Best Seller Buku Panduan Belajar Adobe Ilustrator

Jelajahi Best Seller Buku Panduan Belajar Adobe Ilustrator dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Panduan Adobe Illustrator

Panduan Adobe Illustrator

Tip Dan Trik Adobe Illustrator

Tip Dan Trik Adobe Illustrator

Belajar Adobe Illustrator CorelDRAW

Belajar Adobe Illustrator CorelDRAW

Otodidak Desain Grafis dengan Adobe Illustrator

Otodidak Desain Grafis dengan Adobe Illustrator

Desain Kartun & Karikatur Dengan Adobe Ilustrator

Desain Kartun & Karikatur Dengan Adobe Ilustrator

Desain Artistik Illustrator

Desain Artistik Illustrator

Mengenal Fitur Terbaru Illustrator CS4 &Fireworks CS4

Mengenal Fitur Terbaru Illustrator CS4 &Fireworks CS4

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

gramedia best seller

Tentang Best Seller Buku Panduan Belajar Autocad by Gramedia

Jelajahi Best Seller Buku Panduan Belajar Adobe Ilustrator dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Adobe Illustrator merupakan program komputer grafis berbasis vektor atau biasa disebut juga sebagai software ilustrasi. Software ini menjadi pilihan utama para desainer dan praktisi desain professional. Adobe Illustrator juga biasanya digunakan sebagai pendamping Adobe Photoshop. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

     

    Apa Itu Adobe Ilustrator?

    Adobe Illustrator merupakan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Adobe System dan kemudian digunakan sebagai editor gambar vektor. Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia desain grafis tentunya tidak asing lagi dengan software ini. Fungsi utama dari Adobe Illustrator adalah menggambar atau mendesain ilustrasi dalam bentuk vektor. Selain itu, Illustrator juga dapat digunakan untuk membuat tracing pada objek foto, mewarnai ulang, hingga membuat tampilan foto seperti sketsa. Selain untuk menggambar ilustrasi, software ini juga memungkinkanmu untuk memanipulasi teks dan membuat desain multimedia. Pengguna Illustrator juga didukung untuk membuat dan merancang desain mock-up sebagai template icon atau bentuk desain lain yang ditampilkan dalam aplikasi ataupun situs web. Lalu mana yang lebih baik antara Adobe Illustrator atau CorelDraw? Meski Kedua aplikasi ini sama-sama memiliki tipe gambar berbasis vektor, namun dari segi fitur, Illustrator masih lebih lengkap dari CorelDraw. Illustrator dapat menjaga warna aslinya saat dicetak. Sedangkan CorelDraw kerap digunakan oleh perusahaan produksi karena tampilannya yang lebih umum dan mudah digunakan oleh para pengguna awam. Namun CorelDraw tidak bisa menghasilkan gambar sebaik Illustrator, meski tidak kalah dengan gambar berbasis bitmap atau raster.

     

    Sejarah Adobe Ilustrator

    Sejarah Illustrator sendiri pada mulanya dirilis hanya untuk Macintosh, ia kemudian dirancang juga untuk platform lainnya pada awal tahun 1990-an. Adobe Illustrator sebagai software pengolah gambar berbasis vektor milik Adobe Inc. Software ini terus mengalami perkembangan dari versi lama Ilustrator 1.0 sejak tahun 1987 hingga versi Ilustrator CC sejak tahun 2013 hingga saat ini. Beberapa platform yang didukung adalah Adobe Illustrator diantaranya Sun Solaris, SGI IRIX, dan MS Windows. Banyak orang menggunakan Adobe Illustrator sebagai alternatif alat desain kompleks seperti AutoCad. Alat utama yang digunakan di Illustrator adalah kurva Bezier atau kurva berparameter yang sering digunakan dalam grafika komputer dan bidang yang berkaitan. Illustrator juga mendukung file PostScript. Dukungan untuk PostScript diperbolehkan pengembang untuk menciptakan program yang secara khusus dirancang untuk file Illustrator. Adapun komponen-komponen adobe illustrator diantaranya menu, toolbox, navigator dan info, color dan color guide, stroke, gradient transparency, layers, action, dan Links.

     

    Kelebihan dan Kekurangan Adobe Ilustrator

    Adobe Illutrator sangat mudah dipelajari bahkan oleh para pengguna baru. Desainer akan dimanjakan dengan kelengkapan fiturnya. Contoh gambar berbasis vektor yang dapat diciptakan menggunakan Adobe Ilustrator diantaranya logo. Selain itu Adobe Ilutrator juga dapat digunakan untuk merancang Desain aplikasi, Desain gambar Ikon aplikasi, Desain kaos, Watermark Wallpaper, Spanduk, Diagram Ilustrasi Banner dan lain-lain. Adobe Illustrator sendiri sangat kompatibel dengan beragam software lain untuk berbagai kepentingan akhir, seperti kepentingan cetak, desktop publishing, web publishing dan lain-lain. Selain itu berikut keunggulan lainnya dari software ini:

    • User Interface yang cukup menarik, ramah dan elegan membuat software ini nyaman untuk digunakan. Toolbar dan fitur yang disediakan cukup lengkap. 
    • Warna-warna yang disediakan sangat baik dan halus, tidak jauh beda dengan hasil print nantinya. 
    • Semua produk adobe dapat terhubung dengan user lain di seluruh dunia, hal ini sangat berguna untuk mempermudah para user untuk saling sharing atau berbagi di seluruh dunia. 
    • Proses lebih ringan dan lebih cepat. 
    • Adobe Illustrator kompatibel dengan bermacam software lain untuk berbagai kepentingan, seperti kepentingan cetak, desktop publishing, web publishing dan lain-lain. 
    • Adobe Illustrator sangat pas jika digunakan dalam menangani beragam pekerjaan desain dari yang sifatnya sederhana bahkan yang sifatnya sangat kompleks, dan juga bisa mengekspor hasil akhir sebuah desain ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan kalian dengan kualitas yang bisa diandalkan.
    • Mampu meload file besar, di atas 50MB.

    Jika memiliki kelebihan, tentunya software ini juga memiliki kekurangan mulai dari Walaupun fitur lengkap tapi cukup rumit untuk pengerjaan layoutnya, Fitur power clip-nya masih sulit digunakan, Banyak tempat percetakan di Indonesia yang belum menggunakan software ini dan Memakan cukup banyak RAM dan CPU.

     

    Komponen Utama Ilustrator

    Adobe Illustrator user friendly, sehingga sangat mudah digunakan untuk mengakses beragam fitur yang ada terutama dengan sistem pengelompokan fasilitas melalui menu, toolbox, pallete dan sebagainya. Adobe Illustrator mampu menangani beragam pekerjaan desain dari yang sifatnya sederhana hingga amat kompleks, serta mampu mengekspor hasil akhir sebuah desain ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan dengan kualitas yang dapat diandalkan. Sidebar di sisi kiri jendela Illustrator disebut panel Tools, terdapat banyak peralatan untuk menyeleksi, membuat, dan memanipulasi objek-objek di area kerja (Artboard). Bagi seorang desainer grafis, mengenal bagian Tools ini merupakan pengetahuan teknis dasar yang sangat penting. Karena ketika bekerja ia harus hafal dan membiasakan diri dengan letak-letak ikon tool yang dibutuhkan, supaya dapat mengaksesnya dengan cepat. Beberapa tool Illustrator memiliki paramater yang tidak ada di aplikasi desain vektor lainnya seperti Links, Artboard tool, Action, Slice, Magic wand, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur tersebut sama seperti yang ada di Photoshop, karenanya jika sudah terbiasa dengan tool di Photoshop atau pun InDesign, akan lebih cepat belajar menguasai Tools di aplikasi ini. Illustrator sedikit berbeda dengan CorelDRAW dari sisi letak dan parameter peralatannya, tapi yakinlah bila sudah terbiasa menggunakan CorelDRAW atau pun InkScape maka akan cepat belajar menggunakan Illustrator, karena kesamaan konsepnya. Komponen kunci dari Tools di Illustrator terdiri dari: 

    Toolbox (Tools) 

    Toolbox adalah peranan menu yang paling sering digunakan pada Adobe Illustrator, karena di sana terdapat berbagai fungsi menu untuk membuat ragam objek di dokumen Illustrator. Panel Tools ini terletak pada sidebar di sebelah kiri, dengan jumlah icon tools sekitar 50 lebih. Sedikit di antaranya adalah Selection Tool (V), Direct Selection Tool (A), Magic Wand Tool (Y), Lasso Tool (Q) dan masih banyak lagi.

    Color Palette 

    Color pallete berfungsi untuk memudahkan dalam menentukan warna Fill (isi) dan Stroke (garis). Color pallete akan menampilkan paramater yang berbeda tergantung user memilih jenis warna yang mana, RGB atau CMYK. 

    Transparency Palette 

    Berguna untuk mengubah Blending mode serta Opacity pada objek secara individual, group, atau layer. Transparency Palette merupakan bagian alat yang dimanfaatkan untuk mengatur tingkat opacity pada objek yang dibuat. Palet transparansi pada fitur terbaru Adobe Illustrator semakin ditingkatkan dengan menyediakan penggeser objek atau lapisan. Pada palet ini juga terdapat kontrol Opacity Mask baru dengan nilai luminansi warna isian objek untuk mencover objek dasarnya. Misal, warna yang lebih gelap akan di mask menjadi lebih buram daripada warna yang lebih terang. Intinya, Opacity Mask ini akan membuat efek transparansi dan masking lebih kompleks secara langsung.

    Stroke Palette 

    Pada bagian ini merupakan Stroke Pallete yang dimanfaatkan pengguna untuk membuat garis luar objek atau disebut outline. Alat ini menyediakan pengaturan ketebalan garis pada objek vektor, yang diatur sesuai keinginan pengguna. 

    Gradient palette 

    Dapat Membantu user untuk mengatur gradasi warna dari sebuah objek vektor yang telah diseleksi. Secara default warna gradasi dalam tool ini adalah Black (hitam) dan White (putih). 

    Layers palette 

    Layer Illustrator bekerja selayaknya Layer di Photoshop, Firework, InDesign, atau aplikasi Adobe lainnya. User dapat menambahkan, menghapus, mengatur urutannya, menyembunyikan atau menampilkannya, menguncinya atau melepasnya, mengubah mode thumbnail-nya, memasukkannya sebagai objek yang ikut dicetak atau tidak (dim object) baik secara individual maupun secara group atau layer, membuat sub-layer, membuat layer baru, dan membuat objek baru. Berikut ini fungsi-fungsinya : 

    • Visibility Layer: Berfungsi untuk menyembunyikan layer lembar kerja, hal ini memudahkan dalam  mencari posisi objek tersebut pada layer. 
    • Layer Name: Berfungsi untuk pemberian nama pada layer, sehingga memudahkan dalam mengorganisir layer. 
    • Delete Layer: Klik pada layer, lalu klik tombol ini untuk menghapus layer. 
    • Lock Layer: Berfungsi untuk mengunci layer
    • New Layer: Menambahkan layer baru pada lembar kerja 
    • New Sublayer: Menambahkan layer di bawah layer yang dipilih, atau disebut juga dengan sublayer

     

    Spesifikasi

    Aplikasi Adobe Illustrator kini berbayar dan hanya tersedia melalui langganan, harga aplikasi sendiri senilai $ 19.99 per bulan dengan komitmen tahunan, atau $ 29.99 setiap bulan. Untuk software Suite lengkap, sudah termasuk InDesign, Photoshop, Premiere Pro, dan lainnya, harganya senilai $ 49.99 per bulan. Untuk uji coba gratis tersedia selama tujuh hari. Sementara itu berikut minimum requirements untuk AI pada sistem Mac dan Windows: 

    Windows 

    • 2GHz or faster processor Microsoft® 
    • Windows® XP with Service Pack 2 (Service Pack 3 recommended) or Windows Vista® Home Premium, Business, Ultimate, or Enterprise with Service Pack 1 (certified for 32-bit Windows XP and Windows Vista) 
    • 512MB of RAM (1GB recommended) 
    • 2GB of available hard-disk space for installation; additional free space required during installation (cannot install on flash-based storage devices) 
    • 1,024×768 display (1,280×800 recommended) with 16-bit video card 
    • DVD-ROM drive 
    • Broadband Internet connection required for online services

    Mac OS 

    • PowerPC® G4 or G5 or Intel® processor 
    • Mac OS X v10.4.11–10.5.4 512MB of RAM (1GB recommended) 
    • 2GB of available hard-disk space for installation; additional free space required during installation (cannot install on a volume that uses a case-sensitive file system or on flash-based storage devices) 
    • 1,024×768 display (1,280×800 recommended) with 16-bit video card 
    • DVD-ROM drive
    • QuickTime 7 software required for multimedia features 
    • Broadband Internet connection required for online services

     

    Sumber: dari berbagai sumber