in

Karakter dan Sifat Golongan Darah O yang Perlu Kamu Ketahui

unsplash.com

Sifat Golongan Darah O – Golongan darah O disebut sebagai golongan darah paling umum di dunia karena dapat melakukan transfusi ke semua golongan darah dengan rhesus positif. Maka dari itu, golongan darah O dengan rhesus positif sering digunakan ketika ketersediaan golongan darah lainnya sedang habis.

Selain itu, seseorang yang memiliki golongan darah O diyakini mempunyai karakter tertentu di dalam dirinya. Apakah Grameds pernah mencari tahu karakter golongan darah O?

Ternyata konsep karakter dari golongan darah ini pertama kali dipopulerkan oleh profesor Jepang yang bernama Takeji Furukawa pada tahun 1930-an.

Memang belum ada bukti ilmiah yang mendukung tentang karakter seseorang berdasarkan golongan darah. Akan tetapi, banyak orang yang percaya bahwa setiap golongan darah mempunyai karakternya masing–masing. Bagi Grameds yang mempunyai golongan darah O, sebaiknya simak ulasan selengkapnya. Berikut ulasan tentang kepribadian seseorang berdasarkan golongan darah O.

Karakter Golongan Darah O

pixabay.com

Dalam artikel ini, karakter golongan darah dibagi menjadi tiga, yaitu secara umum, dalam percintaan, dan dalam pekerjaan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Karakter Golongan Darah O Secara Umum

Seperti apa karakter golongan darah O? Pertanyaan seperti itu seringkali muncul ketika seseorang melihat karakter orang lain berdasarkan golongan darah. Mereka yang memiliki golongan darah O adalah orang–orang yang berani, rajin dan supel.

Mereka juga menetapkan standar yang tinggi untuk diri mereka sendiri serta melakukan semua yang mereka bisa untuk mencapai tujuannya. Hal ini membuat pemilik golongan darah O mempunyai kualitas kepemimpinan yang baik.

Selain itu, Mereka juga tidak terganggu dengan hal–hal kecil. Di samping itu, pemilik golongan darah O juga dikenal murah hati, baik hati dan cinta damai. Golongan darah O ini mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan. Mereka juga dikenal dengan pribadi yang ulet dan tekun bekerja dalam situasi yang sulit bila dibandingkan golongan darah lainnya

Pada dasarnya, karakter golongan darah O merupakan orang–orang yang mempunyai daya juang yang kuat dan tekad yang bulat dalam mencapai tujuan mereka. Pemilik golongan darah O ini juga dapat diandalkan, mandiri dan mempunyai semangat yang tinggi. Mereka juga termasuk ke dalam orang–orang yang jujur dan membenci orang yang menyembunyikan kebenaran.

Namun, di sisi lain, pemilik golongan darah O juga mempunyai karakter yang negatif. Mereka terkadang tidak sensitif terhadap hal–hal yang ada di sekitarnya, kerap bersikap dingin, egois, tidak dapat diprediksi dan sombong.

2. Karakter Golongan Darah O dalam Percintaan

Baik laki–laki maupun perempuan dengan golongan darah O mempunyai karakter yang berbeda dalam hal percintaan. Perempuan dengan golongan darah O dikenal sangat perhatian dan sabar, yang biasanya memperlakukan masalah orang lain seolah–olah masalah mereka sendiri. Hal ini terkadang menyebabkan mereka terluka dan merasa kesepian.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Perempuan dengan karakter golongan darah O tampak terlihat kuat di luar, tetapi sebenarnya secara emosional aslinya lemah dan rapuh. Terkadang, mereka juga sulit untuk mengelola stres yang dialami karena terlalu sibuk untuk mengurus kepentingan orang lain.

Perempuan dengan tipe golongan darah O juga lebih suka menghabiskan waktu dalam kelompok kecil daripada kelompok besar.

Selain itu, di dalam hal percintaan bagi perempuan dengan golongan darah O kepentingan pasangan merupakan hal yang diutamakan. Hal ini membuat mereka sering rela berkorban, tetapi sering tidak memikirkan dirinya sendiri.

Sementara itu, laki–laki dengan karakter golongan darah O adalah mereka yang ramah, optimis dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang alami. Meskipun terlihat dari luar sangat percaya diri dan cenderung arogan, tetapi laki–laki tipe O ini bisa menjadi sosok yang sangat sensitif dan emosional.

Kekurangan laki–laki dengan tipe golongan O, yaitu sering tidak mengungkapkan perasaan mereka sesungguhnya karena takut ditolak. Hal ini membuat laki–laki dengan tipe O sering tidak mampu menunjukkan perasaan atau emosi kepada pasangan.

Itulah karakter golongan darah O dalam hal percintaan. Golongan darah O ini akan sepadan jika mempunyai pasangan dengan golongan darah A. Ketika pemilik golongan darah A sangat setia dan rela berkorban pada pasangannya, maka sangat tepat berpasangan dengan golongan darah O.

Kepercayaan orang Jepang juga mengungkapkan apabila orang dengan golongan darah O adalah orang yang murah hati, bersemangat, mudah bergaul, dan sukses secara finansial. Selain itu, pasangan paling romantis juga ditemukan antara orang bergolongan darah O dan tipe A.

3. Karakter Golongan Darah O dalam Pekerjaan

https://pixabay.com/

Pemilik golongan darah O termasuk ke dalam kelompok orang yang dapat dipercaya dalam hal pekerjaan. Karakter golongan darah O dalam bidang pekerjaan merupakan seseorang yang bertanggung jawab, sadar akan aturan, mempunyai kemauan yang keras, dan terorganisir dengan baik.

Mereka juga tipe orang yang tidak hanya memberikan ide dan konsep saja, tetapi mereka dapat menjalankan ide tersebut dengan baik. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa orang dengan tipe O adalah pekerja yang mempunyai produktivitas tinggi setiap harinya.

Pemilik golongan darah O mampu menjadi pemimpin yang hebat dan mempunyai tekad yang tinggi. Mereka memiliki tujuan dari setiap pekerjaan yang dilakukan, sehingga semua tidak akan berjalan dengan sia–sia. Prinsip yang kuat inilah yang membuat pemilik golongan darah O mampu sukses di dalam karir pekerjaannya.

Orang dengan tipe golongan darah O juga mudah disukai oleh orang lain, namun sayangnya mereka tipe orang yang penyendiri dan membutuhkan banyak waktu untuk menyendiri. Biasanya, orang dengan tipe O ini juga kuat secara fisik dan dapat menemukan kesuksesan dalam olahraga.

Di sisi lain, karakter golongan darah O dalam pekerjaan bisa terlalu berpusat pada diri sendiri, bersikap dingin dan tidak terduga serta berpotensi untuk jadi workaholic. Hal ini karena mereka selalu mempunyai tujuan yang jelas untuk jenjang karier yang terkadang membuat ketidakseimbangan dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Apabila Grameds mempunyai teman atau kekasih dengan golongan darah O dan terlalu gila kerja, sebaiknya mulai ingatkan dia untuk mengatur waktu agar semua dapat berjalan dengan seimbang. Sebab, tingkat stres yang tinggi dalam pekerjaan hanya akan berdampak negatif untuk kehidupan sehari–hari, bukan?

Sifat Golongan Darah O

Sifat Golongan Darah O

Sifat Golongan Darah O
unsplash.com

1. Percaya diri

Percaya diri menjadi salah satu sifat yang dimiliki golongan darah O. Biasanya, orang dengan tipe golongan darah O lebih teliti, mempunyai tujuan jelas dalam hidupnya dan terus berusaha untuk mencapai tujuannya tersebut.

Dengan adanya rasa percaya diri yang dimiliki, mereka mempunyai mentalitas baja dan kemauan yang kuat untuk mencapai tujuannya. Meskipun terkadang mereka kurang dalam hal perencanaan, mereka tetap mampu untuk mencapai tujuan hidupnya.

Orang dengan golongan darah O juga yakin bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Oleh karena itu, mereka selalu optimis dan percaya diri dalam menentukan arah dan tujuan hidupnya.

2. Ambisius

Sifat Golongan Darah O
pixabay.com

Pada dasarnya, pemilik golongan darah O suka berusaha dan tidak mudah putus asa. Hal tersebut yang membuat mereka terlihat sangat ambisius. Mereka yang mempunyai golongan darah O tidak cepat merasa puas. Bahkan, terkadang mereka menganggap belum puas dengan apa yang telah mereka miliki saat ini.

Selain itu, mereka juga serius dalam hal pertandingan atau kompetisi. Kemenangan menjadi hal “wajib” bagi golongan darah O. Oleh karena itu, mereka akan terlihat depresi dan sedih jika mengalami kekalahan.

Alangkah baiknya, orang dengan golongan darah O belajar untuk menerima suatu kegagalan atau kekalahan karena dalam kehidupan tidak semuanya selalu berjalan dengan mulus dan sesuai rencana kita.

3. Suka Menolong

Sifat Golongan Darah O
pixabay.com

Golongan darah O mempunyai rasa solidaritas yang tinggi, mereka senang melakukan hal–hal yang bertujuan untuk kepentingan orang banyak. Mereka juga lebih sering mengesampingkan urusan pribadinya dan lebih mengutamakan kepentingan sosial.

Hal ini yang membuat mereka terlihat sangat aktif di berbagai organisasi–organisasi kemanusiaan. Untuk urusan berbagi, golongan darah O juga tidak pelit, terutama berbagi tentang pengetahuan. Hal tersebut yang selalu mendorongnya untuk menolong sesama dan membuat orang lain bahagia. Itulah sebabnya, orang yang mempunyai golongan darah O banyak disukai orang lain.

4. Mudah Bergaul

Supel merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan sifat golongan darah O. Mereka biasanya merupakan orang yang ceria dan setia terhadap suatu hubungan. Pemilik golongan darah O senang berkata jujur kepada semua orang serta mudah bergaul. Mereka tidak malu untuk berteman dengan segala tingkatan usia, baik yang tua maupun muda.

Dalam menempatkan diri di berbagai kalangan merupakan salah satu daya tarik yang mereka miliki. Oleh karena itu, tidak heran jika seseorang yang mempunyai golongan darah O memiliki banyak teman dan kehadirannya selalu dinanti oleh teman-temannya.

5. Romantis

Sifat romantis sebagai sifat yang sangat penting dalam urusan cinta dan kasih sayang. Apabila Grameds merupakan orang yang senang dalam hal romantis, maka carilah pasangan yang mempunyai golongan darah O.

Mereka mempunyai segudang ide untuk membuat acara makan malam atau nge-date menjadi suatu hal peristiwa yang romantis. Dengan begitu, membuat pasangan merasa sangat beruntung dan spesial. Oleh sebab itu, orang dengan golongan darah O dapat dikatakan sangat mahir dalam urusan percintaan terutama dalam hal menarik perhatian lawan jenis.

Sifat Golongan Darah O

6. Idealis

Selain romantis, sifat golongan darah O mempunyai sifat yang selalu bersemangat dalam mengejar cita–cita dan impian, sehingga membuat mereka dapat dikatakan idealis. Hal ini, sebagian orang dari golongan darah O enggan untuk meminta pendapat maupun saran dari orang lain.

Orang bergolongan darah O juga merasa sangat kesal jika pendapat atau usulannya ditolak oleh orang lain, mereka akan berusaha sebisa mungkin untuk membangun argumen pendukung agar pendapatnya dapat disetujui.

7. Simpati

Mudah merasa simpati menjadi sifat golongan darah O. Meskipun mereka terlihat sangat ambisius, sebenarnya mereka mempunyai perasaan yang lembut dan mudah bersimpati terhadap orang lain.

Selain itu, mereka juga sangat mudah tersentuh pada orang di sekelilingnya. Terkadang mereka tidak hanya bersimpati kepada orang lain, tetapi juga pada hewan dan tanaman. Oleh sebab itu, sebagian besar orang berdarah O mempunyai hewan peliharaan atau suka merawat bunga dan tumbuhan lainnya.

8. Menyukai Tantangan

Orang dengan golongan darah O mempunyai karakteristik dan sifat yang penuh gairah dan bersemangat dalam menghadapi rintangan maupun tantangan. Dalam masalah percintaan, mereka lebih suka mengejar pasangannya serta melakukan segala pengorbanan untuk mendapatkannya.

Apabila Grameds ingin mendapatkan perhatian dari golongan darah O, maka bersikaplah cuek dan pura–pura “jual mahal”. Hal tersebut akan membuat mereka menjadi penasaran dan perhatian kepada kita. Mereka juga dikenal dengan tangguh dalam merebut hati lawan jenis serta tidak menyerah sebelum mendapatkan pujaan hatinya tersebut.

9. Setia

Sifat Golongan Darah O
pixabay.com

Sifat setia merupakan sifat yang tidak kalah penting daripada sifat romantis terutama dalam hal percintaan. Namun, dibalik kesetiannya, pemilik golongan darah O merupakan tipe orang yang pencemburu dan cenderung posesif. Sifat posesif yang dimilikinya mungkin saja muncul akibat rasa setianya terhadap pasangan atau teman.

Oleh karena itu, terkadang mereka juga menuntut kesetiaan dari pasangannya. Orang yang mempunyai kesetiaan dalam cinta merupakan pasangan yang ideal bagi orang dengan golongan darah O.

10. Bijaksana

Golongan darah O mempunyai sifat yang bijaksana. Sifat ini terlihat berlawanan dengan sifat idealisme, tetapi keduanya adalah kepribadian yang melekat pada diri mereka.

Orang dengan golongan darah O selalu berhati–hati dalam mengambil setiap keputusan agar hal tersebut dapat diterima oleh semua kalangan. Oleh sebab itu, golongan darah tersebut biasanya dijadikan sebagai pemimpin dalam suatu kelompok atau perkumpulan.

11. Menyukai Kesederhanaan

Sifat Golongan Darah O
pixabay.com

Pemilik golongan darah O lebih menikmati kehidupan yang sederhana daripada kemewahan. Mereka juga piawai dalam hal merawat orang lain dan terutama orang–orang yang mempunyai naluri keibuan.

Mereka tidak menyukai hal–hal yang rinci dan rumit, termasuk juga dalam urusan asrama. Oleh sebab itu, apabila Grameds mempunyai pasangan bergolongan darah O, maka hubungan percintaan yang kalian jalani akan sangat sederhana dan tetap romantis.

12. Mampu Menyelesaikan Masalah

Pemikirannya yang teliti, ambisius dan percaya diri membuat pemilik golongan darah O mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Terkadang, mereka juga membantu teman–temannya dalam mengatasi masalah kehidupannya yang rumit. Oleh sebab itu, di kalangan rekan sejawat golongan darah O sering dipanggil dengan sebutan problem solver.

Kelemahan Golongan Darah O

1. Keras Kepala

Orang yang mempunyai golongan darah O dikenal mempunyai sifat yang sangat keras kepala. Mereka cenderung bersikap egois terhadap orang–orang yang ada di sekitarnya. Terkadang, sifat keras kepala ini menjadi salah satu pemicu perdebatan dalam sebuah kelompok. Mereka sangat enggan mendengarkan pendapat orang lain.

Meskipun begitu, sifat keras kepala ini terkadang dibutuhkan dalam situasi tertentu, tetapi tetap saja sikap tersebut dapat mengganggu orang lain. Hal ini mempunyai dampak negatif pada hubungan pribadi maupun sosial di masyarakat.

2. Mudah Dimanfaatkan Oleh Orang Lain

Di balik sifat keras kepalanya, pemilik golongan darah O juga dikenal mempunyai empati yang tinggi dan sangat penyayang. Namun, sifat empati ini seringkali disalahartikan oleh orang lain. Jika Grameds pemilik golongan darah O, sebaiknya harus berhati–hati agar tidak dimanfaatkan oleh orang lain.

3. Mudah Cemburu

Pemilik golongan darah O dikenal sebagai orang yang mudah cemburu, baik dalam hubungan asmara maupun dengan lingkungan sosialnya. Mereka akan berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan keinginan dalam hidupnya. Selain itu, sifat pencemburunya ini membuat mereka mudah tersulut emosi.

4. Susah Menerima Kenyataan

Segala hal yang terjadi dalam hidup kita terkadang tidak sesuai dengan harapan. Ketika pemilik golongan darah O mengalami hal ini, mereka akan susah untuk menerima kenyataan yang terjadi. Perasaan kecewa dan sedih akan muncul dalam diri mereka, karena sesuatu yang sudah mereka kerjakan berjalan tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

 

Nah itulah sifat–sifat golongan darah O. Apakah sifat–sifat tersebut sama dengan sifat yang Grameds miliki? Apakah Grameds mempunyai kelemahan yang disebutkan di atas? Meskipun begitu, ada banyak juga sifat positif yang dimiliki oleh orang dengan golongan darah O.

Jika Grameds masih bingung, masih membutuhkan referensi terkait tentang karakter dan sifat golongan darah O, maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah 

BACA JUGA:

  1. Fakta Menarik Golongan Darah O, Bagaimana dengan Orangnya?
  2. Sifat Golongan Darah B dan Fakta Uniknya
  3. Karakter dan Sifat Golongan Darah A yang Dikenal Baik dan Bijak
  4. Makanan Sehat yang Cocok untuk Golongan Darahmu
  5. Tipe Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah, Kamu yang Mana? 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.