in

Profil Doyoung TREASURE, Si Dobby Multitalenta di Grup

https://treasuremaker.fandom.com/

Doyoung TREASURE – Agensi ‘Big Three’ dari Korea Selatan yang berhasil menaungi para grup K-Pop ternama, sepertinya memang tak habis-habisnya untuk dibicarakan. Tiga agensi ternama tersebut adalah SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment.

Meskipun dua agensi besar tersebut sekarang ini masih mengalami masalah internal, tetapi tetap saja pamornya tidak akan meredup.

Tak terkecuali, YG Entertainment yang sempat gonjang-ganjing setelah sang CEO, Yang Hyun Suk, ditangkap oleh kepolisian karena dua kasus besarnya yakni terlibat dalam perjudian ilegal dan menutupi kasus penyalahgunaan narkoba oleh mantan artistnya, B.I.

Kasus tersebut terkuak sejak tahun 2020 sehingga menyebabkan kondisi internal di agensi menjadi tidak karuan. Mengingat saat itu, YG Entertainment baru saja mendebutkan sebuah boy group bernama TREASURE yang merupakan hasil dari sebuah survival show bertajuk ‘YG Treasure Box’.

Namun untungnya, kasus yang dialami Yang Hyun Suk itu tidak terlalu memberikan pengaruh besar pada beberapa grup idol K-Pop-nya.

Sejak perilisan acara ‘YG Treasure Box’, banyak penggemar K-Pop sudah memperhatikan bahwa grup junior tersebut akan sukses besar. Terlebih lagi, dengan beberapa member dari TREASURE yang memang sudah dikenal oleh publik akan bakat dan potensinya yang tidak main-main.

Lagipula, siapa yang akan meragukan kemampuan YG Entertainment dalam melatih para trainee-nya hingga dapat di titik ini?

Salah satu member TREASURE termuda yang hingga saat ini masih tetap digandrungi oleh penggemar adalah Doyoung alias Kim Doyoung. Wajahnya yang terlihat imut selalu membuat para penggemar merasa gemas, apalagi saat predebut-nya dahulu dirinya mengenakan behel.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Doyoung TREASURE? Apa saja fakta-fakta menarik dari Doyoung TREASURE? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini supaya Grameds semakin ter-Doyoung-Doyoung!

Biodata dan Profil Doyoung TREASURE

Doyoung TREASURE
https://treasuremaker.fandom.com/
  • Nama Asli: Kim Do Young
  • Nama Panggung: Doyoung
  • Tanggal Lahir: 4 Desember 2003
  • Zodiak: Sagitarius
  • Zodiak China: Domba (Sheep)
  • Tinggi Badan: 176 cm (5’7”)
  • Golongan Darah: B
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Apgujeong High School
  • MBTI: ENTJ
  • Posisi di Grup: Vocalist, Dancer

Perjalanan Karir Doyoung TREASURE

2017: Menjadi Trainee YG Entertainment ‘Silver Boys’

Doyoung TREASURE
https://kprofiles.com/

Sebenarnya, bukan hal baru bagi para penggemar YG Entertainment untuk mengetahui siapa saja para trainee yang sekiranya akan segera didebutkan oleh pihak agensi. Sejak dahulu, memang sudah banyak tersebar informasi akan adanya Silver Boys yang konon katanya adalah line-up asli dari proyek grup baru YG Entertainment. Mengingat para member dari Silver Boys memang sudah diperlihatkan kepada publik di beberapa ajang survival show.

Silver Boys ini adalah sebuah grup yang berisikan 11 trainee dari YG Entertainment. Mereka adalah Jeong Woong, Lee Midam, Lee Byeong Gon, Kim Seunghun, Choi Hyunsuk, Choi Raseung, Noa Kazama, Park Jihoon, Kim Junkyu, Bang Yedam, dan Kim Doyoung. Mereka diperlihatkan kepada publik melalui beberapa ajang survival show seperti ‘Stray Kids’ dan ‘MIXNINE’ pada tahun 2017.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Pada ajang survival show ‘Stray Kids’, tujuh member Silver Boys, salah satunya adalah Doyoung, muncul pada episode 6 yakni dimana mereka bertanding dengan kesembilan trainee JYP Entertainment yang sekarang telah debut dalam Stray Kids.

Sementara itu, beberapa diantaranya yakni Choi Hyunsuk, Lee Byounggon, dan Kim Junkyu, berpartisipasi dalam ajang MIXNINE. Sayangnya, sebelas trainee Silver Boys itu tidak dapat debut bersama.

Doyoung TREASURE memang sejak dahulu sudah mendapatkan perhatian oleh penggemar, sekalipun dirinya masih dalam Silver Boys yang notabenenya seorang trainee. Di usianya yang cukup muda, Doyoung berhasil bertahan menjadi trainee di YG Entertainment yang tentu saja latihannya tidak main-main.

Pada episode ke-6 di acara ‘Stray Kids’ tersebut, Doyoung tidak menampilkan apapun bersama Kim Junkyu. Hanya saja, ketika dirinya diajak ngobrol oleh Park Jin Young, produser JYP Entertainment itu terkejut mengetahui usia Doyoung saat itu adalah 12 tahun! Usia yang sangat belia untuk menjadi seorang trainee di sebuah agensi besar dan ternama.

2018: Berpartisipasi Pada Survival Show ‘YG Treasure Box’

Doyoung TREASURE
https://www.soompi.com/

Setelah ajang survival show MIXNINE mengalami masalah internal pada hal kontrak, membuat beberapa trainee YG Entertainment batal debut. Alhasil, YG Entertainment pun mengusung sebuah acara survival show bertajuk YG Treasure Box dengan mendatangkan peserta trainee YG dari Korea Selatan dan Jepang.

Yap, YG Entertainment memang memiliki cabang di negara Sakura tersebut dan melatih sejumlah 7 orang.

Survival show tersebut diadakan pada tahun 2018 dan tentu saja Doyoung berpartisipasi. Sejak awal episode, para peserta memang terbagi menjadi beberapa kelompok dan Doyoung masuk dalam Treasure A bersama dengan para member Silver Boys lainnya.

Doyoung yang memiliki potensi dalam hal menari, bertanding melawan trainee dari Jepang, Kotaro, dengan lagu “Lady in Glass Dress”.

Pada episode ketiga, masing-masing kelompok harus menampilkan lagu dari para senior mereka. Doyoung bersama anggota Treasure A lainnya, menampilkan lagu “Energetic” milik Wanna One. Namun, hanya tiga anggota saja yang terpilih sebagai trainee terbaik yakni Yedam, Junkyu, dan Seunghun.

Lalu pada episode 7, Doyoung membentuk tim bersama Kil Dohwan untuk menantang Yedam dan Keita dengan lagu berjudul “Freedom” dari iKON. Setelah itu di episode 9, Doyoung masuk tim bersama Byounggon, Mashiho, Junkyu, dan Ha Yoonbin untuk menampilkan lagu “Dumb & Dumber” milik iKON dan berhasil menduduki peringkat pertama.

Hasil akhir dari survival show ini adalah akan ada 7 member yang debut dibawah grup TREASURE, yakni Haruto, Yedam, Junghwan, Junkyu, Jeongwoo, Jaehyuk, dan Hyunsuk. Para penggemar berpikir bahwa selain ketujuh member tersebut, maka lainnya akan kembali menjadi trainee di agensi.

Namun tiba-tiba, pihak YG Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan lagi grup dengan nama MAGNUM. Anggota dari MAGNUM ini adalah Ha Yoonbin, Mashiho, Doyoung, Yoshinori, Jihoon, dan Asahi.

Sayangnya, Han Yoonbin memutuskan untuk keluar dari TREASURE 13, sehingga pada akhirnya, kedua grup tersebut digabung menjadi satu dengan nama TREASURE 13. Yap, kedua belas member pemenang dari YG Treasure Box akhirnya debut dibawah grup TREASURE, walaupun pada November 2022 lalu, Mashiho dan Yedam dinyatakan keluar dari grup.

2020: Berhasil Debut Bersama TREASURE

Doyoung TREASURE
https://treasuremaker.fandom.com/

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, Doyoung pun berhasil debut bersama TREASURE walaupun awalnya dirinya masuk dalam line-up member MAGNUM bersama beberapa trainee Jepang. Namun berhubung Han Yoonbin memutuskan untuk keluar dari proyek debut grup TREASURE tersebut, akhirnya membernya dirombak kembali.

Pada tahun 2020, tepatnya pada 6 Januari, pihak YG Entertainment merilis pernyataan melalui situs web resmi mereka yang menyatakan bahwa grup TREASURE dan MAGNUM akan diorganisasikan ulang membentuk grup TREASURE dengan total 12 member.

Lalu di tanggal 30 Januari, Doyoung beserta para member TREASURE lainnya mengunggah video performance dari lagu predebut yang berjudul “Going Crazy”. FYI aja nih, lagu tersebut telah ditampilkan bersama-sama dengan para trainee lainnya di YG Treasure Box episode final. Jika Grameds ingin menonton penampilan para ketiga belas trainee membawakan lagu tersebut, dapat klik link ini.

Enam bulan setelah perilisan video performance tersebut, tepatnya pada 20 Juli, pihak agensi mengumumkan pendebutan TREASURE secara resmi pada 7 Agustus kelak. Nah, pada 7 Agustus ini, TREASURE resmi debut dengan album single bertajuk ‘THE FIRST STEP: CHAPTER ONE’.

Sebulan setelahnya, TREASURE merilis kembali album single kedua yakni ‘THE FIRST STEP” CHAPTER TWO’. Dua bulan kemudian, TREASURE merilis album single ketiga yang menjadi kelanjutan dari dua album sebelumnya dengan judul ‘THE FIRST STEP: CHAPTER THREE’.

Pada 28 Desember, YG Entertainment mengumumkan bahwa grup barunya tersebut akan merilis album studio pertamanya yang berjudul ‘THE FIRST STEP: TREASURE EFFECT’ di 17 Januari 2021.

2021: Positif COVID-19 dan Lulus Sekolah

Doyoung TREASURE
https://www.allkpop.com/

Pada 11 Januari, Doyoung beserta member TREASURE lainnya akhirnya merilis full album pertama dengan judul ‘THE FIRST STEP: TREASURE EFFECT’ yang berisikan semua lagu dari 3 album sebelumnya dan tambahan 3 lagu baru. Salah satu lagu dalam album tersebut yang menjadi lagu utama adalah “I Love You”. Apabila Grameds masih ingat, lagu tersebut di-remix dalam alunan musik koplo dan dijadikan backsound untuk video aksi para mahasiswa yang tengah demo menolak Omnibus Law.

Sama halnya dengan beberapa grup lainnya, TREASURE pun turut merilis album Jepang mereka. Yap, album ‘THE FIRST STEP: TREASURE EFFECT’ dijadikan sebagai album debut Jepang mereka yang berisikan 12 lagu dalam versi Jepang, dengan tambahan lagu “BEAUTIFUL”. Lagu tersebut juga dijadikan sebagai lagu penutup alias ending song untuk serial anime Black Clover dan dirilis dalam versi anime juga.

https://treasuremaker.fandom.com/

Lalu pada 29 April, pihak YG Entertainment meluncurkan merchandise resmi dari para member TREASURE yang berupa boneka dengan nama TRUZ. Boneka-boneka TRUZ tersebut hanya tersedia selama 8 jam saja dan langsung ludes terjual tak kurang dari 1 jam baik di Korea Selatan maupun di mancanegara. Selanjutnya pada 28 Juni, YG Entertainment juga merilis lightstick TREASURE dengan nama Teulight.

Sayangnya, di tahun itu juga tepatnya pada 13 Juli, Doyoung TREASURE dinyatakan positif Covid-19 sehingga para member lainnya harus menjalani isolasi mandiri. Atas hal itu, serangkaian jadwal TREASURE ditunda sementara waktu hingga para member tak terkecuali Doyoung benar-benar sembuh. Akhirnya pada 2 Agustus, Doyoung TREASURE diumumkan telah pulih dari Covid-19 dan siap menjalani aktivitas sebagai member TREASURE.

Pada akhir tahun 2021, tepatnya pada 30 Desember, Doyoung TREASURE akhirnya lulus sekolah dari Apgujeong High School.

FYI aja nih, sekolah tersebut adalah sekolah yang sama dengan para idol K-Pop lainnya yakni Kwon Hyunbin ex JBJ, RM dan Suga BTS, Jeongyeon dan Nayeon TWICE, Siwon SUPER JUNIOR, Zuho SF(, dan lainnya.

Dilansir dari allkpop.com, Doyoung TREASURE juga turut membagikan momen bahagianya di Weverse TREASURE. Doyoung juga tak lupa berfoto dengan para teman-temannya untuk merayakan kelulusannya tersebut.

Para penggemar juga turut merayakan kelulusan Doyoung TREASURE dengan menaikkan hastag #CongratulationsDoyoung dan #HAPPYGRADUATIONDAYDOYOUNG di platform Twitter.

20+ Fakta Menarik Doyoung TREASURE

Doyoung TREASURE
https://tenor.com/
  1. Doyoung TREASURE lahir dan besar di wilayah Gangnam, Seoul.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak laki-laki.
  3. Doyoung memelihara 2 ekor kucing yang diberi nama Pink dan Coco.
  4. Doyoung beragama Katolik dan nama baptisnya adalah Nicoleus.
  5. Julukan Doyoung yang paling terkenal adalah Dobby. Julukan itu disebutkannya sendiri saat video perkenalan. Menurut para penggemar, julukan tersebut berarti ‘Doyoung Homebody’ yang mana merujuk pada nama peri rumahan di film Harry Potter.
  6. Doyoung TREASURE memiliki bulu mata yang panjang dan tebal.
  7. Saat duduk di bangku kelas 3 SD, Doyoung sudah mulai tertarik dengan hal menari dan menurunkan berat badannya.
  8. Saat belajar menari, Doyoung menghadiri kelas yang sama dengan Junkyu di Def Dance Skool.
  9. Doyoung TREASURE bergabung dengan YG Entertainment pada tahun 2015, tepatnya ketika dirinya berusia 11 tahun. Butuh waktu sekitar satu setengah tahun baginya supaya dapat bergabung dengan Silver Boys yang merupakan main trainee di YG Entertainment.
  10. Saat mengikuti audisi YG Entertainment, Doyoung menyanyikan lagu “Eyes, Nose, Lips” milik seniornya, Taeyang.
  11. Hobi: Bermain basket, sepak bola, dan skateboard.
  12. Doyoung TREASURE begitu senang mengenakan pakaian dengan warna dan aksesoris yang serasi, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.
  13. Doyoung tidak bisa makan makanan pedas dan sangat suka rasa mint-choco.
  14. Doyoung memiliki alergi terhadap buah apel. Jika memakan buah tersebut, maka bibir Doyoung akan bengkak.
  15. Doyoung TREASURE pernah mengatakan bahwa dirinya akan memilih Junkyu sebagai member yang akan dibawa ke pulau terpencil karena Junkyu sering memiliki ide-ide cemerlang.
  16. Saking akrabnya dengan Junkyu, saat awal debut dahulu banyak penggemar yang tidak bisa antara Doyoung dan Junkyu karena mirip satu sama lain.
  17. Pada tahun 2022 lalu, Doyoung mengikuti tes SAT alias ujian standarisasi.
  18. Sebelum debut, tepatnya saat di acara survival bersama Stray Kids, Doyoung memakai kawat gigi dan kemudian melepasnya sebelum YG Treasure Box dimulai.
  19. Doyoung biasa menulis dan membuat lagu bersama Bang Yedam.
  20. Kemanapun Doyoung pergi, dirinya akan membawa berbagai jenis vitamin dan obat-obatan di tasnya.
  21. Di dorm, Doyoung TREASURE sekamar dengan Mashiho dan Jeongwoo.
  22. Makanan penutup favoritnya adalah egg tart.

Demikian pembahasan  tentang Doyoung Treasasure. Semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kamu, Grameds. 

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku seputar musik K-pop, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com atau bisa melihat beberapa rekomendasi buku terkait di bawah ini. 

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. Find Your Treasure

Find your TREASURE seperti peta yang akan mendekatkan langkah kamu kepada TREASURE! Bermula dari perjalanan mereka sebagai trainee YG TREASURE BOX hingga fakta-fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang mereka.

TREASURE adalah grup vokal pria Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment melalui sebuah program survival “YG Treasure Box” yang terdiri dari 12 anggota. Choi Hyun-suk dan Park Jihoon sebagai anggota tertua secara bersama-sama berbagi peran sebagai leader grup yang secara resmi memulai debut mereka pada 7 Agustus 2020 dengan single utama “Boy” dari album single The First Step: Chapter One.

Sebelum debut, grup ini telah menjadi artis Korea Selatan yang masuk ke Billboard’s Social 50, dan mendapatkan banyak penghargaan sebagai artis pendatang baru termasuk Rookie Artist of The Year di Golden Disc Award ke-35 dan Best New Male Artist pada Mnet Asian Music Awards 2020. Setelah 5 bulan debut, mereka secara kolektif meraih satu juta penjualan dari seri album The First Step dan digelari ‘Million Seller’ .

1. Step Out! We Are Stray Kids

Stray Kids (SKZ) adalah grup penyanyi pria Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment pada tahun 2017 melalui reality show bernama Stray Kids. Grup ini terdiri dari delapan anggota: Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin, dan I.N. Mereka secara resmi memulai debut mini album mereka pada 25 Maret. Woojin meninggalkan grup pada Oktober 2019.

Pada bulan Agustus 2017, JYP Entertainment (JYPE) secara resmi mengumumkan reality show survival untuk memulai proyek debut grup idola pria tersebut. Informasi lengkap dan teaser, termasuk judul acaranya, Stray Kids, dirilis selama dua bulan berikutnya. Menjelang pemutaran perdana 17 Oktober, JYPE merilis video musik pertama Stray Kids berjudul “Hellevator”, yang kemudian dirilis sebagai single digital.

Adik Seperguruan 2PM dan GOT7 ini terjun ke panggung K-pop dengan mendobrak stereotip grup idol nggak hanya memproduksi lagu dan koreografi sendiri, Stray Kids juga dibentuk dengan cara yang berbeda ketimbang grup idol normal. Berkat musik dan penampilan yang keren, Stray Kids berhasil menjadi salah satu boy group favorit.

Siapa mereka? Step Out! We are Stray Kids siap menemani kalian untuk mengenal lebih jauh cowok-cowok berbakat ini.

3. K-Pop Fever

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

4. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing. Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

5. The Dark Side of K-Pop: Skandal, Harrasment, dan Penipuan

Saat ini, perkembangan musik di dunia mengalami peningkatan pesat, salah satunya yaitu K-Pop. Musik dari budaya Korea yang paling banyak dikenal di dunia adalah musik bergenre pop atau biasa disebut dengan Korean pop atau K-Pop. K-Pop sendiri identik dengan adanya girlband dan boyband yang merupakan sekumpulan perempuan maupun laki-laki yang berada di bawah suatu manajemen atau agensi.

Banyak orang berpikir bahwa dunia K-Pop itu menyenangkan, karena penyanyi-penyanyinya sangat terkenal dan memiliki banyak penggemar. Namun, faktanya dunia K-Pop selama ini yang diketahui banyak orang sebenarnya jauh dari kata sempurna, glamor, dan meriah. Tidak dapat dimungkiri bahwa semua yang “bersinar” dapat menimbulkan bayangan gelap, sama halnya dengan dunia K-Pop.

Buku The Dark Side Of K-Pop: Skandal, Harassment, dan Penipuan akan membahas tentang sisi gelap dunia K-Pop dengan pemeran utamanya adalah para idol K-Pop dari generasi pertama hingga generasi ketiga saat ini. Segala kejadian yang dibahas dalam buku ini adalah kisah nyata yang dialami oleh beberapa idol K-Pop. Cerita yang ada di dalam buku ini beberapa telah terselesaikan dan beberapa masih dalam proses. Selamat membaca!

Sumber:

https://treasuremaker.fandom.com/

https://the-yg-family.fandom.com/

https://kprofiles.com/

https://en.kepoper.com/

https://kpopping.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.