in

Profil Bona WJSN, Pemeran Ko Yurim di Twenty Five-Twenty One!

https://wjsn.fandom.com/

Bona WJSN – Apakah Grameds termasuk penggemar K-Drama yang mengikuti serial drama populer termasuk Twenty Five-Twenty One? Jika iya, pasti tidak asing lagi dong dengan karakter Ko Yurim yang merupakan atlet anggar kebanggaan Korea Selatan, tetapi harus pindah kewarganegaraan Rusia karena masalah finansial.

Karakter Ko Yurim walaupun adalah second lead female, tetapi berhasil mencuri perhatian publik karena kemampuan anggarnya yang bak atlet sungguhan.

Nah, siapa sangka jika karakter Ko Yurim itu ternyata diperankan oleh seorang idol K-Pop yakni Bona WJSN!

Yap, nama Kim Ji Yeon alias Bona WJSN memang mengawali karirnya sebagai idol K-Pop di grup WJSN yang merupakan grup gabungan antara Starship Entertainment (Korea Selatan) dan Yuehua Entertainment (China). Setahun setelah debutnya bersama WJSN, Bona mencoba melebarkan sayapnya di dunia peran dan mendapatkan pujian dari banyak kalangan.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Bona WJSN hingga dapat dikenal sebagai aktris top seperti sekarang ini? Apa saja fakta-fakta menarik dari Bona WJSN? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Bona WJSN

Bona WJSN
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Kim Ji Yeon
  • Nama Panggung: Bona
  • Tanggal Lahir: 19 Agustus 1995
  • Zodiak: Leo
  • Zodiak China: Babi (Pig)
  • Golongan Darah: A
  • Tinggi Badan: 163 cm (5’34”)
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Dongguk Girls’ High School
  • MBTI: INFP
  • Sub-Unit: WJSN THE BLACK, Unit Wonder
  • Posisi Di Grup: Lead Dancer, Sub Vocalist, Sub Rapper, dan Visual
  • Akun Instagram: @bn_95819

Perjalanan Karir Bona WJSN

2013: Bergabung Dengan Starship Entertainment

Sejak 2009, tepatnya saat Bona masih berusia 14 tahun, dirinya telah menjadi trainee di Cube Entertainment. Yap, Bona sejak kecil memang sudah memiliki ketertarikan akan dunia musik dan menjadi idol K-Pop.

Setelah 4 tahun menjalani masa pelatihan di Cube Entertainment, akhirnya Bona memutuskan untuk keluar dan menandatangani kontrak dengan Starship Entertainment pada tahun 2013.

2015: Berhasil Debut Bersama WJSN

Bona WJSN
https://wjsn.fandom.com/

Pada akhir tahun 2015, pihak Starship Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan sebuah girl group yang dibentuk atas kerjasama dengan Yuehua Entertainment. FYI aja nih, Yuehua Entertainment adalah sebuah agensi besar yang berpusat di Beijing, China. Namun walaupun demikian, Yuehua Entertainment memiliki beberapa grup K-Pop juga yakni UNIQ, TEMPEST, EVERGLOW, dan WJSN ini.

“Perwakilan” dari Yuehua Entertainment untuk grup WJSN ini disebut sebagai Chinese-Line yakni ada Wu Xuan Yi, Meng Meiqi, dan Cheng Xiao. Sayangnya, Wu Xuan Yi dan Meng Meiqi telah aktif mengikuti survival show di China dan debut menjadi girl grup C-Pop.

Uniknya, Bona tidak tahu bahwa nama panggungnya adalah “Bona”. Para member WJSN yang saat itu masih menjadi trainee dan berlatih seperti biasanya, tiba-tiba dikagetkan dengan artikel yang menyatakan bahwa agensi mereka akan mendebutkan sebuah girl grup WJSN.

Hal itu wajar saja sebab para trainee memang tidak diperbolehkan mengakses internet dan menggunakan smartphone mereka.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Tiba-tiba saja ada salah seorang staf agensi yang menyelamati Bona akan debutnya. Tentu saja dirinya bingung dan berkata “Siapa Bona?”, kemudian berpikir bahwa itu mungkin adalah trainee baru. Namun ternyata, “Bona” adalah nama panggungnya.

WJSN resmi debut pada 25 Februari 2016 setelah merilis teaser photo masing-masing membernya, tak terkecuali Bona. WJSN debut dengan mini-album bertajuk Would You Like It? yang berisikan 2 lagu yakni “Catch Me” dan “MoMoMo”. Lagu-lagu debut tersebut berhasil meraih peringkat ke-7 di tangga lagu Gaon.

Starship Entertainment juga telah mengumumkan bahwa WJSN alias Cosmic Girls yang memiliki 12 member ini akan dibagi menjadi 4 sub-unit yakni Wonder, Joy, Sweet, dan Natural. Bona WJSN tergabung dalam unit Wonder bersama dengan Dayoung dan Cheng Xiao.

Selama tahun 2016, Bona WJSN bersama rekan-rekannya pun turut mendapatkan sebuah reality show yang bertajuk Would You Like Girls (My Cosmic Diary) di saluran Mnet. Pada episode terakhir, Yeonjung dinyatakan bergabung dengan WJSN tetapi tidak dapat menjalani aktivitas grup dalam sementara waktu karena dirinya telah masuk line-up debut I.O.I.

Masih di tahun yang sama, Bona bersama WJSN memenangkan penghargaan besar atas debut mereka, yakni Asia Artist Awards untuk kategori Rising Star Award dan Seoul Success Awards untuk kategori Rookie Award.

2017: Debut Sebagai Aktris dan Mulai Beraktivitas Individu

Bona WJSN
https://wjsn.fandom.com/

Setahun setelah debutnya menjadi idol K-Pop bersama WJSN, Bona pun mencoba melebarkan sayap karirnya di dunia peran. Pada tahun 2017, Bona debut akting dalam serial drama berjudul Hit The Top di saluran KBS2. Pada serial drama tersebut, Bona WJSN memerankan karakter Do Hye Ri, seorang trainee yang hendak debut tetapi selalu tertekan karena penampilan dan berat badannya yang tidak sesuai.

Atas debut aktingnya itu, Bona mendapatkan banyak pujian. Alhasil pada September 2017, Bona mendapatkan tawaran untuk menjadi karakter utama dalam sebuah serial drama berjudul Girls’ Generation 1979 yang merupakan adaptasi dari sebuah novel dengan judul sama.

Sesuai dengan judulnya, serial drama tersebut menggunakan latar belakang waktu tahun 1979 sehingga dialog Bona pun harus berupa dialek.

Pada serial drama tersebut, Bona WJSN memerankan karakter Lee Jung Hee yakni seorang gadis ceria yang menyukai seniornya di lingkungan sekolah, tetapi selama di rumah, dirinya selalu diperlakukan tidak adil oleh ayahnya karena dirinya adalah seorang perempuan.

Bona WJSN tidak hanya berkarir sebagai aktris saja, tetapi juga sebagai anggota sebuah variety show yang konsepnya bertahan hidup di hutan yakni Law Of The Jungle. Pada Law of The Jungle episode 344-352 tersebut, Bona bersama beberapa selebritis lainnya, termasuk Juyeon The Boyz, harus bertahan hidup di Kepulauan Mariana Utara.

Pada tahun 2020, Bona WJSN didapuk untuk karakter Lee Hae Deun dalam serial drama Homemade Love Story. Berkat kemampuan aktingnya itu, Bona pun berhasil memenangkan beberapa penghargaan besar. Mulai dari Korea First Brand Awards untuk kategori Best Idol Actress dan KBS Drama Awards untuk kategori Best New Actress.

Bona WJSN
https://www.soompi.com/

Pada tahun 2022, Bona WJSN semakin dikenal namanya setelah turut serta dalam serial drama Twenty Five-Twenty One dengan karakter Ko Yurim. Pada serial drama tersebut, Bona dengan luwes memerankan karakter Ko Yurim yang merupakan seorang atlet anggar kebanggaan publik dan diidolakan oleh Hee Do, yang kemudian keduanya menjadi sahabat sekaligus rival.

Serial drama yang dibintangi oleh Kim Tae Ri dan Nam Joo Hyuk itu mendapatkan rating tinggi sejak episode perdana. Alhasil, sosok Ko Yurim yang diperankan oleh Bona WJSN pun juga dikenal oleh publik.

Dilansir dari soompi.com, Bona mengaku bahwa sebelum membintangi serial drama tersebut, masih banyak orang yang belum mengenalinya. Namun sekarang, banyak orang yang langsung mengenali Bona WJSN sekalipun dirinya mengenakan masker dan topi.

Bona juga mengaku bahwa banyak penggemarnya yang tidak tahu bahwa dirinya adalah seorang idol K-Pop. Kebanyakan dari mereka menyebut Bona sebagai ‘Ko Yurim’, bukan Bona WJSN. Namun berkat itu semua, Bona mendapatkan banyak tawaran dari sutradara serial drama ternama dan tentu saja hal itu membuatnya senang.

2022: Mengikuti Survival Show Queendom 2 Bersama WJSN

Bona WJSN
https://teenvogue.com/

Pada tahun 2022 lalu, WJSN mengikuti sebuah reality competition bertajuk Queendom 2, lanjutan dari season sebelumnya yang tayang pada 2019 di saluran Mnet.

Konsep acara Queendom 2 ini adalah pertarungan antara 6 girl grup K-Pop untuk memenangkan predikat Queendom K-Pop. Pemenangnya akan mendapatkan keuntungan berupa penampilan comeback, lagu baru, dan aransemen lagu hit hanya untuk sang pemenang.

Keseluruhan babak dari Queendom 2 ini diakumulasi berdasarkan voting penonton. Keenam girl grup K-Pop yang berpartisipasi dalam acara ini adalah WJSN, Brave Girls, ViviZ, Kep1er, LOONA, dan solois Hyolyn. Total episodenya adalah 20 dan pemenang akhir adalah WJSN dengan total suara 81.020 poin.

Berhubung pada tahun tersebut, Bona tengah sibuk syuting serial drama Twenty-Five Twenty One, maka jadwalnya bentrok dengan kompetisi Queendom 2 ini. Alhasil, Bona dapat bergabung pada kompetisi tersebut pada babak ketiga dan grupnya berhasil menjadi pemenang akhir.

Kehidupan Pribadi Bona WJSN

Riwayat Pendidikan

Bona WJSN
https://wjsndaily.tumblr.com/

Diketahui bahwa Bona WJSN telah lulus dari Dongguk Girl’s High School alias Sekolah Khusus Wanita Dongguk yang terletak di kota Seoul. Beberapa idol K-Pop yang juga bersekolah di sekolah khusus wanita tersebut adalah Yujeong dan Haein LABOUM.

Setelah lulus, Bona WJSN melanjutkan studinya di Universitas Dongguk.

Kabar Kencannya

Pada tahun 2020, Bona WJSN dikabarkan tengah memiliki hubungan spesial dengan senior satu agensinya, Kihyun Monsta X. Rumor mengatakan bahwa mereka telah menjalani hubungan selama 5 tahun. Tentu saja kabar tersebut ramai diperbincangkan oleh para penggemar hingga akhirnya pihak agensi pun mengeluarkan pernyataan resmi.

Dalam pernyataannya, pihak Starship Entertainment menegaskan bahwa Bona dan Kihyun tidak berpacaran. Hubungan mereka hanyalah sebatas junior dan senior dari agensi yang sama. Meskipun demikian, hubungan keduanya tidak menjadi canggung atas rumor yang telah beredar selama ini.

20+ Fakta Menarik Seputar Bona WJSN

https://tenor.com/
  1. Bona WJSN lahir di wilayah Daegu dengan nama asli Kim Ji Yeon.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak laki-laki dengan jarak usia 2 tahun.
  3. Bona tergabung dalam sub unit WJSN THE BLACK.
  4. Bona turut menjadi anggota visual resmi di grup bersama dengan Luda dan Seola. Mereka bertiga diberi julukan BoSelLu (Bona-Seola-Luda).
  5. Pernah menjadi trainee di Cube Entertainment.
  6. Bona, Seola, Exy, dan Soobin menjadi trainee senior yang bertanggung jawab mengajarkan tarian kepada trainee yang lebih muda.
  7. Sebelum debut, Bona WJSN telah berpengalaman dalam hal modeling terutama di beberapa majalah Korea dan China.
  8. Memiliki ukuran pinggang yang kecil yaitu 21 inchi.
  9. Meskipun wajahnya terlihat kaku dan dingin, tetapi sebenarnya Bona adalah sosok yang ramah, aktif, dan selalu terttawa.
  10. Sejak tahun 2017, Bona WJSN telah melebarkan karirnya di dunia peran dengan membintangi sejumlah serial drama seperti Hit The Top, Girls’ Generation 1979, Homemade Love Story, dan Twenty Five-Twenty One.
  11. Bona selalu dielu-elukan menjadi idol K-Pop tercantik di generasi ketiga.
  12. Sangat suka es krim mint-choco.
  13. Berteman akrab dengan solois Chungha, Namjoo APINK, Yujin ex CLC, Jeongyeon BTOB, dan beberapa member BTOB karena sempat menjadi trainee di Cube Entertainment.
  14. Saat masih kecil, Bona WJSN pernah bercita-cita menjadi seorang perancang busana.
  15. Bona pernah mengajari salah satu rekannya yang berasal dari China, Cheng Xiao, untuk berbicara dengan dialek Gyeongsang-do.
  16. Saat masih trainee, Bona pernah ingin belajar sastra China jika tidak jadi debut menjadi idol K-Pop.
  17. Sebenarnya, Bona sangat ingin menggunakan nama “Yeoreum” atau “Hayeon” sebagai nama panggungnya.
  18. Berhasil memperoleh sertifikat HSK-4 dalam Tes Kemahiran Bahasa China.
  19. Menurut Luda, Bona adalah salah satu anggota tertua di grup yang terlihat tidak peduli kepada member lain. Padahal sebenarnya, Bona sangatlah perhatian.
  20. Pada awal debut akting, Bona menggunakan nama panggungnya tersebut untuk berbagai perkenalan saat wawancara serial drama. Namun sejak tahun 2022, dirinya menggunakan nama aslinya “Kim Jiyeon” untuk aktivitas aktingnya.
  21. Para penggemar Jepang memilih Bona sebagai idol K-Pop tercantik ketiga dari generasi tiga.
  22. Di dorm, Bona WJSN sekamar dengan Exy.
  23. Bona memiliki sertifikat menyelam.

Itulah beberapa fakta menarik seputar Bona WJSN. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Jika Grameds sedang mencari buku-buku yang berkaitan dengan K-pop atau drakor, maka bisa mendapatkannya di gramedia.comGrameds juga bisa melihat beberapa rekomendasi buku terkait di bawah ini.

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing. Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

2. K-Pop Fever

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

3. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

EXO adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

5. KPopers? So What?

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

https://kpop.fandom.com/

https://kprofiles.com/

https://wjsn.fandom.com/

https://en.kepoper.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.