in

8 Jenis Usaha dengan Modal Kecil Yang Bisa Dilakuin Siapa Saja

Jenis Usaha Modal Kecil – Ketika pandemi COVID-19 melanda, berwirausaha merupakan hal yang biasa dilakukan oleh sebagian masyarakat. Juga di zaman yang sudah canggih, banyak anak muda yang memilih untuk membuka usaha.

Dengan alasan lebih memilih untuk menciptakan karya,  tidak ingin terikat oleh orang lain, menghindari perintah-perintah yang superior dari atasan, dan tentunya memiliki kebebasan dalam waktu dan kegiatan lain seperti dalam hal ini lebih memiliki banyak waktu untuk keluarga.

Selain itu bagi kamu yang ingin terlepas dari aturan-aturan yang mengikat, berwirausaha merupakan salah satu jalan lain agar kamu tetap memiliki pendapatan. Tentunya baik bekerja maupun berwirausaha memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing serta menjadi pilihan masing-masing untuk memilih bekerja dan membantu usaha orang lain atau memilih untuk survive mandiri dengan membuka dan mengembangkan usaha sendiri.

Tak hanya pernyataan-pernyataan di atas yang menjadikan yakin untuk memulai bisnis. Dengan membuka bisnis kamu tentunya akan lebih memiliki banyak pengalaman yang tentunya kamu tangani sendiri.

Dari yang bermula bagaimana kamu membuat perencanaan bisnis, meriset strategi bisnis yang tepat untuk jangka panjang bisnismu, membuat analisis SWOT yang dalam hal ini banyak di antara kita masih tak acuh untuk membuat rancangan analisis SWOT, memperkirakan sasaran usaha dan bagaimana profit yang kamu dapatkan.

Selain itu jika usahamu berkembang dan memiliki banyak karyawan kamu juga perlu untuk melakukan manajemen sumber daya manusia dan mempelajari strategi-strategi mengelola karyawan karena jika usahamu berjalan, karyawan merupakan salah satu aset yang harus kamu kelola dengan baik.

Tak sedikit dari mereka yang memiliki usaha yang sudah maju dan melebarkan sayapnya ke mana-mana akan tetapi mereka memiliki kekurangan untuk mengelola karyawannya sehingga banyak karyawan yang memilih untuk resign karena bisa jadi masih memiliki kekurangan dalam pengelolaannya salah satu contoh kecil yang sering terjadi yaitu adanya mis-komunikasi antara pemilik usaha dan karyawan.

Sehingga untuk menghindari adanya problem-problem kecil yang kemungkinannya dapat berdampak pada usahamu kamu perlu mempelajari kembali bagaimana strategi untuk mengelola karyawan yang baik.

Banyak sebagian dari kita yang ingin memulai membuka usaha mempertimbangkan hal-hal mendasar tentunya seperti kepemilikan modal. Keberadaan modal juga menjadi tantangan bagi mereka yang ingin memulai bisnis, kesulitan mencari modal seperti halnya memperkirakan bagaimana untuk mencari modal yang baik dan aman.

Tahap pencarian modal ini tentunya juga dapat menjadikan mereka yang ingin memulai usaha sebagai pengalaman. Tak sedikit dari mereka yang memang sudah memiliki modal cukup akan tetapi kurang memiliki strategi yang baik dalam mengelola usahanya. Juga tak sedikit dari mereka yang masih kesulitan untuk mencari modal sehingga hanya mempunyai modal yang kurang cukup tetapi memiliki strategi dan perencanaan yang baik untuk usahanya.

Pada umumnya setiap mereka yang ingin memulai usaha tentunya memiliki problem yang dapat diatasi dengan adanya solusi, kelemahan, dan kekurangan yang tentunya harus dipertimbangkan secara matang. Dari keseluruhan tersebut, berikut 8 jenis usaha dengan modal kecil.

8 Jenis Usaha Modal Kecil yang Bisa Dilakuin Siapa Saja

1. Berjualan Aneka Jus

peluang bisnis jus

Jenis usaha ini tergolong mudah dan murah untuk siapa saja yang ingin memiliki usaha dengan modal yang relatif kecil. Usaha menjual aneka jus ini merupakan bisnis yang sudah lama dijalankan oleh banyak orang terutama ibu-ibu. Biasanya mereka yang menjalankan bisnis ini hanya bermodalkan gerobak atau semacam etalase yang mereka tempatkan di depan rumah.

Akan tetapi seiring berkembangnya sekarang ini bisnis jus dikembangkan seperti bisnis pakaian yang menggunakan toko atau gerai. Tentunya perkembangan jus juga disesuaikan oleh modal yang mereka miliki.



Sebenarnya dalam urusan tersebut kamu tidak perlu memikirkan bagaimana perkembangan bisnismu dengan bisnis lain yang lebih maju. Kamu juga bisa membangun warung jus dengan sederhana dengan perlengkapan yang mudah  dan tentunya dengan modal yang relatif kecil yang berkisar sekitar Rp500.000,- sampai Rp1.000.000,- dengan disesuaikan besar kecilnya usaha yang akan dijalankan.

Perlengkapan yang biasanya dibutuhkan untuk memulai usaha ini yaitu gerobak atau etalase yang digunakan untuk men-display buah-buahan yang hendak didagangkan, perlengkapan lain yang lebih utama yaitu blender, gelas jus atau cup jus, alat penyaring, tempat es batu, toples tentunya juga bahan-bahan seperti buah-buahan, gula, air, es batu, dan bahan-bahan sejenis lainnya.

Kamu juga bisa menambahkan hal lain dan tak hanya berjualan jus saja, kamu bisa berjualan jajanan ringan seperti sosis bakar, bakso bakar, dan sejenisnya. Tentunya dengan adanya tambahan ini dapat dimungkinkan meningkatkan pendapatan dalam usahamu.

Selain itu, jika kamu memulai usaha berjualan aneka jus ini pastikan kamu memilih tempat strategis seperti dekat dengan sekolah, kampus, atau di tempat yang strategis. Ide membuka usaha berjualan jus tentunya akan banyak menghasilkan keuntungan karena minuman merupakan kebutuhan primer yang banyak dicari oleh orang-orang.

Sayangnya, kelemahan usaha berjualan jus ini adalah ketika musim hujan datang, dalam kondisi tersebut orang-orang akan menjaga dirinya dengan menghindari minuman-minuman es dan akan lebih prefer ke minuman hangat.

2. Berjualan Sayur dan Kebutuhan Memasak

jualan sayur

Sayur merupakan salah satu makanan pokok empat sehat lima sempurna di mana sayur selalu dibutuhkan oleh setiap orang terutama bagi kalangan ibu-ibu. Sehingga usaha ini memang banyak diminati oleh orang tua terutama ibu-ibu.

Karena selain mudah dilakukan usaha ini juga tergolong ke dalam jenis usaha yang memerlukan modal yang relatif kecil. Untuk memulai bisnis ini kamu hanya perlu menyiapkan perlengkapan yaitu meja dagang. Jika kamu ingin berjualan sayur dengan keliling kampung atau komplek perumahan kamu juga perlu menyiapkan gerobak atau sekarang ini dapat menggunakan mobil pick up.

Perlengkapan lainnya yang perlu disiapkan dalam usaha ini juga relatif mudah seperti hal yang utama yaitu sayur-sayuran, bumbu-bumbu masak, berbagai jenis ikan atau ayam dan lauk pauk yang biasanya dibutuhkan untuk menyiapkan makanan rumahan sehari-hari. Ide membuka usaha berjualan sayur tentunya akan memberikan keuntungan yang lebih jika kamu pandai mencari celah untuk mengembangkannya. Kelebihan dari usaha berjualan sayur ini adalah sayur merupakan kebutuhan untuk memasak bagi setiap orang terutama bagi mereka yang juga mempunyai usaha makanan dan kebutuhan untuk memasak bagi setiap ibu-ibu rumah tangga.

Di samping terdapat adanya kelebihan dari usaha berjualan sayur tentunya juga terdapat adanya kelemahan dari membuka usaha ini salah satu yang paling utama yaitu pada sayur yang tidak dapat tahan lama dan akan cepat layu dan tidak segar apabila tidak dirawat dengan baik.

Tentunya dalam menjalankan usaha ini kamu juga memerlukan kulkas atau pendingin supaya sayur yang kamu jual tetap segar. Tak hanya sayur mungkin sebagian besar bahan-bahan untuk usaha ini juga akan cepat membusuk apabila tidak diolah dengan baik seperti ayam, ikan, tempe, atau bahan sejenisnya yang cepat membasi.

3. Berjualan Jajanan Pagi

buku resep risoles sayuran
Source : Kompas.com

Waktu pagi adalah waktu bagi setiap orang untuk memulai aktivitas dalam sehari-hari. Bagi sebagian mereka yang memiliki aktivitas padat dalam kesehariannya tentunya tidak mudah untuk mendapatkan sarapan atau menyiapkan sarapan. Biasanya untuk menyiasati hal tersebut mereka memilih untuk membeli jajanan atau makanan pagi.

Terutama di kota-kota besar, berjualan makanan pagi seperti aneka gorengan, nasi uduk, nasi kuning, dan sejenisnya merupakan usaha yang sederhana dan banyak dijalankan oleh orang-orang. Usaha ini tentunya akan lebih membuahkan hasil apabila dijalankan di suatu daerah yang dekat dengan keramaian seperti sekolah, kampus, pabrik, atau pada saat hari minggu pagi di pasar mingguan.

Tentunya modal yang dibutuhkan untuk usaha ini pun relatif kecil yang berkisar Rp500.000,- sampai Rp1.000.000,- yang disesuaikan dengan besar kecilnya usaha yang hendak dijalankan. Modal tersebut tentunya akan dialokasikan ke bahan-bahan makanan, peralatan masak, dan perlengkapan pendukung lainnya.

Biasanya jajanan yang disediakan tak hanya diproduksi sendiri kamu juga bisa meminta bantuan orang terdekatmu untuk memproduksi makanan tambahan lain dengan cara tersebut kamu juga akan membantu memberikan orang terdekatmu peluang menghasilkan uang.

Dengan cara tersebut orang-orang terdekatmu juga akan meringankan pekerjaan memasakmu karena mereka akan menitipkan makanan tambahan lain yang mereka buat. Tetapi tentunya karena kamu menjadi perantara makanan mereka untuk dijualkan melalui usahamu, kamu juga menyiapkan hasil jualan yang mereka dapatkan lewat usahamu.

4. Berjualan Penyetan

ayam penyetan
Source : Kompas.com

Bisnis berjualan penyetan ini dapat menghasilkan keuntungan yang tak sedikit. Dengan modal yang tentunya relatif kecil dan tergantung besar kecilnya usaha yang akan dijalankan, usaha ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi kamu untuk memulai usaha dengan modal kecil.

Kamu juga bisa memulai usaha ini dari rumah jika kamu memiliki rumah atau tempat yang strategis dan luas. Usaha berjualan penyetan ini sama mirip dengan usaha angkringan akan tetapi fokus usaha ini lebih ke makanan berat dan cocok untuk keseharian.

Dari seorang yang meraup omzet yang menguntungkan melalui membuka usaha berjualan penyetan ini. Disebutkan bahwa seorang yang bernama Fajar hanya membutuhkan modal berkisar Rp4.000.000,- sampai Rp5.000.000,- yang dialokasikan untuk membeli perlengkapan seperti gerobak bekas dengan harga Rp200.000,-.

Selain itu Fajar juga mengalokasikan ke perlengkapan lain seperti meja, kursi, dua buah kompor, dan bahan-bahan baku seperti ayam, tempe, tahu, bebek, dan iga. Tentunya dengan modal yang relatif kecil tersebut, Fajar menghasilkan keuntungan yang berkisar Rp800.000,- per hari juga nyaris untung dua kali lipatnya.



Harga penyetan yang dijajakan pun juga tidak mahal dengan menu yang dicari dalam keseharian yaitu ayam penyet, lele penyet, dan bebek penyet yang dijual dengan harga Rp12.000,- sampai Rp25.000,-. Dengan modal tersebut keuntungan yang didapat tentunya tak main-main. Selain itu, di era sekarang ini kamu juga bisa menggunakan layanan delivery melalui ojek online yang menyediakan layanan Go-Food yang tentunya akan semakin mempermudah usahamu untuk semakin banyak diminati orang-orang.

5. Usaha Warung Makan

Makan adalah kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh orang-orang dalam keseharian. Dari bangun pagi sampai malam, makan adalah kebutuhan utama yang harus dicukupi oleh setiap orang.

Oleh karena makanan adalah hal yang penting untuk setiap orang, tentunya tak salah jika kamu mempunyai peluang untuk membuka usaha ini. Juga tak heran jika usaha ini masih eksis di kalangan ibu-ibu. Karena tentunya modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar dengan tentunya tergantung dengan besar kecilnya usaha yang dijalankan.

Biasanya mereka yang memiliki modal yang relatif kecil, mereka dapat memulai usaha ini di rumah mereka tentunya rumah yang dijadikan tempat untuk usaha warung makan dapat mencakup luasnya atau jika kamu memiliki lahan yang dapat dimanfaatkan kamu juga bisa membuka warung sederhana di lahan tersebut dengan bermodalkan gerobak atau meja.

Akan lebih menguntungkan jika lokasi yang dijadikan untuk usaha warung makan ini berada di lokasi yang strategis seperti kampus, sekolahan, atau komplek perkantoran. Karena makanan merupakan kebutuhan keseharian yang sewaktu-waktu dibutuhkan oleh orang-orang, kamu dapat menjalankan usaha ini sewaktu-waktu misalnya kamu bisa membuka warung makan dari pagi sampai sore atau dari pagi sampai malam. Dengan modal yang relatif kecil tentunya disesuaikan dengan besar kecilnya usaha yang kamu dirikan kamu akan memiliki peluang yang relatif besar jika kamu konsisten dalam menjalankan usaha ini.

6. Jasa Menjahit dan Permak

Jika kamu memiliki keahlian di bidang menjahit kamu tak perlu khawatir dan kebingungan untuk mencari ide dalam berjualan, kamu dapat mengembangkan kemampuan menjahitmu untuk memiliki usaha.

Kegiatan menjahit biasanya dilakukan oleh sebagian kaum perempuan terutama ibu-ibu dan sering kali menjadi hobi dari sebagian kaum perempuan. Jasa menjahit dan permak merupakan salah satu usaha yang dari masa ke masa tidak akan mati karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan yang digunakan manusia dalam kesehariannya.

Di sisi lain, masyarakat Indonesia merupakan  masyarakat yang memiliki kecenderungan memiliki acara-acara besar seperti pernikahan, tunangan, pesta ulang tahun, dan sejenisnya. Dari hal tersebut, jasa menjahit dan permak merupakan salah satu usaha yang membutuhkan modal kecil di mana kamu dapat melakukan jasa ini hanya di rumah saja.  Jasa menjahit dan permak ini hanya memerlukan modal yang relatif kecil dan disesuaikan dengan besar kecilnya usaha yang akan dijalankan. Modal akan dialokasikan ke perlengkapan seperti mesin jahit, peralatan menjahit seperti benang, jarum, dan pernak-pernik lainnya.

7. Jasa Foto dan Home Studio

 

Jika kamu adalah seseorang yang memiliki skill fotografi yang mumpuni kamu bisa membuka dan mengembangkan usaha dengan melayani jasa foto. Kamu juga dapat menjalankan usaha ini dengan membuka home studio jika kamu memiliki rumah yang relatif luas dan dapat dimanfaatkan ruangannya untuk studio foto. Tentunya dalam membuka usaha jasa foto ini kamu tentunya sudah memiliki kamera dan berbagai perlengkapannya.

Di sisi lain tentunya kamu juga dapat mengasah kemampuan fotografi melalui usahamu sendiri. Kamu dapat mempromosikan jasamu melalui orang-orang terdekatmu, misalnya ketika mereka hendak memiliki acara-acara penting seperti wisuda, pernikahan, ulang tahun, foto produk, foto profil, atau kamu juga bisa membuka studio sendiri di rumah dengan konsep kreatif yang kamu kembangkan.

8. Usaha Warung Kopi

Kamu penikmat kopi? Atau seorang kopi enthusiast? Kamu tentunya perlu untuk mengembangkannya melalui bisnis. Peluang usaha kopi saat ini masih menjadi usaha yang populer di kalangan anak muda. Kopi merupakan salah satu komoditas besar yang dimiliki oleh Indonesia. Tentunya untuk mendapatkan bahan baku untuk bisnis warung kopi juga relatif mudah.

Apalagi banyak anak muda sekarang ini lebih penasaran dengan menu-menu kopi. Modal yang kamu siapkan untuk membuka usaha ini tentunya relatif kecil dengan membutuhkan alat seperti mesin kopi dan bahan tambahan kopi lainnya. Untuk tempat usaha, jika kamu memiliki rumah atau lahan tambahan yang luas, kamu dapat memanfaatkannya dengan memberikan konsep kreatif untuk kedai kopimu.

Baca juga artikel lain berikut ini :

Referensi Buku Peluang Usaha



Sobat Gramedia, jika kamu membutuhkan referensi terkait peluang-peluang usaha dengan modal kecil namun menghasilkan keuntungan yang lumayan menjanjikan, tidak ada salahnya kamu membeli buku-buku referensi yang ada di Gramedia.com

1. Airbrush Sebagai Peluang Usaha

3. Seri Peluang Usaha: Bisnis Laundry

 

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad