in

Tips Menabung Harian Untuk Masa Depan

pixabay

Tips Menabung Harian –  Tidak sedikit orang yang mengalami masalah ketika harus menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung. Menabung sebenarnya sepele dan mudah, namun sering dilupakan karena berbagai alasan dan kebutuhan. Padahal, dengan menabung, seseorang dapat mencapai situasi ekonomi yang lebih stabil dan mencapai tujuan ekonominya.

Menabung adalah salah satu kegiatan yang paling sulit jika kamu tidak terbiasa. Tidak harus banyak, jika berjalan terus menerus secara jangka panjang dan konsisten, menabung sedikit pada prinsipnya dapat mendatangkan manfaat yang besar.

Menabung tidak harus dilakukan setiap saat kalian mendapatkan gaji setiap bulannya, kamu dapat melatih kebiasaan menabung setiap hari. Menabung setiap hari akan menjadi kebiasaan yang harus kamu praktikkan untuk mencapai tingkat ekonomi yang lebih tinggi dan mencapai tujuan ekonomi kamu atau untuk mendapatkan manfaat ekonomi besar lainnya di masa depan.

beli sekarang

Menabung bisa menjadi budaya yang melebur ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, bagaimana sih caranya? Yuk, coba kita gali lebih jauh dengan buku ini. Ada 50 cara menabung yang benar dan kreatif yang pastinya siap kamu praktikkan.

Nah, bagi yang sulit membiasakan diri menabung, cobalah menabung setiap hari. Agar lebih konsisten dan tidak terjebak di tengah jalan. Untuk tahu lebih lanjut apa saja tips dalam menabung secara harian, yuk simak ulasan di bawah ini!

1. Menabung Manual

Menabung uang setiap hari adalah kebiasaan yang mudah dan sulit. Secara ekonomi, praktik ini tentu cukup sederhana, karena jumlah nominal yang dihemat biasanya tidak terlalu besar atau bahkan perubahan yang kecil. Namun, tanpa disiplin dan konsistensi, kebiasaan menabung sehari-hari bisa berhenti sebelum mencapai target yang kita inginkan.

Untuk memulai aktivitas ini, kamu perlu membiasakan diri menabung secara manual. Maksudnya, jika kamu telah melakukan transaksi, kamu bisa menyimpan uang kembalian tersebut untuk ditabung.

Sekecil apa pun, jika kamu menabung secara teratur, isi celengan yang terisi setiap hari akan terisi secara penuh di kemudian hari. Bagian paling penting dari menabung adalah kamu harus menekan keinginan untuk menghabiskan semua pengeluaran harian kamu agar selalu memiliki uang yang bisa tabung setiap hari. Selain itu, jangan meremehkan sisa uang, berapa pun jumlahnya.

2. Tentukan Target Menabung

Kamu bisa menetapkan tujuan untuk kegiatan menabung, seperti jalan-jalan ke luar negeri atau menabung 20 atau 50 juta dalam setahun untuk membeli mobil. Ada target tabungan bulanan atau tabel yang dirancang untuk memotivasi kamu dalam menabung lebih lebih giat lagi.

Selain itu, kamu juga dapat membuat foto atau teks dari jumlah target dan memasukkannya ke dalam dompet atau celengan kamu. Jika kamu masih belum termotivasi, tambahkan foto tempat wisata dan rumah impian untuk meningkatkan disiplin menabung dan menjaga kamu agar tidak goyah dalam menabung.

3. Mulai Dari Nominal Kecil

Menabung setiap hari dengan nominal apa adanya adalah sebuah langkah awal. Hal ini dapat membangun komitmen dan niat agar kamu terbiasa menabung setiap hari. Misalnya, kamu hanya dapat menghemat hingga 10.000 per hari. Meski terlihat kecil jika dikalikan 365 hari/1 tahun, kamu bisa bisa menabung lebih dari 3,6 juta dalam satu tahun.

Jika kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung lebih dari 10.000 per hari, misalnya 20.000 maka Isi celengan pasti akan mencapai lebih dari 7 juta. Jumlah yang besar ini hanya dapat dicapai dengan menyisihkan sisa pembelian yang mungkin sudah tidak diperlukan lagi setiap harinya.

4. Sisa Uang Saku

Cara cepat bagi pelajar/mahasiswa untuk menabung tentunya adalah dengan menabung uang jajan setiap hari. Jika kamu sudah memiliki anak, kamu bisa secara bertahap mengajarkan hal ini kepada anak untuk menabung. Uang saku juga bisa disisihkan untuk pembelian makanan ringan, transportasi, atau alat tulis. Sisa uang harian dapat ditempatkan di celengan atau rekening tabungan.

banner-promo-gramedia

Pelajar/mahasiswa dapat menghemat 5.000-10.000 per hari dengan mengurangi pengeluaran untuk jajan mereka dan meningkatkan jumlah untuk tabungan. Jika kamu menyimpan uang di tempat yang aman secara teratur, bukan tidak mungkin bagi siswa untuk membeli barang yang diinginkan dengan tabungan mereka.

5. Kumpulan Koin

Koin sering dianggap sepele bagi banyak orang dan sering ditempatkan di mana saja, bahkan bisa sampai tercecer. Namun, jika kamu ingin menabung, jangan sia-siakan koin yang kamu miliki. Ini bisa menjadi cara tambahan untuk mengumpulkan uang dengan cara yang tepat dan sesuai target menabung.

Simpan sisa uang receh di dompet atau celengan khusus untuk menyimpan koin. Tips menabung celengan ini relatif mudah karena kamu hanya perlu memasukkan koin saatyang tersisa, bahkan tidak perlu menetapkan tujuan. Bukan tidak mungkin mendapatkan 1 juta dalam sebulan dengan cara menabung seperti ini.

6. Menabung Dengan Celengan Transparan

Siapa sangka menabung di celengan transparan ternyata bisa menjadi cara efektif untuk menyimpan uang yang kamu miliki. Kamu cukup menggunakan botol atau wadah kaca bening. Kenapa harus tembus pandang? Biasanya wadah ini dapat memudahkan seseorang memeriksa jumlah uang yang disimpan setiap hari.

Seolah-olah kamu bisa melihat proses membangun mimpi selangkah demi selangkah dan meningkatkannya setiap hari. Agar lebih termotivasi, kamu bisa menyertakan teks beserta foto tujuan tabungan Anda. Jumlah uang yang ditabung tidak harus langsung dalam jumlah banyak, tetapi dimulai secara bertahap dari Rs 10.000 atau Rs 20.000. Jika kamu rutin menabung 20.000 rupiah per hari, kamu bisa mendapatkan 600.000 rupiah per bulan dan 7,2 juta rupiah per tahun. Kamu bisa mempraktikkan tips ini jika kamu mau.

Siapa sangka menabung di celengan transparan ternyata bisa menjadi cara efektif untuk menyimpan uang yang kamu miliki. Kamu cukup menggunakan botol atau wadah kaca bening. Kenapa harus tembus pandang? Biasanya wadah ini dapat memudahkan seseorang memeriksa jumlah uang yang disimpan setiap hari.

Seolah-olah kamu bisa melihat proses membangun mimpi selangkah demi selangkah dan meningkatkannya setiap hari. Agar lebih termotivasi, kamu bisa menyertakan teks beserta foto tujuan tabungan Anda. Jumlah uang yang ditabung tidak harus langsung dalam jumlah banyak, tetapi dimulai secara bertahap dari Rs 10.000 atau Rs 20.000.

Jika kamu rutin menabung 20.000 rupiah per hari, kamu bisa mendapatkan 600.000 rupiah per bulan dan 7,2 juta rupiah per tahun. Kamu bisa mempraktikkan tips ini jika kamu mau.

beli sekarang

Teman-teman, Kesya sedang kesulitan, nih. Bundanya sedang dirawat di rumah sakit dan Ayahnya sekarang sedang tidak punya pekerjaan tetap. Sedikit demi sedikit ia menyisihkan uang saku untuk di tabung di celengan ayam peninggalan nenek. Kesya bertekad melunasi tunggakan SPP. Nah, teman-teman, apakah Kesya berhasil? Yuk, baca kisahnya dalam kumpulan cerpen Pandai Menabung. Selain itu, Masih ada 10 cerpen lain yang harus kalian baca.

7. Pesan Makanan Porsi Kecil

Tips lain untuk membiasakan diri untuk menabung harian adalah dengan memesan makanan dalam porsi dan harga yang kecil. Tips ini disampaikan oleh Nerd Wallet tidak dibuat bukan tanpa alasan.

Tips ini tidak membuat kita pelit terhadap diri sendiri, membeli makanan dalam jumlah sedikit dapat mencegah kamu dari kemungkinan membuang-buang makanan atau membeli lebih banyak makanan daripada yang kamu perlukan. Ingatlah bahwa membuang makanan sama dengan membuang-buang uang. Tentu saja, lebih baik menabung uang daripada membuang uang dari makanan yang tersisa.

Jika ini tidak memungkinkan, sisihkan setengah porsi untuk makan berikutnya. Namun, berhati-hatilah agar ini tidak menyebabkan kekurangan gizi atau penurunan berat badan yang berbahaya.

8. Memanfaatkan Diskon

Belajar menabung bukan berarti tidak bisa menikmati hidup sama sekali. Tentu saja, karena kesibukan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari lainnya, kamu terkadang membutuhkan aktivitas menyenangkan lainnya untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan rasa lelah. Cobalah manfaatkan diskon hiburan untuk menekan biaya agar aktivitas tersebut tidak merusak kebiasaan menabung harian kamu.

Selain itu, pilih tempat nongkrong yang ramah dompet sehingga kamu punya uang untuk ditabung setiap hari. Jika perlu, tahan godaan untuk bersosialisasi dengan orang yang tidak terlalu dekat atau berteman, dan bersenang-senanglah dengan seseorang yang benar-benar bisa membuat hidup kamu lebih nyaman. Jadi bahkan kamu tetap bisa menikmati hidup walaupun intensitas untuk berlibur atau bersenang-senang bisa dikurangi.

9. Mengurangi Belanja Online

Belanja online adalah salah satu cara paling populer bagi banyak orang saat ini untuk memenuhi semua kebutuhan mereka. Bahkan, kemudahan dan keunggulan platform layanan membuat kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi oleh belanja online.

Namun, saat berbelanja online, sering kali sulit untuk menahan diri membeli barang lain di luar kebutuhan kamu karena godaan kepraktisan. Jangan ragu untuk membeli barang lain karena terkesan impulsif karena kamu dapat dengan mudah melihat apa yang dijual oleh penjual. Akibatnya, pengeluaran meroket, meningkat, dan tidak ada uang untuk ditabung.

Oleh karena itu, untuk menghindarinya kamu perlu membatasi diri agar tidak ketagihan setiap kali berbelanja. Jika perlu, buatlah daftar barang-barang yang ingin kamu beli, lalu pesan hanya barang-barang tersebut.

10. Memindahkan Uang Tabungan ke Rekening

Menabung di rumah setiap hari adalah langkah awal dalam mengembangkan kebiasaan menabung. Jika kamu menyimpan banyak uang setiap hari, jangan lupa untuk mengirimkannya ke rekening bank yang kamu miliki untuk keamanan tambahan. Hal ini juga merupakan cara yang bagus untuk menghindarkan diri dari penggunaan uang tabungan tersebut dari yang telah susah payah untuk ditabung.

banner-promo-gramedia

Selain itu, menyesuaikan program atau jenis tabungan yang dipilih. Misalnya, kamu dapat mengajukan deposit untuk mendapatkan bunga atas keuntungan dari tabungan kamu atau kamu dapat bergabung dengan rekening tabungan berjangka waktu tetap dan rekening kamu otomatis dipotong sehingga kebiasaan menabung berhasil.

11. Menabung dari Arisan

Tentu kamu sudah tahu apa itu arisan. Arisan bukan hanya cara untuk silaturahmi dalam memperdalam persahabatan, tetapi juga cara untuk secara konsisten untuk menabung. Secara tidak langsung kamu harus mengeluarkan uang setiap bulan untuk membayar acara kumpul-kumpul.

Misalnya, jika kamu melakukan arisan dengan 20 orang yang setiap bulannya mengumpulkan uang 300.000. Artinya, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 6 juta. Bukankah itu hebat? Tentu akan sulit jika kamu lambat dalam membayar arisan, bukan hanya pertemananmu yang sedikit tegang, tapi nama baikmu juga tercoreng.

12. Memiliki Teman dengan Pemikiran Sama

Kamu tidak hanya dapat membiasakan diri untuk menabung, tetapi kamu juga dapat meningkatkan motivasi dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama. Tidak dapat disangkal bahwa lingkaran pertemanan sedikit banyak membentuk kebiasaan dan cara berpikir seseorang. Misalnya, jika kamu sering bertemu dengan penjual parfum maka kamu juga akan memiliki aroma yang wangi dari penjual parfum tersebut.

Bertemu dengan teman-teman yang memiliki gaya hidup yang sama akan membantu kamu dalam mempertahankan kebiasaan ini. Dengan demikian, kebiasaan menabung tidak hilang begitu saja, apalagi berhenti.

Terutama dalam hal keuangan, berteman dengan orang-orang yang konsumtif dan menjalani gaya hidup kelas atas membuat kamu sulit untuk mengelola keuangan dan menabung lebih banyak. Jadi, berteman tidak selalu berarti buruk, selama itu membuat kamu menjadi pribadi yang baik dan mendukung gaya hidup yang lebih baik.

13. Menabung Sesuai dengan Jumlah Tanggal

Mungkin kamu masih merasa bingung dalam hal menabung seiap hari. KAmu bisa mencoba menabung dengan jumlah nominal yang sama dengan tanggal atau jumlah yang sama dengan tanggal hari ini. Misalnya, jika kamu mulai menabung pada 1 September, nilai nominalnya adalah Rp1.000, Rp11.000, Rp111.000, dan Rp1.111.000. Semua tergantung seberapa banyak uang yang ingin kamu tabung.

Seperti halnya tabungan selanjutnya harus tetap pada tanggal yang tepat dari simpanan sesuai dengan nomor yang tertera di kalender. Kegiatan ini dapat dilakukan selama sebulan dari tanggal 1 hingga 29. Kamu dapat mengambil istirahat sejenak pada tanggal 30 dan 31. Cara menabung sejak dini ini sangat bagus untuk siapa saja yang membutuhkan inspirasi tentang cara menabung.

14. Menabung Atas Hukuman

Cara menabung harian dari sesuatu yang unik adalah dengan menjadikan hukuman sebagai suatu tindakan atau kesepakatan. Misalnya, kamu dapat membuat aturan antara teman, kerabat, atau diri kamu sendiri untuk menabung sejumlah uang setiap kali kamu melakukan kesalahan. Misalnya, kamu bisa menabung Rp10.000 setiap kali berkata kasar, Rp20.000 setiap kali kami terlambat bekerja, dan berbagai kebiasaan buruk lainnya yang ingin kamu hindari. Ini adalah cara mudah untuk menabung untuk membeli barang yang kamu perlukan dan perlengkapan lainnya jika kamu sering melakukan kesalahan.

Baca Juga:

Demikianlah mengenai tips menabung harian yang telah Gramedia berikan kepada para Grameds. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi inspirasi untuk kalian yang sedang menabung untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Jika kalian tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai persoalan tabungan dan keuangan, kalian bisa membeli dan membaca buku-buku di Gramedia terkait hal tersebut. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku berkualitas yang bisa kalian miliki. Yuk, Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

banner-promo-gramedia

Buku ini membahas mengenai pengelolaan dan prinsip-prinsip yang perlu dipertimbangkan oleh individu dalam mengelola keuangan pribadi untuk dapat mencapai tujuan keuangan. Sehingga mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan perencanaan keuangan, menentukan tujuan, membuat action plan, memiliki komitmen dan disiplin dalam menjalankan program dalam setiap life cycle mulai dari usia produktif sampai dengan masa pensiun.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq