in

Review Buku Menjawab Problematika Orang Tua ABG & Remaja

Review Buku Menjawab Problematika Orang Tua ABG & Remaja

Tentang Buku

 

Penulis: Ayah Edy

Penerbit: Noura Publishing House

Tanggal Terbit: 30 September 2015

Jumlah Halaman: 336 Halaman

ISBN: 9786023850150 

Pros & Cons

Pros
  • Buku yang mudah dipahami dan diterapkan.
  • Menjadi buku yang penuh dengan insight menarik dan tidak terkesan menggurui.
Cons
  • Merupakan buku terbitan lama, tetapi tetap relate dengan kehidupan keseharian saat ini.

Sinopsis

Apakah pertanyaan di bawah ini ada di benak Anda sebagai orang tua?

  • Kira-kira mengapa anak saya menjadi cuek dan mudah marah sejak dirinya beranjak ke usia remaja?
  • Bagaimana caranya mengajarkan remaja tentang penggunaan internet yang bertanggung jawab?
  • Apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya untuk mencegah para remaja untuk tidak bermain dengan narkoba dan seks bebas?
  • Apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara untuk memotivasi anak remaja supaya mereka berprestasi?
  • Bagaimana cara menghadapi dan merespon sikap remaja yang tidak mau membantu saat di rumah?
  • Apa alasan ABG atau remaja sering dan senang sekali mengikuti tren saat ini?

Waktu berlalu begitu cepat hingga tak terasa bahwa anak-anak kita mulai beranjak remaja, bukan? Yap, ini adalah hal yang membahagiakan, tapi mengapa sejak mereka menginjak usia remaja, mereka agak sedikit berubah ya?

Perubahannya tak hanya dari segi fisik saja loh, melainkan dari karakter dan pembawaannya juga sudah berbeda. Awalnya mereka sangat senang bercerita dan terbuka kepada kita orang tuanya, tetapi sekarang mereka sudah memiliki rahasianya sendiri.

Bahkan, dulu mereka dengan senang hati mengikuti orang tuanya kemanapun kami akan pergi. Namun, saat ini mereka lebih senang untuk menghabiskan sebagian waktunya bersama teman-teman yang ada disekitarnya.

Menurut orang zaman dahulu, remaja adalah waktu untuk anak-anak mencari jati dirinya. Apakah benar begitu? Bagaimana caranya kita sebagai orang tua tetap bisa membimbing mereka menjadi manusia dewasa yang bertanggung jawab dan menjadi pribadi yang tangguh?

Semua pertanyaan dan kekhawatiran kamu sebagai orang tua tentang anak remajamu akan dijawab dengan tegas dan tuntas dalam buku ini. Segala problematika yang sering dialami akan kamu ketahui bagaimana cara mengatasinya.

Review Buku

 

Ayah Edy adalah seorang penulis yang sudah terkenal akan bukunya yang membahas tentang orang tua dan anak. Tak hanya dari masalah remaja dan kekhawatiran orang tua, tetapi juga tentang cara mendidik anak dengan baik dan tegas.

Dalam buku ini, kamu sebagai pembaca akan diberikan pengetahuan dan jawaban akan semua pertanyaan yang ada dalam benak kamu tentang anak-anak di usia remaja. Mulai dari bagaimana cara mengatasi masalah yang biasa mereka timbulkan, mencari solusi yang tepat dalam menanggapi sikap remaja yang cuek dan sering melawan, bahkan bagaimana cara memberikan pelajaran untuk hal-hal tabu yang ada di antara orang tua dan anak. 

Saat membaca buku ini, kamu akan menyadari bahwa alangkah penting untuk memahami segala sesuatu dari berbagai sisi. Tak hanya membentak dan memberikan nasihat, tetapi kamu bisa menjadi orang tua yang mendengarkan dan memahami perasaan mereka.

Tentunya hal ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi alangkah lebih baik jika kamu bersiap dan melakukan persiapan sebelum masalah itu terjadi. Ayah Edy membuat buku ini menarik untuk dibaca karena banyak sekali hal-hal yang relate dengan kehidupan keseharian yang dialami oleh orang tua.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

 

Buku ini menjadi salah satu buku yang wajib kamu baca. Apalagi buat kamu yang senang dalam memberikan pembelajaran hidup kepada anak remaja. Kamu bisa mulai membaca buku ini untuk lebih mudah memahami perasaan mereka.

Selain itu, buku ini sangat cocok untuk kamu yang bekerja dengan lingkungan yang dipenuhi oleh remaja. Buku ini akan memberikan pengetahuan baru yang membuat kamu bisa mengatasi masalah dan bagaimana merespon mereka yang sedang penuh dengan semangat dan kreativitas.

Buku ini memang buku terbitan lama, tetapi buku ini masih menjadi salah satu buku yang banyak digemari untuk orang tua yang ingin belajar tentang anak remaja mereka loh.

Jadi, buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu semua yang sering berinteraksi dengan remaja.

Rating: 3,88 

 

 

Masalah Umum Yang Dialami Remaja

Mencari jati diri? Tentu saja hal ini akan dialami oleh semua orang pada masa remajanya. Pada masa seperti ini, remaja pasti akan menunjukkan berbagai kemampuan yang ada di dalam dirinya dan menunjukkannya.

Namun, tak hanya berbagai kemampuan, ternyata berbagai masalah yang biasa dirasakan oleh remaja juga akan muncul pada masa seperti ini. Masalah-masalah tersebut muncul dengan berbagai tingkatan. Ada yang dapat dikatakan sebagai masalah yang sepele, ada juga masalah berat yang bisa menimbulkan dampak buruk pada aspek kehidupan dari remaja itu sendiri.

Masalah remaja sendiri biasa terjadi dimanapun. Mengapa begitu? Karena pada masa inilah anak akan aktif untuk bersosialisasi dan berkembang. Sehingga masalah bisa muncul dari berbagai situasi lingkungan dan keadaan.

Berikut ini adalah masalah pada remaja yang umum ditemukan dan dialami. Mari simak lebih lanjut pembahasan di bawah ini.

Pendidikan

Hal yang paling menakutkan saat menjadi orang tua adalah ketika si kecil mulai beranjak remaja. Banyak sekali hal yang  membuat para orang tua merasa sangat was-was tentang hal ini. Salah satu masalah remaja yang paling sering dan umum ditemukan adalah masalah tentang akademisnya.

Tak jarang remaja akan mengalami kesulitan saat mengikuti kegiatan pembelajaran yang didapatkannya di sekolah. Banyak diantara mereka juga yang mendapatkan nilai biasa saja dan bahkan ada yang sampai mendapat nilai buruk.

Ada juga mereka yang tidak berprestasi sama sekali, baik dibidang akademik maupun non-akademik. Selain itu, hal yang paling ditakutkan adalah para remaja yang bohong kepada orang tua tentang absensinya selama di sekolah. 

Terkadang masalah akademis ini tidak datang dari diri remaja itu sendiri, melainkan dari orang tua yang selalu menuntut anak-anaknya menjadi yang terbaik tanpa memikirkan keadaan dan kondisi mereka. Ini adalah salah satu tantangan dan beban yang dirasakan anak pada usia remaja.

Depresi

Tahukah kamu kalau sebenarnya salah satu masalah remaja yang paling rentan untuk terjadi adalah depresi? Yap, banyak sekali orang dewasa yang menyepelekan hal ini ketika terjadi pada remaja. 

Depresi sendiri adalah sebuah gangguan kesehatan mental yang seringkali ditandai dengan perubahan suasana hati yang secara terus menerus mengalami tekanan bahkan hingga kehilangan semangat untuk menjalani keseharian si penderita.

Untuk kasus remaja sendiri sering kali disebabkan oleh perasaan terbebani akan tuntutan akademis dari orang sekitar. Jadi, untuk kamu para orang dewasa, lebih bijaklah ketika berada disekitar anak remaja tentang tuntutan akademis ini ya.

Bullying

Akhir-akhir ini, yang sering kali menjadi sorotan adalah masalah bullying. Saat ini, tak sedikit remaja Indonesia yang sering mendapat ejekan, ancaman, kekerasan, hingga diintimidasi oleh orang-orang sekitarnya. 

Masalah ini sering kali dipendam sendiri orang anak yang mengalami perilaku tersebut. Hal inilah yang paling menakutkan. Mengapa? Pasalnya, ketika si anak merasa tertekan dan stres dan ia tidak menceritakannya kepada siapa-siapa, maka si anak akan mengalami yang namanya gangguan kesehatan mental.

Bully tidak terjadi hanya di dunia nyata, melainkan juga di media sosial. Biasanya, para pelaku perundungan tersebut akan melakukan tindakan bully tersebut dengan memberikan komentar tidak baik atau negatif.

Selain itu, mereka juga bisa menyebarkan berita bohong yang membuat masyarakat sekitar menjadi salah sangka. Hal-hal seperti inilah yang wajib diberikan pengetahuan untuk bijak dalam penggunaan sosial media agar semua pengguna sosial media aman.

 

Percintaan

Sebagai anak remaja, sudah waktunya mereka juga merasakan yang namanya rasa cinta atau ketertarikan dengan lawan jenis. Terkadang, aktivitas normal dari remaja ini sering menimbulkan masalah loh. 

Apa masalahnya? Banyak sekali, ada yang merasa terganggu akademisnya akibat perasaan yang baru saja dialami olehnya. Ada juga yang saking penasarannya dengan aktivitas seksual yang membuat mereka mencoba untuk melakukan hubungan seks bebas. 

Oleh karena itu, penting sekali pendidikan seksual di sekolah dan juga di rumah. Hal ini dilakukan agar anak remaja di Indonesia bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penampilan

Di masa inilah remaja akan mulai memerhatikan penampilannya. Namun, dengan adanya perubahan hormon yang dialami oleh anak-anak remaja ini akan membuatnya mengalami masalah kulit. Salah satunya adalah jerawat.

Maka dari itu, alangkah lebih baik orang tua juga memberikan pengetahuan tentang cara merawat penampilan dan merawat kondisi kulit yang baik. Seperti mencuci muka memakai pelembab dan sebagainya. 

Selain itu, banyak dari remaja yang mengalami perubahan bentuk tubuh. Oleh karena inilah banyak juga di antara mereka yang sudah melakukan program diet karena tidak percaya dengan bentuk badannya.

Kecanduan Gawai

Masalah yang satu ini tentu saja sudah sangat sering ditemui oleh semua orang. Bukan remaja saja, bahkan orang tua saja masih ada yang kecanduan gawai. 

Gawai memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk membantu remaja dalam menambah ilmu pengetahuan. Namun, gawai juga menjadi musuh besar mereka saat para remaja tidak dapat mengontrol waktu pemakaiannya.

Kecanduan gawai bisa membuat remaja merasakan kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, membuat remaja merasa malas dan cepat lelah. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengontrol waktu penggunaan gawai ini.

Masalah dengan Orang Terdekat

Tidak sedikit dari para remaja yang memiliki masalah dengan orang-orang terdekatnya. Hal ini terjadi dikarenakan perasaan anak remaja yang cenderung lebih sensitif dan labil dibandingkan dengan orang dewasa. 

Sehingga sangatlah sulit untuk dikendalikan dan bukan hal yang mengherankan lagi jika mereka dinasehati oleh orang tua, ia tidak akan terima dan malah melawannya.

Tak hanya itu saja, ketika anak remaja merasa tersinggung dengan perkataan dan tindakan dari orang terdekatnya, ia mungkin akan memusuhi orang yang melakukan tersebut. Begitupun sebaliknya, ia juga akan dimusuhi yang pada akhirnya akan membuatnya merasa sangat stres dan depresi.

Kamu bisa membaca buku Ayah Edy Menjawab Problematika Orang Tua ABG & Remaja untuk informasi tentang masalah apa saja yang sebenarnya sering dialami oleh remaja. Oh ya, kamu bisa mendapatkan bukunya dengan klik tombol di bawah ini.

 

 

Cara Mengatasi Permasalahan Remaja

Masalah remaja adalah masalah yang unik dan menyenangkan untuk dibahas. Namun, tahukah kamu ternyata masalah yang sering dialami oleh remaja juga menjadi masalah yang bisa berdampak buruk pada kesehatan mentalnya loh.

Sebagai orang tua, sudah sangat harus untuk memahami dan mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi masalah yang dialami oleh para remaja. Paling tidak, pastikan kamu sebagai orang tua memersiapkan diri untuk menjadi pendengar yang baik bagi mereka.

Lalu, kira-kira bagaimana cara untuk mengatasi masalah remaja? Yap, pada pembahasan kali ini kamu akan mengetahuinya. Mari simak dan perhatikan penjelasan di bawah ini. 

Hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencoba mengatasi dan membantu masalah anak remaja adalah dengan beberapa cara berikut ini.

  • Sebagai orang tua, kamu harus bisa atau mencoba memahami perasaan anak.
  • Pastikan anak remaja kamu merasa aman, nyaman, dan merasa dicintai.
  • Perlihatkan kepada anak kamu, kalau kamu sebagai orang tua memercayai mereka dan akan selalu siap untuk membantu masalah yang sedang dialami oleh dirinya.
  • Lakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan bersama anak agar anak merasa nyaman dan bahagia bersama kamu.
  • Janganlah kamu langsung menghakimi anak kamu jika mereka melakukan kesalahan. Pastikan kamu menanyakan apa yang terjadi dan apa alasan di balik mereka melakukan tindakan tersebut. 
  • Bina keluarga yang harmonis dan tidak melakukan kekerasan.

Untuk lebih lengkap tentang pembahasan di atas, kamu bisa langsung membacanya di buku Ayah Edy Menjawab Problematika Orang Tua ABG dan Remaja loh.

Berikut adalah sinopsis buku dan reviewnya yang wajib kamu ketahui.

 

Kesimpulan

Jadi, buat kamu yang saat ini sedang bingung dan juga mau belajar tentang problematika yang sering ditimbulkan remaja, maka buku ini adalah salah satu buku yang tepat yang bisa kamu baca loh.

Tak hanya itu, bagi kamu yang mau belajar dan memersiapkan diri untuk mengatasi dan berinteraksi dengan remaja, tentunya buku ini juga bisa membuat kamu mengerti dan memahami mereka sedikit lebih dalam.

Jadi, selamat membaca ya, Grameds!

 

Written by Mega