Biologi

Fungsi Hidung dan Bagian-Bagiannya

fungsi hidung
Written by Wida Kurniasih

Fungsi Hidung dan Bagian-Bagiannya – Hidung merupakan salah satu bagian dari organ tubuh manusia yang terletak di bagian luar tubuh dan tepat berada di tengah wajah. Hidung terletak pada tulang tengkorak yang tersusun dari tulang rawan, tulang, otot, dan kulit.

Hidung adalah bagian yang penting yang dimiliki oleh setiap manusia, karena hidung memiliki fungsi sebagai organ pernapasan dan juga sebagai indera penciuman.

Sebagai bagian tubuh yang terluar, hidung secara langsung akan bersentuhan dengan berbagai macam gas atau udara yang akan diterima dan masuk ke dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, fungsi hidung didefinisikan sebagai tempat penyaringan udara yang masuk ke dalam tubuh manusia, penyaringan udara ini dilakukan agar tubuh dapat menerima udara yang baik bagi tubuh.

Bagian-bagian Hidung

Fungsi Hidung dan Bagian-Bagiannya 11. Lubang Hidung

Lubang hidung yang terdapat pada manusia ada 2 buah lubang dan keduanya berfungsi sebagai pelindung hidung dari ancaman yang datang dari luar. Kemudian lubang hidung juga berperan sebagai penentu ukuran sesuatu yang dapat masuk kedalam hidung dan lubang hidung juga langsung berkaitan dengan rongga hidung.

2. Septum

Septum merupakan pemisah yang ada di antara kedua lubang hidung. Septum terdiri dari tulang rawan dan dinding septum dilapisi dengan lendir serta memiliki pembuluh darah di dalamnya yang berguna untuk melembabkan dan mengatur suhu udara yang masuk melalui hidung.

3. Bulu Hidung

Bulu hidung merupakan bagian yang terdiri dari rambut-rambut halus yang memiliki fungsi sebagai penyaring udara yang masuk. Hidung sebagai tempat masuknya udara maka akan dengan mudah masuk berbagai macam udara, seperti udara yang bersih maupun tidak. Bulu hidung berfungsi untuk menahan kotoran dari udara yang masuk agar tidak dapat masuk ke organ pernapasan lain didalam tubuh.

4. Rongga Hidung

Rongga hidung terletak pada bagian belakang cuping hidung dan berperan sebagai saluran pembersih utama bagi udara yang masuk menuju paru-paru. Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan silia (rambut halus). Rongga hidung juga memiliki peran untuk melanjutkan udara yang masuk dan mengarah ke tenggorokan. Selain itu, rongga hidung juga berfungsi sebagai penjaga kelembaban, suhu, dan tekanan udara.

5. Sinus Hidung

Sinus adalah bagian yang berbentuk rongga dan terletak di sekitar hidung. Manusia memiliki sinus paranasal yang terdiri atas 4 pasang sinus hidung yang semuanya akan berakhir pada rongga hidung. Keempat bagian sinus tersebut adalah sinus maksilaris (di tulang pipi), sinus frontalis (tengah dahi), sinus ethmoidalis (di antara mata), dan sinus sphenoidalis (dibelakang rongga hidung). Sinus hidung berperan sebagai pelembab dan penyaring udara, menjaga pertukaran udara di daerah hidung, memaksimalkan kualitas udara, dan memproduksi lendir yang mengalir di dalam hidung.

6. Saraf Hidung

Saraf hidung juga disebut sebagai olfaktori merupakan salah satu bagian dari saraf kranial yang berhubungan langsung dengan otak. Sebagai saraf kranial 1, saraf pada hidung ini berfungsi sebagai reseptor utama dalam indera penciuman, serta saraf ini juga berperan sebagai penerima rangsangan aroma yang terbawa bersama dengan udara yang dihirup. Fungsi dari saraf ini juga berhubungan dengan rasa makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh.

Cari Tahu Yuk! Ensiklopedia: Tubuh Manusia

Cari Tahu Yuk! Ensiklopedia: Tubuh Manusia

Beli Buku di GramediaOrgan di tubuh manusia tersusun secara rapi dan harmonis seperti halnya luar angkasa. Kita dapat melompat, berjalan, duduk, berpikir, bernapas, dan bertubuh berkat sel, gen, organ, tulang, dan otot yang menjalankan fungsi masing-masing secara harmonis. Saat berjalan satu langkah ada 54 otot yang bergerak! Buku ini akan mengungkap apa saja yang ada di dalam tubuh manusia.

7. Tulang Rawan Hidung

Tulang rawan merupakan tulang yang membentuk hidung itu sendiri. Tulang rawan hidung merupakan bagian yang elastis dan kuat yang juga membentuk bagian ujung hidung serta menyusun bentuk hidung.

8. Saluran Hidung (Nasofaring)

Bagian saluran hidung merupakan bagian yang sangat penting dalam siklus sistem pernapasan tubuh manusia. Karena bagian ini merupakan bagian penghubung antara hidung dengan tenggorokan. Di dalam nasofaring terdapat tuba eustachius (saluran penghubung telinga dan tenggorokan) dan tonsil adenoid. Kemudian nasofaring berfungsi sebagai pengatur tekanan udara serta pelindung dari infeksi.

Fungsi Hidung

Fungsi Hidung dan Bagian-Bagiannya 2Hidung memiliki beberapa fungsi yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya yaitu:

banner-promo-gramedia

1. Sebagai alat respirasi atau pernapasan

Fungsi hidung sebagai organ pernapasan merupakan hal yang utama kenapa adanya hidung dalam organ tubuh manusia. Sebagai alat pernapasan, hidung akan menghirup oksigen yang akan masuk ke dalam tubuh melalui organ dalam lainnya hingga ke paru-paru. Selain itu, hidung juga berfungsi sebagai jalur keluarnya karbon dioksida, yang juga tidak jauh berbeda dengan mulut. Sebagai aktor utama dalam proses respirasi, hidung sebagai tempat masuknya udara juga tentunya memiliki tempat untuk menyaring, menghangatkan, serta melembabkan udara yang akan diterima oleh tubuh.

2. Sebagai indera penciuman

Selain sebagai alat pernapasan yang utama, hidung juga berperan sebagai fungsi utama dalam penciuma tubuh. Dalam proses penciuman ini, hidung akan terkoneksi dengan otak melalui saraf kranial dan akan menimbulkan serta menciptakan ingatan terhadap penciuman sesuatu. Dalam proses penciuman, hidung dibantu oleh mukosa penciuman di rongga hidung bagian atas yang didalamnya terkandung kelenjar hidung yang disebut sebagai kelenjar penciuman.

3. Koneksi dengan rasa

Maksudnya disini adalah bahwa hidung sebagai indera pengecap dan organ pernapasan memiliki hubungan dalam mempengaruhi rasa yang dirasakan oleh lidah si indera perasa. Peran penciuman disini adalah sebagai penyempurna dari rasa yang berhubungan dengan bau. Tidak jarang bahwa manusia akan dapat mengetahui rasa dari sesuatu hanya melalui penciumannya saja. Itulah salah satu hasil dari hubungan antara penciuman dengan rasa.

Komik Aku Anak Pintar: Tubuh Manusia

Komik Aku Anak Pintar: Tubuh Manusia

Beli Buku di Gramedia4. Terhubung dengan memori

Sebagai indera penciuman, tentu memiliki banyak fungsi dari penciuman itu sendiri. Salah satunya adalah akan secara tidak langsung mengingat akan sesuatu ketika mencium sebuah aroma atau bau. Semisal saja ketika mencium sebuah aroma parfum, maka saraf hidung yang terhubung dengan otak akan langsung merespon hal tersebut dengan ingatan atau memori akan seseorang yang dikenal yang menggunakan aroma parfum tersebut. Begitu juga dengan aroma makanan yang tercium dari jauh, dalam hal ini terkadang ingatan juga akan mempengaruhi penciuman dan aroma dari makanan yang ada di ingatan otak. Dengan mengingat sebuah makanan, maka secara langsung akan dapat mengingat dan bahkan merasakan aroma dari makanan tersebut.

5.  Sebagai penyaring udara

Sebagai organ utama yang mengatur keluar masuknya udara yang dibutuhkan dalam sistem pernapasan, hidung tentunya memiliki fungsi sebagai penyaring udara. Fungsi ini bisa dikatakan sangat penting bagi keberlangsungan kesehatan dari udara yang masuk melalui hidung. Hidung memiliki beberapa bagian seperti rambut halus yang dapat menyaring udara yang masuk beserta dengan kotoran. Dengan penyaring udara ini, tubuh akan mendapatkan udara yang diinginkan, yaitu udara yang bersih dan bebas dari kotoran, serangga atau bahkan hal lainnya.

Selain itu, hidung juga memiliki fungsi alami sebagai penghangat udara yang dingin serta hidung juga dapat berfungsi sebagai pelembab udara yang terlalu kering, sehingga setelah melewati hidung maka udara yang masuk merupakan udara yang sudah menyesuaikan dengan kondisi tubuh.

Itulah penjelasan mengenai hidung, mulai dari bagian-bagiannya sampai fungsi dari hidung. Untuk tetap mendapatkan udara yang bagus saat masuk ke dalam tubuh, salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan hidung.

Temukan hal menarik lainnya mengenai hidung dan anggota tubuh lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel dan buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Buku Pertamaku: Tubuh Manusia (First Body Book)

Buku Pertamaku: Tubuh Manusia (First Body Book)

Beli Buku di GramediaMulailah petualangan menjelajahi tubuh manusia, mulai dari otakmu yang cemerlang hingga jari kakimu yang mudah geli! Buku ini berisi informasi menarik serta poster sistem tubuh ukuran besar, inilah pengetahuan tentang cara tubuh bekerja!

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien