in

Tips Menabung dan Manfaat Menabung

Menabung adalah suatu kegiatan yang menjadi kebiasaan dalam hal menyisihkan uang dari sebagian pendapatan sehari-hari.

Tips Menabung dan Manfaat Menabung – Pandemi Covid-19 telah terjadi dalam kurun waktu hampir satu tahun lebih di Indonesia. Segala bidang dan profesi mengalami penurunan, bahkan beberapa perusahaan ada yang gulung tikar hingga yang lebih parah terjadi adanya suatu pemutusan hubungan kerja (PHK). Jika demikian, semakin menipisnya uang tentu menjadi kendala di tengah pandemi seperti sekarang ini ‘kan?

Grameds tidak perlu merasa khawatir, sebab pada satu artikel ini kita akan membahas bagaimana teknik, tata cara dan tips menabung yang baik.

Tapi, tunggu dulu. Apakah Grameds telah mengetahui pengertian menabung dan manfaatnya bagi kehidupan kamu itu apa? Kalau belum, mari simak pembahasan artikel ini hingga akhir berikut ini.

Pengertian Menabung

(sumber: Calstrs.com)
 (sumber: Calstrs.com)

Menabung merupakan suatu kegiatan yang menjadi kebiasaan dalam hal menyisihkan uang dari sebagian pendapatan sehari-hari. Menabung dapat dijadikan sebagai sarana untuk berhemat dan berjaga-jaga jika terdapat kebutuhan yang mendadak sehingga segala kebutuhan di masa depan akan dapat terpenuhi.

Menabung tentu suatu budaya yang sudah lama diketahui oleh banyak orang. Kita tidak akan pernah tahu apa hal yang akan terjadi kedepannya. Oleh karena itu, kita perlu menyiapkan tabungan agar di masa depan kita tidak kekurangan biaya.

Kebiasaan menabung memang tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Karena kehidupan setiap orang yang berbeda-beda maka kita juga tidak pernah tahu berapa besar kecilnya pendapatan dan pengeluaran yang mereka miliki. Maka dari itu, agar terhindarnya kesulitan keuangan di masa depan nanti kamu dapat mengatasinya dengan menabung sejak dini.

Media untuk menabung telah mengalami perubahan seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju. Berbagai macam jenis menabung dapat dilakukan seperti sekarang ini, misalnya menabung di bank, menggunakan celengan, disimpan di dalam brankas, investasi, dan lain sebagainya.

Lalu, apakah manfaat dari menabung? Tentu saja Grameds mendapatkan manfaat jika bisa menabung.

Berikut ini beberapa manfaat menabung bagi kehidupanmu di masa depan.

Kenapa sih Kita Harus Nabung? : 50 Cara Menabung yang Benar
Kenapa sih Kita Harus Nabung? : 50 Cara Menabung yang Benar

tombol beli buku

Buku dengan judul Kenapa sih Kita Harus Nabung? ini tentunya akan membahas 50 cara menabung yang bisa Grameds praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Karenya ternyata, menabung bisa menjadi hal yang seru dan melebur dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tips Menabung

  1. Jangan memiliki gaya hidup boros dan konsumtif.
  2. Tentukan segala pendapatan dan pengeluaran secara lebih mendetail.
  3. Gunakanlah transportasi umum.
  4. Jika Grameds mempunyai kartu kredit maka janganlah digunakan secara berlebihan.
  5. Mengatur tabungan secara berkala.
  6. Membeli barang sesuai dengan kebutuhan atau yang berkualitas.
  7. Menghindari segala macam bentuk godaan, misalnya pergi ke pertemuan yang tidak memiliki konteks penting untuk pekerjaan atau mengikuti gaya hidup teman yang sosialita.
  8. Membawa bekal makanan.
  9. Manfaatkan diskon pada barang-barang kebutuhan yang akan digunakan.
  10. Menjaga kesehatan dalam konteks ini adalah menjaga agar tidak mengeluarkan uang tabungan tersebut untuk hal-hal yang tidak terduga seperti sakit.
  11. Mencari sumber pendapatan tambahan.
50 Cara Menabung yang Benar
50 Cara Menabung yang Benar

tombol beli buku

Manfaat Menabung

1. Mencegah untuk Berutang

Grameds akan terhindar dari utang jika bisa menabung dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan adanya dana cadangan yang kamu miliki, maka kamu tidak perlu meminjam uang apabila terjadi sesuatu hal yang mendadak.

2. Terhindar dari Adanya Inflasi

Kenaikan harga jasa dan barang akan membuat nilai terhadap uang yang kamu gunakan akan berkurang dari waktu ke waktu. Menabung ke dalam produk dengan jenis investasi akan membuatmu terhindar dari risiko paparan inflasi.

3. Belajar Berhemat

Dengan terbatasnya pendapatan dan pengeluaran yang tidak sesuai akan kebutuhan, maka kamu dapat menabung agar lebih hemat dalam menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran yang dimiliki. Kamu akan lebih mengetahui manakah yang menjadi kebutuhan dan prioritas saat itu.

Grameds bisa membuat rincian atau skala prioritas untuk mendahulukan biaya kebutuhan dengan mengesampingkan biaya yang tidak berguna tersebut sehingga bisa belajar untuk hidup hemat untuk kedepannya.

4. Melatih Disiplin

Salah satu manfaat yang didapatkan Grameds dari menabung, yaitu disiplin. Hal ini dikarenakan kamu dipaksa untuk belajar berkomitmen terhadap keuangan yang dimiliki dengan menyisihkan sebagian uang dari pendapatan tersebut untuk tidak digunakan kepada hal-hal yang tidak penting yang tidak menjadi skala prioritas dalam kehidupan ini.

5. Terampil dalam Mengelola Uang

Menabung dapat memberikan kesempatan yang baik di dalam diri kamu untuk bisa lebih terampil dan bijak dalam mengelola sistem keuangan yang dimiliki. Apabila kamu rutin untuk membiasakan diri dengan menabung maka kamu akan terhindar dari sifat boros dan konsumtif terhadap keinginan lain.

6. Melatih Kesabaran

Manfaat menabung juga dapat membantu bagaimana cara kita melatih kesabaran terhadap emosi yang ditimbulkan. Jika kita tidak bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkan saat itu. Maka kita perlu untuk dilatih dan berusaha lebih sabar saat ingin memiliki segala sesuatunya dengan cara mengendalikan emosi tersebut agar segala sesuatunya berhasil dicapai.

7. Memahami Konsep dari Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana atau uang yang disimpan secara khusus untuk dipersiapkan jika mengalami suatu keadaan darurat di masa depan. Kejadian tersebut tentu tidak dapat kita duga, misalnya kematian, bencana alam, operasi yang tidak ditanggung oleh biaya kesehatan pemerintah, dan lain sebagainya.

8. Belajar untuk Lebih Menghargai Uang

Grameds akan belajar untuk lebih menghargai uang dengan cara menahan untuk tidak membeli barang-barang yang sifatnya konsumtif dan boros. Kamu akan menahan diri untuk tidak membelanjakan semua uang yang dimiliki jika sudah belajar dan mengerti manfaat dari menabung sejak dini.

9. Melatih Diri Sendiri untuk Dapat Hidup Sederhana

Kita mendapatkan manfaat dari belajar menabung untuk kehidupan di masa depan. Jika kita bisa menyisihkan sebagian dari pendapatan yang dimiliki untuk disimpan dan hanya menggunakannya untuk kebutuhan-kebutuhan yang pokok saja maka kebiasaan hidup secara sederhana sudah bisa kamu terapkan sehari-hari.

Kebiasaan hidup secara sederhana tentu bukan hanya baik untuk kehidupan finansial kita saja, akan tetapi kita bisa lebih bersyukur atas apa yang telah dimiliki dan dapat menikmati hidup ini dengan baik agar terhindar dari sifat yang konsumtif dengan terus merasa tidak puas karena melihat gaya hidup orang lain.

10. Terbiasa untuk Tepati Janji

Salah satu manfaat yang kita dapatkan dari belajar menabung, yaitu membiasakan diri sendiri untuk menepati janji. Hal ini tentu mengajarkan kita untuk bisa berjanji kepada hal apapun secara tidak terkecuali. Karena pada prinsipnya kita dapat berkomitmen untuk bisa melakukan suatu perencanaan dalam hal keuangan.

Grameds telah mengetahui pembahasan tentang pengertian menabung dan beberapa manfaat menabung untuk kehidupan di masa depan. Selanjutnya, kamu perlu tahu apa saja teknik yang diperlukan untuk menabung.

Kebebasan Finansial: Cara yang Sudah Teruji untuk Mendapatkan Semua Uang yang Anda Butuhkan
Kebebasan Finansial: Cara yang Sudah Teruji untuk Mendapatkan Semua Uang yang Anda Butuhkan

tombol beli buku

Teknik Menabung

Berikut ini adalah beberapa teknik menabung yang telah kami rangkum untuk para Grameds.

Mencatat segala pendapatan dan pengeluaran.

Grameds dapat melakukan salah satu teknik menabung dengan cara mencatat besarnya pendapatan dan pengeluaran sehingga dapat menyisihkan sebagian uang tersebut untuk menabung. Kamu dapat melakukannya jika mencatat segala kebutuhan yang akan dibelanjakan dengan segala prioritas yang dibutuhkan. Oleh karena itu, mencatatnya adalah salah satu teknik yang baik agar kamu terhindar dari sifat boros.

Disiplin kepada diri sendiri.

Tahan dan meminimalisir segala tindakan yang tidak dibutuhkan untuk membelanjakan uang tersebut. Jika kamu tidak disiplin terhadap diri sendiri maka kamu tidak akan pernah bisa untuk menabung. Belajarlah untuk disiplin dengan mengontrol hal-hal yang tidak penting untuk dibelanjakan.

Berkomitmen dengan gaya hidup sederhana.

Grameds tentu bisa berkomitmen pada diri sendiri untuk menjalankan gaya hidup secara sederhana dan tidak berlebihan dalam mengeluarkan sebagian uang dari pendapatan yang dimiliki. Kamu dapat memastikan hal tersebut dengan dorongan keluarga atau teman yang memiliki gaya hidup sederhana sesuai dengan apa yang sedang kamu jalani saat itu.

Jangan terlalu sering untuk menghabiskan waktu yang kamu punya dengan teman yang memiliki kepribadian boros, konsumtif, dan berlebihan. Karena hal itu akan berpengaruh kepada diri sendiri yang akhirnya kamu akan ikut terdorong dengan menghambur-hamburkan uang yang dimiliki.

Happiness Without Money: Hidup Irit (Bukan Pelit) Agar Bahagia
Happiness Without Money: Hidup Irit (Bukan Pelit) Agar Bahagia

tombol beli buku

Membuat rencana menabung secara mendetail.

Jika kamu detail dalam membuat langkah menabung, maka kamu akan semakin bersemangat dalam menjalankan setiap harinya. Kamu bisa memulai dengan cara menuliskan segala rencana atau keinginan yang ingin dicapai dengan menempelkan tulisan tersebut pada suatu tempat yang dapat dilihat sewaktu-waktu, seperti meja belajar atau meja kantor secara mendetail sehingga kamu akan gemar untuk menabung.

Mengikuti arisan.

Grameds tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan teknik menabung yang satu ini, yaitu arisan. Salah satu cara ini bisa kamu lakukan jika kamu dapat konsisten untuk menabung dan hal lain yang didapat adalah mempererat silaturahmi. Maka dari itu, secara tidak langsung kamu harus mengeluarkan uang setiap minggu atau bulannya untuk membayar arisan tersebut.



Selanjutnya, Grameds akan mengetahui tata cara menabung yang mudah dengan beberapa pilihan diantaranya yang dapat kamu jadikan sebagai dorongan untuk gemar menabung.

Tata Cara Menabung yang Mudah

Pada dasarnya menabung dapat dilakukan di mana saja dan kapan pun. Hal yang paling penting adalah konsisten dan komitmen serta disiplin dalam menyisihkan uang setiap harinya.

Berikut ini merupakan beberapa tata cara menabung yang mudah bagi kamu yang ingin mencoba untuk menabung.

1. Menggunakan aplikasi berbasis finance pada gadget

Salah satu upaya yang dapat kamu lakukan untuk menabung yang mudah, yaitu dengan mengunduh aplikasi pengelola keuangan pada gadget yang kamu miliki. Manfaatkanlah aplikasi tersebut untuk mengelola keuangan kamu secara tepat sehingga akan terus terdorong untuk disiplin menabung setiap harinya.

Sebagian orang tentu akan gagal dalam hal menabung karena tidak mencatat segala pendapatan dan pengeluaran yang ada sehingga secara tidak sadar mereka membelanjakan uang tersebut secara berlebihan. Oleh karena itu, cobalah untuk disiplin dengan mencatat segala kebutuhan agar bisa semangat dalam menyisihkan uang untuk menabung.

2. Menabung uang recehan

Bagi sebagian orang uang receh kerap kali dipandang sebelah mata atau sepele. Jika setiap harinya kamu berhasil menyisihkan uang receh dengan besaran seribu rupiah atau lima ratus rupiah nantinya akan dapat diakumulasikan dalam waktu setahun atau bahkan tiga hingga lima tahun dengan pendapatan beberapa ratus hingga jutaan rupiah.

Hal ini tentu akan membantu kamu dalam mengatasi hal-hal yang tidak terduga di masa depan. Jika kamu memiliki komitmen penuh untuk menabung maka hal itu akan tercapai dengan dibarengi kedisiplinan dan tanggung jawab penuh.

3. Menabung dengan sistem tanggal

Grameds bisa lakukan salah satu cara menabung yang mudah dengan menabung dengan sistem tanggal, misalnya dalam satu bulan yang terdapat 31 hingga 30 hari. Pada tanggal 1 kamu harus menabung sebesar Rp20.000 hingga Rp30.000 sampai seterusnya hingga tanggal 30 akhir bulan tersebut. Secara tidak langsung kamu akan mendapatkan uang tabungan sebesar Rp600.000 hingga Rp900.000.

Jika para grameds dapat melakukan hal tersebut secara rutin pada setiap tanggalnya dan selama sebulan penuh maka kamu bisa menyisihkan uang pendapatan tersebut ke dalam tabungan yang dimiliki.

4. Menyusun rencana untuk berinvestasi

Grameds dapat menyimpan dari sebagian uang yang dimiliki dengan bentuk investasi jangka panjang. Beragam jenis investasi dapat kamu pilih sesuai dengan tipe yang paling menguntungkan bagi kamu, misalnya properti, saham, deposito, reksa dana, emas, dan lain sebagainya. Pilihlah salah satu jenis investasi yang dapat kamu miliki dengan keuntungan yang cukup untuk tabungan di masa depan.

#Mulaidarietf: Mari Investasi Saham dengan Efisien, Transparan, dan ... Fun!
#Mulaidarietf: Mari Investasi Saham dengan Efisien, Transparan, dan … Fun!

tombol beli buku

5. Memisahkan rekening tabungan

Salah satu cara menabung yang mudah untuk dilakukan berikutnya, yaitu dengan cara memisahkan rekening tabungan yang dimiliki. Kamu perlu memisahkan rekening  untuk pengeluaran, tabungan, dan dana darurat. Hal itu akan membantu kamu untuk mengelola sistem keuangan dengan baik agar tidak tercampur segala keuangan yang dimiliki.

6. Mencari motivasi untuk menabung

Cara berikutnya yang dapat grameds lakukan dengan cara mendapatkan motivasi bersama-sama seperti mengajak teman atau saudara untuk melakukan tantangan menabung dalam waktu sepekan atau sebulan kedepan.

Buatlah sebuah reward kepada ia yang bisa menabung lebih banyak atau sesuai dengan hal yang sudah disepakati sebelumnya. Dengan begitu yang akan menjadi pemenang akan mendapatkan hadiah dari pihak yang kalah, seperti makan siang secara gratis.

7. Belajar berhemat pada diri sendiri



Mencoba belajar untuk berhemat pada diri sendiri memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Cobalah untuk menantang diri sendiri agar gemar menabung demi masa depan yang lebih baik. Jika kamu dapat mengendalikan dan menciptakan kebiasaan akan menabung maka secara tidak langsung kamu telah membiasakan diri untuk tidak bersikap boros.

Cobalah untuk membuat tantangan dengan gaya hidup hemat pada diri sendiri dalam membelanjakan uang dengan lebih bijak menggunakan uang secara tunai serta kamu dapat membatasi diri untuk tidak membeli kebutuhan atau barang yang tidak menjadi skala prioritas saat itu.

8. Menetapkan tujuan menabung

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menabung, yaitu dengan cara menentukan tujuan awal dari melakukan menabung tersebut. Sebelum menyisihkan uang dari sebagian pendapatan yang dimiliki, kamu perlu untuk menetapkan terlebih dahulu tujuan awal dari menabung yang akan dilakukan.

Tentunya beragam tujuan dari setiap orang berbeda-beda, misalnya, menabung untuk keadaan darurat (sakit parah yang membutuhkan biaya perawatan banyak, bencana alam, dan lain yang tidak terduga lainnya), untuk membeli laptop, pergi umroh atau haji, bahkan untuk membeli mobil atau rumah.

Dengan adanya tujuan awal dari kamu melakukan menabung itu akan membuat lebih mudah dalam menjalankan serta menerapkannya pada setiap harinya. Kamu akan lebih fokus dalam mencapai tujuan tersebut karena sudah mengetahui hal apa yang menjadi keinginan kamu. Salah satu cara ini tentu dapat menjadi solusi terbaik agar kamu memiliki komitmen dalam hal menabung.

Selain itu terdapat beberapa tips menabung yang dapat kamu ketahui di bawah ini ya, Grameds.

 

Apakah selama ini cara menabung Grameds sudah benar? Pertanyaan itu akan sulit terjawab jika Grameds tidak mengetahui cara menabung yang benar. Hasna Wijayati akan berbagi tips untuk menabung yang benar agar bisa menguntungkan di kemudian hari. Buku di atas disusun secara menarik agar segala ilmu yang disampaikan langsung bisa Grameds ikuti. Menarik kan?

Kesimpulan

Menabung merupakan suatu kegiatan yang telah menjadi kebiasaan dalam hal menyisihkan uang dari sebagian pendapatan sehari-hari. Menabung dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan di masa yang akan datang. Dengan adanya kebiasaan untuk menabung maka hal itu dapat mensejahterakan hidupnya sendiri di masa yang akan datang serta dapat mengurangi gaya hidup konsumtif dan boros.

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mempelajari lebih dalam tentang tips dan cara menabung kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website http://Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu untuk berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Semoga bermanfaat!

Dapatkan penawaran spesialnya sekarang juga!

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha