in

11 Cara Mengatasi Bibir Kering yang Bisa Dicoba Agar Lebih Sehat

pixabay.com

Cara Mengatasi Bibir Kering – Setiap orang biasanya pernah mengalami bibir kering. Terjadinya bibir kering pun merupakan hal yang biasa terjadi, tetapi bisa juga menjadi pertanda adanya penyakit. Oleh sebab itu, ketika mengalami bibir kering jangan pernah dianggap remeh.

Tidak hanya itu, ternyata bibir kering juga bisa membuat seseorang tidak nyaman. Bahkan, bagi para perempuan bibir kering ini bisa mengganggu penampilannya. Nah, ternyata bibir kering itu sendiri bisa diatasi dengan alami, tetapi tidak semua orang mengetahuinya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi bibir kering. Jadi, tunggu apalagi simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Grameds.

Namun, sebelum membahas akan hal itu, ada baiknya kalau kita membahas tentang pengertian bibir kering terlebih dahulu.

Pengertian Bibir Kering

Cara Mengatasi Bibir Kering
pixabay.com

Bibir kering bisa dikatakan sebagai suatu masalah yang biasanya terjadi ketika musim panas tiba. Bibir kering itu sendiri merupakan kondisi bibir berubah menjadi berkulit atau pecah-pecah.

Pada dasarnya, bagi banyak orang beranggapan bahwa penyebab bibir kering karena suhu yang sangat panas, tetapi sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan bibir kering. Bibir kering itu sendiri juga dikenal dengan istilah cheilitis.

Biasanya, seseorang yang sedang mengalami bibir kering akan menjadi kurang nyaman ketika berbicara. Bahkan, terkadang pecah-pecah pada bibir kering membuat seseorang sering kali membasahi bibirnya dengan lidah.

Bukan hanya bisa mengganggu penampilan saja, tetapi bibir kering juga bisa menyebabkan luka. Hal ini dapat terjadi ketika kulit pada bibir kering terlalu sering dikelupas. Oleh sebab itu, ketika hal itu dilakukan, biasanya seseorang yang mengalami bibir kering akan merasa perih. Hal seperti ini terkadang akan terasa perih ketika sedang minum air putih.

Maka dari itu, sudah seharusnya, bagi seseorang yang mengalami bibir kering atau kamu melihat teman yang sedang mengalami bibir kering, sebaiknya kenali cara mengatasi bibir kering. Meskipun dalam mengatasi bibir kering terkadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tetapi jika dilakukan secara rutin, maka kamu bisa mengatasi bibir kering atau bahkan bisa mencegah terjadinya kering pada bibir.

Penyebab Bibir Pecah-Pecah

Setelah mengetahui sedikit hal tentang bibir kering, maka pada pembahasan ini, kita akan membahas tentang penyebab bibir-bibir pecah-pecah atau bibir kering.

Bibir kering ini sendiri bisa terjadi karena kondisi atau daya tahan tubuh seseorang mulai menurun. Bahkan, jika seseorang dalam keadaan seperti itu, bisa saja mengalami bibir kering ketika sedang memasuki musim dingin.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Nah, berikut ini beberapa penyebab bibir kering yang perlu kamu ketahui.

1. Tidak Melembapkan Bibir

Penyebab bibir kering yang pertama adalah tidak melembapkan bibir. Bibir yang kurang kelembapan bisa saja membuat seseorang terkena bibir kering. Untuk melembapkan bibir ini sebenarnya sudah ada produk kecantikannya. Oleh sebab itu, supaya bibir kering tidak sering terjadi, sebaiknya berilah produk kecantikan untuk melembapkan bibir secara rutin.

2. Kurang Minum Air Putih

Penyebab kedua dari bibir kering adalah kurangnya minum air putih. Air putih bukan hanya mengurangi risiko terkena bibir kering, tetapi dengan minum air putih yang cukup bisa menjaga cairan yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu, tidak mudah terserang oleh beberapa virus yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sakit.

Terlebih lagi, saat musim panas yang di mana minum air putihnya cukup banyak. Jadi, jangan pernah malas untuk minum air putih, Grameds.

3. Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari

Penyebab bibir kering atau bibir pecah-pecah selanjutnya adalah terlalu sering terpapar sinar matahari. Hal ini bukan tanpa alasan karena ketika seseorang terlalu lama terpapar sinar matahari, maka hampir semua bagian kulitnya akan terasa panas, sehingga membuat kulit pada bibir menjadi kering.

Agar tidak mengalami bibir kering, sebaiknya ketika musim kemarau tiba, kurangi aktivitas di luar rumah. Dengan begitu, kondisi kulit pada bibir pun menjadi lebih basah, sehingga tidak cepat kering.

4. Menggunakan Lipstik yang Tidak Cocok di Bibir

Penyebab bibir kering yang keempat adalah menggunakan lipstik yang tidak cocok pada bibir. Hal ini biasanya terjadi pada perempuan yang mencoba lipstik dengan merek baru. Jadi, supaya bibir tidak kering, sebaiknya para perempuan belilah lipstik dengan merek atau bahan dasar yang sama.

Dampak Bibir Kering

Selain bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak nyaman, ternyata bibir kering juga memiliki dampak yang kurang baik bagi diri sendiri. Berikut ini beberapa dampak yang bisa ditimbulkan dari bibir kering.

  1. Berdarah
  2. Muncul sisik
  3. Bibir menjadi merah dan muncul seperti retakan (kulit bibir pecah-pecah)
  4. Menyebabkan luka

Cara Mengatasi Bibir Kering

Setelah mengetahui secara singkat tentang bibir kering, penyebab bibir kering, dan dampak dari bibir kering, maka pembahasan selanjutnya adalah cara mengatasi bibir kering. Apakah kamu sudah mengetahui cara mengatasi bibir kering secara alami. Nah, jika belum akan dibahas pada poin ini, Grameds.

Beberapa cara mengatasi bibir kering yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Minyak Kelapa

Cara Mengatasi Bibir Kering
pixabay.com

Cara pertama untuk mengatasi bibir kering adalah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ini diyakini bisa mengatasi bibir kering. Hal ini karena minyak kelapa termasuk ke dalam jenis cairan emolien yang di mana cairan ini bisa melembapkan bibir atau kulit kering.

Tidak hanya itu, ternyata minyak kelapa ini juga memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Untuk menggunakan minyak kelapa bisa dibilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskannya secara rutin. Dengan begitu, kelembapan bibir akan tetap terjaga.

2. Lidah Buaya

Cara Mengatasi Bibir Kering
pixabay.com

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering adalah lidah buaya. Hampir semua orang mengetahui kalau lidah buaya ini sangat bermanfaat dalam menjaga kulit dari kekeringan, salah satunya kulit pada bibir. Dengan mengoleskan lidah buaya secara rutin, maka bibir kamu akan menjadi lembap, sehingga terhindar dari bibir kering.

Selain dengan cara mengoleskan lidah buaya pada madu, ternyata kamu juga bisa menggunakan beberapa produk yang terbuat dari lidah buaya. Jadi, ketika sudah mulai muncul bibir kering, sebaiknya kamu segera cari lidah buaya, ya, Grameds.

3. Madu

Cara Mengatasi Bibir Kering
pixabay.com

Selain lidah buaya, madu bisa dikatakan sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi bibir kering atau bibir pecah-pecah. Untuk mengatasi bibir kering, kamu bisa mengoleskan madu pada bibir kering. Dengan begitu, kondisi bibir pun bisa menjadi lembap. Bahkan, dengan mengoleskan madu, maka bisa melindungi bibir dari infeksi.

Madu yang bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi bibir kering memiliki kandungan anti mikroba dan anti inflamasi. Sifat itulah yang dapat mengatasi bibir kering. Bahkan, madu bisa memberikan kesehatan pada bibir.

4. Petroleum Jelly

Salah satu bahan yang ada pada lip balm adalah petroleum jelly. Petroleum jelly ini ternyata merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering. Dengan mengoleskan petroleum jelly secara rutin, maka bibir tidak cepat kering. Hal ini karena kondisi bibir akan menjadi lembap.

Dalam petroleum jelly ini terdapat sifat oklusif. Sifat yang satu ini ternyata bisa memberikan perlindungan bibir dari kekeringan dan juga dapat menjaga kelembapan. Namun, perlu diperhatikan bahwa petroleum jelly ini bisa memunculkan alergi bagi penggunanya.

5. Minum Air Putih

Cara Mengatasi Bibir Kering
pixabay.com

Cara berikutnya untuk mengatasi bibir kering adalah dengan minum air putih secara rutin. Minum air putih atau air mineral secara rutin akan membuat cairan dalam tubuh terus terisi. Dengan begitu, kondisi kulit dan juga bibir pun tidak kekeringan. Jadi, jangan pernah ragu untuk minum air putih secara teratur.

Idealnya dalam satu hari kamu sebaiknya minum 2 liter. Hal ini bukan tanpa alasan karena tubuh kita dalam satu hari biasanya membutuhkan 2 liter cairan. Namun, sebenarnya kondisi antara orang yang satu dengan yang lainnya tidak pernah sama, sehingga kamu bisa menyesuaikan cairan tubuh yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Menggunakan Pelindung Bibir

Cara mengatasi bibir selanjutnya adalah menggunakan pelindung bibir. Pelindung bibir ini bisa mencegah kamu terkena bibir kering karena dalam terdapat kandungan khusus yang berfungsi untuk melindungi bibir.

Pelindung bibir itu sendiri bisa kamu dapatkan di pasar. Selain itu, bisa juga didapatkan di toko online, sehingga kamu bisa membelinya dari rumah tanpa perlu repot-repot ke pasar atau toko kecantikan.

Rasa dari pelindung bibir ini biasanya ada dua kandungan, yaitu kandungan mentol dan kandungan mint. Alangkah baiknya, kamu pilih kandungan yang sesuai dengan selera. Dengan begitu, ketika menggunakan pelindung bibir ini, kamu akan menjadi lebih nyaman.

Ketika menggunakan pelindung bibir, maka bibir kamu akan terasa dingin terutama yang memiliki kandungan mentol. Namun, kandungan mint pada pelindung bibir akan memberikan rasa yang sejuk.

Meski begitu, alangkah baiknya jangan menggunakan pelindung bibir secara berlebihan karena bisa mengganggu kenyamanan. Bahkan, jika digunakan secara berlebihan bisa menyebabkan bibir menjadi cepat kering atau pecah-pecah. .

7. Mengurangi atau Tidak Merokok

Cara mengatasi bibir kering berikutnya adalah dengan mengurangi atau tidak merokok sama sekali. Hal ini perlu dilakukan karena dengan merokok akan menyebabkan bibir cepat kering dan juga pecah-pecah. Bahkan, bibir bisa menjadi lebih mudah teriritasi.

Selain menyebabkan bibir pecah-pecah atau kering, merokok juga bisa menyebabkan bau mulut yang bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, mulailah saat ini untuk mengurangi atau bahkan tidak merokok sama sekali, sehingga tubuh kamu pun menjadi lebih sehat. Lalu, pastinya kamu terhindar dari bau mulut dan bibir kering atau bibir pecah-pecah.

8. Tidak Meletakkan Benda Berbahan Logam di Bibir

Dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalani ini terkadang kita sering meletakkan benda-benda berbahan logam di bibir. Ternyata, hal seperti ini menyebabkan bibir menjadi kering dan juga pecah-pecah. Adapun benda-benda yang terbuat dari logam, seperti perhiasan, jarum pentul, penjepit kertas, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, mulai saat ini, kamu kurangi meletakkan benda-benda berbahan logam di bibir. Dengan menguranginya atau bahkan tidak meletakkan benda berbahan logam, maka kamu bisa mencegah terjadinya bibir kering. Jadi, ketika sebisa mungkin untuk meletakkan benda berbahan logam ketika kamu sedang tidak bisa memegangnya.

9. Mengoleskan Minyak Almond

Cara Mengatasi Bibir Kering
pixabay.com

Cara mengatasi bibir kering dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak almond. Ternyata selain minyak kelapa, minyak almond juga berkhasiat untuk mengatasi bibir kering. Untuk menggunakan minyak almond ini, kamu hanya perlu mengoleskannya pada bagian bibir yang kering.

Namun, untuk mengoleskannya, sebaiknya kamu jangan terlalu banyak menggunakan minyak almond. Hal ini karena jika terlalu banyak menggunakan minyak almond, maka akan mengganggu atau bibir akan terasa lebih berminyak.

Meskipun minyak almond bisa memberikan perlindungan dan juga mencegah bibir pecah-pecah atau bibir kering, tetapi sebaiknya kamu kenali diri dulu, apakah memiliki alergi pada minyak almond atau tidak.

10. Mengonsumsi atau Oleskan Potongan Timun

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah mengonsumsi timun secara rutin. Selain dengan mengonsumsi timun, kamu juga bisa mengoleskan potongan timun di bibir. Hal ini akan memberikan cairan dan juga kelembapan pada bibir. Dengan begitu, kondisi bibir pun tidak cepat kering dan tidak mudah pecah-pecah.

Untuk mengoleskan timun pada bibir, sebaiknya kamu hancurkan timun terlebih dahulu dan mengambil sari airnya, sehingga kandungan mineral dan vitamin pada timun cepat sampai ke bibir. Timun yang dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi bibir kering dikarenakan di dalam timun terkandung mineral dan juga vitamin.

Timun juga dapat memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit untuk membuat bibir halus. Anda dapat mengoleskan bibir dengan timun yang diiris atau menghancurkan timun dan menyapukan sari airnya ke bibir.

11. Menggunakan Ekstrak Vanili

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah dengan menggunakan ekstrak vanili. Selain ekstrak vanili, kamu juga memakai gula dan juga soda kue. Semua bahan itu kemudian dicampurkan menjadi satu. Setelah itu, barulah kamu oleskan pada bagian bibir. Dikarenakan caranya yang mirip dengan luluran, maka cara ini sering disebut juga dengan nama lulur bibir.

Lulur bibir ini bisa kamu lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Bahkan, kamu bisa menyimpan semua bahan yang sudah dicampur itu di tempat yang kedap udara. Jika sudah disimpan di wadah yang kedap udara, maka scrub tersebut bisa bertahan hingga satu minggu. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuat scrub ini ya, Grameds.

Penutup

Pada dasarnya, bibir pecah merupakan hal yang wajar saja terjadi, tetapi jika terlalu lama terjadi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini perlu dilakukan agar cepat ditangani oleh dokter. Hal ini bukan tanpa alasan karena bibir kering bisa menyebabkan beberapa dampak dan juga bisa menjadi pertanda bahwa adanya kondisi tubuh sedang tidak sehat.

Grameds tidak perlu khawatir lagi caranya untuk mengobati bibir kering. Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Jangan pernah ragu untuk membeli buku di Gramedia karena buku-bukunya dijamin ori.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 6 Bentuk Bibir serta Kepribadiannya & Tips Memilih Lipstik yang Sesuai 
  2. 15 Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan 
  3. Mengenal Manfaat Madu untuk Wajah Beserta Jenis Madu 
  4. 10 Rekomendasi Buku Tentang Kesehatan 
  5. Cara Menggosok Gigi yang Benar untuk Anak 
  6. 16 Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Akibatnya Jika Dibiarkan 
  7. 10+ Jenis Bentuk Mata dan Riasan yang Membuat Mata Lebih Cantik 
  8. Ragam Bentuk Alis dan Arti Kepribadian Berdasarkan Bentuknya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda