in ,

10 Cara Membuat Bibir Merah Alami dan Bahan yang Diperlukan!

pixabay.com

Cara Membuat Bibir Merah Alami – Warna bibir yang menggelap kadang membuat kita tidak percaya diri, bahkan cenderung menjadi tidak menerima. Tak ayal, kita pun segera mencari cara untuk membuatnya berwarna merah alami, bahkan menggunakan cara yang berbahaya.

Padahal, pertama-tama, warna bibir yang gelap merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dianggap memalukan. Jika tetap merasa tak nyaman dengan warnanya, kita juga bisa mengusahakan, tetapi sebaiknya dengan cara yang aman dan alami.

Nah, bagaimana caranya, ya?

Cara Membuat Bibir Merah Alami

Cara Membuat Bibir Merah Alami
pixabay.com

Berikut ialah cara membuat bibir tampak merah alami.

1. Gunakan Scrub Gula

Gosok kulit bibir dengan campuran masing-masing satu sendok teh minyak almond dan madu serta dua sendok teh gula. Gosok dengan lembut karena kulit di bibir kita cukup sensitif.

Minyak almond dan madu akan melembapkan bibir bahkan saat gula menghilangkan kulit mati. Penggunaan scrub ini secara teratur dapat membuat bibir jadi merah muda secara permanen.

2. Gunakan Buah Bit

Parut bit kecil yang sudah dikupas dan ekstrak jusnya. Lalu, oleskan pada bibir menggunakan ujung jari dan biarkan selama 15 menit. Kemudian, cuci. Kita dapat mengulangi ini dua kali seminggu untuk melihat hasil yang lebih cepat. Pigmen burgundy alami dalam bit membantu membuat bibir kita lebih lembut dan merah muda.

3. Gunakan Lidah Buaya dan Madu

Ambil satu sendok makan gel lidah buaya yang baru diekstrak dari tanaman dan campurkan dengan madu. Oleskan pada bibir dan biarkan selama 15 menit, untuk kemudian dicuci dengan air untuk melihat hasil instan.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Lidah buaya dan madu menambah hidrasi pada bibir, sehingga membuatnya lembut dan tampak merah muda.

4. Lakukan Eksfoliasi secara Teratur

Adapun yang perlu Grameds lakukan hanyalah membasahi serbet atau sikat gigi dan dengan lembut untuk menggosok bibir juga dengan gerakan lembut. Hal ini dapat menghilangkan kulit mati dan lapisan luar bibir yang kering, sekaligus meningkatkan sirkulasi darah.

Di malam hari, selalu oleskan minyak kelapa atau lip balm alami untuk bibir merah muda yang lembut.

5. Gunakan Tabir Surya

Sebuah penelitian menemukan bahwa 37 persen orang yang menggunakan tabir surya dengan cara yang benar juga menggunakannya untuk melindungi bibir mereka. Pilih lip balm yang mengandung SPF 15 atau lebih.

Itu perlu diterapkan setiap hari dan sering di-reapply. Sebab, bisa mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

6. Melembabkan secara Teratur

Menjaga bibir kita tetap lembap setiap saat adalah cara yang pasti untuk memastikan bibir tetap merah muda. Gunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya atau beli versi kemasan murni untuk menenangkan dan melembabkan bibir kering.

7. Hidrasi secara Internal

Minum lebih banyak air agar tetap terhidrasi akan mencegah kulit kering dan pecah-pecah. Ini juga akan membuat bibir kita terlihat montok dan lembab sekaligus mencegah perubahan warna bibir.

8. Minyak Esensial atau Vitamin E

Grameds dapat mengambil kapsul Vitamin E jika ada dan membukanya. Oleskan langsung ke bibir untuk membuatnya lembut dan merah muda. Ini adalah bantuan yang terbukti dalam meregenerasi sel-sel kulit, meningkatkan sirkulasi, dan mencegah garis-garis halus.

Saat kita memilih pelembap bibir, pastikan bahannya mengandung minyak esensial. Mereka akan mengandung emolien alami yang dapat membuat bibir kita merah muda dengan menjaga kelembapannya.

9. Hindari Bahan Kimia

Jika Grameds menginginkan bibir merah muda alami dan bibir sedikit lebih gelap atau lebih pucat, lepaskan lipstik yang mengandung bahan kimia. Kita bisa menggunakan jus delima, bit, atau raspberry. Bubuhkan sedikit pada bibir untuk rona merah muda yang indah selama beberapa jam. Plus, mereka tidak membuat bibir kita kering seperti lipstik tahan lama.

10. Prioritaskan Bibir

Sebelum mengaplikasikan lipstik, sebaiknya olesi bibir dengan almond atau minyak kelapa. Tunggu beberapa menit lalu oleskan lipstik. Grameds juga bisa menggunakan lip balm sebagai gantinya. Ini akan bertindak sebagai lapisan pelindung, menjaga bibir tetap lembab dan mencegahnya mengering karena lipstik.

Perbanyak Konsumsi Ini agar Bibir Tampak Merah Muda

Cara Membuat Bibir Merah Alami
pixabay.com

Untuk bibir tampak merah muda, sebaiknya konsumsilah bahan-bahan di bawah ini.

1. Air

Menjaga diri kita agar tetap terhidrasi dapat membawa perubahan besar pada tampilan dan nuansa bibir. Minumlah setidaknya 3-4 liter air setiap hari untuk menjaga diri tetap terhidrasi pada tingkat sel.

Grameds juga bisa menambahkan jeruk nipis, mint, mentimun, irisan stroberi, dan lainnya untuk menambah rasa pada air.

2. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sarat dengan vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan nutrisi lain yang membantu mengurangi stres oksidatif, menjaga kesehatan usus, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ini, pada akhirnya, bisa membuat kulit di bibir kita sehat. Asupan yang ideal adalah 3 porsi buah dan 5 porsi sayuran setiap hari. Konsumsi wortel, labu, labu, sayuran berdaun hijau, apel, buah jeruk, beri, semangka, melon, persik, dan lainnya.

3. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan dapat disebabkan karena merokok, stres, kurang tidur atau makan dengan baik, dan sebagainya.

Mengonsumsi makanan seperti ikan berlemak (salmon, tuna, ikan mas, dan mackerel), kacang-kacangan dan biji-bijian (almond, kenari, dan biji rami), dan minyak sehat (minyak zaitun dan minyak alpukat) adalah cara yang bagus untuk memasukkan omega-3 ke dalam makanan, mengurangi peradangan, dan membuat bibir kita kembali lembut dan merah muda.

Bahan Alami yang Dapat Membuat Bibir Merah Alami

Cara Membuat Bibir Merah Alami
pixabay.com

Selain beberapa bahan yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa bahan alami yang dapat membuat bibir merah alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu konsumsi agar bibir merah secara alami.

1. Tomat

Tomat mengandung selenium, yang melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari. Konsumsilah dalam bentuk mentah sebagai salad, atau kita bahkan bisa menumbuknya sedikit dan mengoleskannya ke bibir jika sudah lama berada di bawah sinar matahari.

2. Kelapa

Entah itu kita minum air kelapa, oleskan minyak kelapa pada wajah dan bibir, makan daging putih apa adanya, atau tambahkan sayuran atau kari kukus, ini akan membantu menjaga kulit dan bibir kita tetap kenyal dan lembab. Untuk hasil terbaik, oleskan sedikit pada bibir sebelum tidur.

3. Kenari

Kenari adalah sumber asam lemak omega 3 yang kaya, yang dapat menjaga elastisitas kulit karena meningkatkan produksi kolagen. Makan secara teratur untuk kulit tampak lebih muda. Grameds bahkan dapat membuat scrub untuk mengelupaskan kulit mati dari bibir dan membuatnya tetap merah muda.

4. Dadih/Yogurt

Produk susu seperti dadih dan yoghurt mengandung protein yang menjaga kekencangan kulit, mencegah timbulnya kerutan. Grameds bisa memakannya dengan makanan, dicampur menjadi smoothie, atau menggunakannya sebagai saus salad. Mengoleskan yoghurt pada bibir juga dapat mencegah pigmentasi.

5. Teh Hijau

Dengan semua manfaat kesehatan lainnya, teh hijau juga baik untuk bibir kita. Ini mengandung polifenol yang merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan. Kita bahkan dapat menggunakan paket wajah teh hijau untuk menghilangkan warna cokelat atau pigmentasi.

Tak hanya itu, menggosokkan sekantong teh hijau ke bibir juga bisa menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah.

6. Madu

Sebagai pelembab alami, mengoleskan madu ke bibir atau memakan satu sendoknya bisa membuat bibir kita jadi merah muda. Madu mengandung magnesium dan antioksidan yang mencegah bibir berubah warna.

7. Jeruk Nipis

Jika Grameds minum jus lemon dengan air hangat dan madu, ini akan mendetoksifikasi tubuh sehingga membuat kulit bibir kita bersinar sehat. Pasalnya, ia juga memiliki sifat pemutihan sehingga kita bisa mengoleskan jus pada bibir atau mencampurnya dengan gula untuk digunakan sebagai scrub.

8. Semangka

Makan semangka di musim panas membantu kulit tetap terhidrasi karena kandungan airnya yang sangat tinggi. Semangka terdiri dari 97 persen air, membantu hidrasi mencapai semua sel tubuh sehingga memberi kita bibir lembab dan merah muda.

9. Berry

Mengkonsumsi stroberi atau blueberry dapat memberikan kulit bibir kita Vitamin C dan antioksidan yang dibutuhkan. Grameds bahkan dapat memadukan stroberi dengan minyak zaitun dan madu, dan menggosok bibir dengannya. Ini akan membantu bibir kita mendapatkan kelembapan dan warna.

Perubahan Gaya Hidup

1. Kurangi Merokok

Merokok secara teratur dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan membuat bibir kita menjadi lebih gelap. Berhentilah merokok untuk mengurangi hiperpigmentasi dan membuat bibir kita terlihat merah muda hanya dalam beberapa hari.

2. Tidur Nyenyak

Tidak tidur nyenyak selama minimal 7 jam berturut-turut dapat membuat kulit dan bibir kita terlihat kusam dan berpigmen. Istirahat yang cukup diperlukan agar bibir kita terlihat segar dan kenyal saat disentuh. Matikan semua gadget elektronik, dengarkan musik yang menenangkan, atau baca buku untuk tertidur dan tetap tertidur. Jika masih mengalami masalah tidur, temui profesional dan dapatkan bantuan yang kita butuhkan.

3. Kurangi Stres

Stres di tempat kerja atau di rumah melepaskan hormon stres, kortisol. Kortisol yang berlebihan dalam tubuh meningkatkan peradangan, yang menyebabkan masalah kesehatan. Ini juga mempengaruhi kulit kita. Kulit kita mulai terlihat kusam dan kering.

Kulit di bibir kita tidak terkecuali. Berlatih meditasi, berolahraga secara teratur, bergabung dengan kelompok pendukung, dan mencari bantuan profesional untuk mengatasi stres di tempat kerja atau/dan di rumah. Luangkan setidaknya 20-30 menit sehari hanya untuk diri sendiri.

Lakukan apa yang kita sukai, seperti melukis, membaca, mempelajari keterampilan baru, menonton acara favorit kita, berbicara dengan teman, berendam di bak mandi susu, dan lain sebagainya.

Tentu saja, membuat perubahan gaya hidup membutuhkan waktu. Jangan menyerah jika kita terpeleset sekali atau dua kali. Perjuangan untuk mempertahankan gaya hidup baru dan lebih baik akan membantu kita memahami kebutuhan untuk tidak pernah berhenti dari gaya hidup sehat.

Penyebab Bibir Gelap

Banyak orang sering menghadapi perubahan warna bibir di beberapa titik dalam hidup mereka. Berbagai kemungkinan alasan ada di balik perubahan warna bibir yang tiba-tiba.

Orang yang perokok berat kemungkinan besar memiliki bibir gelap. Sementara bibir merah muda alami menunjukkan bahwa kita sehat, warna lain seperti gelap, putih atau biru menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan bibir kita.

Eksekutif pengembangan produk SkinKraft, Nikita Kolhe menyebut, “Faktor-faktor yang berkontribusi seperti kurangnya hidrasi, paparan sinar matahari yang ekstrim, dan reaksi alergi yang berbeda dapat menyebabkan perubahan warna bibir.

Masalah yang sama juga bisa dan kerap dialami oleh orang yang terbiasa merokok atau mengisap bibir. Namun, hanya dengan sedikit bahan alami seperti seperti madu, minyak mawar, dan minyak almond dapat menyembuhkan kulit yang berubah warna dan mengembalikan bibir merah muda alami yang berembun.”

Alasan lain di balik perubahan warna yang tiba-tiba tercantum di bawah ini:

  • Penggumpalan darah akibat luka
  • Gula darah rendah
  • Frostbite
  • Kekurangan vitamin
  • Penyakit Addison
  • Obat-obatan tertentu seperti obat sitotoksik
  • Kehamilan

Bibir merah muda tanda sehat?

Tentu saja. Jika bibir kita berwarna merah muda, itu berarti tubuh dan pikiran kita seimbang dan kita berada dalam “merah muda” kesehatan. Ini juga menyiratkan bahwa diet yang kita ikuti dan rutinitas kebugaran kita tepat untuk tubuh dan usia kita.

Pantangan Agar Bibir Merah

Grameds, inilah beberapa hal yang harusnya tidak kita lakukan demi mempertahankan bibir yang merah alami:

  • Hindari produk dengan banyak bahan kimia, terutama lipstik tahan lama. Pilihlah yang berbahan alami. Jangan khawatir, dewasa ini, adaa beberapa pilihan organik di pasaran. Pilih juga lip balm yang dibuat tanpa bahan kimia.
  • Selalu pastikan untuk menghapus make-up sebelum kita tidur. Lipstik dan kilap harus dicuci bersih sepenuhnya. Kita bahkan bisa mengoleskan lip balm atau minyak alami untuk melembapkan bibir sebelum tidur.
  • Untuk memastikan nutrisi dalam darah mencapai bibir, kita bisa mencampurkan minyak peppermint dengan minyak kelapa atau almond dan mengoleskannya. Ini meningkatkan sirkulasi darah dan juga menjaga kelembapan bibir.
  • Jangan merokok. Salah satu efek samping merokok adalah menghitamnya bibir. Selain itu, saat kita mengerutkan bibir untuk menarik napas, kita membuat kulit kita berisiko mengalami kerutan dini dan garis di sekitar bibir. Asapnya juga bisa membuat kulit kita menua sebelum waktunya.

Tips Lainnya untuk Bibir Merah Alami

Cara Membuat Bibir Merah Alami
pexels.com

Masih ingin mendapatkan insight tips lainnya? Baca bagian ini!

1. Hindari Menjilat Bibir

Menjilat bibir kita membuatnya kering dan pecah-pecah. Minumlah air untuk rehidrasi bibir kita.

2. Gunakan Lip Balm Dengan SPF

Apakah kita keluar atau tinggal di dalam ruangan, lip balm dengan SPF 50 sangat ideal untuk melindungi bibir kita dari sinar UV. Ini juga akan menjaga kelembapan bibir kita dan melindunginya dari hiperpigmentasi.

3. Persiapkan Bibir Sebelum Menggunakan Lipstik

Persiapkan bibir kita dengan mengoleskan lip balm setidaknya 10 menit sebelum mengaplikasikan lipstik. Kita juga bisa menggunakan waslap basah untuk menggosok bibir dengan lembut dan mengelupas lapisan kulit mati bagian atas (Jangan lakukan eksfoliasi setiap hari. Lakukan sekali atau dua kali seminggu).

4. Hapus Lipstik Sebelum Tidur

Gunakan penghapus riasan berbahan dasar minyak untuk menghilangkan lipstik sebelum tidur. Apakah lipstik kita pelembab atau matte, menghapus lipstik dan mengoleskan lip balm akan membuat bibir kita merah muda dan sehat.

Penutup

Bagaimana? Tentunya, cara membuat bibir jadi merah alami tidak sesulit yang kita kira, bukan? Pada dasarnya, kita hanya mesti menjaga kesehatan seperti biasa, dan ditambah dengan sedikit perawatan tambahan seperti penggunaan lip balm ber-SPF dan rajin-rajin mengeksfoliasi bibir.

Meski begitu, jangan lupa bahwa jika bibir kita gelap secara alami, itu bukanlah kesalahan dan tidak seharusnya membuat kita jadi tidak percaya diri, Grameds!

Kunjungi situs Gramedia.com untuk berbagai buku dan promo menarik! Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

BACA JUGA:

  1. 6 Bentuk Bibir serta Kepribadiannya & Tips Memilih Lipstik yang Sesuai 
  2. 15 Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan 
  3. Mengenal Manfaat Madu untuk Wajah Beserta Jenis Madu 
  4. 10 Rekomendasi Buku Tentang Kesehatan 
  5. Cara Menggosok Gigi yang Benar untuk Anak 
  6. 16 Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Akibatnya Jika Dibiarkan 
  7. 10+ Jenis Bentuk Mata dan Riasan yang Membuat Mata Lebih Cantik 
  8. Ragam Bentuk Alis dan Arti Kepribadian Berdasarkan Bentuknya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda