in

12 Tips dan Cara Menenangkan Pikiran yang Sedang Kacau Untuk-Mu!

unsplash.com

Cara Menenangkan Pikiran – Ketika kita kecil, rasanya ingin sekali kita untuk cepat-cepat menjadi dewasa. Pada saat itu, apa yang kita bayangkan mengenai orang dewasa tidak jauh dari mendapatkan kebebasan dan bisa melakukan apapun yang mereka inginkan tanpa ada larangan.

Siapa sangka, apa yang kita bayangkan ketika kecil amat berbeda ketika kita dewasa. Kebebasan yang kita dapat berbanding lurus dengan tanggung jawab yang kita emban. Kebebasan yang kita bayangkan ternyata hanyalah kebebasan semu, di mana pada akhirnya, kita harus mengikuti aturan dan kebijakan dari berbagai macam pihak.

Setelah dewasa, kita justru ingin kembali menjadi anak kecil yang justru lebih bebas dibandingkan ketika kita dewasa. Tidak ada tanggungan, mendapat perlindungan orang tua, dan bebas dari stres. Kemewahan tersebut tidak lagi kita dapatkan ketika kita sudah beranjak dewasa.

Grameds perlahan mulai harus belajar menanggung beban yang harus kalian pikirkan ke depannya. Dan orang tua tidak lagi bisa terus-menerus melindungi kita, karena sudah saatnya kitalah yang bergantian melindungi mereka. Beban ini bisa saja menyebabkan stres bagi diri kita.

Cara Menenangkan Pikiran

Semakin dewasa, semakin kita menyadari betapa pentingnya untuk menjaga pikiran kita dari hal-hal yang berpotensi memberi beban tambahan. Kita tidak bisa membiarkan pikiran-pikiran negatif masuk ke dalam diri kita, karena hal tersebut bisa menambah beban pikiran yang bisa jadi tidak diperlukan.

Tiap orang memiliki cara menenangkan pikiran mereka tersendiri jika sedang berada dalam kondisi kacau balau. Dalam dunia yang ideal, tentu kita ingin menenangkan pikiran dengan hal-hal positif, atau setidaknya tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.

Namun, kenyataannya beban pikiran yang amat berat bisa membuat orang menenangkan pikiran mereka dengan metode negatif. Cara-cara ini dianggap oleh sebagian orang lebih efektif dalam menenangkan pikiran. Akan tetapi, hal tersebut selain bisa membahayakan orang lain, justru juga berpotensi membahayakan diri sendiri.

Untuk itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas bersama-sama mengenai cara menenangkan pikiran jika kepala kalian sedang merasa kacau balau. Cara-cara ini tentunya diharapkan bisa membuat kalian lebih tenang dan siap menghadapi tantangan yang sedang berada di depan kalian.

Grameds bisa memilih cara yang paling cocok untuk diri kalian masing-masing. Selain itu, kalian juga bisa menyesuaikan cara-cara ini dengan situasi dan kondisi kalian saat itu. Selamat mencoba, dan semoga pikiran kalian lekas tenang, Grameds!

1. Menarik Napas Dalam-Dalam

Cara Menenangkan Pikiran
unsplash.com

Cara pertama ini merupakan cara yang paling sederhana untuk dilakukan. Semua orang bisa melakukan ini kapanpun, dimanapun, serta dalam kondisi apapun. Selain itu, dapat dikatakan, menarik napas sedalam mungkin dan menghembuskan secara perlahan cukup sukses menenangkan pikiran.

Pikiran yang kacau balau ini bisa jadi karena pandangan kalian sedang sempit, dalam artian kesulitan untuk mencari solusi di tengah hiruk-pikuk. Terkadang, alih-alih berhenti sejenak agar bisa berpikir dengan tenang, seseorang bisa jadi malah langsung “menerobos” agar masalah cepat selesai.

Padahal, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak. Salah satunya adalah dengan menarik napas. Karena dengan menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan secara perlahan, otak kalian akan kembali mendapatkan asupan oksigen yang dibutuhkan, dan kalian bisa kembali berpikir jernih.

2. Menghirup Udara Segar

Cara Menenangkan Pikiran
unsplash.com

Bersambung dari cara sebelumnya, ada kalanya jika Grameds berada di lokasi yang tidak kondusif untuk menarik napas dalam-dalam. Lokasi-lokasi seperti di terminal, dekat pabrik, atau pembuangan sampah merupakan tempat yang tidak ideal untuk melakukan cara di atas.

Tidak hanya lokasi-lokasi di atas, hal ini juga bisa saja berlaku untuk tempat dalam ruangan seperti di dalam perkantoran. Situasi dalam ruangan tersebut bisa saja pengap karena tidak mempunyai sirkulasi udara yang lancar atau dipenuhi terlalu banyak orang.

Jika demikian, kalian tentu saja bisa mencari lokasi di mana kalian bisa mengambil napas dalam-dalam dan juga menghirup udara segar. Beberapa tempat ideal yang kalian bisa kunjungi untuk melakukan ini adalah taman kota atau sesederhana halaman depan rumah atau halaman belakang rumah.

3. Membayangkan Pikiran dalam Kondisi Tenang

Cara Menenangkan Pikiran
unsplash.com

Maksud dari cara ini adalah kalian mencoba memikirkan kondisi di mana kalian bisa merasakan ketenangan. Setiap orang tentunya memiliki kondisi idealnya sendiri di mana dia bisa merasa pikirannya tenang dan tentram, bahkan dari kondisi yang menurut orang lain tidak ideal.

Misalnya saja, orang tua yang sudah mempunyai anak bisa merasa tenang ketika dirinya sedang membaca buku dan mendengar anaknya sedang tertawa keras di ruangan lain. Situasi penuh ketenangan ini bisa saja dianggap berbeda oleh orang lain yang belum punya anak.

Terlepas dari apapun situasi yang bisa membuat pikiran kalian tenang dan tentram, Grameds bisa membayangkan situasi ini sebagai cara menenangkan pikiran. Cara ini juga bermanfaat bagi Grameds untuk membangun mood yang tadinya bisa saja rusak karena satu dan lain hal.

4. Menulis Catatan atau Jurnal

Cara Menenangkan Pikiran
unsplash.com

Selanjutnya, ada cara yang dianggap banyak orang cukup sukses dalam menenangkan pikiran mereka. Grameds bisa menulis catatan atau bahkan jurnal yang berisikan apa saja yang membuat kalian kesal di hari itu. Terkesan sederhana, namun faktanya cara ini bisa menenangkan pikiran seseorang.

Dengan menulis catatan atau jurnal, kalian bisa melihat dan memantau apa saja yang bisa membuat kalian kesal pada suatu hari. Ke depannya, Grameds bisa mengambil langkah-langkah tertentu agar peristiwa tidak mengenakan ini tidak akan terulang lagi dan merusak hari kalian.

Tentunya, cara ini tidak untuk semua orang mengingat cara ini lebih condong digunakan untuk mencari solusi dari sebuah permasalahan ketimbang membuat pikiran tenang. Menulis catatan atau jurnal lebih cocok bagi kalian yang tidak suka menyimpan masalah lama-lama dan ingin menyelesaikan masalah dengan cepat.

5. Beribadah

Cara Menenangkan Pikiran
unsplash.com

Bagi sebagian besar orang, ibadah merupakan cara yang paling ampuh untuk menenangkan pikiran mereka. Menurut mereka, beribadah adalah metode di mana mereka bisa berbincang langsung dengan Sang Pencipta, dan mengadukan seluruh masalah yang sedang mereka alami saat itu.

Berbeda dengan bercerita ke orang lain, di mana mereka belum tentu bisa membantu menenangkan pikiran atau menyelesaikan masalah, bercerita langsung ke Tuhan Yang Maha Esa bisa memberikan seseorang rasa tenang dan rasa aman, karena dirinya tahu bahwa Tuhan Maha Melihat dan Maha Mendengar.

Selain itu, ketika beribadah, seseorang juga bisa berdoa dan meminta pertolongan kepada Tuhan. Permintaan ini memang belum tentu akan dikabulkan secara langsung. Namun, fakta kalau seseorang percaya bahwa Tuhan akan membantunya melewati masalah sudah lebih dari cukup untuk menenangkan pikiran.

6. Berpikir Hal-Hal Positif

Cara Menenangkan Pikiran
unsplash.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa berpikir positif di tengah pikiran yang sedang kacau balau memang amat sulit. Akan tetapi, jika Grameds bisa memikirkan hal-hal positif saat pikiran kalian sedang tidak dalam kondisi yang baik, tandanya kalian sudah bisa mengontrol pikiran dan emosi dengan baik juga.

Sesuatu yang positif ini juga beragam dan berbeda bagi setiap orang. Selain itu, kalian bisa saja membayangkan peristiwa menyenangkan di masa lampau atau memikirkan sesuatu yang menarik akan terjadi di masa mendatang. Apapun itu, selama itu bisa menenangkan pikiran, maka kalian sudah sukses.

Jika Grameds ingin mencoba cara menenangkan pikiran yang satu ini, disarankan bagi kalian untuk mencari tahu apa yang membuat kalian paling senang. Sesuatu ini juga tidak perlu bersifat nyata atau pernah terjadi, selama bisa menenangkan pikiran kalian di tengah kekacauan.

7. Membuat Badan Rileks

Cara Menenangkan Pikiran
unsplash.com

Beban pikiran yang banyak juga bisa membuat badan kita tegang dan kaku. Akibatnya, selain pikiran kita dipenuhi oleh berbagai macam hal, badan kita juga akan ikut terpengaruh. Badan yang tegang dan kaku ini bisa menyebabkan rasa pegal di sejumlah titik dan membuatnya lebih cepat lelah.

Jika memungkinkan, ada baiknya Grameds melakukan relaksasi agar badan kalian tidak tegang atau kaku. Terdapat sejumlah cara bagi kalian untuk melakukan relaksasi badan. Salah satu cara paling sederhana adalah dengan melakukan peregangan otot yang mulai terasa kaku atau pegal.

Bentuk relaksasi badan lain yang lebih rumit namun terbilang efektif adalah dengan melakukan pijat. Grameds bisa memesan tempat untuk pijat demi meregangkan otot-otot yang sudah kaku dan tegang itu, atau kalian juga bisa meminta orang lain untuk memijat kalian sampai rasa pegal itu hilang.

8. Menghirup Aromaterapi

Cara Menenangkan Pikiran
unsplash.com

Masih merupakan bagian dari membuat badan rileks, menghirup aromaterapi juga bisa menjadi cara menenangkan pikiran yang cukup ampuh. Selain itu, yang membedakan di sini adalah aromaterapi lebih cocok untuk Grameds yang lebih suka melakukan relaksasi dengan metode lain.

Biasanya, orang-orang memasangkan aromaterapi dengan kegiatan-kegiatan macam yoga atau bersemedi. Aroma yang dikeluarkan oleh aromaterapi selain bisa membantu menenangkan pikiran, juga bisa membuat otot badan lebih rileks dan tidak tegang.

Grameds juga bisa memilih wangi aromaterapi yang cocok dengan preferensi kalian. Umumnya, wangi aromaterapi yang biasa ditemukan merupakan wangi dari tanaman-tanaman seperti lavender, melati, jeruk, dan sebagainya. Kalian juga bisa mencari wangi aromaterapi yang tidak begitu menyengat.

9. Mencari Pengalihan Sementara

Cara Menenangkan Pikiran
unsplash.com

Sesuai dengan namanya, cara di atas merupakan cara yang bisa Grameds pakai untuk menenangkan pikiran dan menjauhkannya dari hal-hal negatif. Pengalihan yang dimiliki seseorang bisa jadi berbeda dengan orang lain, mengingat banyaknya alternatif kegiatan untuk mengalihkan pikiran.

Kalian bisa mendengarkan musik, bermain game, menonton video, menggunakan media sosial, membaca buku, sampai melakukan pembersihan terhadap rumah kalian untuk mengalihkan otak kalian dari masalah yang sedang kalian hadapi pada saat itu.

Beberapa kegiatan yang sudah disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil contoh dari banyaknya kegiatan untuk mengalihkan pikiran. Grameds hanya perlu menemukan kegiatan yang cocok dan kalian suka, sehingga kalian tidak lagi memikirkan situasi kalian saat itu dan berhasil menenangkan pikiran.

10. Makan

unsplash.com

Dua cara menenangkan pikiran yang selanjutnya akan kita bahas dapat dikatakan sebagai bentuk pengalihan yang tadi sudah kita bahas. Meskipun makan sebenarnya merupakan bagian dari keseharian, tetapi bisa menjadi cara menenangkan pikiran yang ampuh bagi sebagian orang.

Bahkan, lebih dari itu, terkadang ada kalanya pikiran yang sedang kacau balau terjadi karena kurangnya asupan makanan ke dalam tubuh kita. Ini mungkin terkesan sepele, tetapi faktanya ada orang yang menjadi lebih mudah marah dan terganggu pikirannya karena dia belum makan.

Oleh karena itu, makan bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk menenangkan pikiran. Apalagi, jika makanan yang kalian akan santap nantinya merupakan makanan yang lezat. Tentunya hal ini akan semakin membantu mengalihkan pikiran atau bahkan cukup untuk menenangkan pikiran.

11. Menelepon Orang Lain

unsplash.com

Cara ini dapat dikatakan sebagai cara yang cukup ampuh bagi Grameds yang saat ini sedang merantau ke kota atau bahkan negara lain. Ada beberapa orang yang bisa lebih tenang pikirannya jika mereka berbicara dengan orang yang dekat atau mereka sayangi.

Jika demikian kasusnya, tidak ada salahnya Grameds mencoba menelepon orang-orang ini dan menceritakan keluh kesah yang kalian alami atau yang sedang dipikirkan. Dengan menelepon mereka juga bisa melepas kangen serta mengetahui kabar dan keadaan dari orang-orang jauh ini.

Cara ini juga pastinya bisa Grameds pakai kepada orang-orang yang tinggalnya tidak berjauhan dengan kalian. Bukan tidak mungkin kalian mempunyai teman atau sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu dengan kalian. Menelepon mereka bisa menjadi bentuk pengalihan pikiran atau bisa saja menenangkan pikiran kalian.

12. Konsultasi Dengan Psikolog

unsplash.com

Terakhir, Grameds bisa berkonsultasi dengan psikolog jika kalian merasa sulit untuk menenangkan pikiran. Ada kalanya kesulitan dalam menenangkan pikiran ini diakibatkan karena ada masalah dalam mental kalian. Jika demikian, amat disarankan bagi kalian untuk mencoba menemui psikolog.

Berkonsultasi dengan psikolog bukanlah sesuatu yang tabu dan harus dijadikan sebagai masalah. Jika bertemu dengan psikolog yang kompeten, kalian bisa bercerita mengenai apapun dan mereka akan memberikan pandangan objektif serta berusaha membantu menyelesaikan masalah.

Selain itu, Grameds juga bisa saja mendapat informasi jika adanya gangguan pada mental kalian, dan memberi saran terkait apa yang harus kalian lakukan selanjutnya. Ini tentunya selain bisa menenangkan pikiran kalian yang sebelumnya kacau balau, juga bisa menyelesaikan akar masalah kalian.

Kesimpulan

Dengan ini, berakhir sudah artikel yang membahas mengenai 12 cara untuk menenangkan pikiran. Semoga dari 12 cara yang sudah kita bahas di atas, ada satu atau dua cara yang bisa Grameds coba terapkan untuk membuat pikiran kalian lebih tenang.

Kami ingin mengingatkan bahwa sebesar apapun masalah yang kalian sedang alami dan hadapi, pasti akan ada orang yang juga memahami perasaan kalian. Grameds tidak perlu menyelesaikan masalah kalian sendiri, karena akan selalu ada sosok yang bersedia membantu kalian menyelesaikan masalah di depan kalian.

Harapannya, selain kalian lebih memahami cara terbaik untuk menenangkan pikiran masing-masing, kalian juga tahu bahwa masih ada orang-orang baik di sekitar kalian yang bersedia membantu menyelesaikan masalah bersama-sama. Semoga Grameds kelak menemukan sosok tersebut dalam waktu dekat ini.

Rekomendasi Buku Terkait

Sebagai penutup, kami ingin merekomendasikan buku-buku terkait masalah mental dan kesehatan jiwa yang bisa saja Grameds perlukan sebagai referensi. Berikut beberapa di antaranya.

1. Di sini dan Saat Ini: Pendekatan Sehat Mental untuk Menikmati Setiap Momen di Masa Kini

2. Psikologi Konseling dan Kesehatan Mental, Teori dan Aplikasi

3. Mental Therapeutics

Grameds yang berminat untuk membeli dan membaca buku-buku rekomendasi Gramedia, #SahabatTanpaBatas, bisa langsung mengunjungi situs kami di www.gramedia.com. Kalian akan mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan, sehingga menjadi #LebihDenganMembaca

Penulis: M. Adrianto S.

BACA JUGA:

  1. 30 Cara Mengatasi Stres yang Efektif dan Ampuh
  2. Manajemen Stres: Pengertian, Fakta, Tips, dan Strategi Menghadapinya
  3. Cara Menghilangkan Banyak Pikiran dan Penyebab Psikologis
  4. Arti Healing atau Self-Healing untuk Kondisi Diri yang Lebih Baik
  5. Rekomendasi Buku Self-Healing: Bantu Mengatasi Kecemasanmu


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda