in

17 Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah Kamu Praktikkan

unsplash.com

Tips Menabung 5 Juta Setahun – Agar dapat konsisten mengumpulkan uang tabungan, kamu sesungguhnya harus memahami tips dan triknya. Kegiatan menabung sesungguhnya memang sebagai salah satu cara perencanaan keuangan terbaik. Dengan demikian seseorang kemudian dapat mencapai tujuan keuangannya di masa depan.

Meski sangat penting, tapi dibutuhkan konsistensi dalam manajemen keuangan agar tidak gagal dalam mencapai targetnya. Dengan adanya target jumlah dan jangka waktu, maka dapat memotivasi seseorang dalam mencapai tujuan keuangan serta menyisihkan uang.

Berikut ini beberapa tips menabung 5 juta setahun yang dapat menjadi inspirasi dan memotivasimu dalam menabung.

Tips Menabung 5 Juta Setahun yang Mudah Dipraktikkan

Tips Menabung 5 Juta Setahun
unsplash.com

1. Kenali Dahulu Kondisi Finansialmu

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk dapat menabung 5 juta dalam setahun adalah dengan mengenali kondisi finansial mu. Hal ini kemudian akan memudahkanmu dalam mengetahui cara yang efektif dalam mewujudkan tujuan keuangan dalam setahun.

Karenanya setiap bulan kamu harus memperhitungkan berapa pemasukan yang dibutuhkan agar dapat menyisihkan dana kebutuhan pokok bulanan serta dana tabungan. Alokasi gaji yang tepat sendiri sangat penting dalam mencapai target keuanganmu.

[algolia_carousel]

2. Buat Catatan Pengeluaran

Selanjutnya, kamu dapat membuat catatan pengeluaran. Buatlah selalu mulai dari catatan belanja bulanan untuk menghindari membeli barang-barang yang tidak terlalu penting.

Catatan ini juga dapat berfungsi sebagai cara untuk mengatur keuangan dengan lebih bijak sekaligus menjadi acuan evaluasi keuangan setiap bulanannya. Dengan tips ini kemudian akan memudahkan dalam mengontrol setiap pengeluaran sesuai dengan anggaran bulanan yang ada.

3. Biasakan untuk Hidup Hemat

Mulai kini mulailah kebiasaan hidup hemat agar kamu kemudian tidak merasa kesulitan dalam menyisihkan keuangan. Langkah sederhana hidup hemat sendiri ialah dengan fokus kepada pengeluaran serta kebutuhan pokok dan tidak tergoda dalam membeli barang-barang konsumtif.

Seringkali, orang-orang yang tergoda berbelanja hanya untuk memenuhi keinginannya. Kenali kebutuhan serta keinginan yang kamu miliki sehingga dapat mengutamakan pengeluaran pokok yang benar penting terlebih dahulu. Jangan sampai tergoda berbelanja berbagai barang-barang yang sesungguhnya tidak terlalu penting.

4. Tentukanlah Hari Menabung

Untuk dapat mempraktikkan tips menabung 5 juta setahun, kamu biasanya akan menghadapi godaan untuk memakai uang tabungan karena belum terbiasa. Karenanya untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menentukan hari khusus untuk menyisihkan uang tabungan secara konsisten.

Misalnya, jika kamu menerima gaji bulanan pada tanggal 25 dan menetapkan tanggal 25 sebagai hari menabung. Maka biasakan untuk rutin menabung di tanggal tersebut. Siapkanlah juga alarm menabung di ponselmu agar tidak lupa menyisihkan sebagian penghasilanmu. Jika gajimu sebesar Rp4,5 juta, maka kamu dapat mengalokasikan 10% dari penghasilan setiap bulan agar kemudian dapat mencapai tujuan 5 juta dalam setahun.

5. Mulailah dari Nominal Kecil

Mulailah menabung dengan jumlah sedikit terlebih dahulu. Misalnya, mulailah sisihkan mulai dari Rp. 5 ribu – Rp. 25 ribu per hari. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu kemudian dapat menambahkan sedikit demi sedikit besaran uang tabungannya.

Jika telah terbiasa menyisihkan uang, maka kamu akan lebih termotivasi untuk terus menabung hingga tujuan keuanganmu tercapai. Setelah mengenali manfaat menabung rutin, kamu kemudian tidak akan dengan berat hati mengalokasikan sebagian uang ke rekening khusus.

6. Buat Kalendar Menabung

Tips Menabung 5 Juta Setahun
unsplash.com

Setelah mulai menabung dengan nominal yang kecil, kamu kemudian dapat menyiapkan kalendar tabungan khusus dalam suatu periode waktu tertentu baik per hari, per minggu, maupun per bulan. Bentuk kalender ini dapat menyesuaikan dengan besaran uang serta waktu menabung.

Misalnya, dalam waktu satu minggu pertama menabung mulai dari Rp 5 ribu–Rp 30 ribu. Selanjutnya, kamu kemudian dapat menaikkan jumlah tabungan ini hingga akhirnya mencapai suatu target tertentu. Setelah mengalokasikan uangnya, kamu kemudian dapat memberi tanda pada kalendar agar dapat mengetahui jumlah yang telah terkumpul.

7. Buatlah Rekening Khusus

Seringkali, orang-orang menyimpan semua uang di satu rekening baik uang kebutuhan pokok maupun uang tabungan. Suatu waktu, kamu bisa saja merasa tergoda untuk menggunakan uang tabungan untuk berbelanja. Untuk meminimalisir risiko tersebut, kamu bisa membuat rekening khusus tabungan dengan limit penarikan dalam jumlah tertentu. Jenis rekening tanpa fitur internet banking juga dapat menjadi alternatif sehingga tidak terpakai untuk belanja online.

8. Mengikuti 52 Weeks Money Challenge

Di media sosial, banyak orang melakukan 52 weeks money challenge. Tren ini merupakan konsep menabung berupa tantangan mengumpulkan uang dalam jumlah tertentu selama 52 minggu.

Buatlah catatan besaran tabungan setiap harinya hingga mencapai target 5 juta. Namun, kamu tidak boleh melewatkan hari tanpa menabung selama masa tantangan ini. Agar lebih semangat, kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk melakukan tren 52 weeks money challenge bersama.

9. Menabung 14 Ribu per Hari

Alternatif lainnya agar dapat menabung 5 juta setahun, kamu dapat menyisihkan uang sebesar Rp 14 ribu per hari hingga akhirnya mencapai target. Selama 365 hari, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan menabung secara rutin mengenai jeda sehingga dapat mewujudkan tujuan keuangan tersebut. Meski jumlahnya sedikit, kamu kemudian dapat memperoleh hasil optimal di masa mendatang.

10. Gunakan Fitur Autodebet

Selain dengan menggunakan celengan di rumah, kamu juga dapat menabung sehingga akhirnya memperoleh 5 juta dalam waktu 1 tahun dengan cara mengatur automatic debit pada rekening tabungan. Menabung dengan menggunakan metode transfer otomatis juga akhirnya terbukti efektif menurut ahli keuangan Farnoosh Torabi. Ia menyebutkan bahwa 10% gaji sebaiknya langsung kamu transfer ke rekening tabungan dengan menggunakan cara auto debet.

Cara ini kemudian efektif untuk mencegah agar tidak tergoda belanja sebelum menabung. Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan menetapkan berapa nominal transfer serta tanggal pastinya. Dengan mengalihkan sebesar 10% dari gaji total maka kamu juga akan belajar disiplin menabung secara mudah.

11. Mulailah Berinvestasi

Selain menabung di rekening khusus, kegiatan investasi rutin juga bisa menjadi tips menabung 5 juta setahun yang efektif. Investasi sebagai sebuah kegiatan penanaman modal dengan suatu jumlah tertentu, tujuannya adalah memperoleh keuntungan di masa depan. Uang tabunganmu kemudian akan menjadi lebih optimal karena aset investasimu dapat menjadi passive income dalam kurun waktu setahun.

Dalam jangka pendek investor pemula dapat memilih instrumen investasi berisiko rendah seperti reksa dana pasar uang. Dalam hal ini, kamu juga dapat memperhitungkan keuntungan investasi dalam waktu satu tahun dengan perhitungan compound interest.

12. Hindari Sifat Konsumtif

Hindari membeli barang-barang yang tidak terlalu penting dan mulailah menyisihkan uang untuk menabung. Biasanya, kegagalan ini sendiri terjadi karena godaan membeli barang-barang yang diinginkan.

13. Carilah Kerja Sampingan

Mulailah mencari pekerjaan sampingan atau freelance untuk menambah uang saku. Contoh pekerjaan misalnya dengan menjadi barista, koki, pelayan restoran, atau penjaga kedai franchise. Jika lebih tertarik untuk menjadi freelancer, cobalah menjadi content writer, editor, atau graphic designer.

Penghasilan bulanan dari pekerjaan sampingan ini bisa berkisar antara Rp700 ribu – Rp1.5 juta. Oleh karena itu, jika kamu mempraktikkan tips ini tentunya dapat mewujudkan menabung Rp5 juta per bulan.

14. Kurangi Intensitas Hangout dan Belanja

Belanja atau hangout dengan teman memanglah menyenangkan. Namun, apabila aktivitas ini dilakukan terlalu sering akan menyebabkan pembengkakan pengeluaran sehingga kamu kesulitan untuk menabung. Namun, bukan berarti kamu harus menghentikan aktivitas tersebut.

Jika ingin menabung, kamu bisa mengurangi intensitasnya, misal sekali atau dua kali dalam satu bulan. Selain itu, buat catatan belanja dan bawalah ketika Anda pergi ke swalayan agar tidak mudah goyah membeli barang yang tak dibutuhkan.

15. Investasi Profit Harian

Dengan berinvestasi menjadi satu diantara tips menyimpan uang yang menguntungkan. Mulailah berinvestasi dengan profit harian sebagai cara menabung. Beberapa jenis investasi yang menjadi tips menabung diantaranya adalah dengan saham, hanya dengan modal sebesar Rp. 100 ribu, kamu sudah dapat membeli saham di Bursa Efek Indonesia.

[algolia_carousel page=2]

Amati fluktuasi saham dengan rajin agar kamu bisa memantau profit harian yang diperoleh. Pergerakan saham yang sangat fluktuatif kurang aman bagi kamu yang masih pemula. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan reksadana. Hanya dengan modal awal Rp100 ribu, kamu dapat menikmati untung harian dengan risiko minim.

Deposito berjangka pada instrumen investasi ini bisa menjadi salah satu tips menabung 1 juta per bulan karena semakin lama atau besar modal, bunga yang diperoleh juga makin besar. Untuk memulainya, kamu membutuhkan modal sekitar Rp1juta – Rp10 juta, tergantung kebijakan bank.

16. Buat Anggaran Khusus

Membuat anggaran serta mengelola keuangan. Anggaran sebagai pengalokasian dana berdasarkan kepada kebutuhanmu. Misalnya, dalam satu bulan kamu harus menyisihkan dana untuk makan, menabung dan transportasi. Jika pendapatan sebulan Rp500 ribu, pisahkan dana sebagai contoh: dana transportasi Rp 100 ribu, dana makan: Rp 300 ribu, dana tabungan Rp. 100 ribu.

Sehingga, prinsipnya adalah dengan menghitung keperluan sehari-hari dan kebutuhan primer terlebih dulu, kemudian sisihkan dana untuk menabung. Hal ini kemudian termasuk juga ke dalam manajemen keuangan sederhana yang dapat kamu terapkan sendiri di rumah.

17. Buatlah Bisnis Sendiri

Bagimu yang belum cukup umur untuk bekerja part-time, dengan membuat bisnis sendiri kemudian dapat menjadi solusi dalam menabung. Contoh bisnis yang dapat kamu jalankan di antaranya berjualan baju, makanan, aplikasi premium, atau paket data. Biasanya, bisnis-bisnis ini kemudian dapat dimulai dengan modal Rp50 ribu. Pilih juga strategi marketing yang efektif agar keuntungan yang didapatkan kemudian semakin besar.

Buku-Buku Terkait Menabung dan Mengelola Keuangan

1. Kenapa Sih Kita Harus Nabung?

Tips Menabung 5 Juta Setahun

Banyak orang berpikir kalau menabung adalah hal yang rumit dan menyusahkan. Tak sedikit pula yang beranggapan bahwa kegiatan menabung dapat mengurangi kesenangan yang kita alami. Padahal, asumsi seperti ini sama sekali keliru. Faktanya, menabung mampu mengantarkan kamu pada gerbang kenikmatan hidup di masa depan yang mengejutkan.

2. Moneypedia

Tips Menabung 5 Juta Setahun

Uang memang bukan segalanya. tetapi segalanya butuh uang. Sehingga, tak heran jika banyak orang ingin menjadi kaya dan mapan. Namun, apabila saat ini kamu belum memiliki apa-apa dan menjadi kaya terasa seperti mimpi belaka, jangan putus asa! Ada banyak cara kreatif yang dapat menjadi mesin penghasil uang dan bisa kamu lakukan di rumah saja.

Di buku ini, ada lebih dari 30 macam pekerjaan untuk menghasilkan uang. Mulai dari membuka toko online, budidaya ikan hias, menjadi penulis, membuka jasa kursus, hingga trading saham dan valuta asing. Tak perlu bekerja di kantor, karena semua dapat kamu kerjakan di rumah saja. Kamu bisa memilih salah satunya sesuai minat dan keahlian.

3. 50 Cara Menabung yang Benar

Tips Menabung 5 Juta Setahun

Menabung tidak harus dilakukan dengan cara-cara klasik yang membosankan dan memberatkan. Ada kok banyak cara lain yang bisa dilakukan agar kegiatan menabung dapat menjadi hal yang seru. Menabung bisa menjadi budaya yang melebur ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, gimana sih caranya? Yuk, coba kita gali lebih jauh dengan buku ini. Ada 50 cara menabung yang benar dan kreatif yang pastinya siap kamu praktikkan.

4. Seni Mengatur Keuangan Keluarga dalam Segala Situasi

Tips Menabung 5 Juta Setahun

Buku ini mengupas tuntas tips-tips sederhana tetapi punya efek luar biasa dalam mengelola keuangan. Mengapa? Keluarga atau seseorang tanpa perencanaan keuangan yang matang akan tersendat dalam menggapai cita-cita. Buku ini memberi insight luar biasa yang dimulai dari hal-hal kecil yaitu Mengelola keuangan dari sisi hulu (pendapatan) sekaligus hilirnya (pengeluaran).

Kamu akan diajari dengan metode kakeibo (financial planner ala Jepang) yang sudah terbukti dan mendunia. Kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan, seperti dahsyatnya kekuatan pikiran yang akan mengarahkan seluruh perjuangan kamu dalam menata keuangan, langkah-langkah sederhana menetapkan tujuan keuangan, menganalisis kondisi keuangan saat ini (financial checkup), mengatur gaya hidup dan pengeluaran, menerapkan metode kakeibo, mencari alternatif sumber penghasilan, juga tentang bagaimana memulai berinvestasi dengan bijak dan money saving challenge yang realistis.

5. Seri Keuangan Keluarga Shakinah 7 Prinsip Pendapatan

Tips Menabung 5 Juta Setahun

Dalam Islam, terkait penggunaan harta, kita diajarkan untuk tidak berlaku pelit atau boros, karena keduanya merupakan sifat yang tercela. Sementara itu, sampai hari ini, belum ada ukuran final seseorang dikatakan pelit atau boros dalam penggunaan harta. Kenapa? Karena harta, kebutuhan, dan kelas sosial setiap orang selalu berbeda.

Lantas bagaimana agar kita tidak terjerumus ke dalam sifat atau situasi pelit dan boros tersebut? Kita butuh perencanaan yang tepat berdasarkan prinsip syariah, dan itulah alasan utama, kenapa buku ini dihadirkan untuk kita. Sebuah buku seri Sakinah Finance: 7 Prinsip Pendapatan yang ditulis oleh sepasang suami istri, Murniati Mukhlisin dan Luqyan Tamanni selaku pakar sekaligus praktisi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Jadi, buku ini tidak hanya ditulis berdasarkan teori semata, tetapi juga lahir dari pengalaman hidup keluarga mereka yang insya- Allah sukses dan bahagia. Di dalam buku ini, berbagai kasus keuangan keluarga yang terjadi di kalangan umat dihadirkan dan dibahas secara komprehensif, solutif, dan syariah aplikatif.

Kita tidak bisa menampik, bahwa keuangan merupakan masalah yang vital dalam keluarga. Banyak keluarga hancur berantakan hanya karena keuangan, baik salah penggunaan atau keliru dalam perencanaan. Selain itu, bangsa yang makmur dalam suatu negara selalu dimulai dari kesejahteraan keluarga. Untuk menjadi keluarga yang (lebih) sejahtera, maka dimulai dari buku ini.

Demikian beberapa tips menabung 5 juta setahun serta referensi buku-buku yang bisa membantu Grameds dalam mempraktikkan pola menabung yang tepat. Buku-buku terkait menabung dan mengelola keuangan tersebut bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:

  1. Tips Menabung dan Manfaat Menabung
  2. Tips Menabung Harian untuk Masa Depan
  3. 8 Tips Menabung untuk Pelajar Paling Ampuh
  4. Pengertian Tabungan: Keuntungan dan Kerugian serta Jenis Tabungan
  5. Review Buku Yuk Belajar Nabung Saham
  6. Apa Itu Neobank: Pengertian, Layanan, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda