in

20 Cara Mengetahui Pasangan Selingkuh dan Cara Menghadapinya

pixabay.com

Cara Mengetahui Pasangan Selingkuh – Dalam menjalin hubungan, kesetiaan memang hal yang sangat dibutuhkan dan perselingkuhan memang sesuatu yang tidak bisa dimaafkan bagi kalian yang sedang menjalin hubungan, baik masih dalam tahap pacaran ataupun menikah. Biasanya, bagi mereka yang menjalin hubungan dan pasangannya berselingkuh, maka status hubungannya tidak akan selamat.

Kasus perselingkuhan belakangan ini sangat marak terjadi. Bisa saja pasangan kita selingkuh dengan orang lain, bahkan selingkuh dengan orang yang kita kenal seperti sahabat sendiri.

Mungkin saat ini, kamu sudah merasa kalau ada yang berbeda dari hubungan yang sedang kamu jalani, seperti adanya perubahan sikap dari pasanganmu. Namun, kamu tidak memiliki bukti yang kuat untuk bisa mengkonfrontasinya. Jika kamu ingin berjaga-jaga, tentu ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah kecurigaan itu benar atau tidak.

Cara mengetahui pasangan selingkuh apa saja yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah pasangan selingkuh atau tidak? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini terkait cara mengetahui pasangan selingkuh!

Cara Mengetahui Pasangan Selingkuh

Cara Mengetahui Pasangan Selingkuh
pixabay.com

Bila pasanganmu selingkuh pasti dia akan menjalaninya secara diam-diam.Hal ini karena dia tidak ingin kalau perselingkuhannya diketahui dan tidak ingin merasa bersalah.

Namun, meski sudah di tutupi, pasti akan ada ciri-ciri yang bisa kamu lihat dari pasanganmu jika mereka sedang selingkuh. Nah, cara mengetahui pasangan selingkuh dengan memperhatikan hal berikut ini:

1. Mencari hal aneh yang terjadi pada pasanganmu

Kamu bisa mencari hal-hal yang aneh yang bisa kamu temukan dari pasanganmu. Misalnya adalah komunikasi yang semakin berkurang antara kamu dan pasangan, kamu dan pasanganmu semakin jarang bertemu dan selalu mencari alasan untuk tidak bertemu denganmu.

Terlalu sering memegang handphone bahkan hingga mengganti password, Emosinya tidak stabil dan sering sekali naik turun, penampilannya tiba-tiba berubah, atau pikirannya sedang berada di tempat lain. Hal-hal seperti itu bisa kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum melangkah menelusuri lebih jauh.

2. Memeriksa barang-barang

Kamu bisa memeriksa barang-barang yang ada disekitar rumah. Ketika dia sedang pergi, kamu bisa mengecek laci, saku, tas, celana hingga lemari untuk menemukan yang menurut kamu mencurigakan. Jika ada rahasia yang berusaha ia simpan, kamu nantinya akan menemukan hal-hal yang mencurigakan.

3. Mengecek handphone

Saat ini, teknologi sudah semakin berkembang, dan sudah semakin banyak ada aplikasi yang bisa saja dijadikan alat untuk berselingkuh. Nah, jika ada kesempatan, maka kamu bisa memeriksa handphone pasangan.

Lihat apakah ada aplikasi atau program yang biasanya digunakan untuk berkencan atau mencari pasangan. Jika kamu menemukan aplikasi kencan atau mencari pasangan, maka kamu bisa mencari tahunya lebih dalam dengan melihat apa saja yang sudah pasangan kamu lakukan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat daftar kontak dan isi pesan di semua aplikasi untuk mengirim chat biasanya. Kamu bisa mengecek email pribadinya jika ada pesan yang aneh. Biasanya, mereka yang akan berselingkuh akan melakukan hal-hal itu dengan cara yang tidak terpikirkan oleh kita.

Cara Mengetahui Pasangan Selingkuh

4. Memeriksa kontak yang sering dihubungi

Bisa saja pasanganmu sudah menghapus seluruh pesan dengan selingkuhannya. Oleh sebab itu, kamu bisa mengecek daftar panggilan untuk melihat apakah ada nomor yang sering menelepon pasangan kamu atau kontak dengan nama yang aneh di kontak pasanganmu. Jika ada nomor yang tidak dikenali dan sering berhubungan dengan pasanganmu, maka kamu bisa meneleponnya dan berpura-pura menjadi orang lain demi mengecek data orang tersebut.

5. Temui pasanganmu secara tiba-tiba

Jika sudah curiga banget dengan pasangan kamu, maka bisa datang secara tiba-tiba atau tidak perlu memberi tahu kalau akan datang ke kantor atau tempat nongkrongnya. Jika ada sesuatu yang disembunyikan, maka dia tidak akan panik dan khawatir. Namun, jika ada yang ia tutupi dan tiba-tiba menjadi gelisah, maka kamu bisa mencurigai mengapa pasanganmu seperti itu.

6. Tiba-tiba pasanganmu menjadi lebih perhatian terhadap barang pribadinya

Sering kali pasangan menjadi lebih sensitif dengan barang-barang pribadinya yang tidak dibagikan seperti ponsel, mobil, atau rumah mereka. Kamu bisa menemukan ciri-ciri ini, misalnya jika sebelumnya ia meninggalkan ponsel saat mandi, kemudian ia membawanya ke kamar mandi dan menjadi sangat gelisah ketika kamu dan dia melihat ponsel bersama untuk menonton video lucu.

Selain itu, ketika pasangan kamu tidak memberikan izin kepada kamu untuk masuk ke mobil sebelum ia mengecek kondisi mobilnya. Sikap-sikap ini bisa saja menjadi tanda bahwa pasangan kamu sedang menyembunyikan sesuatu.

7. Pasangan menjadi lebih mesra dari sebelumnya

Apakah tiba-tiba pasangan kamu menjadi lebih mesra? Seperti sering membelikan hadiah, menunjukkan kemesraan di tempat umum atau bahkan perhatian yang berlebih? Kamu bisa mencurigai hal itu, karena bisa saja pasanganmu sedang menutupi sesuatu dan dia akan berusaha sebaik mungkin kepada kamu, agar kamu tidak curiga kalau pasanganmu sedang selingkuh.

8. Berubah penampilannya 180 derajat

Jika pasangan kamu menjadi berubah secara penampilan, seperti lebih memperhatikan penampilan dan juga perawatan yang dilakukannya, lebih banyak berolahraga, lebih memperhatikan penampilannya bahkan memakai parfum yang tidak biasa. Kamu bisa mencurigainya karena bisa saja itu cara-cara itu dilakukan demi menarik perhatian seseorang.

9. Tiba-tiba menjadi jarang bertemu

Tidak peduli seberapa sibuk pasanganmu, jika ia benar-benar mencintai kamu, maka ia akan menyisihkan waktu untuk kamu dan menjadikan kamu sebagai prioritas untuk bertemu ketika ada waktu luang. Jadi, jika tiba-tiba pasanganmu tidak bertemu denganmu dengan alasan terlalu sibuk dan berulang kali alasannya sama, maka bisa saja dia tidak ingin bertemu denganmu dan sedang bertemu dengan yang lain.

10. Menjadi tidak terbuka lagi dengan kamu

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang dilandaskan dengan kepercayaan dan juga keterbukaan. Kamu dan pasangan akan merasa nyaman dan saling menyemangati satu sama lain. Kamu menceritakan berbagai perasaan dan pikiran yang sedang dirasakan bahkan rahasia kamu tetap diceritakan karena sudah mempercayai dirinya.

Nah, jika pasanganmu saat ini tidak terbuka dengan kamu, jarang membagikan perasaan, dan jarang menceritakan tentang masalah-masalahnya, maka bisa jadi dia sudah menemukan orang lain yang bisa dia jadikan tempat bercerita.

11. Tiba-tiba menuduhmu berselingkuh

Secara tiba-tiba, dia akan menuduh kamu dengan kesalahan yang sebenarnya dia sendiri yang lakukan itu. Dia akan menjadi paranoid dan berpikir kalau kamu juga bisa menipu seperti dia. Selain itu, ini juga bisa dijadikannya sebagai alasan karena perbuatannya itu. Bahkan, dia akan menyalahkanmu kalau kamu sudah selingkuh.

12. Sering marah-marah

Apakah pasanganmu belakangan ini sering marah-marah tanpa ada alasan yang jelas? Jika dia tiba tiba marah-marah kepadamu tanpa ada alasan yang jelas, maka bisa jadi dia sudah tidak tertarik denganmu dan melampiaskan kemalasannya menghadapi kamu dengan marah-marah. Hal ini perlu kamu pastikan lagi bahwa dia seperti itu bukan karena tekanan dari pekerjaan atau kesalahan yang kamu lakukan.

13. Tidak memposting kamu di media sosial

Apakah biasanya pasanganmu sering memposting kamu dengan penuh kebanggan dan sekarang tidak pernah memposting kamu lagi? Jika kamu bertanya tentang hal itu dan dia akan menjawab “tidak semua bisa di post”. Kamu perlu menaruh curiga kepada pasangan. Hal ini karena jika tiba-tiba menjadi tidak memposting kamu, bisa saja dia sedang menyembunyikan kamu dari seseorang.

14. Tidak suka kamu yang terlalu banyak tanya

Pasangan yang berselingkuh biasanya selalu paranoid, dan mereka tidak suka saat kamu mengajukan berbagai macam pertanyaan terutama ketika kamu ingin tahu tentang beberapa hal, maka pasanganmu akan selalu merasa takut ketahuan dan biasanya selalu gelisah.

Jika kamu bertanya tentang seseorang yang kamu sedang curigai dan dia tiba-tiba menjadi bingung dan mengalihkan pembicaraan, maka kamu bisa curiga kepada pasangan kamu.

15. Sering pergi bersama teman-temannya

Jika pasangan kamu tiba-tiba sering pergi bersama teman-temannya atau bahkan bersama teman-temannya yang sebenarnya jarang ia temui untuk nongkrong. Jika dia sering melakukan hal itu, maka bisa kamu curigai karena bisa saja pasangan kamu tidak bertemu dengan temannya tetapi dengan selingkuhannya.

Cara Mengetahui Pasangan Selingkuh

16. Selalu meminta untuk mengakhiri hubungan

Jika kamu sering bertengkar dengan pasangan kamu, kemudian pasangan yang sedang selingkuh biasanya mudah untuk mengatakan kata putus. Pasanganmu juga akan lebih sering berbicara tentang seandainya hubungan kalian berakhir. Seperti “Jika kita putus nanti apakah kita masih menjadi teman?” atau yang lainnya.

17. Bersikap dingin

Kamu bisa melihat apakah sikap pasangan kamu menjadi lebih dingin atau tidak? Misalnya ketika kamu sedang membicarakan percakapan intim hingga kontak fisik, maka pasangan kamu tidak akan menghindar. Biasanya, pasangan yang sedang berselingkuh tidak akan memiliki ikatan emosi yang seperti dulu lagi, karena sudah berkurang.

Tidak hanya itu bahkan bisa saja pasangan kamu menolak aktivitas seksual. Jika tidak pun, hubungan seks akan terasa dingin dan tidak memiliki emosi.

18. Menerima telepon secara diam-diam

Jika pasangan kamu mengangkat telepon kemudian meninggalkan kamu di tempat, maka kamu perlu menaruh curiga kepadanya. Hal ini ia lakukan karena takut pembicaraannya terdengar. Selain itu, kamu juga patut curiga ketika pasanganmu bermain hp dengan sembunyi-sembunyi.

19. Menghindari obrolan tentang perselingkuhan

Pasangan yang berselingkuh biasanya akan sebisa mungkin menutupi kesalahannya dengan tidak membahas mengenai orang ketiga. Caranya adalah dengan menghindari atau mengganti topik pembicaraan mengenai perselingkuhan. Hal ini karena ia seperti membicarakan dirinya sendiri dan tentunya itu tidak membuat dirinya nyaman.

20. Memiliki perilaku belanja yang tidak biasa

Jika kamu dan pasangan memiliki rekening bersama, dan ketika pasanganmu menarik atau menggunakan ATM terlalu sering, maka kamu perlu curiga kepadanya. Biasanya, penarikan uang cash malah bisa menjadi penghapus jejak perselingkuhan karena tidak ada bukti transaksi. Selain itu, pasangan kamu juga bisa melakukan hal-hal rahasia lainnya seperti membatasi akses kartu, atau menyembunyikan seluruh laporan bank dari kamu.

Cara Menghadapi Pacar yang Selingkuh

Cara Mengetahui Pasangan Selingkuh
pixabay.com

Jika kamu menemukan bahwa pasanganmu ternyata berselingkuh, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Membicarakan dengan tenang tanpa melontarkan kalimat kasar

Meski perlakuan pasangan kamu kepada dirimu sangat buruk, kamu tidak perlu untuk langsung mencaci maki dan melontarkan kalimat kasar padanya. Usahakan kamu tetap tenang.

Jika kamu marah-marah dan tersulut emosi, maka ucapan yang keluar tidak akan bisa sampai pada intinya. Kamu bisa duduk seperti biasa dan berusaha tenang, tunjukkan ekspresi biasa saja yaitu tidak marah dan tidak sedih.

Sikapmu yang tenang akan membuat dia semakin merasa bersalah dan akan mengakui kesalahannya. Lain halnya, jika kamu melakukannya dengan mencaci maki dia, pasti dia akan merasa emosi juga dan kamu tidak mendapat penjelasan apa-apa dari dia. Kamu bisa menyelesaikan semuanya dengan kepala dingin tanpa ada emosi.

2. Berikan bukti yang kamu temukan dan pelan-pelan minta kejujurannya

Kebohongan yang terjadi padamu memang menyakitkan, tetapi bukan berarti rasa sakit itu berhak menguasai kamu hingga kamu lantas berbuat jahat. Saat kamu sudah memiliki bukti tentangnya, kamu bisa pelan-pelan bertemu dengannya kemudian memberikan seluruh bukti yang sudah kamu temukan.

Kamu bisa minta pasangan untuk mengakui kebohongannya dan katakan pada pasangan bahwa kamu meminta kejujurannya sekarang sebelum bukti ini menjadi permasalahan yang lebih rumit lagi.

3. Tinggalkan dia tanpa memberi kesempatan kedua

Ketika pasanganmu sudah mengakui segala kebohongan dan perselingkuhannya, Kamu perlu untuk meninggalkannya dan tidak memberinya kesempatan lagi. Ini adalah keputusan yang terbaik agar hatimu tidak semakin sakit. Bertahan dengan pasangan yang sudah selingkuh dan berbohong bukanlah solusi terbaik, karena nantinya kebohongan ini bisa menjadi kebiasaan.

Meskipun ada kemungkinan pasanganmu menjadi lebih baik, tetapi ada juga kemungkinan bahwa dia akan mengulangi kesalahannya. Jika pasanganmu mengulangi kesalahannya, apakah kamu siap dengan hal itu?

4. Tidak perlu menaruh rasa dendam

Kamu tidak perlu menaruh dendam terhadap mantan pasangan dan selingkuhannya. Karena dengan marah dan memiliki dendam tidak akan mengubah situasi dan kamu tetap akan merasa sakit hati.

Kamu bisa membiarkan kekasihmu bahagia bersama pasangan barunya. Bisa jadi karena memang mereka ditakdirkan bersama. Jadi, jangan menyalahkan siapapun karena tidak perlu ada yang disalahkan, mungkin memang ekspektasi kamu yang terlalu tinggi terhadap pasanganmu.

5. Jangan Menyalahkan diri sendiri

Banyak orang yang menyalahkan diri sendiri setelah putus, bahkan mengingat kekurangannya dan menggap bahwa penyebab pasangan mereka selingkuh dan hubungannya berakhir adalah sikap dan sifat yang dimiliki.

Perlu kamu ingat bahwa ini bukanlah salahmu. Jika memang pasanganmu setia, mau seburuk apa sifatmu, maka dia akan mencoba untuk menerimanya. Jadi, jangan buat dirimu semakin sakit hati karena menyalahkan diri sendiri.

6. Nikmati apa yang kamu rasakan

Selanjutnya adalah waktunya kamu untuk bisa menerima semuanya. Kamu bisa meluapkan kesedihan dengan pergi jalan-jalan, menghabiskan waktu bersama teman-teman dan menyibukkan waktu sendiri. Setiap orang memiliki caranya untuk sembuh yang berbeda-beda.

Jadi, kamu bisa melakukan apapun yang membuat kamu sembuh dari luka yang diberikan oleh mantan pasanganmu. Meskipun butuh waktu yang lama, tetapi setidaknya kamu menikmati proses yang ada karena kamu berhak bahagia bersama pasangan yang tepat.

Cara Mengetahui Pasangan Selingkuh

Nah, grameds itulah ulasan mengenai cara mengetahui pasangan selingkuh dan cara menghadapinya. Penjelasan di atas bukan untuk membuat kamu semakin insecure dan takut kehilangan pasangan, tetapi menjadikan kamu semakin waspada.

Oleh sebab itu, sebelum kamu menuduh pasangan tentu kamu juga perlu bukti ya grameds. Semoga semua pembahasan di atas tidak digunakan dan berharap kamu dan pasangan tetap setia tanpa adanya perselingkuhan.

Jika grameds ingin membaca mengenai buku tips bahagia atau mengenai hubungan toxic atau buku lainnya maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

BACA JUGA:

  1. Ciri-Ciri Pacar Selingkuh dan Cara Menghadapinya 
  2. 16 Ciri Istri atau Wanita Selingkuh, Para Suami Harus Tau 
  3. 20 Ciri-Ciri Suami Selingkuh dan Berbohong
  4. Ciri Wanita yang Gampang Diselingkuhi Pria 
  5. 9 Ciri Istri Selingkuh di Belakang Kamu! 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda