in ,

10 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Mudah

Pexels.com/cottonbro

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok – Saat ini TikTok menjadi salah satu media sosial yang cukup populer, terutama di Indonesia. Sehingga, banyak pengguna media sosial TikTok memandang kepopuleran TikTok ini menjadi suatu peluang.

Dengan adanya fitur toko di TikTok, para penjual pun memiliki peluang baru untuk membuka tokonya dan mempromosikan barang atau jasa yang ia jual di TikTok. Selain promosi melalui TikTok maupun membuka toko di TikTok, ada cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan di TikTok, seperti apa? Simak cara mendapatkan uang dari TikTok berikut ini.

Apakah Bisa Mendapatkan Uang dari TikTok?

Menurut salah satu majalah Amerika, Forbes, mendapatkan uang melalui media sosial TikTok merupakan suatu aktivitas yang berkembang di tengah pandemi, di mana banyak orang kehilangan pendapatannya serta harus hidup dengan terbatas.

Keadaan tersebut kemudian mendorong banyak individu maupun kelompok untuk membuat konten digital yang dapat dilakukan di rumah. Salah satu platform yang meningkat pesat penggunanya selama masa pandemi ialah TikTok.

Menurut Forbes, ada tiga tahap yang perlu dilakukan sebelum seseorang ingin mendapatkan uang melalui TikTok. Ketiga langkah tersebut ialah sebagai berikut.

[algolia_carousel]
  1. Membentuk branding, seorang pengguna media sosial yang memiliki keunggulan dalam hal mendapatkan uang melalui TikTok, diharapkan mampu membuat suatu unggahan konten yang konsisten serta memiliki branding sendiri, entah branding tersebut unik maupun khusus.
  2. Mengunggah konten yang banyak disukai oleh orang, tahap kedua yang harus dilakukan ialah harus mengetahui pasar pengguna dari media sosial TikTok lainnya. Pastikan bahwa Grameds telah membuat konten yang menarik serta bisa terus diperbarui, tanpa harus melakukan perubahan branding. Buatlah pengguna lain merasa nyaman dengan konten yang Grameds ciptakan.
  3. Mendapatkan pengikut sebanyak mungkin, tahap ketiga merupakan tahapan paling penting untuk mendapatkan uang dari TikTok. Untuk mendapatkan uang dari TikTok, Grameds harus memiliki banyak pengikut. Apabila ingin melakukan monetisasi akun TikTok miliki Grameds, maka minimal Grameds harus memiliki pengikut kurang lebih 10.000 pengikut. Kemudian pahamilah target pasar serta unggahan konten yang berkualitas agar dapat memperbanyak pengikut secara organik.

Forbes mencatat, bahwa salah satu pengguna TikTok yang sukses ialah Addison Rae Esterling. Sebagai pengguna TikTok ia memiliki pengikut lebih dari 86 juta pengikut serta memiliki penghasilan sebesar 5 juta USD pada tahun 2019.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

10 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Secara umum, monetisasi akun TikTok memang menguntungkan serta mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, bagaimana cara mendapatkan uang dari media sosial TikTok serta apa syaratnya? Berikut adalah cara mendapatkan uang dari TikTok.

1. Bergabung di TikTok Creator Fund

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Later

Apabila Grameds memiliki banyak pengikut di TikTok, maka Grameds perlu mempertimbangkan untuk mendapatkan uang dari TikTok melalui TikTok creator fund.

Cara mendapatkan uang dari TikTok dengan cara ini sebenarnya cukup bervariasi, dari satu pengguna ke pengguna lain serta dihitung berdasarkan beberapa faktor seperti keterlibatan pengguna, ukuran audiens serta frekuensi unggahan konten.

Ada pula beberapa kriteria untuk bergabung dengan TikTok creator fungs, berikut kriterianya.

  • Pengguna berusia minimal 18 tahun
  • Berada di Amerika, Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol maupun Italia
  • Memiliki pengikut minimal 10.000
  • Memiliki capaian video yang ditonton sebanyak 10.000 kali dalam 30 hari terakhir
  • Akun dari pengguna haruslah mematuhi pedoman komunitas TikTok serta Persyaratan Layanan

Dengan mengikuti TikTok creator fund, akun yang terdaftar akan mendapatkan dana kreator yang ekslusif, sayangnya program ini masih terbatas di beberapa negara saja.

2. Menjual Merchandise

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa banyak pengguna TiktTok berasal dari Indonesia. Bahkan selama pandemi, pengguna TikTok yang berasal dari Indonesia terus bertambah.

Apabila Grameds pintar melihat peluang, Grameds bisa menggunakan kesempatan ini untuk berjualan dengan cara menyebarkan konten jualan Grameds via TikTok.

Grameds bisa menjual barang-barang merchandise pada penggemar konten tertentu atau pada pengikut Grameds. Apabila Grameds memiliki pengikut dengan jumlah yang cukup besar, maka Grameds pun dapat memonetisasi akun dengan menjual merchandise dengan desain-desain yang menarik.

Pada umumnya, cara mendapatkan uang melalui TikTok dengan berjualan ini dilakukan dengan menggunakan metode on demand atau sesuai dengan permintaan. Keberadaan dari merchandise ini juga dapat meningkatkan promosi di dua produk pengguna, yang pertama ialah akun pengguna itu sendiri serta yang kedua ialah bentuk dari merchandise yang dijual dengan khusus.

Selain berjualan merchandise, Grameds juga bisa berjualan barang maupun jasa. Cara ini juga sudah sering kita lihat di TikTok. Banyak pengguna yang memanfaatkan banyaknya pengguna TikTok asal Indonesia untuk menarik minta mereka membeli barang atau jasa yang mereka jual.

3. Melakukan siaran langsung serta mengumpulkan virtual gift

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Salah satu keunggulan media sosial TikTok ialah kemudahan fasilitas yang diberikan untuk pengikut memberikan gift atau hadiah pada pembuat konten secara real time, melalui hadiah virtual,

Pemberian virtual gift ini nantinya dapat ditukarkan oleh pemilik akun dengan cara pembayaran, sesuai dengan mata uang yang berlaku. Para pembuat konten, dapat mendapatkan uang melalui TikTok dengan melalui tayangan live serta mengumpulkan hadiah virtual dengan memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Memiliki waktu yang tepat, ketika sebagian besar pengikut sedang online.
  • Memeriksa wawasan tentang calon audiens melalui opsi Analytics.
  • Mempertahankan waktu tayangan live dengan durasi waktu yang lama.
  • Menggunakan tagar atau hastag TikTok.
  • Memastikan koneksi internet Grameds stabil.
  • Memastikan urusan-urusan teknis, ketika video tayangan live tengah berlangsung dan aman dari segala gangguan.
  • Menggunakan filter gangguan, seperti filter membisukan pengguna maupun memblokir pemirsa yang memberikan komentar-komentar buruk.

4. Membuat iklan melalui TikTok Ads

Seperti halnya media sosial yang berbasis video maupun visual lainnya, TikTok pun memiliki fasilitas iklan, yaitu TikTok Ads. fungsi dari TikTok Ads ini adalah untuk mengembangkan pengguna dalam monetisasi akun.

Pembuat konten yang ingin mendapatkan yang dari TikTok, memang harus merogoh uang lebih dahulu, baru dapat menikmati fasilitas TikTok Ads ini, akan tetapi fasilitas TikTok Ads ini dapat menjadi langkah yang efektif, apabila telah memiliki pengikut lebih dari sepuluh ribu.

Dengan membuat iklan di TikTok, maka Grameds pun dapat memperluas jangkauan serta membuat produk maupun konten untuk barang atau jasa yang dijual oleh Grameds, agar dilihat oleh lebih banyak orang serta menjangkau berbagai kalangan.

5. Menggalang dana atau crowdfunding

Cara lainnya untuk mendapatkan uang dari TikTok ialah dengan membuat proyek pendanaan atau disebut pula sebagai crowdfunding melalui akun TikTok miliki penggunan.

Menggalang dana melalui media sosial, merupakan salah satu hal umum yang digunakan untuk proyek tertentu, contohnya seperti penggalangan dana untuk bantuan bencana, maupun pembangunan fasilitas-fasilitas tertentu di suatu tempat.

Dengan melakukan penggalangan dana, maka dapat meningkatkan engagement pengikut secara sosial, serta dapat meningkatkan kesadaran kolektif di antara para pengikut serta para pengguna.

Di sisi lainnya, penggalangan dana pun baik untuk meningkatkan citra diri dari pembuat konten, untuk terus dapat dihargai oleh para pengikut. Selain itu, penggalangan dana pun dapat mengamankan aliran pendapatan, apabila crowdfunding dikelola dengan cara-cara tertentu.

6. Membuat konten bersponsor

Bagi pembuat konten yang memiliki jumlah pengikut besar, membuat konten bersponsor dapat menjadi pilihan utama untuk mendapatkan uang dari TikTok. Pengguna dapat membuat suatu unggahan konten bersponsor untuk berbagai macam kepentingan, sesuai dengan kriteria yang dipilih.

[algolia_carousel page=2]

Beberapa influencer media sosial, pada umumnya menerima kerja sama dengan sponsor sesuai dengan ketentuan pembiayaan tertentu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Dengan konten bersponsor, pengguna pun dapat menjadi mitra dengan brand, maupun merek atau bahkan institusi layanan masyarakat tertentu yang dianggap mampu menghasilkan maupun memiliki tujuan yang sesuai dengan branding konten pengguna.

Contohnya, apabila seorang pengguna TikTok memiliki branding sebagai seorang petualang ataupun traveller, maka ia pun dapat menerima kemitraan bisnis dengan dinas pariwisata di daerah tertentu, dengan tujuan untuk meningkatkan promosi wisata.

Pengguna juga dapat membuat konten sponsor yang berkaitan dengan aplikasi atau jasa yang menyediakan tur wisata ke suatu daerah dan lain sebagainya.

7. Menjadi TikTok influencer

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang ketujuh ialah dengan menjadi seorang influencer melalui TikTok. Apabila ingin mendapatkan uang dengan cara satu ini, maka berikut beberapa hal yang perlu Grameds capai.

  • Menjadi brand ambassador
  • Mengunggah konten bersponsor
  • Melakukan marketing afiliasi
  • Melakukan endorsement dan lain sebagainya

Salah satu contoh dari influencer dari platform TikTok ialah Khaby Lame. dengan menjadi influencer TikTok, ia berhasil mendapatkan uang dari TikTok hingga mencapai 2,7 juta USD.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Dash Hudson

8. Membangun agensi influencer

Apabila Grameds telah memiliki jumlah pengikut yang banyak, bahkan telah mendapatkan label sebagai seorang influencer dari TikTok, Grameds dapat mendapatkan uang tambahan dengan cara membangun agensi.

Ketika membangun agensi influencer, maka tugas Grameds ialah untuk menghubungkan antara brand-brand yang ingin mengiklankan produknya dengan seorang influencer TikTok pilihannya.

Pada umumnya, agensi bertugas menjadi perantara, koordinator, perjanjian iklan bahkan hingga manajemen. Contohnya seperti mencarikan influencer yang tepat untuk suatu brand, mengatur konsep iklan untuk brand dan influencer, hingga mengelola kerja sama.

Cara mendapatkan uang dari TikTok satu ini, cocok bagi Grameds yang memiliki keahlian sebagai seorang content marketing serta video marketing. Melalui cara ini, Grameds dapat mengambil kesempatan dengan memberikan harga terjangkau untuk iklan dibandingkan dengan penawaran TikTok Ads.

9. Mengarahkan pengikut ke platform lain

Apabila Grameds memiliki konten yang diunggah ke platform lain, ada cara yang cukup mudah untuk mendapatkan uang dari TikTok. Salah satu caranya ialah dengan menautkan link pada konten di platform lain, contohnya seperti Instagram, Facebook, maupun YouTube.

Dengan begitu, maka Grameds akan mendapatkan banyak engagement organik dari TikTok pada platform sosial media lainnya, usai seorang pengikut melihat video TikTok yang Grameds unggah.

10. Melakukan promosi musik

Jika Grameds menggeluti bidang musik, sebagai seorang produser, penyanyi dan lain sebagainya, atau bahkan Grameds memiliki suara yang bagus ketika bernyanyi, maka Grameds bisa menambah penghasilan dengan melakukan promosi musik.

Banyak penyanyi baru yang muncul, karena ia aktif membuat konten TikTok menyanyi, baik itu cover lagu atau bahkan menyanyikan lagu ciptaannya sendiri. Apabila beruntung, Grameds bisa bertemu dengan salah satu produser musik yang ingin mempublikasikan musik Grameds. Atau Grameds juga bisa menggaet banyak pengikut dan menjadi influencer TikTok.

Di sisi lain, apabila Grameds telah bergabung dengan suatu label tertentu, Grameds bisa mempromosikan lagu Grameds di TikTok. Banyak lagu-lagu yang saat ini digunakan oleh para pengguna TikTok sebagai backsound videonya. Hingga lagu tersebut pun viral dan mendapatkan atensi dari publik.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Tips Melakukan Monetisasi pada TikTok

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa monetisasi akun TikTok atau mendapatkan uang dari TikTok dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Apabila telah melakukan beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok dan Grameds rupanya belum mendapatkan atau bahkan hanya sedikit mendapatkan uang dari TikTok, berikut adalah tips untuk melakukan monetisasi pada akun TikTok.

1. Membuat konten secara terus menerus atau simultan

Tips pertama untuk mendapatkan uang melalui TikTok ialah, jangan pernah berhenti untuk membuat konten. Bersikaplah konsisten dan terus membuat konten secara simultan dan menarik. Dengan cara inilah, maka pengikut akun TikTok Grameds pun akan terus waspada atau selalu menantikan konten-konten terbaru yang ada di akun Grameds.

Pastikan pula, bahwa konten yang Grameds buat dapat disukai oleh pengikut Grameds atau kayak untuk dibagikan pada orang lain melalui TikTok. Dengan tips yang pertama ini, maka dapat meningkatkan cakupan akun, bahkan ketika konten tersebut dibagikan di luar platform TikTok.

2. Mengembangkan pengikut, serta terus melibatkan audiens

Tips selanjutnya ialah mengembangkan jumlah pengikut akun TikTok. Jumlah minimal pengikut akun TikTok yang efektif untuk monetisasi adalah 10.000 pengikut atau lebih. Pastikanlah, bahwa jumlah pengikut di akun TikTok Grameds terus bertambah secara organik.

Lalu pastikan bahwa Grameds melibatkan pengikut Grameds pada konten-konten yang Grameds buat. Bagaimana cara melibatkan pengikut dalam konten?

Grameds bisa melakukan QnA atau Question and Answer yang sederhana, contohnya melakukan tanya jawab ketika Grameds melakukan Live dan lain sebagainya. Grameds juga bisa rutin membalas komentar-komentar dari pengikut. Dengan cara yang cukup sederhana ini, maka dapat meningkatkan kedekatan antara Grameds sebagai pembuat konten dengan pengikut Grameds secara perlahan-lahan.

3. Mempromosikan konten pada di lintas platform

Grameds tentu sudah sering melihat konten video TikTok muncul di berbagai platform media sosial lain bukan? Contohnya seperti Instagram, Twitter, Facebook atau bahkan Whatsapp.

Meskipun platform-platform tersebut sama-sama bersaing, akan tetapi pembuat konten yang memiliki pola pikir jenius justru dapat mengembangkan konten TikToknya di berbagai platform untuk meningkatkan engagement personalnya.

Hal tersebut dapat Grameds lakukan untuk mengajak pengguna internet yang lain, yang belum pernah menggunakan TikTok untuk memiliki ketertarikan dengan konten-konten TikTok yang Grameds buat. Promosi semacam ini pula digunakan untuk meningkatkan pengikut dari bebagai platform agar mengenal sisi personal dari pembuat konten.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Itulah 10 cara mendapatkan uang dari TikTok serta tips untuk melakukan monetisasi pada akun TikTok Grameds. Apabila Grameds ingin mendalami pengetahuan tentang mendapatkan uang dari media sosial, kamu bisa membaca buku-buku terkait di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. 19 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal
  2. 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Masa Kini
  3. 21 Website Penghasil Uang Aman dan Terpercaya yang Patut Dicoba
  4. 10+ Hobi Ini Bisa Menjadi Ladang Penghasil Uang
  5. Mengenal Social Media Marketing dan Strategi Jitu Meningkatkan Promosi
  6. Cara Promosi Produk Online yang Efisien
  7. Content Marketing: Pengertian, Bentuk, Kesalahan Umum
  8. Daftar Buku Social Media Marketing 2022 di Gramedia
  9. Daftar Buku Digital Marketing Best Seller 2022 di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda