thriller namun ada juga yang komedi. Salah satunya adalah film Shaun Of The Dead ini. FIlm ini dirilis pada tahun 2004 dengan unsur komedi yang sangat kental.

Sama seperti film zombie lainnya, film ini menceritakan seseorang bernama shaun yang harus bertahan hidup di tengah serangan zombie, ia juga harus menyelamatkan ibu dan pacarnya.

Namun, yang membuat film ini menjadi komedi adalah tingkah lucu yang berhasil digambarkan oleh sang sutradara Edgar White.

6. Army of the Dead

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Film ini dirilis pada tahun 2021,menceritakan bagaimana jika zombie menjadi outbreak di dunia? Mencari tempat yang aman adalah pilihan yang sangat tepat bukan? Namun hak itu tidak dilakukan oleh sekumpulan tentara bayaran di Army of the Dead.

Ketika wabah zombie ada di Las vegas, ia malah masuk ke kota itu. Tentu hal ini dilakukan karena ada misi yang harus diselesaikan yaitu mengambil uang di brankas sebuah casino di Las Vegas.

Mungkin terdengar gampang karena tentara ini memiliki senjata dan jago di medan perang. Namun, kenyataannya tidak semudah itu. Ternyata di Las Vegas ada spesies zombie baru bernama alpha, spesies ini sangat kuat dan lebih cerdas. Jadi bagaimana kelanjutan para tentara ini?

7. Alive

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Film ini dirilis pada tahun 2020, film ini adalah film zombie garapan Korea Selatan. Menceritakan seseorang yang berusaha bertahan hidup di apartemen yang terisolasi zombie. Pada awalnya, ia menyadari bahwa seisi kota sudah hancur dan ia putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Namun niat itu dia urungkan setelah mengetahui ada orang lain yang selamat. Oh Joon Woo adalah gamer yang akrab dengan perangkat berteknologi tinggi. Di tengah situasi yang sangat genting ini dia masih mencoba untuk menggunakan perangkatnya demi meminta pertolongan.

Sementara itu, Kim Yoo-bin seorang gadis pemberani yang berbekal alat-alat seadanya bertarung untuk melawan zombie yang mencoba menyerangnya.

8. Zombieland

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Film ini dirilis pada tahun 2009 film dan film ini disutradarai oleh Ruben Fleischer dan dia sengaja memasukkan unsur komedi di dalam film ini. Namun ternyata tidak mengurangi ketegangan dari filmnya.

Film ini berkisah mengenai seorang mahasiswa bernama Columbus (Jesse Eisenberg) yang bertahan hidup di tengah serangan zombie. Pada suatu hari, terjadi wabah virus yang misterius dan membuat jutaan orang menjadi zombie. Columbus kemudian bertemu dengan Tallahassee yang juga berhasil bertahan hidup.

Tallahassee kemudian mengajak columbus untuk bertualang mencari orang-orang yang masih hidup sambil membasmi zombie.

9. Train To Busan : Peninsula

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Berbeda dengan film pertama Train To Busan, film ini diperankan oleh aktor Dong Won yang sebelumnya diperankan oleh Gong Yoo. Film ini mengisahkan tentang Dong Won yang merupakan tentara yang kembali ke kota busan untuk menjalani misi memerangi zombie akibat dari peristiwa apokaliptik di wilayah terlantar semenanjung Korea.

10. 28 Days Later

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Film selanjutnya adalah 28 days later. Film ini dirilis pada tahun 2002, Film ini adalah salah satu karya paling sukses dari sutradara Danny Boyle. Film ini menggambarkan kisah Jim seorang kurir yang menemukan kesunyian di London.

Jim kemudian mencari tahu kenapa kota ini begitu sepi dan kemudian bertemu dengan beberapa orang manusia yang selamat.

Namun, ternyata hampir seluruh london sudah terinfeksi virus dan virus itu adalah rabies yang membuat orak manusia bisa dikendalikan oleh rasa lapar. Sosok yang terkena virus ini kemudian menjadi brutal dan memangsa manusia lainnya.

11. 28 Weeks Later

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Film ini adalah sekuel dari film 28 Days Later. Meski memiliki judul yang mirip namun tokoh dan latar waktunya sangat berbeda dari film sebelumnya. Hanya saja keduanya masih memilih London sebagai latar dalam cerita ini. Film ini menunjukkan waktu 28 minggu setelah adanya infeksi virus zombie yang menyebar.

Jalan cerita 29 weeks later ini ketika usaha pemerintah yang sudah mulai bisa mengontrol penyebaran virus zombie. Manusia yang selamat kemudian diamankan ke sebuah tempat penampungan. Namun, menjadi masalah lagi ketika tempat penampungan itu menjadi gaduh karena zombie

12. I Am Legend

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Film ini adalah salah satu film zombie yang dibintangi oleh aktor terkenal hollywood bernama Will Smith. Dalam film ini, Will Smith menjadi satu-satunya survivor bersama anjing setianya.

Pada film ini, digambarkan bahwa para zombie keluar hanya pada malam hari karena mereka takut pada cahaya, sehingga pada siang hari will smith bersama anjingnya keluar untuk mencari makan dan kebutuhan yang bisa digunakan. Selain itu, mereka juga mencoba untuk menghabiskan hari-harinya untuk mencari obat dan vaksin yang bisa melawan virus yang mengerikan ini.

13. Kingdom: Ashin of the North

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Film ini adalah film zombie garapan korea yang rilis pada tahun 2021 kemarin. Film ini adalah film yang mengambil latar invasi Jepang yang telah menghancurkan wilayah selatan Joseon. Sementara itu, masalah baru berkembang di wilayah utara.

Orang-orang Jurchen yang sangat kuat kini mulai berkonsolidasi di bawah perlindungan suku Pajeon yang sangat agresif. Orang-orang Jurchen selama ini dikenal dengan kemampuan bertempur yang luar biasa dan tak terkalahkan.

Saat sang ayah disibukkan dengan agenda mata-mata, Ashin muda berupaya mencari cara memastikan ibunya yang sekarat untuk tetap hidup. Sebelumnya, ia telah tumbuhan yang diduga bisa menyelamatkan hidup sang ibu.

Namun, ayahnya tak percaya dengan hal itu. Terdesak dengan situasi, akhirnya Ashin pergi sendiri untuk mengambil tumbuhan tersebut. Disaat yang sama, orang-orang Seongjeong juga menghadapi ancaman. Hanya dalam sekejap, Ashin kehilangan semua orang yang dikasihi.

14. The odd Family: Zombie on Sale

Film Zombie Terbaik
pinterest.com

Film ini berceritakan tentang seseorang yang memiliki usaha pompa bensin di pedesaan yang damai. Ia dikaruniai tiga anak. Ia berpikir akan menghabiskan sisa hidupnya bersama anak-anaknya di Hawaii karena ketiga anaknya sudah mapan.

Ketika eksperimen ilegal perusahan farmasi tidak sengaja menciptakan zombie, keluarga ini berusaha mengambil keuntungan dengan menjual zombie itu. Namun, ketika sang ayah digigit oleh zombie apakah keluarganya mampu untuk menolongnya?

15. The Wailing

pinterest.com

Film ini mengisahkan tentang kehidupan di desa kecil gokseong di Korea Selatan. Di mana petugas polisi menyelidiki pembunuhan aneh yang disebabkan oleh penyakit misterius. Rekannya pun menyampaikan gosip tentang orang Jepang yang menjadi roh jahat yang bertanggung jawab atas penyakit ini.

Kemudian, petugas polisi ini memutuskan untuk mengunjungi orang Jepang itu bersama rekannya dan seorang pendeta muda yang bisa berbicara bahasa Jepang mereka kemudian menemukan altar dengan kepala kambing dan banyak gambar menakutkan.

Wabah penyakit misterius ini semakin berkembang dan dia harus mencari cara untuk menghentikannya sebelum terlambat.

16. Army of Thieves

pinterest.com

Film ini adalah prekuel dari Army Of The Dead. Dalan prekuel ini, seorang wanita misterius merekrut kasir bank untuk membantu mencuri brankas yang sulit dibobol. Kasir bank itu bernama sebatian yang selalu bermimpi buruk karena wabah zombie di nevada mendominasi berita nasional.

Sebastian direkrut menjadi seorang kru pencurian bersama dengan seorang peretas ahli, pengemudi pelarian dan penembak untuk membobol tiga bank yang memiliki tiga brankas yang dibuat oleh tukang kunci legendaris Hans Wegner.

17. Dead Snow

pinterest.com

Film ini menceritakan tentang mahasiswa kedokteran yang sedang berlibur ke daerah pegunungan salju. Seorang pendaki tak dikenal menceritakan kisah tentara NAZI yang mati di daerah pegunungan ini dan berubah menjadi zombie.

Ternyata, kisah yang diceritakan orang itu merupakan kisah sungguhan. Mereka pun harus melarikan diri dari teror zombie yang siap membunuh.

Film asal Norwegia ini mendapat banyak nominasi di Scream Award tahun 2009, diantaranya adalah adegan kelahi dan mati terbaik, mutilasi paling dikenang terbaik, serta film horor terbaik.

Dead Snow yang digarap oleh sutradara Tommy Wirkola adalah salah satu film zombie terbaik yang pernah ada. Drama, komedi, dan tentunya horor, semua melebur dengan sempurna di tangan Tommy.

18. Life After Beth

pinterest.com

Jika semua film bergenre horor, komedi dan thriller sudah disebutkan, maka film ini adalah film zombie yang bergenre romance. Berkisahkan tentang Zach yang kehilangan kekasihnya akibat digigit ular.

Namun, saat masih diselimuti dengan kesedihan tiba-tiba zach berjumpa kembali dengan kekasihnya. Sayangnya, saat itu sang kekasih sudah menjadi zombie. Bukan hanya menegangkan, tetapi film zombie yang satu ini juga punya cerita yang cukup menyentuh dan mengharu biru.

19. All of Us are Dead

pinterest.com

Nah, kalau yang ini menjadi film yang menghebohkan penggemar thriller bertema zombie. Film ini berceritakan mengenai wabah zombie yang bersumber dari sebuah sekolah di Korea selatan. Uniknya, virus ini kemudian menjangkit seluruh siswa di sekolah itu merupakan hasil buatan dari seorang guru yang tidak terima anaknya menjadi korban bully.

Aksi heroik para karakter siswa untuk menyelamatkan diri dan rekan-rekannya menarik untuk disimak. Apalagi banyak aksi yang menegangkan dan membuat kita sangat penasaran bagaimana ending dari film ini.

20. One Cut of The Dead

pinterest.com

Film yang digarap oleh sutradara Shinichiro Ueda ini memiliki premis cerita yang unik dan menyegarkan, yaitu saat sekelompok kru film dengan seorang sutradara bernama Takayuki sedang mengerjakan film tentang zombie di sebuah gudang yang terbengkalai.

Namun, ternyata mereka tak hanya mengerjakan film tentang zombie, tapi juga terperangkap dalam pecahnya zombie apocalypse disana. Hal yang membuat One Cut of The Dead wajib ditonton adalah teknik pengambilan gambarnya menggunakan teknik one shot yang artinya kamu akan diajak secara terus menerus melihat perpindahan dari adegan ke adegan tanpa adanya potongan. Sebuah teknik yang jarang terjadi di genre film seperti ini.

Nah, grameds itu dia adalah rekomendasi film zombie terbaik yang wajib kamu tonton. Agar lebih seru kamu bisa mengajak orang -orang terdekat kamu untuk nonton bersama kamu. Jadi, apakah rekomendasi film terbaik di atas, ada yang kamu suka?

Jika grameds ingin membaca mengenai buku tentang fiksi atau buku lainnya, maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Film dengan Rating Tertinggi yang Wajib DitontonĀ 
  2. 9 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa
  3. 12 Rekomendasi Film Fantasi Terbaik yang Wajib Kamu Tonton
  4. 37 Rekomendasi Film untuk Remaja dan Anak-Anak Terbaik
  5. 20 Film Action Terbaik yang Wajib Kamu Tonton Setidaknya Sekali Seumur Hidup
  6. Rekomendasi 10 Film Misteri TerbaikĀ