in

8 Rekomendasi Film Detektif Terbaik Cocok Disaksikan di Akhir Pekan

kompas.com

Film Detektif Terbaik – Salah satu genre film atau drama yang banyak diminati adalah genre misteri dan detektif. Pasalnya, ketika menyaksikan film detektif penonton tidak akan bosan sebab akan diajak untuk ikut berpikir siapa sih dalang di balik kasus tersebut dan bagaimana akhir dari kasus tersebut. Selain itu, kebanyakan dari film detektif akan menyajikan beberapa teka-teki yang harus dipecahkan oleh penonton dan membuat penonton merasa ikut berperan dalam kisah tersebut.

Beberapa film detektif memiliki alur kisah yang menarik, menghadirkan plot twist dengan ending yang cukup tak terduga, sehingga membuat para penonton terkagum-kagum ketika menyaksikannya. Untuk mendapatkan kesan tersebut, Grameds bisa menyaksikan salah satu film yang masuk dalam daftar rekomendasi film detektif terbaik di artikel ini.

Rekomendasi Film Detektif Terbaik

1. Gone Girl (2014)

Film Detektif Terbaik
kompas.com

Film detektif terbaik pertama adalah film yang dirilis pada tahun 2014, sebuah film dengan genre thriller psikologis dari Amerika Serikat. Film ini disutradarai oleh David Fincher dan skenario film ditulis oleh Gillian Flynn berdasarkan pada sebuah novel dengan judul yang sama yaitu Gone Girl.

Dibintangi oleh Ben Affleck dan Rosamund Pike, film Gone Girl memiliki latar tempat di timur laut Missouri, alur cerita dari film Gone Girl adalah berkisar pada misteri yang menyelimuti segala peristiwa tentang Nick Dunne (Affleck) yang menjadi tersangka utama dari peristiwa hilangnya Amy sang istri (Pike) secara tiba-tiba.

Film detektif ini mendapatkan penerimaan yang cukup baik dari penonton dan juga kritikus sejak pertama kali ditayangkan bahkan sebelum dirilis secara nasional pada 26 September 2014.

Gone Girl mendapatkan keuntungan lebih dari 368 juta dollar dan menjadi film terlaris yang disutradarai oleh David Fincher. Penampilan Rosamund Pike dalam film ini banyak mendapatkan pujian dan berhasil membuat dirinya mendapatkan beberapa nominasi dari Academy Awards, BAFTA Award, Golden Globe Award dan Screen Actors Guild Awards sebagai aktris terbaik.

Selain pemeran utama yang mendapatkan deretan nominasi dalam penghargaan bergengsi, sutradara dan penulis naskahnya pun juga ikut mendapatkan nominasi bergengsi lainnya.

Film ini bukanlah sekadar film detektif biasa karena memiliki alur cerita yang cukup menarik dan ada banyak plot twistnya!

2. Knives Out (2019)

Film Detektif Terbaik
kompas.com

Film detektif terbaik selanjutnya adalah film yang sempat viral dan jadi bahan pembicaraan di media sosial sejak pertama kali rilis. Film Knives Out rilis pada tahun 2019 dan merupakan film komedi kriminal dari Amerika Serikat.

Knives Out disutradarai dan naskahnya ditulis oleh Rian Johnson dan diproduseri oleh Ram Bergman dan Rian Johnson. Ada banyak aktor dan aktris yang ikut berperan dalam film ini mulai dari Chris Evans hingga Ana de Armas.

Ketika pertama kali ditayangkan pada 7 September 2019 di Festival Film Internasional Toronto, film Knives Out langsung mendapatkan review positif dari para kritikus dan penikmat film.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Film ini berhasil masuk dalam daftar film terpopuler yang menayangkan plot cerita pembunuhan klasik modern. Film ini menceritakan tentang seorang novelis kriminal populer bernama Harlan Thrombey, ia mengundang seluruh anggota keluarganya ke rumah dalam rangka merayakan ulang tahun ke 85.

Akan tetapi, dalam perhelatan tersebut, misteri terjadi ketika sang asisten rumah tangga bernama Fran menemukan Harlan tewas. Kejadian tersebut terjadi di pagi hari dan detektif Benoit Blanc akhirnya dipanggil untuk mencari siapakah pelaku dari pembunuhan Harlan.

3. The Girl on the Train (2016)

Film Detektif Terbaik
kompas.com

Rekomendasi film selanjutnya adalah The Girl on the Train sebauh film drama misteri dari Amerika Serikat yang ditayangkan pada tahun 2016 dan disutradarai oleh Tate Taylor berdasarkan novel yang ditulis oleh Paula Hawkins di tahun 2015 dengan judul yang sama.

Film satu ini dibintangi oleh Rebecca Ferguson, Emily Blunt, Justin Theroux, Luke Evans, Lisa Kudrow dan lainnya. Plot cerita dari film ini adalah mengisahkan seorang janda yang alkoholik dan ia terlibat dalam sebuah kasus investigasi dari orang hilang.

Janda tersebut bernama Rachel Watson (diperankan oleh Emily Blunt), ia menjadi janda setelah bercerai dengan sang suami Tom Watson (diperankan oleh Justin Theroux) usai ia mengetahui bahwa suaminya berselingkuh dengan agen real estate mereka.

Usai bercerai, Rachel kemudian tinggal di sebuah apartemen bersama dengan temannya Cathy dan menghabiskan kesehariannya dengan menggunakan kereta api yang jalurnya melewati rumah lamanya. Selama perjalanan tersebut, ia juga sering menguntit mantan suaminya, Anna dan putri mereka Evie yang baru saja lahir.

Ketika melakukan perjalanan dengan kereta tersebut, Rachel banyak mengamati orang-orang yang melewati jalur tersebut dan kemudian ia terlibat dalam sebuah kasus hilangnya seorang wanita bernama Megan.

Dengan plot cerita yang cukup menarik, film ini mendapatkan review positif dan feedback yang baik dari para kritikus.

4. Enola Holmes 1 & 2 (2020 dan 2022)

Film Detektif Terbaik
kompas.com

Enola Holmes merupakan film detektif terbaik terbaru dengan dua seri satu dan dua di tahun 2020 dan 2022 untuk seri kedua. Film ini merupakan film detektif yang menceritakan tentang adik perempuan dari Sherlock Holmes, detektif ternama dengan jejak karir yang bagus.

Kedua versi film Enola Holmes dibintangi oleh Millie Bobby Brown sebagai pemeran utamanya. Dengan latar tahun 1884, film Enola Holmes mengisahkan perjuangan Enola yang ingin berkarir dan menjadi seorang wanita tanpa perlu mengikuti kebiasaan dan peraturan-peraturan tak tertulis yang ada pada masyarakat.

Mengikuti jejak sang kakak, Enola Holmes memecahkan beberapa kasus. Pada seri pertamanya, Enola memecahkan kasus hilangnya sang ibu secara tiba-tiba. Pada seri pertama pula, Enola Holmes harus berjuang sendirian, sebab ia sebagai wanita remaja dianggap tidak cocok dengan lingkungan masyarakat.

Dengan hilangnya sang ibu, Enola yang tak pernah bertemu dengan kedua kakaknya pun dipaksa untuk tinggal dan sekolah di sebuah asrama wanita untuk mempelajari tata krama.

Enola pada akhirnya memutuskan untuk kabur dan mencari jalan keluar agar dapat bertemua dengan ibunya.

Pada seri kedua dari film Enola Holmes, Enola Holmes yang lebih dewasa memutuskan untuk membuka bisnis detektif wanita. Akan tetapi karena namanya belum cukup terkenal, ia kesulitan mendapatkan klien dan pada akhirnya ia membantu seorang gadis yang kehilangan kakak perempuannya.

Film satu ini adalah film detektif yang cukup ringan dan menyenangkan, meskipun tidak seperti kebanyakan film misteri lain yang telah direkomendasikan, akan tetapi film ini tetap menyenangkan untuk disaksikan pada akhir pekan.

5. Zodiac (2007)

Film Detektif Terbaik
kompas.com

Mengusung genre thriller, crime dan mystery, film Zodiac adalah film yang menceritakan seorang kartunis yang sedang berusaha memecahkan sebuah kasus pembunuhan berantai yang terjadi di San Fransisco, Amerika Serikat.

Film ini dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo dan Robert Downey Jr dan digarap oleh David Fincher sebagai sutradara yang pernah menyutradarai film hollywood terkenal lain seperti The Social Network, Fight Club dan Gone Girl.

Plot cerita dari film Zodiac pun cukup menarik. Seorang kartunis bernama Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) bekerja di San Francisco Chronicles. Pada suatu hari terjadi sebuah kasus pembunuhan oleh pelaku yang menjuluki dirinya dengan nama Zodiac.

Dari kasus tersebut, Robert kemudian berusaha memecahkan setiap kode yang dikirim oleh Zodiac dan ia dibantu oleh seorang reporter bernama Paul Avery (Robert Downey Jr) yang bekerja di tempat yang sama dengan dirinya.

Di setiap aksi pembunuhan Zodiac Killer, ia selalu memberi sebuah petunjuk misterius yang berupa kode yang ia tulis pada sebuah kertas tentang aksi pembunuhan yang akan ia lakukan selanjutnya.

Robert dan Paul kemudian berusaha untuk memecahkan setiap teka-teki dari Zodiac agar tidak terjadi kasus pembunuhan yang lainnya. Di sisi lainnya, seorang detektif bernama David Toschi (Mark Ruffalo) yang ikut mengungkap identitas asli di balik Zodiac.

Film ini diangkat dari sebuah buku dengan judul yang sama karya Robert Graysmith dan menceritakan tentang serangkaian kasus pembunuhan berantai di akhir tahun 1960-an dan di awal tahun 1970-an. Kasus pembunuhan Zodiac ini cukup populer di Amerika Serikat pada tahun tersebut.

6. Shutter Island (2010)

Film Detektif Terbaik
kompas.com

Film Shutter Island merupakan sebuah film yang diadaptasi dari buku dengan judul sama yang ditulis oleh Dennis Lehane dan diperankan oleh Leonardo Dicaprio sebagai pemeran utama dengan nama tokoh Teddy Daniels, seorang marsekal dari Amerika Serikat.

Dengan mengusung genre psikologi thriller dan misteri, plot cerita dari film Shutter Island bermula ketika Teddy dan partner-nya bernama Chuck Aule (Mark Ruffalo) dikirim ke Ashecliffe, sebuah rumah sakit jiwa yang berada di sebuah pulau kecil dengan nama Shutter Island.

Di pulau tersebut, keduanya diminta untuk melakukan investigasi dari kasus hilangnya seorang pasien dengan nama Rachel Solando, ia adalah seorang ibu yang memiliki tiga anak dan membunuh ketiga anaknya dengan menenggelamkannya.

Satu-satunya petunjuk yang dimiliki oleh kedua detektif tersebut adalah pesan misterius yang ditinggalkan oleh Rachel di dalam kamarnya bertuliskan, “The Law of 4: who is 67?”

Namun sayangnya, ketika Teddy dan Chuck sedang berusaha menginvestigasi kasus tersebut, kondisi psikis dari Teddy perlahan memburuk dan ia sering mengalami sakit kepala dan sering memimpikan istrinya yang telah meninggal dunia karena kebakaran.

Teddy rupanya tak hanya memecahkan kasus Rachel saja di Shutter Island, ia di sana juga berusaha mencari pelaku yang tega membunuh istrinya. Tanpa ia sadari dalam perjalanan pencarian tersebut, ia berhadapan langsung dengan kebenaran tentang siapa dirinya sebenarnya dan masa lalu yang telah ia lupakan.

7. Spotlight (2015)

Film Detektif Terbaik
kompas.com

Film Spotlight adalah film drama kriminal yang diangkat dari kisah nyata kasus pelecehan seksual anak yang dilakukan oleh beberapa pastor gereja Katolik Roma yang ada di Boston, Amerika.

Spotlight disutradarai oleh Tom McCarthy dan dirilis pada tahun 2015 yang bercerita tentang perusahaan media dengan nama The Boston Globe. Perusahaan tersebut memiliki sebuah tim dengan nama Spotlight dan tim tersebut terdiri dari 4 pemimpin jurnali dengan Walter Robby Robinson (Michael Keaton) sebagai pemimpin timnya.

Tim ini bekerja secara khusus untuk mengangkat berita yang telah lama tertunda serta diabaikan. Pada mulanya, tim Spotlight berencana untuk meliput sebuah kasus yang dimanipulasi oleh pihak kepolisian.

Akan tetapi ketika rapat, Marty Baron (Liev Schreiber) mengajukan sebuah kasus pelecehan seksual yang dialami oleh anak kecil dan dilakukan oleh pastur. Kasus ini terabaikan dan membuat Baron tertarik untuk menginvestigasinya lebih lanjut.

Dalam proses investigasi liputan tersebut, tim ini menemukan banyak kesulitan untuk mengungkap kebenaran. Pasalnya kasus ini telah lama ditutup secara rahasia oleh pihak gereja besar.

Di hari pertama, Mike Rezendes (Mark Ruffalo) ditugaskan untuk melakukan wawancara pada korban. Akan tetapi Mike menerima banyak penolakan, termasuk dari Garabedian seorang korban yang mengaku telah diancam oleh pihak gereja untuk tidak menyebarkan kasus tersebut.

Karena proses yang cukup alot, direktur perusahaan pun memutuskan untuk menghentikan investigasi kasus dan peliputan tersebut apabila tim Spotlight tidak berhasil menemukan hal menarik. Sehingga peringatan tersebut membuat seluruh anggota tim merasa bersemangat untuk mengupas kasus tersebut.

8. Forgotten (2017)

Film Detektif Terbaik
kompas.com

Setelah beberapa rekomendasi film detektif terbaik dari western, rekomendasi selanjutnya adalah film dari Korea Selatan yang tayang perdana di tahun 2017 lalu dan dibintangi oleh Kang Ha Neul sebagai tokoh utamanya.

Film ini adalah sebuah film yang mengangkat genre misteri thriller dan mengisahkan tentang seorang laki-laki bernama Jin Suk yang memiliki sebuah keluarga bahagia dengan ayah, ibu dan kakak laki-lakinya bernama Yoo Suk (Kim Mu Yeol).

Jin Suk dikisahkan sangat menyayangi serta mengagumi sang kakak. Menurut pandangannya, Yoo Suk adalah seorang kakak sempurna dengan kecerdasan serta bakat yang luar biasa.

Pada suatu hari, keluarganya memutuskan untuk pindah ke sebuah rumah baru dan Jin Suk merasa familiar dengan rumah baru tersebut, walaupun itu adalah momen pertama kali ketika ia masuk dan melihat rumah baru tersebut.

Di rumah itu, pemilik lamanya berpesan pada keluarga Jin Suk untuk tidak membuka sebuah kamar yang berada di sebelah kamar Jin Suk. Lalu keesokan harinya, ketika makan malam bersama, Jin Suk mendengar suara dentuman cukup keras yang berasal dari kamar terlarang tersebut.

Namun anehnya, ayah, ibu dan kakaknya tidak mendengar suara apapun dari kamar tersebut. Malam pun semakin larut dan Jin Suk semakin terganggu dengan suara keras dari kamar tersebut, hingga Yoo Suk mengajak Jin Suk untuk pergi ke luar rumah dan mencari udara segar.

Ketika akan pulang ke rumah, Yoo Suk tiba-tiba diculik oleh sekelompok orang yang menggunakan mobil dan Jin Suk pun bergegas melaporkan kejadian tersebut pada orang tuanya.

Mereka akhirnya menyewa detektif untuk mencari Yoo Suk, tetapi pencarian tersebtu tak membuahkan hasil hingga 19 hari berlalu dan Yoo Suk tiba-tiba kembali ke rumah dengan selamat dan tidak mengingat kejadian penculikan yang menimpanya.

Sejaka Yoo Suk kembali, Jin Suk merasakan ada keanehan pada kakaknya dan ia sering melihat sang kakak pergi di malam buta. Ketika Jin Suk melapor pada sang ibu, kakaknya pun berubah dan terkuaklah fakta di balik identitas orang tua Jin Suk dan kakaknya.

Itulah beberapa rekomendasi film detektif terbaik yang bisa Grameds saksikan di akhir pekan. Ada banyak film yang diadaptasi dari novel, novel-novel tersebut bisa Grameds beli di gramedia.com!

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com selalu menyediakan buku-buku berkualitas, original dan tentunya lengkap. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Film dengan Rating Tertinggi yang Wajib Ditonton 
  2. 9 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa
  3. 12 Rekomendasi Film Fantasi Terbaik yang Wajib Kamu Tonton
  4. 37 Rekomendasi Film untuk Remaja dan Anak-Anak Terbaik
  5. 20 Film Action Terbaik yang Wajib Kamu Tonton Setidaknya Sekali Seumur Hidup
  6. Rekomendasi 10 Film Misteri Terbaik