Biologi

Fungsi Lidah dan Bagian-bagiannya

bagian dan fungsi lidah
Written by Wida Kurniasih

Fungsi Lidah dan Bagian-bagiannya – Salah satu bagian tubuh yang tidak memiliki tulang berada di dalam mulut manusia. Bagian tersebut adalah lidah. Lidah adalah susunan dari sekelompok otot yang sudah bergabung. Warna dari lidah adalah merah, selain itu permukaan lidah tidak merata.

Namun, lidah memiliki banyak fungsi yang dapat membantu mulut dan tubuh. Untuk dapat menjalankan tugas tersebut, lidah dibantu oleh beberapa otot dan syaraf. Otot dan saraf tersebut langsung terhubung menuju otak. Berkat adanya otot-otot ini, lidah dapat bergerak bebas menuju segala arah di dalam rongga mulut.

Rata-rata, ukuran lidah laki-laki sepanjang 8,5 cm. sedangkan ukuran lidah perempuan sepanjang 7,9 cm. Akan tetapi, pernah tercatat ukuran lidah manusia yang paling panjang. Mencapai ukuran sekitar 10,1 cm. Artikel ini akan membahas mengenai bagian-bagian yang ada di dalam lidah. Selain itu, akan dijelaskan pula manfaat atau fungsi dari lidah.

Fungsi Lidah

Fungsi Lidah dan Bagian-bagiannya 1Lidah memiliki beberapa fungsi untuk tubuh. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Alat pengecap

Fungsi pertama dari lidah adalah sebagai alat pengecap. Dapat dikatakan juga bahwa ini merupakan fungsi utama dari lidah. Semua papillae pada lidah memiliki alat perasa. Alat perasa tersebut digunakan untuk merasakan makanan dan minuman. Selain keduanya, lidah ada langsung merasakan semua hal yang masuk ke dalam mulut.

Secara umum, lidah bisa mengecap beberapa rasa. Ada empat rasa utama yang bisa dirasakan oleh lidah. Ada manis, pahit, asam dan asin. Selain keempat rasa tersebut, ada rasa lainnya yang dapat dirasakan oleh lidah. Rasa tersebut adalah umami. Umami adalah rasa gurih yang dapat dirasakan melalui MSG atau monosodium glutamate.

2. Membantu berkomunikasi

Fungsi selanjutnya dari lidah adalah untuk membantu dalam proses komunikasi. Lidah akan bekerja sama dengan gigi dan bibir. Hasil dari kerja sama tersebut akan terbuatlah suara. Suara tersebut berasal dari tenggorokan. Akibatnya, suara-suara yang keluar dapat dengan mudah dan jelas dipahami oleh lawan bicara. Jika tidak ada lidah, maka perkataan yang keluar dari mulut seseorang sulit untuk dipahami karena kurang jelas.

3. Mengunyah makanan

Tidak hanya sebagai alat perasa, lidah juga berfungsi untuk membantu mengunyah makanan. Berkat lidah, makanan dapat dikunyah dengan baik di dalam mulut. Hal itu disebabkan karena lidah dapat bergerak dengan bebas di dalam mulut.

Lidah akan berperan dalam membantu mengolah makanan. Tidak hanya makanan, minuman juga akan dibantu oleh lidah dalam pengolahannya.

Karena bisa bergerak bebas di dalam mulut, lidah berfungsi membantu mengolah makanan dan minuman dari padat menjadi lembek, sehingga mudah untuk ditelan.

Komik Aku Suka Sains : Tubuh Manusia

Komik Aku Suka Sains : Tubuh Manusia

Beli Buku di GramediaBuku ini akan menceritakan pengalaman 3 makhluk luar angkasa yang berkunjung ke Bumi dan tersesat masuk ke dalam tubuh manusia. Mereka menjelajahi bagian tubuh manusia, sambil mengenalkan kepada anak-anak fungsi setiap organ tubuh

4. Membantu menelan

Selain membantu dalam proses mengunyah makanan, lidah juga memiliki peran dalam proses menelan makanan. Makanan yang dikunyah di dalam mulut akan berubah menjadi halus. Setelah itu lidah akan membantu makanan supaya masuk ke dalam tenggorokan.

Caranya dengan mendorong makanan. Makanan yang didorong akan masuk ke dalam lambung. Setelah itu baru akan mengalami proses dengan organ pencernaan.

banner-promo-gramedia

5. Membantu menghisap

Salah satu fungsi lidah adalah untuk menghisap. Lidah akan menjadi salah satu alat bantu untuk menghisap cairan. Hal ini bisa dilihat dengan jelas pada bayi. Umumnya, bayi akan menggunakan lidahnya ketika sedang menghisap air susu ibunya.

6. Membantu menyentuh

Lidah juga dapat membantu untuk menyentuh. Ujung bagian lidah adalah salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif. Hal ini memungkinkan lidah dapat merasakan tekstur benda. Selain itu, berkat dari lidah juga makanan bisa dirasakan di dalam mulut.

Hal inilah yang membuat tubuh dapat terlindung dari bahaya yang akan menimpa mulut. Contohnya seperti adanya duri ikan. Atau benda asing kecil yang tidak sengaja masuk kedalam mulut melewati makanan.

Fungsi lain dari lidah juga dapat membantu mencari sisa-sisa makanan. Terkadang, makanan yang kita makan akan meninggalkan bekas atau sisa di dalam mulut. Lidahlah yang akan mencarinya sehingga mulut tetap bersih.

7. Melindungi mulut dari kuman

Lidah juga dapat melindungi mulut dari beragam kuman yang bisa masuk. Di dasar lidah, terdapat kumpulan sel-sel pelindung. Sel tersebut bernama tonsil lingual.

Tonsil lingual ini memiliki tugas untuk melindungi tubuh. Terkadang, kuman yang ada di tubuh masuk melalui makanan yang masuk ke dalam mulut. Inilah waktunya tonsil lingual untuk melindungi tubuh dari gangguan-gangguan yang masuk tersebut.

Bagian-bagian Lidah

Fungsi Lidah dan Bagian-bagiannya 2Lidah adalah salah satu bagian anggota tubuh yang hanya terdapat satu saja di tubuh. Bagian-bagian lidah tidak banyak, ini juga berdasarkan dengan ukurannya yang kecil. Berikut ini adalah bagian-bagian lidah secara umum:

1. Dasar lidah

Bagian pertama yang ada pada lidah adalah dasar lidah. Dasar lidah terletak pada bagian sepertiga belakang lidah. Bagian dasar lidah ini terletak pada mulut bagian belakang. Selain itu, bagian dasar lidah juga dekat dengan tenggorokan.

Berbeda dari bagian-bagian lidah yang lain, bagian dasar lidah tidak bisa digerakan secara bebas. Geraknya hanya terbatas. Bagian ini yang menempel pada tulang rahang bawah dan tulang hyoid.

2. Badan lidah

Bagian selanjutnya yang ada pada lidah adalah badan lidah. Badan lidah terletak pada dua pertiga bagian lidah lain. Tidak seperti dasar lidah, bagian badan lidah dapat digerakan secara bebas. Selain itu, badan lidah juga memegang beberapa tanggung jawab yang penting dari fungsi lidah.

Buku ini akan menjelaskan mengenai salah satu panca indera manusia, yaitu lidah. Akan dijelaskan mengenai bagian-bagian, anatomi sampai fungsi dari lidah. Buku ini cocok untuk anak-anak maupun dewasa yang ingin mempelajari mengenai lidah.

3. Ujung lidah

Ujung lidah juga menjadi salah satu bagian dari lidah. Sesuai dengan namanya, ujung lidah adalah bagian lidah yang terletak pada bagian paling depan. Ujung lidah ini terletak berdekatan dengan bagian belakang gigi seri. Sama seperti badan lidah, ujung lidah juga dapat digerakan secara bebas.

4. Dorsum lidah

Dorsum lidah adalah bagian lidah yang letaknya di antara badan lidah dan dasar lidah. Dorsum lidah merupakan bagian yang permukaannya terlihat sedikit lebih naik dibandingkan dengan badan lidah. Pada bagian ini, dapat dilihat seperti ada garis cekungan. Garis cekungan itu membentuk seperti huruf V. Cekungan pada dorsum lidah ini disebut sebagai sulkus terminalis.

5. Bawah lidah

Bagian selanjutnya adalah bagian bawah lidah. Bagian bawah lidah akan terlihat apabila lidah diangkat. Pada bagian bawah lidah, ada pembuluh vena. Pembuluh vena terlihat dengan jelas dan berwarna ungu kebiru-biruan.

Bagian bawah lidah berfungsi sebagai tempat pemberian obat. Ada beberapa jenis obat tertentu yang penyerapannya terjadi secara cepat. Hal itu dapat terjadi jika obat diletakkan pada bagian bawah lidah.

Baca juga: 5 Panca Indera Manusia

 

Itulah bagian-bagian serta beberapa fungsi penting dari lidah. Lidah adalah anggota tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Jika kesehatan lidah terganggu, maka kondisi mulut juga akan terganggu.

Temukan beragam informasi menarik lainnya mengenai lidah dan bagian tubuh lain di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel dan buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Anatomi Tubuh Manusia untuk Mahasiswa Keperawatan, Edisi 2

Anatomi Tubuh Manusia untuk Mahasiswa Keperawatan, Edisi 2

banner-promo-gramedia

Beli Buku di GramediaBuku ini dilengkapi dengan Buku Soal Jawab dan Pembahasan Anatomi Tubuh Manusia: Latihan Praktik KBK Edisi 2 sebagai bahan latihan praktik. Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa keperawatan baik tahap akademik maupun klinik.

Baca juga:

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien