in

20+ Anime Sekolah Bikin Kamu Ingat Masa Indah Saat Sekolah

wallpaperaccess.com

Anime Sekolah – Selain action dan isekai, anime school (anime sekolah) adalah genre yang sangat familiar di kalangan pecinta anime. Ini bukan sebuah kebetulan karena sekolah memang salah satu cerita hidup yang sulit dilupakan–baik sedih maupun bahagia–jadi banyak orang yang relate dengan ceritanya.

Tentu saja, anime sekolah tidak hanya menyajikan cerita sekolah yang monoton dan membosankan. Dalam anime, kehidupan di sekolah dibawa ke tahap lebih jauh lagi dengan plot dan tambahan lain yang bikin ceritanya jadi seru. Ada yang dibuat romantis, lucu, horor, action, thriller, bahkan psikologikal pun ada.

Karena itulah, anime sekolah termasuk genre yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Kalau Grameds baru mau mulai nonton anime, genre ini cocok dijadikan semacam pengantar untuk berkenalan dan masuk ke dunia anime.

Nah, dari ribuan anime tentang sekolah yang pernah tayang sampai tahun 2022 ini, kami sudah mengumpulkan 20+ judul yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Rekomendasi Anime Sekolah

1. Classroom of the Elite (Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e)

Classroom of the Elite - anime sekolah
beritadiy.pikiran-rakyat.com

Sering kali cerita, karakter, dan plot anime sekolah dibuat menjadi singkat, manis, dan menyenangkan. Namun, Classroom of the Elite berhasil membuktikan bahwa keluar dari standar ini justru bisa membuat anime sekolah jadi lebih seru sekaligus dinamis.

Anime Classroom of the Elite mengambil latar di SMA Koudo Ikusei yang memberikan kebebasan pada siswanya. Menariknya, kebebasan ini tak menjadikan SMA Koudo Ikusei jadi sekolah “semau gue”. Sebab di baliknya ada sistem ranking yang melahirkan perbedaan kelas sosial.

Siswa dengan ranking paling tinggi akan mendapatkan perlakuan terbaik dari sekolah, sedangkan yang berada di posisi paling bawah dianggap sebagai sampah masyarakat. Untungnya para siswa diberikan kesempatan untuk mengubah status mereka dengan cara mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Kiyotaka Ayanokouji bersama teman-temannya di kelas D yang statusnya paling bawah dan berusaha mengalahkan kelas lain dalam setiap ujian yang diberikan oleh sekolah. Kamu akan menyaksikan pertarungan strategi, adu kepintaran, hingga kontes olahraga yang penuh trik dan siasat.

2. Kaguya-sama: Love Is War! (Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen)

Kaguya-sama: Love is War termasuk anime sekolah dengan sentuhan komedi romantis di dalamnya. Tapi tenang saja, “romantis” nya bukan yang menye-menye atau cringe, ya. Dalam anime ini, kisah cinta anak sekolah dibuat menjadi perang psikologis dan adu gengsi.

Shirogane dan Kaguya adalah ketua dan wakil ketua OSIS yang sama-sama menganggap bahwa mereka bisa menjadi pasangan yang ideal. Namun, bukannya menunjukkan perasaan masing-masing, mereka justru saling menjatuhkan dan berusaha membuat pihak lawan menyatakan cintanya lebih dulu. Siapapun pihak yang menyatakan cintanya lebih dulu dianggap sebagai pecundang.

3. Asobi Asobase

Asobi Asobase
roomme.id

Lagi butuh humor super kocak yang ringan dan menyegarkan? Asobi Asobase jawabannya. Anime sekolah ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari tiga gadis yang kelakuannya bikin geleng-geleng kepala.

Mereka adalah Kasumi, Olivia, dan Hanako. Ketiganya bergabung dengan klub pecinta game yang anggotanya hanya mereka bertiga. Kamu akan disuguhi oleh berbagai macam permainan konyol sekaligus menggelikan dari klub ini.

4. The Disastrous Life of Saiki K. (Saiki Kusuo no Psi Nan)

Kalau kamu senang menonton komedi, maka anime ini wajib kamu tonton lebih dulu. Setiap episode di The Disastrous Life of Saiki K. akan membuat kamu menemukan lelucon baru yang menyegarkan.

Ceritanya berpusat pada Saiki Kusuo, seorang siswa yang mempunyai kemampuan psikis tak terbatas. Dengan kekuatannya itu, Saiki bisa membaca pikiran orang lain dan ini justru membuat kehidupan sekolahnya lebih merepotkan daripada orang lain.

5. Horimiya (Hori-san and Miyamura-kun)

Biasanya anime romantis lebih fokus pada proses pendekatan dua karakter utamanya, teman-teman karakter utama hanya dijadikan pelengkap saja. Tapi Horimiya tak seperti itu.

Anime ini memperlihatkan kisah cinta antara Miyamura dan Hori sekaligus karakter-karakter yang lainnya. Pada awalnya Miyamura dan Hori ini bisa dibilang sebagai dua karakter yang tidak akan pernah cocok sama sekali karena kepribadian mereka berbeda 180 derajat.

Namun siapa sangka, lewat sebuah pertemuan yang tidak disengaja, mereka justru membuktikan bahwa ada banyak hal yang bisa terjadi setelah dua orang manusia saling memahami satu sama lain.

6. Silver Spoon

Nah, kalau Grameds mencari anime sekolah yang nilai edukasinya tinggi, Silver Spoon bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab, anime ini tak hanya menghibur, tapi akan memberikan banyak informasi penontonnya.

Mengandung unsur slice of life yang sangat kuat, Silver Spoon ini termasuk anime yang ringan dan bisa ditonton siapa saja. Ceritanya tentang Hachiken yang melanjutkan pendidikan ke akademi peternakan khusus di Jepang.

Hachiken sendiri merupakan seorang remaja yang lelah mencoba mewujudkan harapan orang tuanya. Karena itu, untuk lari dari bebannya dia bergabung dengan akademi tersebut.

Di akademi ini, Hachiken bertemu dengan teman sekelas yang mengetahui setiap hal tentang peternakan. Namun, Hachiken terus berusaha mempelajari banyak hal yang tidak pernah dia lakukan sebelumnya, seperti merawat babi dari mulai kecil hingga mendapatkan produk dari babi tersebut.

7. Komi Can’t Communicate (Komi-san wa, Comyushou desu)

Sejak awal kemunculannya, Komi Can’t Communicate langsung menarik perhatian banyak orang. Anime ini menceritakan kehidupan Shoko Komi, seorang siswa SMA yang mengidap gangguan social anxiety akut dan tidak ada yang menyadari tentang keadaannya, kecuali Hitohito Tadano.

Hito lantas berjanji akan membantu Komi mengatasi gangguan kecemasannya dengan mewujudkan impian Komi, yaitu berteman dengan 100 orang di sekolahnya.

8. Magical Sempai (Tejina-senpai)

Magical sempai termasuk ke dalam short anime yang per episodenya berdurasi 12 menit saja. Namun, dalam waktu yang singkat itu, kamu akan menyaksikan berbagai jenis sulap dari klub magic yang didirikan oleh tokoh utamanya.

Meski tokoh utamanya sendiri sering gagal saat menampilkan sulapnya karena demam panggung, namun anime ini bisa mengajarkan berbagai trik sulap. Seperti trik dengan koin, tali, hingga membaca pikiran orang lain.

9. ReLIFE

Pernahkah Grameds membayangkan apa yang akan terjadi jika kamu bisa mereset ulang kehidupan? Kalau pernah, coba tonton anime yang satu ini. ReLife menceritakan tentang Arata Kaizaki yang merupakan seorang pengangguran yang sedang frustasi dengan hidupnya yang kembali lagi ke masa sekolah setelah meminum pil yang dia dapatkan dari seorang pemuda misterius.

Selama mengulang kehidupannya sekali lagi, Kaizaki mendapatkan beberapa pelajaran kehidupan dan rahasia-rahasia yang disembunyikan oleh teman sekelasnya.

10. Hyouka

Houtarou Oreki hanya memiliki satu tujuan selama menghabiskan masa SMA-nya, yaitu menjadi siswa yang biasa dengan tenang. Sayangnya, kehidupan yang tenang ini harus berhenti saat kakak perempuannya, Tomoe, memaksa Oreki untuk menjadi anggota ekstrakurikulernya yang akan dibubarkan.

Untungnya, saat Oreki datang ke ruangan ekskul kakaknya, dia menemukan Eru Chitanda yang merupakan teman satu angkatannya yang telah menjadi member ekskul tersebut. Ini berarti tanggung jawabnya hilang dan dia bisa kembali menjadi siswa medioker seperti sebelumnya.

Namun, tak lama kemudian, Oreki bergabung dengan klub kakaknya karena merasa tertarik pada kepribadian Eru Chitanda. Bersama Eru, Fukube, dan Ibara, Oreki terlibat dengan berbagai kasus dan dituntut untuk memecahkan setiap kasusnya.

Kalau Grameds suka anime genre detektif, tak ada salahnya baca manga Moriarty the Patriot karangan Miyoshi Hikaru yang bercerita tentang Profesor Moriarty, musuh utama dalam cerita Sherlock Holmes.

11. Haikyuu!

Buat kamu yang masa kecilnya ditemani oleh cerita Tsubasa bersama klub sepakbola Nankatsu, pasti tahu bagaimana serunya anime olahraga, bukan? Nah, kalau kamu ingin merasakan keseruan yang sama sekali lagi, sebaiknya tonton Haikyuu! sekarang juga.

Anime yang menceritakan perjuangan Shoyo Hinata bersama klub bola voli SMA Karasuno ini mengajarkan hal yang sama dengan anime Captain Tsubasa, yaitu semangat pantang menyerah untuk menggapai mimpi.

Sambil menyaksikan perjuangan Hinata mempelajari berbagai teknik dan mengalahkan lawan-lawannya, kamu akan menyadari bahwa tidak ada yang bisa menghalangi seseorang untuk meraih mimpinya selama dia mau berusaha.

Tidak ada jurus-jurus spektakuler dalam anime ini, tapi kamu pasti akan ikut merasakan ketegangan di setiap pertandingan yang dilakukan oleh klub bola voli SMA Karasuno.

12. Kakegurui

Tidak seperti anime bergenre thriller lainnya, Kakegurui mengajak kamu melihat kehidupan di sekolah elite yang semua siswanya berasal dari keluarga kaya raya dan konglomerat kelas kakap di Jepang.

Mereka semua berusaha menjatuhkan satu sama lain melalui permainan judi. Yup, kamu bisa menyaksikan bagaimana siswa-siswi paling pintar, paling licik, dan paling berani mempertaruhkan hidupnya di atas meja judi.

13. After the Rain (Koi wa Ameagari no You ni)

Pada level tertentu, anime ini mungkin terlihat sebagai cerita romantis antara siswa SMA, Akira Tachibana, dengan bos dudanya yang berusia 45 tahun. Namun, ini hanya pembukanya saja, faktanya After the Rain merupakan anime yang fokus pada cerita menyembuhkan dan menerima diri sendiri.

Akira sendiri adalah seorang atlet lari yang harus mengubur mimpinya akibat cedera. Untuk menyembuhkan diri dari rasa frustasinya, Akira kemudian mencoba untuk mencintai bosnya.

Si bos (dan anak nya yang masih kecil) berusaha sekuat tenaga menyemangati Akira sambil berharap suatu hari gadis sekolah itu akan kembali berlari seperti dulu.

14. Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai (Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai)

Dalam anime Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai ini kamu akan bertemu dengan Sakuta, seorang siswa SMA dan Mai, senior Sakuta yang identik dengan kostum kelincinya.

Selama 12 episode, kamu akan menyaksikan cerita tentang Sakuta dan Mai yang membantu teman-teman sekelasnya untuk keluar dari “sindrom masa remaja” dan mendapatkan kehidupan sosial mereka yang hilang. Pengidap sindrom ini biasanya akan merasa kesepian akut dan keberadaannya seperti menghilang begitu saja.

15. Another

 

Kalau kamu melihat gambar para tokoh di anime ini, mungkin kamu akan menganggap Another sebagai anime yang cheerful dan penuh semangat anak muda. Sayangnya, Another justru jauh dari gambaran tersebut. Ini adalah anime horor dan misteri yang bikin kamu deg-degan saat menontonnya.

Mengambil setting di tahun 1998, Another fokus pada cerita Koichi Sakakibara yang melanjutkan sekolah di kampung halaman ibunya setelah pindah dari Tokyo. Di sekolah barunya, dia masuk ke kelas 3-3 yang terkenal dengan rumor soal “kutukannya”.

Di awal cerita, Koichi bertemu dengan Mei Misaki yang merupakan teman sekelasnya. Anehnya, tidak ada seorangpun yang berbicara atau bermain dengan Mei kecuali Koichi sendiri. Lambat laun, Koichi mulai mengungkap alasan dibalik keanehan kelasnya ini.

Semakin dekat Koichi pada jawaban yang dia cari, satu per satu siswa kelas 3-3 meninggal secara tidak wajar. Nah, apakah Koichi berhasil mengungkap misteri di balik kelas barunya ini? Tonton saja anime-nya, ya!

16. Nichijou

Nichijou sering kali disebut sebagai anime paling aneh dan gila yang pernah ada sampai saat ini. Kamu akan dibuat kaget di setiap episodenya karena ceritanya yang absurd bukan main. Ditambah setiap karakter yang muncul tidak sesederhana yang kamu bayangkan.

Misalnya seperti Mio, seorang mangaka atau penulis manga yang sedang menjalani masa trainingnya. Ada juga Nano si robot perempuan dan profesius jenius dengan kucing anehnya, Sakamoto.

17. Kiss Him, Not Me

Kiss Him, Not Me menjadi anime sekolah penuh kekonyolan yang sayang banget untuk dilewatkan. Dengan premis yang anti mainstream, anime ini menyajikan cerita reverse harem dengan latar kehidupan sekolah yang seru dan menarik.

Bercerita tentang Kae, seorang siswi sekolah yang penampilannya tiba-tiba berubah menjadi sangat cantik setelah depresi selama satu minggu penuh. Sejak itu, Kae yang sebelumnya belum pernah dilirik oleh laki-laki, mendadak jadi primadona sekolah.

18. Assassination Classroom (Ansatsu Kyoushitsu)

Sekolah yang menjadi setting cerita anime Ansatsu Kyoushitsu bukanlah sekolah biasa-biasa saja. Bukan karena kutukan atau permainan judinya, tapi karena di sekolah tersebut ada Koro-sensei, alien berwarna kuning yang tubuhnya mirip gurita.

Koro-sensei sendiri merupakan ancaman bagi planet bumi karena dia berencana menghancurkan bumi dalam waktu satu tahun. Sebelum hari H tiba, dia menghabiskan waktunya menjadi wali kelas 3-E di SMP Kunugigaoka. Pemerintah Jepang kemudian memberikan misi khusus kepada 27 murid kelas tersebut untuk melenyapkan Koro-sensei.

Di setiap episodenya, kamu bisa menyaksikan cara Koro-sensei menghadapi satu per satu murid kelas 3-E dan masalahnya. Ansatsu Kyoushitsu merupakan anime dengan character development yang menarik serta dipenuhi kekonyolan.

19. Toradora!

Taiga Aisaka, seorang siswa yang terkenal karena hobi menendang pantat siswa lain, secara mengejutkan menjadi sahabat Ryuji, siswa yang penampilannya menyeramkan namun sangat baik hati.

Awalnya persahabat antara Taiga dan Ryuji hanyalah hubungan simbiosis mutualisme biasa yang mereka mulai untuk mendekati crush-nya masing-masing. Perlahan-lahan hubungan mereka justru makin dekat dan cerita berkembang lebih jauh lagi.

20. A Silent Voice (Koe no Katachi)

Bicara soal anime sekolah, rasanya tak lengkap tanpa memasukkan A Silent Voice. Anime ini bercerita tentang perundungan, memaafkan orang lain, menerima diri sendiri, dan problem lain yang sering dihadapi anak sekolah. Menariknya setiap masalah diceritakan secara sentimentil.

Saat duduk di bangku kelas 6 SD, Shota Ishida membully Shoko Nishimiya, teman sekelasnya yang tuli. Bertahun-tahun kemudian, Shota merasa bersalah dan malah jijik dengan dirinya sendiri.

Shota kemudian berjanji untuk membayar kesalahannya pada Shoko yang pernah dia lakukan sebelumnya. Nah, apakah Shoko akan memaafkan Shota dan melupakan perundungan yang dia dapatkan saat kecil? Temukan jawabannya sendiri, ya!

21. Fruits Basket

Fruit Basket bercerita tentang Toru Honda, seorang gadis baik dan simpatik yang diadopsi oleh keluarga Souma. Keluarga ini dianggap misterius dan tertutup oleh banyak orang.

Setelah bergabung, Tora kemudian mengetahui semua anggota keluarga tersebut dikutuk untuk berubah menjadi binatang dalam Zodiak Cina. Toru harus berjuang sekuat tenaga menyeimbangkan kehidupan sekolahnya dengan urusan keluarga tersebut.

22. Isekai Quartet

Pernah nonton anime Re:Zero, Konosuba, Overlord, dan The Saga of Evil? Gimana jadinya kalau keempat anime tersebut digabungkan jadi satu? Nah, Isekai Quartet ini lah jawabannya.

Anime parodi ini fokus pada kegiatan sekolah tokoh-tokoh keempat anime isekai tadi. Hal yang menarik dari anime ini adalah visualisasi tokohnya dibuat dengan bentuk chibi yang lucu alias kawaii~ dan tentunya kamu tidak akan menemukan adegan pertarungan luar biasa dalam anime ini, ya.

23. Clannad

Clannad adalah serial anime yang bisa membuat kamu meneteskan air mata saat menontonnya. Ceritanya berpusat pada Tomoya Okazaki, seorang berandalan yang bertemu dengan Nagisa Furukawa. Setelah pertemuan itu, Tomoya perlahan-lahan berubah menjadi pemuda yang baik.

Setiap episode Clannad diisi berbagai drama yang bisa bikin kamu geregetan, sedih, marah, dan jengkel. Namun, kalau mau yang lebih sedih lagi, kamu bisa langsung tonton Clannad: After Story.

Itulah beberapa rekomendasi anime sekolah yang bisa kamu tonton dan mengingat kembali masa-masa sekolah. Jadi, kamu akan menonton anime yang mana?

Jika kamu ingin mencari komik-komik Jepang, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang

BACA JUGA:

  1. 30 Rekomendasi Anime yang Wajib Ditonton
  2. 17 Rekomendasi Anime Terbaru 2022 yang Wajib Kalian Tonton
  3. 18 Rekomendasi Anime Fantasy Terbaik untuk Temani Weekendmu! 
  4. 17 Rekomendasi Anime Sad Ending yang Menyentuh Hati 
  5. 15+ Rekomendasi Anime Raja Iblis Terseru yang Wajib Kamu Tonton 

Written by Ananda