in

6 Bentuk Bibir serta Kepribadiannya & Tips Memilih Lipstik yang Sesuai

unsplash.com

Bentuk Bibir – Bibir kita memegang peranan penting bagi penampilan kita. Tanpa memiliki bibir, penampilan kita akan jadi sangat-sangat aneh. Membayangkan, tidak memiliki alis mata saja sudah membuat kita tidak percaya diri, apalagi tidak punya bibir?

Kamu pasti sadar, bibir kita sangat penting untuk menunjang hidup kita. Kalau kamu tidak memiliki bibir, kamu mungkin masih bisa berbicara. Namun tentu saja, kata-kata yang kita ucapkan, intonasinya tidak akan sebaik kalau kita memiliki bibir.

Menariknya, setiap orang memiliki bentuk bibir yang berbeda satu sama lain. Ya memang, kadang kamu menemukan banyak orang yang punya bentuk bibir mirip, namun tentu tidak benar-benar sama.

Nyatanya bentuk bibir bukan hanya membuat penampilan kita berbeda dengan orang disekitar kita. Lebih dari itu, bentuk bibir kita nyatanya juga berpengaruh dengan kepribadian kita. Kok bisa? Berikut 6 bentuk bibir dan pengaruhnya terhadap kepribadian!

Bentuk Bibir

6 Bentuk Bibir dan Pengaruhnya Kepada Kepribadian

Bentuk Bibir
unsplash.com

Seperti yang sudah disebutkan, bentuk bibir kita mencerminkan kepribadian kita. Mengingat bentuk bibir setiap orang berbeda, maka kepribadiannya juga akan berbeda satu sama lain. Kamu tentu sangat berbeda dengan orang disebelahmu kan? Supaya tidak penasaran, berikut 6 bentuk bibir dan pengaruhnya kepada kepribadian!

1. Bibir penuh

Orang dengan bibir yang penuh konon memiliki kepribadian yang baik. Mereka juga adalah orang yang suka bersosialisasi dengan banyak orang yang dia temui. Bukan hanya sekedar kenal, dia juga senang menjalin hubungan yang baik dengan orang yang ditemuinya, dan akhirnya berubah menjadi hubungan pertemanan yang kuat.

Selain mudah diajak berteman, orang dengan bentuk bibir penuh juga punya empati yang tinggi. Mereka bukan egois yang tidak peduli dengan nasib orang lain. Kebalikan dari sikap egois, orang dengan bentuk bibir penuh selalu menempatkan kepentingan orang lain diatas kepentingannya sendiri. Dengan sikapnya yang sebaik itu, tidak heran jika banyak orang betah berteman selama bertahun-tahun dengannya.

2. Bibir atas penuh

Biasanya orang dengan bibir atas lebih penuh dari bibir bawahnya adalah tipe orang yang suka perhatian. Jika kebanyakan orang enggan jadi pusat perhatian, orang dengan bentuk bibir seperti ini justru tidak keberatan berada dibawah lampu sorot. Alih-alih terganggu, mereka justru menikmatinya.

Tidak jarang orang dengan tipe ini juga suka menciptakan drama. Tujuannya, tentu saja agar orang lain memperhatikannya. Tapi cuma gara-gara dia suka perhatian, bukan berarti dia orang yang menyebalkan, ya! Terlepas dari sikapnya yang suka cari perhatian, orang dengan bibir atas yang lebih tebal memiliki selera humor yang tinggi.

Orang tipe ini biasanya selalu berhasil membuat kita tertawa, baik itu karena perkataan atau tingkah lakunya. Terakhir, mereka adalah orang yang menikmati hidupnya.

3. Bibir bawah lebih tebal

Sama seperti orang dengan bibir atas lebih tebal, orang yang punya bibir bawah lebih tebal juga senang menikmati hidup. Bedanya adalah, orang dengan tipe bibir ini tidak suka menciptakan drama apalagi menjadi pusat perhatian.

Mereka biasanya juga suka hidup bebas dan suka petualangan. Kalau kamu punya teman model begini, jangan kaget kalau dia sering mengajak kamu pergi liburan. Mengingat sifatnya yang suka berpetualang, mereka tidak akan betah lama-lama dirumah. Setiap ada hari libur, bawaannya pengen tarik koper terus liburan ke tempat yang jauh. Asiknya, dia juga tipe orang yang punya pemikiran terbuka dan tidak kolot.

4. Bibir tipis

Orang yang punya bibir tipis konon memiliki kepribadian introvert. Mereka kebanyakan adalah sosok pendiam, dan lebih suka beraktivitas sendirian. Disaat orang lain merasa kesepian, dia justru menikmati kesendirian tersebut.

Sedihnya karena sifatnya yang pendiam, banyak orang jadi salah paham dengannya. Tidak jarang orang seperti ini dianggap sombong oleh orang sekitarnya. Padahal, kalau disapa, mereka baik kok!

Lagipula, hanya karena seseorang pendiam bukan berarti mereka tidak bisa bergaul. Mereka pada dasarnya bisa bersosialisasi dengan baik jika diperlukan. Namun sama seperti orang dengan kepribadian introvert lainnya, dia juga tidak akan bisa bertahan lama di keramaian.

Bicara dengan banyak orang, apalagi orang yang tidak dikenalnya, akan membuat mereka kehabisan energi. Kalau sudah begitu, biasanya mereka akan mundur pelan-pelan lalu menghilang.

5. Bibir berbentuk hati

Dibandingkan dengan bentuk bibir lainnya, orang yang punya bibir berbentuk hati sebenarnya cukup jarang. Selain terlihat unik, bibir berbentuk hati juga membuat penampilan jadi semakin menarik.

Selain urusan penampilan, orang dengan bibir berbentuk hati juga biasanya kreatif. Mereka tidak pernah berhenti melakukan sesuatu yang membuat orang lain kagum.

Menariknya, orang tipe ini juga cerdas dan memiliki daya ingat yang sangat baik. Kalau kamu punya ayang modelan begini, jangan coba-coba deh bikin salah. Bisa-bisa dia bakal inget terus kesalahan yang kamu lakukan. Maklum ingatannya kan bagus!

6. Bibir yang mungil

Sekilas, orang dengan bibir ini terlihat seperti orang yang tidak peduli, bahkan sering dikira sombong. anggapan ini sering diperburuk dengan hobi mereka yang suka menyendiri. Padahal kalau sudah kenalan, mereka bisa menjadi teman yang sangat baik, lho!

Mereka memiliki semua kualitas untuk menjadi teman sejati. Mulai dari kepribadian yang seru, baik hati, loyal, hingga setia. Mengingat orang seperti ini cukup langka, kamu tidak boleh menyia-nyiakan mereka begitu saja. Coba dimana lagi kita bisa menemukan teman model begini.

6 Cara Memakai Lipstik Sesuai Bentuk Bibir

Membahas soal bibir, anggota badan satu ini bukan hanya menunjang kehidupan kita, tetapi juga penampilan kita. Apalagi bagi perempuan, bibir jelas jadi salah satu bagian wajah yang wajib mendapatkan perhatian lebih selain kulit, dan mata.

Pasalnya semakin sehat dan baik kondisi bibir kita, semakin menarik juga dilihatnya. Untuk membuat penampilannya jadi semakin cantik, perempuan biasanya menggunakan aneka produk untuk bibir, dan lipstik menjadi salah satu produk yang selalu mereka gunakan.

Lucunya meski perempuan hanya memiliki satu bibir, namun kebanyakan dari mereka memiliki lebih dari satu produk lipstik di tas make up-nya. Entah itu jenis lip cream atau lipstik biasa. Tentu saja, mereka tidak menggunakan semua produk itu sekaligus, melainkan menggunakan satu dan disesuaikan dengan acara yang akan dihadiri.

Di hari-hari biasa, perempuan biasanya akan lebih memilih lipstik dengan warna nude untuk memberikan kesan natural, membuat penampilannya terlihat cantik tanpa harus berlebihan. Sedangkan untuk acara formal yang diadakan di malam hari, mereka akan lebih memilih warna-warna lipstik yang lebih mencolok seperti merah untuk memberikan kesan glamor.

Well, perempuan memang tidak bisa hidup tanpa listrik. Mungkin karena sudah terbiasa, sehingga mereka akan merasa sangat aneh jika keluar rumah tanpa menggunakan produk satu ini.

Namun untuk membuat penampilan semakin menarik, kamu juga tidak bisa mengaplikasikan lipstik sembarangan. Semuanya tentu harus disesuaikan dengan bentuk bibir kamu. Nah biar kamu tidak salah lagi pakai lipstik, berikut 6 cara memakai lipstik sesuai bentuk bibir!

1. Bibir tipis

Saat ini, bibir tebal menjadi trend dimana-mana. Bahkan tidak sedikit perempuan yang memiliki bibir tipis, memilih untuk menggunakan filler agar bibirnya terlihat lebih berisi. Sayangnya, filler ini tidak selalu terlihat bagus, tidak jarang hasilnya justru terlihat aneh.

Buat kamu yang punya bibir tipis, filler bukan satu-satunya cara untuk membuat bibir terlihat lebih tebal. Selain filler, kamu bisa menggunakan lipstik untuk memberikan efek bibir yang lebih berisi.

Pertama, coba gunakan lip liner berwarna setingkat lebih gelap dari warna lipstik yang kamu gunakan. Gunakan lip liner di sepanjang garis bibir sebagai bingkai. Lalu, oleskan lipstik dibagikan dalam bibir.

Biar kelihatannya lebih natural, kamu bisa sedikit mem-blend lip liner dengan lipstik. Hasilnya, bibir kamu akan terlihat lebih bervolume dari sebelumnya.

2. Bibir mungil dan berbentuk hati

Bibir mungil dan hati sebenarnya adalah salah satu bentuk bibir yang terlihat bagus, dan biasanya memberikan kesan imut pada wajah. Buat kamu yang memiliki bibir mungil, kamu tidak membutuhkan banyak teknik dalam mengaplikasikan lipstik.

Kalau bibir tipis hanya menggunakan lip liner untuk membingkai bibir, kamu hanya perlu mengaplikasikannya ke seluruh bagian bibir, lalu timpa dengan lipstik. Terakhir, agar terlihat lebih sehat dan bervolume, kamu bisa mengoleskan lip gloss andalan.

3. Bibir bawah lebih tebal

Trik selanjutnya adalah untuk orang yang memiliki bibir bawah lebih tebal dari atasnya. Untuk membuatnya terlihat lebih proporsional dan seimbang, kamu bisa mencoba memadukan lip liner dan lipstik.

Pertama, bingkai garis bibir bawah dengan menggunakan lip liner. Lalu pada bibir bagian bawah, oleskan lipstik berwarna setingkat gelap sedangkan untuk yang atas, gunakan lipstik yang lebih terang dengan warna senada. Kemudian padukan kedua warna dengan menggerakkan bibir ke dalam. Hasilnya, bibir kamu akan terlihat lebih seimbang.

4. Bibir atas lebih tebal

Bibir bawah udah, sekarang trik buat kamu yang punya bibir atas lebih tebal dari bibir bawah. Sebenarnya, kamu bisa kok mengaplikasikan trik yang sama dengan trik untuk bibir bawah, cuma tinggal dibalik aja.

Caranya, bingkai bibir atas dengan menggunakan lip liner berwarna nude. Kemudian oleskan lipstik setingkat berwarna lebih gelap untuk bibir atas, dan warna yang lebih terang untuk bibir bawah. Blend keduanya hingga warnanya menyatu. Mudah, kan?

5. Bibir tebal

Terakhir, adalah trik untuk bibir tebal. Dibandingkan dengan bentuk bibir lain, bibir tebal ini tidak terlalu membutuhkan banyak trik ini itu. Yang kamu perlu lakukan adalah dengan membingkai seluruh garis bibir dengan lip liner untuk menegaskan bentuk bibir kamu.

Kemudian oleskan lipstik ke seluruh bagian bibir. Untuk bibir tebal, ada baiknya kalau kamu menggunakan lipstik berwarna sedikit gelap agar penampilan kamu tidak pucat.

Bentuk Bibir

Tips Memiih Warna Lipstik Sesuai Bentuk Bibir

Bentuk Bibir
unsplash.com

Selain cara pemakaian, kamu juga harus pintar-pintar dalam memilih warna lipstik. Banyak orang berpikir kalau warna lipstik tidak akan memberi pengaruh pada bentuk bibir kita. Padahal selain cara pemakaian, warna lipstik juga sangat menentukan penampilan kita.

Salah memilih warna lipstik akan membuat penampilan kita jadi terlihat kurang OK. Entah itu jadi terlihat pucat atau bahkan terlalu berlebihan. Biar penampilan kamu tidak berantakan, yuk belajar memilih warna lipstik yang sesuai dari tips berikut ini!

1. Bibir tipis

Kamu yang punya bibir tipis, kamu boleh banget nih menggunakan lipstik berwarna terang. Seperti pink, atau merah kalau kamu cukup percaya diri dan tidak takut menjadi pusat perhatian. Kenapa harus warna-warna terang? Ini karena warna terang akan membuat bibir kamu terlihat lebih berisi dari yang sebenarnya.

Pulaskan lipstik warna terang hingga ke garis bibir. Kalau lipstik terasa masih kurang, kamu bisa menambahkan lip gloss untuk sentuhan akhir. Lip gloss bukan hanya membuat bibir kamu terlihat lebih sehat, tetapi juga lebih berisi.

2. Bibir tebal

Kebalikan dari si bibir tipis, orang dengan bibir tebal di kedua sisi sebaiknya menggunakan lipstik dengan warna nude. Warna nude yang cantik akan memberikan kesan yang lebih natural dan tidak membuat bibir kamu yang sudah tebal jadi terlihat lebih tebal.

Pertama, kamu bisa membingkai bibir dengan lip liner untuk menegaskan bentuk bibir. Lalu oleskan lipstik nude ke seluruh bagian bibir. Mengingat lipstik glossy atau lip gloss akan membuat bibir jadi lebih bervolume, sebaiknya kamu menghindari dua jenis lipstik ini. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan lipstik matte untuk penampilan sehari-hari kamu.

Oh ya, sebaiknya kamu tidak menggunakan lip cream. Ini karena sama seperti lip gloss, lip cream juga akan membuat bibir terlihat lebih tebal dari yang sebenarnya.

3. Bibir atas lebih tebal

Bisa dibilang, orang dengan bibir atas lebih tebal sebenarnya cukup beruntung. Karena mereka memiliki pilihan warna lipstik yang cukup banyak.

Meski begitu, sama seperti orang dengan bibir tebal, orang dengan bibir atas lebih tebal juga direkomendasikan untuk menggunakan warna lipstik nude untuk bibirnya. Kamu juga bisa mencoba ombre lips dengan warna lipstik yang satu tingkat lebih gelap.

4. Bibir bawah lebih tebal

Masih setia dengan warna-warna nude, orang dengan bibir bagian bawah juga cocok banget menggunakan lipstik dengan warna seperti coral, coklat, dan warna-warna nude lainnya. Kamu bisa menggunakan warna yang lebih muda di bagian atas bibir.

Selain itu, untuk menambah volume bibir kamu juga boleh mengaplikasikan lip gloss. Hanya saja, supaya hasilnya tidak berlebihan, kamu sebaiknya hanya mengaplikasikan lip gloss ke bibir bagian atas. Mengingat bagian atas bibir lebih tipis, pulasan lip gloss akan membuatnya terlihat lebih berisi.

5. Bibir proporsional

Orang dengan bibir berbentuk hati atau mungil biasanya memiliki bibir yang proporsional karena bagian atas dan bibir terlihat sama. Selain terlihat menarik, bibir jenis ini juga jauh lebih mudah dalam memilih warna lipstik.

Berbeda dengan bentuk bibir lain, bibir dengan bentuk proporsional bisa menggunakan warna lipstik apapun, dan tetap terlihat bagus. Selain lipstik, mereka juga terlihat menarik dengan berbagai jenis lipstik. Mulai dari lipstik matte, glossy, shimmer, atau lip cream.

Bentuk Bibir

Sebagai perempuan, kita kadang suka khilaf jika melihat lipstik dengan aneka warna dipajang di toko. Wajar sih, mengingat warna lipstik yang dipajang di etalase toko memang terlihat cantik. Namun hanya karena sebuah warna terlihat cantik, tidak lantas warna itu cocok untuk kita. Bagaimanapun, setiap orang memiliki bentuk bibir yang berbeda juga skintone yang berbeda. Salah-salah bukannya terlihat bagus, lipstik mu justru akan merusak penampilan kamu. Tidak mau itu terjadi, kan?

Demikian ulasan mengenai bentuk bibir. Buat Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang bibir dan organ tubuh lainnya, kamu bisa mengunjungi gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait. Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Marliah

BACA JUGA:

  1. 10+ Jenis Bentuk Mata dan Riasan yang Membuat Mata Lebih Cantik
  2. Ragam Bentuk Alis dan Arti Kepribadian Berdasarkan Bentuknya
  3. 11 Bentuk HIdung dan Hubungannya dengan Kepribadian Pemiliknya 
  4. 5 Jenis Kulit Wajah, Ini Penjelasan Lengkap Perawatannya
  5. Apa Itu Good Looking dan Cara Menjadi Good Looking 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda