in

Kenali Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia

money.kompas.com

Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia – Grameds, apakah kamu sering berbelanja di Tokopedia? Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang cukup populer dan sering digunakan di Indonesia. Kita bisa mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dengan mudah hanya dengan sistem belanja online, mulai dari makanan, pakaian hingga pembayaran tagihan bisa dilakukan sekaligus.

Pengguna e-commerce ini juga tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Jika kamu sering menggunakan Tokopedia pasti kamu tidak asing lagi melihat fitur status pengiriman. Selain itu, setiap kamu melakukan pembelian di Tokopedia, maka semua akan tercatat dalam history pemesanan barang dan kamu juga bisa mengecek status pengiriman barang kamu.

Dengan adanya history, kamu mungkin bisa melakukan pembelian ulang terhadap barang yang pernah kamu beli tanpa harus mencarinya lagi dan hanya melihat ke bagian history dan klik belanja ulang. History ini juga berguna untuk mengajukan komplain terhadap barang yang sudah kita beli jika ada kesalahan atau kerusakan.

Sebagian orang akan merasa terganggu dengan riwayat pesanan ini. Oleh sebab itu, tidak sedikit pengguna akan menghapus riwayat pemesanan dengan tujuan agar tidak terlihat bahwa kamu tidak pernah melakukan pemesanan atau pembelian barang itu.

Tidak banyak yang tahu jika Google diam-diam sebenarnya mengetahui barang yang kamu beli di toko online. Google bisa tahu tentang aktivitas belanja online kamu lewat Gmail. Hal ini tentunya sangat berguna bagi orang-orang yang ingin ada privasi lebih. Simak selengkapnya terkait Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia!

Manfaat History Transaksi Pembelian di Tokopedia

History pembelian menyimpan semua data pembelian yang pernah kita lakukan loh. Adanya history ini juga memiliki manfaatnya seperti:

  1. Memudahkan kita jika ingin melakukan pembelanjaan ulang
  2. Memudahkan kita dalam menulis ulasan atau review terhadap barang yang sudah kita beli
  3. Memudahkan bagi kita jika barang yang dibeli tidak sesuai dan kita bisa mengajukan komplain
  4. Sebagai informasi bagi pembeli kapan dia akan membeli barang, tanggal, jumlah dan harga berapa. Jadi ketika akan melakukan order ulang maka ada acuan harga, apakah harga yang dahulu dan saat ini mengalami kenaikan atau akan tetap sama dengan harga sebelumnya.

Cara Melihat History Pembelian Tokopedia

Setelah mengetahui beberapa manfaat di atas, kemudian bagaimanakah cara mengakses daftar riwayat pembelian? Hal ini tidak sulit karena jika kamu sudah pernah melakukan pembelanjaan melalui Tokopedia dan sudah memiliki akun. Untuk bisa melihat riwayat pembelian, kamu harus sudah melakukan pembelian terlebih dahulu.

  1. Kamu bisa buka dan login pada aplikasi Tokopedia melalui smartphone atau laptop kamu.
  2. Kemudian, klik menu garis tiga yang berada di pojok kanan atas pada aplikasi
  3. Lalu pilih semua transaksi.
  4. Kemudian disana akan muncul semua produk yang telah kita beli, disini bisa pula kita urutkan sesuai dengan tanggal. Misalnya, transaksi 30 hari terakhir, 90 hari terakhir atau lainnya.

Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia

Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia

Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia
medium.com

Ternyata tidak ada pilihan atau fitur yang disediakan oleh Tokopedia untuk menghapus history-nya loh Grameds, Kita tidak bisa menghapusnya secara manual.

Bahkan, riwayat transaksi juga masih bisa disimpan sampai lebih dari 1 tahun loh. Namun, ada satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu hanya dengan menghapus akun Tokopedia-mu atau mengganti akun login di Tokopedia dengan yang baru. Jika kamu ingin menghapus akun Tokopedia kamu, maka kamu harus memikirkannya dengan matang ya karena ini sifatnya adalah permanen dan kamu tidak bisa mengembalikan akun kamu yang lama.

Menghapus Akun Tokopedia

Jika kamu tidak bisa atau tidak mengerti cara menghapus akunmu, maka simak langkah dibawah ini:

1. Pastikan Nomor Hp yang Terdaftar Masih Aktif

Jika kamu sudah yakin untuk menghapus akun Tokopedia-mu, maka kamu harus memperhatikan dulu bahwa nomor Hp yang kamu gunakan atau terdaftar masih aktif. Hal ini karena nantinya akan ada verifikasi melalui pesan yang dikirimkan ke nomor tersebut. Jika nomor kamu sudah tidak aktif, maka proses penghapusan riwayat transaksi akan jadi sulit dilakukan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2. Masuk ke Aplikasi Tokopedia

Setelah memastikan bahwa nomor yang terdaftar masih aktif, kamu bisa langsung masuk ke aplikasi Tokopedia dan pastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil agar semua menu yang ada di dalam aplikasi Tokopedia bisa terbuka dan tanpa ada gangguan sedikit pun.

Kamu bisa mengeceknya dengan cara melihat pada halaman depan atau utama di aplikasi Tokopedia, jika semua menu sudah terbuka maka tandanya jaringan internet kamu sudah stabil dan bagus.

3. Masuk ke Menu Akun

Langkah berikutnya, kamu bisa masuk ke menu akun atau mencari menu yang bersimbol seperti orang. Letak menu ini berada di bagian bawah kanan pojok layar. Kamu cukup memencet opsi itu dan kamu akan dibawa ke halaman pengaturan akun.

4. Pilih Tokopedia Care

Setelah masuk ke menu akun, kemudian kamu bisa mencari ke bagian bawah dan kamu akan menemukan opsi Tokopedia Care. Kemudian, kamu bisa memencet opsi ini dan kamu bisa ke langkah selanjutnya.

5. Pilih Opsi Tutup Akun

Setelah masuk ke Tokopedia Care, maka kamu akan menemukan opsi tutup akun dan kamu bisa memilih opsi ini. Kemudian kamu bisa memencet opsi tulis kendala dan tuliskan alasan kamu mau menutup akun Tokopedia-mu. Kamu cukup menuliskan “pengguna ingin menghapus riwayat pembelian yang ada di akun tersebut.” kemudian kamu masukan beberapa foto riwayat pembelian dan kemudian pencet tombol kirim.

Membuat Akun Baru

Jika kamu tidak ingin menghapus akun Tokopedia kamu, maka kamu bisa menggunakan cara lain yaitu dengan membuat akun baru. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menghapus akun yang lama dan akun yang lama tetap bisa dipakai.

Cara untuk membuat akun baru ini sangat gampang, yang pertama kamu keluar terlebih dahulu dari akun Tokopedia yang sebelumnya. Kemudian, daftarkan akun baru dengan email dan juga nomor hp yang baru. Selanjutnya pengguna akan diminta untuk memasukkan data diri. Mulai dari nama, hingga alamat lengkap kamu. Setelah itu kamu cukup memilih opsi konfirmasi agar akun kamu bisa segera digunakan.

Nantinya, kamu akan mendapat konfirmasi pengaktifan akun baru yang akan dikirim ke email kamu. Kemudian jika sudah mendapatkan email itu, tandanya akun kamu sudah bisa digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia. Dengan aku yang baru ini riwayat pembelian yang lama akan hilang dan tidak akan ada riwayat pembelian sama sekali.

Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum kamu memutuskan untuk menghapus akun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti tidak ada transaksi yang sedang berjalan di dalam akun yang ingin kamu hapus atau tutup misalnya pembelian barang.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan cicilan online dan juga keberadaan saldo Tokopedia-mu, reksadana dan juga emas. Perlu kamu ingat juga bahwa Tokopedia tidak dapat dihapus secara permanen dan kamu tidak bisa menggunakan data, seperti nomor telepon dan email yang sama untuk membuat akun yang lainnya.

Keuntungan dan Kerugian Hapus Akun Riwayat Pesanan Tokopedia

Ada beberapa keuntungan dan juga kerugian yang bisa kamu rasakan setelah kamu berhasil menghapus akun. Maka dari itu, kamu harus benar-benar yakin sebelum kamu melakukan penghapusan akun.

Keuntungan yang bisa kamu lakukan adalah tentunya kamu bisa menghapus riwayat pesanan kamu sesuai dengan keinginan kamu.

Namun, ada kekurangan yang bisa kamu rasakan, seperti kamu tidak akan lagi memiliki akun Tokopedia dan kamu tidak bisa menggunakan nomor dan email yang sama untuk membuat akun baru jadi kamu harus menggunakan nomor dan email yang baru.

Cara Belanja di Tokopedia

Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia
tokopedia.com

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan saat kamu berbelanja di Tokopedia, seperti

Mencari Produk

Sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk berbelanja di Tokopedia, kamu harus masuk ke web resmi atau aplikasi Tokopedia. Hal ini bisa kamu lakukan lewat hp, PC, atau Laptop. Setelah kamu masuk ke halaman utama dari aplikasi Tokopedia kemudian kamu bisa mencari produk yang ingin kamu beli.

  1. Ketik nama produk atau nama merek di kolom pencarian.
  2. Klik kategori yang ada di halaman depan Tokopedia.
  3. Jika kamu belum menemukan ide untuk barang yang ingin kamu beli, maka Tokopedia memiliki beberapa rekomendasi produk-produk terpopuler dari berbagai online shop di Tokopedia pada daftar Hot List.

Pilih Barang

  1. Setelah kamu sudah menemukan produk yang kamu ingini maka kemudian kamu bisa klik gambar produk itu untuk melihat informasi lengkap tentang produk dan toko yang akan kamu pilih.
  2. Pada bagian informasi Produk : akan berisi tentang informasi penting mengenai produk yang sedang kamu lihat.
  3. Pada bagian ulasan : akan berisi ulasan dari pembeli sebelumnya yang sudah pernah membeli produk tersebut.
  4. Pada bagian diskusi Produk : akan menjadi tempat bertanya ke penjual tentang produk yang kamu pilih, misalnya bertanya tentang kesediaan stok produk atau detail produk lebih lengkap.
  5. Pada bagian informasi penjual : akan berisi informasi lengkap tentang penjual
  6. Keterangan harga pas dan harga grosir (jika ada).
  7. Jika sudah yakin dengan produk yang kamu pilih maka kemudian kamu bisa klik “Beli”.

Isi Formulir Pemesanan

  1. Setelah kamu klik tombol “Beli”, isi formulir pemesanan dengan benar dan juga lengkap.
  2. Jumlah Barang.
  3. Alamat tujuan pengiriman.
  4. Agen Logistik.
  5. Asuransi (optional) biasanya pada barang yang mahal atau pecah belah
  6. Catatan untuk penjual (opsional)
  7. Selanjutnya kamu bisa klik “Beli Produk Ini”.
  8. Perlu kamu ketahui bahwa agen logistik antara satu toko dengan toko lain di Tokopedia bisa saja berbeda.

Metode Pembayaran

  1. Setelah memilih produk yang kamu mau dan mengisi data-data dengan benar. Selanjutnya, lakukan pembayaran.
  2. Klik ikon “Keranjang Belanja”, lalu klik produk yang sudah kamu pilih sebelumnya.
  3. Pilih metode pembayaran yang ingin kamu gunakan.
  4. Tokopedia menyediakan banyak sekali pilihan metode pembayaran seperti : Saldo Tokopedia, Transfer Bank, Mandiri Clickpay, Mandiri e-Cash, BCA Klikpay, Klik BCA, Kartu Kredit atau Indomaret.
  5. Kemudian kamu bisa kembali mengecek data pemesanan.
  6. Kemudian klik “Checkout”.

Pembayaran

  1. Jika kamu memiliki saldo Tokopedia, kamu juga bisa menggunakan saldo itu sebagian dengan mencentang kolom penggunaan saldo dan memasukan jumlah saldo yang ingin kamu gunakan.
  2. Lalu bayar sisanya lewat metode pembayaran lain yang sudah kamu pilih sebelumnya.
  3. Lihat selengkapnya tentang pembayaran dengan saldo sebagian.
  4. Jika kamu menggunakan pembayaran instan seperti Saldo Tokopedia, Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash, BCA Klikpay, KArtu Kredit, Klik BCA dan Indomaret maka kamu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena pembayaran terverifikasi secara otomatis.
  5. Jika kamu melakukan pembayaran melalui transfer bank, melakukan konfirmasi pembayaran agar pembayaran yang kamu lakukan bisa segera di verifikasi.

Status Pesanan

  1. Setelah penjual memproses dan mengirim kamu pesanan, maka kamu bisa melacak status pesanan kamu dengan cara klik “pembelian” pada bagian “profil saya” atau juga bisa dengan klik “Inbox” menu notifikasi di header menu, lalu pilih “Status Pemesanan”
  2. Di halaman status pemesanan, klik “Lacak” pada pesanan yang ingin kamu ketahui status pengirimannya.
  3. Kemudian akan muncul update terakhir status pengiriman. Klik “YA” jika kamu sudah selesai melacak pesanan kamu.
  4. Nantinya kamu akan mendapat notifikasi jika status pesanan sudah sampai di alamat tujuan. Kemudian kamu bisa melakukan konfirmasi pemesanan dengan cara klik “inbox” lalu pilih “Konfirmasi Penerimaan”.
  5. Setelah kamu menerima pesanan, jangan lupa untuk memberikan penilaian terhadap toko dan produk yang kamu beli.
  6. Berikan penilaian kepada toko sesuai dengan pengalaman kamu saat berbelanja online di toko yang bersangkutan dengan memilih salah satu dari tiga ikon smile yang memiliki arti negatif, netral dan positif atau memberikan bintang dari 1-5.
  7. Kemudian kamu bisa memberikan penilaian sesuai dengan kualitas dan akurasi barang yang kamu beli dan yang kamu terima. lalu klik “submit”.

Tips Berbelanja di Tokopedia

Berbelanja online pastinya memberikan kemudahan yang bisa kamu rasakan secara langsung. Kamu tidak perlu keluar untuk mencari dan membeli barang dan bahkan kamu cukup memiliki jaringan internet yang baik dan kamu bisa melakukannya dirumah atau di tempat lain.

Namun ada beberapa yang perlu kamu perhatikan agar berbelanja online bisa sesuai dengan keinginan kamu dan tidak merasa kecewa. Simak beberapa tips dibawah ini

  1. Kamu bisa memilih penjual yang terpercaya dan tepat
  2. Pastikan kualitas barang dengan seksama. Ini akan berguna dalam memastikan jika barang tersebut asli atau palsu.
  3. Perhatikan harga dengan mencoba membandingkan dengan toko lain yang jual barang dengan harga yang sama
  4. Cek kredibilitas toko dengan melihat review dari konsumen lain
  5. Kamu bisa pastikan bahwa jika pesanan kamu sudah sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Nah, itulah penjelasan tentang cara menghapus riwayat pembelian di Tokopedia beserta dengan cara belanja di Tokopedia. Semoga semua pembahasan di atas bisa menambah wawasan sekaligus bermanfaat untuk Grameds.

Kamu bisa berpikir matang sebelum akhirnya memutuskan untuk menghapus akun karena itulah satu-satunya cara agar riwayat pembelian kamu bisa hilang. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan tips berbelanja online agar kamu tidak mengalami kekecewaan.

Jika Grameds tertarik dengan buku tentang e-commerce atau buku lainnya. maka Grameds bisa mencari tahu lebih lanjut dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Gramedia menyediakan buku-buku untuk memperkaya wawasan Grameds agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

Baca juga terkait Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Tokopedia:

  1. Mengenal E-Commerce: Pengertian, Jenis, Contoh, Manfaat 
  2. Cara Belanja Buku di Gramedia Online (Gramedia.com) 
  3. 10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Para Pemula 
  4. Cara Memulai Bisnis Online: Jenis, Keuntungan, Tantangan 
  5. Cara Menghapus Akun Google dari Laptop dan Ponsel Tanpa Ribet 
  6. Cara Hapus Akun Telegram, Ada Berbagai Cara 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda