in

13 Inspirasi Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa?

dailysia.com

Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa? – Dewasa ini, fungsi dari berpakaian bukan hanya sekadar untuk menutupi dan melindungi tubuh saja. Lebih dari itu, berpakaian juga berfungsi untuk mempercantik diri dan memberikan kesan penampilan tertentu untuk memperoleh keindahan diri dan estetika norma. Bahkan, cara berpakaian sudah menjadi gaya fashion masa kini.

Secara estetika, pakaian memberikan warna, variasi, dan keindahan dalam kehidupan manusia. Berpakaian merupakan sesuatu yang kompleks, sehingga tak semua orang memahami bagaimana menentukan warna baju yang tepat dan sesuai dengan karakter diri sendiri.

Kesan pertama yang terlihat dari cara berpakaian adalah warna. Meskipun ada warna-warna mode untuk bahan-bahan tertentu, tetapi tidak semua orang dapat memakai warna mode tersebut. Ada beberapa yang menjadi pertimbangan dalam menentukan warna, misalnya warna kulit, mata, juga bentuk tubuh.

Linschoten dan Drs. Mansyur menguraikan tentang warna secara psikologis menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Warna-warna itu bukanlah suatu gejala yang hanya dapat diamati saja.
  • Warna itu mempengaruhi kelakuan.
  • Warna memegang peranan penting dalam penilaian estetis.
  • Warna menentukan suka tidaknya kita terhadap berbagai macam benda.

Dari pemahaman di atas dapat dikatakan bahwa warna bukan hanya dapat dilihat dengan mata saja, tetapi dapat mempengaruhi perilaku seseorang, dapat menentukan suka tidak seseorang terhadap suatu benda, dan mampu memberikan penilaian estetis.

Warna dalam Berbusana

1. Penerapannya dalam Berbusana

Teori warna digunakan untuk memadupadankan busana sehari-hari, baik untuk sekolah, bersosialisasi, bekerja, ataupun tujuan formal. Tidak semua orang bisa memilih padanan busana atasan, bawahan dan aksesoris yang satu sama lain saling menunjang warnanya.

Oleh sebab itu, yang terjadi adalah penggunaan warna pilihan yang terlalu monoton atau kerap kali terjadi pemilihan warna yang bertabrakan, sehingga mengurangi estetikanya dan akan menciptakan kesan yang kurang enak untuk dilihat.

Dengan dasar teori warna serta aplikasinya yang sudah dipaparkan sebelumnya, maka diharapkan pembaca dapat menghasilkan suatu kombinasi yang harmonis. Bahkan, teori warna ini diharapkan mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, teori warna ini harus dijadikan sebagai catatan karena akan selalu berubah setiap tahunnya.

2. Warna Aksen dalam Busana

Aksen merupakan penambahan suatu warna yang berbeda dari panduan-panduan warna, tetapi tidak merusak kesatuan warna. Warna aksen ditentukan setelah melihat warna domain yang digunakan dan tidak ada formula khusus ketika ingin menggunakan warna aksen. Jika warna domain adalah warna netral, maka warna aksen yang dipilih bisa warna apa saja, karena warna aksen yang akan digunakan tidak akan merusak komposisi warna yang dikombinasikan bersama dengan warna netral.

3. Warna Monokromatik dalam Busana

Skema warna monokromatik adalah warna yang diperoleh dari hasil gradasi warna yang kita pilih terhadap warna gelap ataupun warna terang dari warna tersebut. Penggunaan warna monokromatik dapat dirasakan lebih “aman” karena dapat menghindari kesalahan pemilihan warna dan mempermudah dalam pemilihan komposisi warna.

Satu warna yang sama, tapi berbeda turunan warna (tints, tones, shades). Kombinasi ini menciptakan suasana sesuai dengan persepsi warna dasar yang akan digunakan. Dengan begitu, ketika berpakaian menggunakan warna ini akan terasa lebih percaya diri.

4. Warna Netral dalam Busana

Warna-warna yang disebut netral dalam busana adalah warna hitam, putih, abu-abu, warna coklat, perak, dan emas. Warna-warna tersebut tidak bisa dianggap sebagai warna utama karena warna netral tidak akan pernah salah jika dikombinasikan ke semua warna pakaian. Pada dasarnya warna netral bisa berdiri sendiri dengan penerapan warna monochromatic, sehingga warna akan terlihat lebih harmonis dan menyenangkan di mata.

Warna Coklat dalam Busana

Perkembangan dunia fashion kini sudah semakin pesat, terutama fashion hijab yang saat ini sudah mulai banyak diikuti oleh banyak orang. Setiap tahun, model hijab akan terus berkembang atau berganti, sehingga tren hijab pun dapat berubah dengan cepat. Maka dari itu, sudah banyak hijabers yang mulai berani dalam memadupadankan berbagai macam warna hijab saat berpakain agar tetap terlihat stylish.

Warna juga bisa memberikan pengaruh emosional kepada mood atau suasana hati yang diciptakan. Pemilihan warna juga harus diperhatikan agar tidak salah pengertian dalam komunikasi visual. Oleh karena itu, masing-masing warna memiliki artinya sendiri.

Busana berwarna coklat merupakan warna pakaian yang sedang tren saat ini. Coklat menjadi kesukaan banyak orang karena sifatnya yang netral dan mudah dipadupadankan dengan warna lainnya.

Warna coklat adalah salah satu warna yang mengandung unsur bumi. Dominasi warna ini akan memberi kesan hangat, nyaman dan aman. Secara psikologis, warna coklat akan memberi kesan kuat dan dapat diandalkan. Selain itu, warna ini melambangkan sebuah pondasi dan kekuatan hidup.

Kelebihan lainnya adalah warna coklat dapat menimbulkan kesan modern, canggih dan mahal karena kedekatannya dengan warna emas. Biasanya, rumah-rumah mewah menerapkan warna-warna bernuansa coklat, karena dapat memberi kesan ketenangan jiwa tersendiri bagi pemiliknya.

Namun, warna coklat akan berkesan buruk jika dikombinasikan dengan warna lain yang tidak tepat. Dalam hal yang negatif, coklat dianggap sebagai warna kotor dan tidak ada kejujuran. Untuk itu warna ini tidak baik sebagai simbol sebuah hubungan.

Oleh karena itu, bagi hijabers perlu mengetahui warna hijab apa yang cocok dengan baju warna coklat. Dengan begitu, bisa menampilkan fashion yang kekinian dan tidak memiliki kesan buruk saat berbusana.

Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa?

Jika dikombinasikan dengan jilbab, baju warna coklat menjadi hal yang anggun. Lalu, baju coklat cocok dengan jilbab warna apa saja, ya? Berikut deretan warna jilbab yang bisa kamu coba.

1. Hijau Army

Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa
indozone.id

Bergaya boyish dengan menggunakan warna hijau army bisa kamu lakukan dengan menggunakan kelir hijau army pada pemakaian jilbab. Warna hijau adalah warna yang identik dengan alam dan mampu memberi suasana yang santai.

Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi, warna hijau sangat membantu seseorang yang sedang berada dalam situasi tertekan untuk menjadi lebih mampu dalam menyeimbangkan emosi dan memudahkan keterbukaan dalam berkomunikasi. Maka dari itu, warna hijau army diyakini sebagai efek relaksasi dan menenangkan yang terkandung dalam warna ini. Dengan begitu, hijabers akan menjadi lebih tenang dan percaya diri ketika bertemu seseorang.

2. Merah Burgundy

Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa
hijup.com

Warna merah ini memang akan memberikan kesan mewah dan mahal pada tampilanmu. Menggunakan busana coklat yang kalem dan tidak terlalu mencolok bisa kamu padukan dengan jilbab merah burgundy agar tampil all out.

Arti warna ini juga bisa mengartikan suatu kehidupan, seperti darah dan juga kehangatan (warm). Selain itu, warna itu disebut juga sebagai warna kehebatan di dalam dunia romansa serta dalam dunia kekuasaan. Maka dari itu, dalam benak kita semua akan terikat erat dengan psikologi warna ini.

3. Cream

Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa
hijup.com

Ada pepatah fashion yang mengatakan cream is new black. Tidak ada salahnya menggunakan satu tone warna pada tampilan busana sehari-hari. Terlebih, kamu yang menyukai warna netral dan sudah bosan dengan warna hitam putih, paduan atasan coklat dengan jilbab berwarna cream akan membuat tampilan kamu menjadi lebih creamy.

Cream memiliki warna yang cerah jika dibandingkan dengan warna milo, tapi kombinasi warna ini justru akan membuat penampilanmu jadi tidak monoton atau terlalu gelap. Khusus untuk para hijabers yang memiliki kulit putih atau kuning langsat, kamu akan sangat cocok menggunakan hijab dengan warna yang satu ini, karena akan semakin membuatmu terlihat manis dan bersinar apalagi kalau dipadukan dengan baju warna coklat.

Biasanya hijabers banyak yang memadukan warna cream dengan baju warna coklat karena hal ini dapat memberi kesan ketenangan jiwa tersendiri bagi pemiliknya. Selain itu, warna coklat dan cream tidak ada yang saling mendominasi satu sama lain karena memiliki tone yang kalem.

4. Baby Pink

Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa
hijup.com

Pink atau merah muda merupakan warna campuran antara warna merah dan putih. Namun, secara keseluruhan, terdapat arti warna yang berbeda apabila dibandingkan dengan kedua warna asalnya. Makna warna ini merepresentasikan prinsip feminim, sehingga banyak disukai oleh para wanita.

Selain itu, karena auranya yang kuat, warna ini dapat memberi kesan berupa nuansa kelemahlembutan, peduli, dan romansa. Jilbab segi empat polos atau jilbab segi empat motif berwarna pink bisa menjadi pilihanmu.

Harus diakui, karakteristik warna baby pink yang cantik tidak pernah gagal dalam memasukkan kesan manis pada tampilan. Jika kamu ingin menegaskan kesan feminin, maka kamu bisa mengganti baju warna coklat tua dengan long dress yang cantik. Meskipun begitu, kamu tetap perlu memperhatikan pemilihan tone agar baju tidak terkesan monoton.

5. Hitam

Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa
ladiestory.id

Hijab warna hitam terkadang lekat dengan kesan kaku dan sleek. Namun, warna jilbab yang satu ini sangat aman untuk berbagai padanan gaya, tidak terkecuali untuk mix and match baju warna coklat.

Warna hitam adalah warna yang akan memberi kesan suram, gelap dan menakutkan, tetapi juga elegan. Oleh karena itu, elemen apapun jika dikombinasikan dengan warna hitam akan terlihat menarik .

Warna hitam mempunyai arti yang melambangkan keanggunan (elegance), kemakmuran (wealth) dan kecanggihan (sopiscated), dan juga merupakan warna yang independen serta penuh misteri. Seringkali anak remaja suka dengan warna ini, karena jiwa muda adalah jiwa yang penuh misteri dalam menemukan jati diri.

Di dalam dunia fashion sendiri, warna hitam juga sering digunakan untuk menunjukkan kesan kurus dan langgeng. Siapa sangka, dua warna yang kontras ini bisa terlihat sedap dipandang mata. Nyatanya warna hitam memang pas digabungkan dengan apa saja termasuk dengan warna coklat. Jadi, bagi hijabers jangan ragu untuk memadukan baju coklat dengan hijab hitam.

6. Hijau Olive

hijup.com

Jilbab hijau olive menjadi salah satu padanan warna yang cocok dengan baju coklat muda atau coklat tua. Hal ini dikarenakan jilbab berwarna hijau olive juga dikenal bisa memberi efek ringan sekaligus stylish pada pemakainya, sehingga sangat pas untuk mix and match gaya kasual.

7. Kuning Mustard

Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa
grid.id

Jilbab warna mustard dipercaya mampu menghasilkan kesan chic tanpa terkesan berlebihan. Hal ini karena jilbab warna mustard terlihat lebih gelap dan tidak seterang warna hijab warna kuning. Hijab warna mustard menjadi salah satu warna jilbab yang cocok untuk baju warna coklat muda. Oleh sebab itu, warna hijab ini sangat pas untukmu yang suka tampil chic.

8. Biru Muda

Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa
masfikr.com

Warna biru umumnya memberi efek menenangkan dan diyakini mampu mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi dan migraine. Didalam dunia bisnis, warna biru disebut sebagai warna corporate karena hampir sebagian besar perusahaan menggunakan biru sebagai warna utamanya, mengapa begitu?

Hal ini dikarenakan warna biru mampu memberi kesan profesional dan kepercayaan. Selain itu, warna biru diyakini bisa merangsang kemampuan berkomunikasi, ekspresi artistic dan juga sebagai simbol kekuatan.

9. Ungu Muda

Baju Coklat Cocok dengan Jilbab Warna Apa
modanisa.com

Hijab berwarna soft purple atau jilbab warna ungu muda juga bisa menjadi pilihan sempurna untukmu yang menginginkan tampilan yang berbeda. Hadir dalam satu spektrum yang kontras, jilbab warna ungu pas untuk membuat gaya kian standout tanpa menghadirkan kesan berlebihan.

Agar tidak terlalu mencolok atau malah gagal terlihat stylish, jangan lupa untuk selalu mengenakan blouse atau baju coklat yang lebih gelap.

10. Putih

tokopedia.com

Warna putih cocok dipadukan dengan baju warna coklat tua, karena keduanya bisa mengimbangi satu sama lain. Salah satu kelebihan warna putih adalah kemampuannya untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Hal ini dikarenakan warna putih memberi kesan kebebasan dan keterbukaan.

Namun, kekurangan warna putih adalah dapat memberi rasa sakit kepala dan mata lelah jika warna ini terlalu mendominasi. Bagi pekerja kesehatan, warna putih memberi kesan steril. Putih sebagai warna yang murni dan tidak menggunakan campuran apapun memberi arti yang suci dan bersih.

Maka dari itu, bagi hijabers yang senang dengan desain yang minimalis, penggunaan warna putih dapat menjadi pilihan yang tepat.Terlebih lagi kalau dipadukan dengan warna coklat.

11. Jilbab Floral Print

hijup.com

Warna dasar jilbab yang masih senada, serta print atau motif yang tidak terlalu mencolok, pas untuk bepergian. Jilbab bermotif, sama cantiknya dengan jilbab warna polos.

Anda hanya perlu pintar-pintar memilih jenis print atau motif yang sesuai. Hijab bermotif memang bisa meninggalkan kesan yang cantik dan anggun, terutama jika dipadupadankan dengan baju dengan warna-warna yang polos. Baju berwarna polos dan hijab bermotif adalah salah satu kombinasi yang paling pas dan akan membuat ootd si pemakai jadi terlihat manis.

12. Dark Grey

jejakpiknik.com

Dua warna yang berseberangan ini ternyata juga cocok-cocok saja. Bahkan, tidak terlihat tabrak warna dan memaksa. Warna ini identik dengan kedewasaan, sehingga kamu akan terlihat sangat elegan saat memakainya.

Belum lagi, warna ini juga masih cocok untuk semua gender, baik pria maupun wanita bisa memakai warna yang satu ini. Perbedaan tone yang mencolok dari warna coklat dan dark grey ini membuat penampilan tidak terkesan monoton dan justru saling mengimbangi satu sama lain. Tertarik untuk mencobanya?

13. Warna Senada

kamini.id

Bisa juga menggabungkan baju coklat dengan jilbab warna senada atau juga coklat untuk penampilan yang terkesan kalem. Hanya saja, pelu mengenakan aksesoris tambahan serta bawahan yang memiliki karakter netral, misalnya hitam supaya penampilan tidak mati. Sehingga penampilan tidak terkesan monoton.

Kesimpulan

Dengan pemahaman teori warna secara mendalam dan lebih detail, maka kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.. Termasuk dalam menginterpretasikan teori pemahaman color wheel secara harmonis ke dalam suatu penampilan gaya busana, baik untuk tampilan sehari-hari maupun berbagai acara.

Pemilihan warna dengan kombinasi yang terstruktur dapat menambah nilai estetika dalam berpakaian terutama untuk menunjang penampilan kita, walaupun tidak bisa diterapkan dalam tempo singkat. Dengan kata lain, diperlukan beberapa kali percobaan, sehingga kita menemukan sense dan feeling dalam memadupadankan pakaian sesuai dengan metode kombinasi color wheel.

Oleh karena itu, kombinasi color wheel harus dipelajari terlebih dahulu terutama saat menggunakan warna dominan sebagai warna utama. Dengan menggunakan kombinasi color wheel, maka mengkombinasikan warna-warna lainnya sebagai pelengkap tanpa harus merusak penampilan secara keseluruhan.

Dengan berbagai tambahan informasi untuk mendukung pemilihan warna dalam berbusana, seperti mencari warna kulit, maka diharapkan menggunakan color wheel agar proses memadupadankan busana menjadi lebih mudah. Selain digunakan untuk diri sendiri, color wheel bisa juga digunakan ke orang lain sebagai tunjangan keahlian dalam bekerja.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai baju coklat cocok dengan jilbab warna apa? Kombinasi jilbab dengan baju warna coklat yang sudah dijelaskan di atas diharapkan dapat membantu Grameds dalam menentukan fashion ketika menggunakan baju warna coklat.

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk tahu lebih mengenai style jilbab dan baju, kamu bisa mempelajarinya dengan membaca referensi-referensi yang ada di internet maupun buku yang hanya bisa kamu dapatkan di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

BACA JUGA:

  1. Baju Hijau Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Ini 13 Warna yang Bisa Dicoba 
  2. Baju Dusty Pink Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Ini Inspirasinya 
  3. Rekomendasi Warna Jilbab yang Cocok dengan Baju Warna Coklat Tua 
  4. Bingung Baju Warna Mint Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Ini Idenya
  5. Baju Hijau Muda Cocok dengan Jilbab Warna Apa Saja?
  6. Bingung Baju Mocca Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Ini Jawabannya
  7. Baju Merah Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Ini Inspirasinya! 
  8. 12 Rekomendasi Baju Warna Pink Cocok dengan Jilbab Warna Apa


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda