Opini Psikologi

Apa itu Inner Beauty? Ini Penjelasan dan Cara Memaksimalkannya

inner beauty adalah
Written by M. Hardi

Inner Beauty adalah – Bagi para wanita atau bahkan laki-laki, kecantikan itu tak selamanya harus memandang fisik saja, tetapi bisa juga dipandang melalui kecantikan dari dalam diri. Kecantikan dari dalam diri ini lebih dikenal oleh banyak orang dengan istilah inner beauty. Namun, tak semua orang memahami lebih jauh apa itu inner beauty. Bagi kamu yang ingin mengetahui apa itu inner beauty dan bagaimana cara memancarkannya, maka bisa simak artikel ini, Grameds.

Pengertian Inner Beauty

Kecantikan tak melulu soal fisik karena kecantikan fisik sejatinya akan memudar seiring berjalannya waktu. Ada yang lebih abadi dari itu yaitu kecantikan dari dalam atau inner beauty. Hampir setiap orang di dunia ini pasti pernah mendengar apa itu inner beauty dan tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Namun sayangnya, tidak semua orang tahu mengenai makna sesungguhnya di balik kata inner beauty yang mereka ucapkan. Umumnya, mereka hanya tahu inner beauty ini hanya kecantikan dari dalam yang akan terlihat jika mereka membantu orang lain.

Semua orang, baik wanita maupun pria tentu memilikinya, tapi tak semuanya bisa memancarkan inner beauty. Untuk bisa mencapainya, pahamilah maknanya agar inner beauty Anda semakin terpancar. Seperti kita ketahui, inner beauty merupakan kecantikan hakiki dan merupakan anugerah yang dimiliki oleh wanita semenjak mereka dilahirkan ke dunia.

Buku Buat Cewek: Dari Kecantikan, Kesehatan, Keuangan, Peraw

Sebuah jurnal penelitian berjudul Inner Beauty The Friendship Hypothesis karya DR Lisa Schmalz, mengungkapkan beberapa teori dari para filsuf tentang apa itu inner beauty.

Plato menggagas bahwa inner beauty mendefinisikan orang cantik karena moralnya yang baik.

Sedangkan bagi filsuf lain seperti Reid atau Gaut, inner beauty tak hanya tentang kebaikan moral tapi juga terkait erat dengan kecerdasan, selera humor, dan optimisme yang dimiliki seseorang.

Schmalz Ride dalam jurnalnya menyebutkan beberapa variabel lain untuk dapat mendefinisikan inner beauty.

Memang inner beauty berkaitan erat dengan moral yang dilakukan seseorang tetapi niat di baliknya juga menentukan inner beauty itu sendiri.

Immanuel Kant, seorang filsuf jerman berpendapat bahwa seseorang memiliki moral yang baik hanya karena ingin terlihat cantik dan tidak dengan tulus melakukannya, maka orang tersebut bukanlah orang yang memiliki inner beauty.

Jadi, wajar saja jika para filsuf tersebut berbeda pendapat mengenai definisi inner beauty seseorang. Jika menilik era masa kini, kesimpulan dalam jurnal tersebut dapat menjadi acuan untuk menentukan apa itu inner beauty. Masyarakat saat ini menganggap inner beauty yang netral berasal dari moral dan lebih mengedepankan kecerdasan dan citra diri yang positif.

Pendekatan yang lebih modern sering mengaitkan inner beauty dengan ungkapan “Beauty is in the eye of the beholder” yang berarti kecantikan, termasuk kecantikan dari dalam bersifat subjektif. Alasannya karena apa yang dianggap satu orang cantik belum tentu orang lainnya juga menganggapnya demikian. Hal tersebut dapat dikarenakan variabel untuk mengukur kecantikan dari dalam sangatlah luas.

Dengan kata lain, setiap wanita pasti memiliki inner beauty. Namun masalahnya, terkadang mereka tidak mampu memancarkan inner beauty yang mereka miliki. Salah satu penyebabnya adalah tidak ada ketulusan untuk memunculkannya. Maka dari itu, ketika banyak orang mengatakan bahwa seorang wanita akan mampu memiliki inner beauty ketika dia berbuat baik kepada orang lain.

Padahal kenyataannya, belum tentu, karena segala perbuatan baik tersebut tidak akan berarti apa-apa jika dilakukan tanpa adanya ketulusan, berkesinambungan sampai akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Salah satu kunci untuk memunculkan inner beauty adalah dengan berbuat baik.

Berbuat baik itu sendiri cakupannya sangat luas. Tidak hanya harus memberikan bantuan berupa harta saja. Mengucapkan selamat pagi, menghibur orang yang lagi sedih, membantu nenek yang sedang menyebrang dan mengucapkan terima kasih pun sudah termasuk perbuatan baik yang memancarkan inner beauty kamu.

Kalau selama ini Anda sudah berbuat baik kepada sesama dan ingin mengetahui apakah inner beauty kamu sudah muncul atau belum, ada cara sederhana mengetahuinya. Pertama, ambil kertas, kemudian buat pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

  1. Berapa banyak orang yang kamu kenal yang rutin mengucapkan selamat pagi sambil tersenyum manis setiap hari?
  2. Berapa banyak orang yang tidak segan meminta bantuan kepada kamu ketika mereka mengalami kesulitan?
  3. Berapa banyak orang yang rela pasang badan untuk membela kamu dengan suka rela ketika kamu tertimpa masalah?
  4. Berapa banyak orang yang merindukan kamu ketika kamu tidak ada bersamanya?
  5. Berapa banyak orang yang mengkhawatirkan kamu ketika tiba-tiba kamu tidak muncul tepat waktu?
  6. Berapa banyak orang yang langsung datang menjenguk, khawatir, dan sedih ketika mendengar kamu sakit atau tertimpa musibah?

Cara Memancarkan Inner Beauty

inner beauty adalah

Sumber: Lifestyle Kompas

Cara memancarkan inner beauty ternyata sangat mudah dilakukan para wanita. Inner beauty atau yang kerap dikenal sebagai cantik dari dalam ternyata nyata dan bisa kamu buktikan.

Salah satu yang perlu kamu bangun adalah kualitas dirimu sendiri. Sebenarnya, setiap wanita pastinya memiliki inner beauty-nya sendiri-sendiri. Namun, kamu perlu tingkatkan lebih baik lagi dari sekarang supaya lebih terpancar dan membuat kaum pria banyak yang tertarik padamu karena pesona inner beauty yang kuat. Cara Memancarkan Inner Beauty, antara lain:

1. Dapat Mengendalikan Emosi

inner beauty adalah

Sumber: Pixabay

Cara pertama bagi para wanita dalam memancarkan kecantikan dari dalam yaitu dengan mudah mengendalikan emosi. Cara satu ini terbukti memancarkan aura positif yang baik bagi orang lain. Oleh karena itu, orang lain secara tidak langsung akan memberikan apresiasi dan respect kepada kamu.

2. Murah Senyum

Tersenyum merupakan sebuah cara meningkatkan inner beauty paling kuat. Tersenyum dapat membuat lebih tenang dan berpikiran positif. Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang tersenyum ketika melakukan tugas yang penuh tekanan merasa lebih positif setelahnya, daripada yang tak menunjukkan ekspresi apa pun.

Siapapun orang yang kamu temui pasti akan nyaman dan positif ketika kamu mencoba untuk membangun sikap dengan cara tersenyum. Tidak hanya bermanfaat bagi orang lain saja, dengan tersenyum maka hidup kamu juga akan jauh lebih indah dari hari-hari sebelumnya yang flat.

Jadi, meski sedang mendapat persoalan, tegarkan diri dan cobalah untuk tersenyum.

3. Tertawa

inner beauty adalah

Sumber: Ruangmom

Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan stres, kecemasan, dan depresi. Hal ini juga dapat meningkatkan suasana hati dan membuat beban yang kita miliki terasa berkurang. Perbanyaklah tertawa dengan menonton video lucu, film komedi, ataupun membuat lelucon dengan anak-anak.

4. Open Minded

Cara memancarkan inner beauty yang kuat yaitu dengan selalu berpikiran terbuka. Hal itu secara tidak langsung akan membangun aura positif dalam diri kamu dan dengan begitu kamu akan dihargai oleh orang lain.

5. Bersikap Baik Kepada Diri Sendiri

inner beauty adalah

Sumber: Yoursay-Suara.com

Cara memperbaiki dan meningkatkan inner beauty selanjutnya yaitu dengan bersikap baik kepada diri sendiri. Dengan begitu maka dalam diri kamu akan memunculkan rasa percaya diri yang baik. Hal itu dapat menjadi bekal untuk kamu dalam membangun inner beauty yang baik.

Fokus pada kualitas dalam diri Anda. Hal itu dapat membantu menemukan makna tentang kesenangan dan kepuasan hidup.

Seseorang yang senantiasa bahagia dapat memberikan nilai positif pada lingkungannya juga. Jadi temukan apa yang memicu hasrat Anda, keinginan yang sebenarnya. Buka diri untuk merasakan cinta dan kasih dari sesama untuk hidup yang lebih bermakna.

Memang bukan hal yang mudah untuk menggali kualitas diri. Jika masih bingung, sah-sah saja untuk mencari inspirasi dari orang yang Anda kagumi atau hormati. Coba ingat-ingat orang-orang yang kepribadiannya paling berkesan tak peduli bagaimana rupa mereka. Tuliskan sifat-sifat dan perilaku apa yang telah mereka lakukan hingga menjadi orang yang mengagumkan.

Anda dapat mencoba untuk mempraktekkannya di keseharian selama hal itu tidak bertentangan dengan nilai dan karakter Anda.

6. Memberi Dukungan dan Pujian Kepada Orang Lain

Cara meningkatkan inner beauty yang kelima yaitu dengan memberi dukungan dan pujian kepada orang lain. Meski sedikit orang yang menyadari hal itu, tetapi cara satu ini disinyalir dapat meningkatkan inner beauty bagi kamu para wanita. Sebab, dengan cara ini secara tidak langsung kamu telah memancarkan aura positif.

7. Percaya Diri

inner beauty adalah

Sumber: Pixabay

Cara keenam dalam meningkatkan inner beauty yaitu dengan percaya diri. Rasa percaya diri yang kuat membuat wanita sangat istimewa di hadapan para pria. Maka dari itu para wanita diwajibkan untuk selalu percaya diri supaya inner beauty akan terpancar terus menerus.

8. Mudah Berkomunikasi

Cara memancarkan inner beauty yang ketujuh yaitu mudah berkomunikasi. Hal itu disebabkan karena komunikasi dapat membangun tali silaturahmi, ikatan maupun hubungan dengan orang lain dan memikat lawan jenis.

9. Rutin Olahraga

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam meningkatkan inner beauty tidak hanya kecantikan dari dalam saja yang dibangun, tetapi dari luar juga harus. Salah satu cara yang harus dibangun yaitu dengan berolahraga. Maka dari itu rutinlah berolahraga supaya badan jiwa dan raga selalu sehat.

10. Memiliki Pendirian Kuat Namun Tetap Menghargai Orang Lain

inner beauty adalah

Sumber: Pixabay

Cara kesembilan dalam memancarkan inner beauty yaitu dengan berpendirian kuat namun tetap menghargai orang lainnya. Memang bagi sebagian pria melihat wanita dengan pendirian kuat merupakan nilai plus yang baik. Namun apabila wanita itu tidak bisa menghargai orang lain maka dapat membuatnya ilfil.

Dengan tetap menghargai orang lain, percaya deh semua pria yang dekat denganmu akan kagum dan klepek-klepek hingga langit ketujuh.

11. Berbuat Baik Kepada Semua Orang

Dalam memancarkan inner beauty selanjutnya yaitu berbuat baik kepada semua orang. Sebab, dengan berbuat baik otomatis akan membuat keindahan dirimu terpancar. Memang poin ini sedikit orang yang menyadari. Namun, bisa jadi orang yang telah kamu bantu menganggapku sebagai malaikat tak bersayap.

Berbuat baik dapat membuka pikiran tentang orang lain. Terkadang, kita mungkin hanya melihat orang dari penampilannya saja dan langsung memiliki pemikiran negatif tentangnya.

Padahal, kita tidak tahu apa yang ada dalam hatinya. Oleh sebab itu, berbuat baik akan mengubah pikiran menjadi lebih positif. Selain itu, kita juga dapat lebih menghormati dan menghargai orang lain.

12. Self Care

Merawat diri Anda sendiri dengan baik adalah cara memancarkan inner beauty. Banyak cara melakukan self care, mulai dari makan makanan seimbang yang sehat, minum air putih, dan tidur yang cukup. Hindari stres untuk memancarkan aura positif diri Anda.

Artikulasi Rasa: Mencintai Kecantikan Diri Sepenuhnya

13. Bersyukur

Cara selanjutnya memancarkan inner beauty adalah dengan bersyukur. Sebagian orang seringkali membandingkan dirinya dengan orang lain yang hidupnya terlihat lebih bahagia. Hal bisa membuatnya iri, dengki, rendah diri, dan pikirannya menjadi kalut.

Oleh sebab itu, biasakan untuk bersyukur agar pikiran tetap positif dan hidup terasa lebih berarti. Kita dapat mensyukuri apapun yang kita miliki, baik keluarga, teman, pekerjaan, ataupun hal-hal lain yang membuat bahagia.

Pikiran Anda adalah hal yang kuat. Otak secara harfiah terhubung untuk lebih fokus pada hal negatif daripada positif. Mempraktikkan rasa syukur dapat membantu menghubungkan kembali otak Anda untuk lebih fokus pada apa yang baik di dalam hidup.

14. Berpikir Positif

Seseorang dapat menjadi kritikus yang buruk bagi dirinya sendiri. Seiring waktu, hal tersebut dapat menyebabkan kita membentuk opini negatif tentang diri sendiri yang akan sulit dihilangkan.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya untuk menghentikan hal tersebut, kita harus berbicara hal positif pada diri sendiri. Belajar berpikir positif ibarat menguatkan otot. Sebab, semakin sering menggunakannya, maka semakin kuat pikiran tersebut. Salah satu cara berpikir positif yang harus kita lakukan, yaitu mengembangkan optimisme.

Ketika memiliki rasa optimis, kita tidak akan takut gagal dan melihat suatu hal dengan positif. Namun, kita juga tidak boleh terlalu optimis secara berlebihan karena malah akan berujung menjadi orang yang terlalu percaya diri.

Penelitian menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam cara berbicara pada diri sendiri dapat mempengaruhi kemampuan kita untuk mengatur perasaan, pikiran, dan perilaku ketika berada di bawah tekanan. Hindari menyalahkan diri sendiri.

Berpikir positif memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk selalu berpikir positif, cobalah beberapa cara berikut:

Menuliskan tiga hal yang Anda sukai dari diri Anda tetapi tidak berkaitan dengan penampilan fisik.

Pikiran positif mengubah cara saraf di otak bekerja sehingga dapat membantu memandang diri sendiri dengan cara yang berbeda.

Berlatih melihat diri di cermin, sering tersenyum, dan memuji sifat-sifat diri yang dimiliki. Akui semua bagian dari diri Anda, misalnya mengakui Anda yang ramah, baik, murah senyum, mudah berempati, dan lainnya.

Biasakan berdiri tegak, membentuk postur yang baik pada tubuh dapat memproyeksikan rasa percaya diri. Rasa percaya diri dapat membuat orang lain merasa hormat dan akan membantu Anda lebih mudah mencintai diri sendiri.

15. Jadilah Diri Sendiri

inner beauty adalah

Sumber: Pixabay

Banyak orang yang diakui memiliki inner beauty sebenarnya jauh dari kata sempurna. Satu hal yang sangat menonjol dari mereka adalah mereka merasa nyaman menjadi diri sendiri dan berusaha untuk hidup sebaik mungkin setiap harinya. Jadi, mulai sekarang fokuslah pada saat ini, bukan masa lalu. Perkaya diri dengan berbagai pengalaman baru dan jadilah lebih luwes.

Tentang diri sendiri agar bisa tumbuh menjadi manusia yang lebih baik lagi. Rangkul setiap emosi yang Anda rasakan pada setiap prosesnya. Hal-hal itulah yang akan membuat diri Anda otentik. Memiliki kecantikan luar dan dalam adalah tentang bagaimana menjadi manusia seutuhnya. Merumuskan diri dalam harmoni dan keseimbangan hidup di masa sekarang adalah cara mencapainya.

Inner beauty sejatinya akan terpancar ketika apa yang Anda rasakan dan lakukan selaras dengan tujuan hidup, serta yang paling utama, jadilah diri Anda yang sesungguhnya.

Sangat mudah bagi orang lain untuk menerima seseorang yang apa adanya, hidup pun akan lebih mudah ketika kita jujur pada diri sendiri. Inner beauty juga harus diiringi dengan tubuh yang sehat. Menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, minum air putih dan olahraga dapat membantu menampakan inner beauty Anda.

16. Istirahat

Setiap orang tentu perlu beristirahat untuk menenangkan dirinya. Beristirahat dapat menyegarkan pikiran, sehingga dapat berpikir secara jernih dan positif. Tak hanya itu, beristirahat juga dapat menyingkirkan rasa cemas dan khawatir yang kita rasakan.

17. Hilangkan Drama

Ketika merasa terpuruk, kita mungkin merasa hidup kita adalah hal yang paling menyedihkan di dunia. Padahal mungkin kenyataannya tak seburuk itu. Mendramatisir kehidupan justru akan membuat hidup semakin terasa menyedihkan dan pikiran menjadi penuh kekacauan. Oleh sebab itu, jika ingin berpikir positif, jauhkan diri dari pemikiran-pemikiran drama seperti itu.

Ketika bergaul dengan orang lain, kita bisa ikut terpengaruh dan mengikuti kebiasaannya. Begitu juga, ketika bergaul dengan orang-orang positif, maka hal positif akan menular.

Berada di sekitar orang-orang positif telah terbukti dapat meningkatkan harga diri dan peluang untuk mencapai tujuan. Oleh sebab itu, bergaulah dengan orang-orang yang dapat membawa kita pada sisi yang baik.

Cleopatra : Kecantikan Kecerdikan Kekuasaan

Itulah beberapa cara memancarkan inner beauty yang bisa kamu terapkan. Jadi, mulai saat ini mulai berusaha untuk melakukan inner beauty agar bisa membuat hidup menjadi lebih damai.

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi seputar inner beauty dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien