in

5 Rekomendasi Vitamin Rambut yang Bagus Agar Rambut Makin Sehat

freepik.com

Rekomendasi Vitamin Rambut yang Bagus – Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang dapat menjadi penunjang penampilan, sehingga sangat perlu untuk dirawat dengan baik agar tetap berkilau dan tampil menarik. Rambut berkilau sendiri ternyata merupakan indikator dari rambut yang sehat lho, Grameds.

Sama halnya dengan tubuh yang perlu vitamin agar tetap terjaga kesehatannya, rambut pun juga begitu. Rambut membutuhkan vitamin agar menjadi kuat, tebal, dan tidak mudah rontok. Pada dasarnya, vitamin rambut dapat digunakan oleh semua jenis rambut, tetapi sangat disarankan untuk digunakan bagi yang memiliki rambut kering dan mudah rontok.

Meskipun sebenarnya vitamin rambut bisa didapatkan lewat makanan bergizi, tetapi tidak ada salahnya juga mencoba menggunakan vitamin rambut yang dijual di pasaran karena memang ada beberapa vitamin rambut yang bagus terutama untuk rambut kering dan rontok.

Nah, berhubung sedang membahas rambut, berikut ini ada buku yang membahas cara merawat rambut serta kulit kepala agar tetap sehat nih, Grameds, yaitu buku “Perawatan Kulit Kepala & Rambut” karya Siti Sahida dan Handayani.

Jenis-Jenis Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan oleh Rambut

Vitamin Rambut yang Bagus
pexels.com

Sebelum mengenakan vitamin rambut sebagai salah satu tahapan perawatan rambut, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu vitamin maupun mineral apa saja yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh rambut agar rambut tetap sehat dan tebal. Di bawah ini adalah vitamin-vitamin dan mineral yang sebenarnya dibutuhkan oleh rambut:

1. Vitamin E

Vitamin E menjadi salah satu vitamin rambut yang bagus karena berfungsi untuk membantu rambut untuk tumbuh subur dan kuat. Vitamin yang satu ini berperan sebagai antioksidan yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan kulit serta rambut, bahkan bagus untuk mencegah penuaan dini.

Lebih jelasnya, Vitamin E ini bisa berfungsi sebagai pencegah terjadinya stres oksidatif yang merupakan kondisi tubuh menerima terlalu banyak radikal bebas dan tidak mampu lagi untuk menetralkannya. Stres oksidatif ini nantinya dapat menjadi penyebab rambut rontok bahkan sampai menghambat pertumbuhan rambut.

Vitamin E ini juga merupakan vitamin rambut yang bagus untuk rambut rontok dan kering. Oleh sebab itu, bagi yang memiliki permasalahan rambut kering dan suka rontok, sangat membutuhkan asupan Vitamin E agar dapat mengembalikan pertumbuhan rambut menjadi normal kembali.

Vitamin yang satu ini dianjurkan untuk pemilik rambut kering dan rontok karena cara kerja vitamin ini adalah dengan menciptakan sebuah lapisan pelindung pada kulit, termasuk salah satunya kulit kepala, kemudian lapisan inilah yang akan menjaga kelembaban rambut maupun kulit kepala.

Namun, perlu diperhatikan juga penggunaan Vitamin E ini ya, jangan sampai berlebihan karena jika kelebihan Vitamin E dalam tubuh justru malah berbalik dapat merontokkan rambut sampai gangguan tiroid.

2. Vitamin D

Vitamin D pada umumnya memang bisa didapatkan secara alami lewat sinar matahari, di mana Vitamin D ini memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang serta kulit, dan juga mendukung pertumbuhan rambut. Sebuah penelitian juga pernah menunjukkan bahwa Vitamin D dianggap menunjang pembentukan akar rambut, yang membuat rambut tumbuh subur.

Dikarenakan memiliki peran yang cukup penting bagi rambut, maka ketika kekurangan Vitamin D dapat mengakibatkan kerontokan sampai kebotakan rambut, yang disebut juga dengan alopecia. Alopecia ini adalah sebuah kondisi di mana sistem kekebalan rambut menyerang akar rambut sehingga menyebabkan rambut menjadi rontok.

Asupan Vitamin D untuk tubuh bisa didapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari dan mengonsumsi makanan sehat seperti jamur dan ikan.

3. Vitamin C

Seperti yang sudah banyak diketahui, Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh maupun kulit, ternyata vitamin yang satu ini juga menjadi vitamin yang bagus untuk rambut kering.

Sama halnya dengan Vitamin E, Vitamin C juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, serta dapat menguatkan akar rambut. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan rambut menjadi terlihat kusam dan menua.

Vitamin C memang dikenal memiliki nutrisi yang penting, yang dibutuhkan oleh tubuh manusia agar bisa menghasilkan kolagen, di mana kolagen ini merupakan protein yang bertugas membentuk sel kulit dan juga rambut serta menguatkan struktur rambut.

Tidak hanya itu saja, keberadaan Vitamin C di dalam tubuh juga dapat memudahkan tubuh untuk menyerap zat-zat besi yang penting dalam pertumbuhan rambut. Vitamin ini sendiri bisa didapatkan di banyak buah-buahan seperti jeruk, pepaya, jambu, bahkan lada sekalipun.

4. Vitamin B

Vitamin B ternyata tidak hanya berperan penting dalam mengatur fungsi sistem saraf, otak, dan metabolisme tubuh saja nih, Grameds, tetapi Vitamin B juga menjadi salah satu vitamin rambut yang bagus.

Ada dua jenis Vitamin B yang berfungsi untuk membuat rambut tetap sehat dan berkilau, yang pertama adalah biotin atau Vitamin B7, vitamin yang satu ini memang sudah dikenal akan perannya dalam mencegah rambut rontok.

Adapun cara kerja dari biotin ini dalam mencegah rambut kering dan rontok adalah dengan meningkatkan kadar asupan oksigen serta nutrisi ke dalam kulit kepala bahkan sampai ke akar rambut, inilah yang membuat rambut menjadi tampak sehat, tebal, dan berkilau.

Kemudian, selanjutnya ada Vitamin B3 atau biasa juga disebut dengan niacin, di mana vitamin yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan peredaran aliran darah yang membawa oksigen ke akar rambut, dan inilah yang membuat rambut menjadi lebih sehat.

5. Vitamin A

Pada dasarnya, seluruh sel tubuh manusia membutuhkan kehadiran Vitamin A agar dapat tumbuh dengan baik, termasuk juga sel rambut yang merupakan salah satu jaringan yang cepat tumbuh.

Jadi, jika jaringan rambut yang cepat tumbuh ini menerima Vitamin A yang bisa memberikan pertumbuhan dengan baik, rambut pun dapat mengalami pertumbuhan yang baik dengan adanya jumlah vitamin A yang cukup tersebut.

Selain itu, Vitamin A juga dipercaya dapat membantu kelenjar kulit dalam memproduksi sebum yang dapat bermanfaat untuk membuat kulit kepala menjadi lebih lembab dan sehat, sehingga Vitamin A menjadi vitamin rambut yang bagus untuk rambut kering.

Namun, sama seperti beberapa vitamin lainnya, kelebihan asupan Vitamin A juga tidak baik nih, Grameds, karena justru dapat menyebabkan kerontokan rambut.

6. Zinc

Zinc atau seng memiliki peran dalam menumbuhkan serta memperbaiki jaringan rambut yang rusak, oleh karena itu jangan heran jika melihat ada banyak produk shampo yang menggunakan zinc sebagai salah satu komposisinya, karena perannya cukup penting untuk rambut.

Tidak hanya itu saja, zinc ini juga dapat membuat kelenjar yang ada di sekitar akar rambut melakukan pekerjaan yang seharusnya, yaitu membantu rambut tumbuh dengan baik.

7. Zat Besi

Zat besi sendiri diketahui memang bertugas untuk membawa oksigen ke otot serta otak, tetapi ternyata tugasnya tidak hanya itu saja lho, Grameds. Zat besi yang terdapat dalam darah juga akan mengantarkan oksigen ke sel rambut dan dapat mencegah rambut rontok.

8. Protein

Protein memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti membangun serta memperbaiki jaringan tubuh dan juga membentuk antibodi. Kemudian, peran protein juga sangat penting untuk rambut karena hampir seluruh bagian rambut terbuat dari protein. Jadi, bisa dibayangkan jika rambut kekurangan jumlah protein, rambut bisa jadi terhambat pertumbuhannya.

Cara Memilih Vitamin yang Cocok untuk Rambut

Vitamin Rambut yang Bagus
freepik.com

Memang ada banyak sekali vitamin rambut yang bagus yang bisa dibeli dan digunakan, tetapi perlu dicatat bahwa pada produk untuk menyehatkan rambut yang ada kandungan vitaminnya, vitamin tersebut bisa berasal dari ekstrak bahan dasar atau mungkin produk sintetis. Oleh karena itu, ada baiknya jika memeriksa terlebih dahulu vitamin rambut yang akan digunakan dan disesuaikan dengan kondisi rambut.

Agar bisa memilih jenis vitamin yang tepat sesuai kondisi rambut yang sedang dialami, berikut ini adalah cara-caranya:

1. Pilih Vitamin yang Sesuai dengan Kondisi dan Permasalahan Rambut

Sama halnya dengan kulit, setiap orang memiliki tipe atau kondisi kulit yang berbeda-beda, begitu juga dengan rambut. Pada umumnya, permasalahan rambut yang biasa dialami adalah rambut kering dan rambut rontok, sehingga penggunaan vitamin rambut harus disesuaikan dengan permasalahan dan kondisi rambut yang sedang dialami tersebut.

Jika memiliki kondisi rambut yang kering dan mudah rontok, disarankan untuk memilih vitamin rambut dengan kandungan ekstrak bahan alami. Bahan alami seperti minyak kelapa, madu, minyak zaitun, dan alpukat adalah sederet bahan alami yang menjadi vitamin rambut yang bagus untuk rambut rontok dan kering.

2. Pilih Bentuk yang Tepat Agar Mudah Digunakan

Pada dasarnya, vitamin rambut memiliki dua bentuk, yaitu yang spray dan non-spray, di mana keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Vitamin rambut dengan bentuk spray memang lebih mudah digunakan karena hanya tinggal disemprotkan ke rambut saat ingin memakainya, sehingga cocok untuk dipakai saat terburu-buru.

Sedangkan vitamin rambut yang non-spray biasanya bisa berupa kapsul, botol biasa, atau botol tetes. Di mana cara pemakaian ketiganya adalah sama-sama harus dioleskan pada rambut, tetapi yang paling mudah untuk dibawa adalah yang kapsul karena bisa sekali pakai dan ukurannya yang kecil.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa vitamin rambut yang bagus pada dasarnya tergantung preferensi masing-masing dan bisa disesuaikan dengan kondisinya.

3. Perhatikan Terlebih Dahulu Petunjuk Pemakaian

Sebelum menggunakan vitamin rambut, ada baiknya jika memperhatikan terlebih dahulu petunjuk pemakaian yang ada di kemasan produk. Karena setiap jenis vitamin rambut memiliki petunjuk pemakaian yang berbeda, ada yang harus diaplikasikan saat rambut kering, saat rambut setengah kering, atau yang digunakan di malam sebelum keramas.

Rekomendasi Vitamin Rambut yang Bagus

Vitamin Rambut yang Bagus
freepik.com

Setelah mengetahui apa saja vitamin yang dibutuhkan oleh rambut dan bagaimana cara memilih vitamin rambut yang tepat, berikut ini ada sederet rekomendasi produk vitamin rambut yang bagus, yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi serta permasalahan rambut yang sedang dialami:

1. L’Oreal Paris Extraordinary Oil

Vitamin Rambut yang Bagus
shopee.co.id

Brand yang satu ini tidak hanya memiliki produk berupa shampo saja, tetapi juga memiliki produk untuk hair care juga nih, Grameds. L’Oreal memiliki produk Extraordinary Oil yang merupakan vitamin rambut yang bagus dan disukai banyak orang.

Dengan kandungan ekstrak bunga lotus, bunga mawar, chamomile, tiare, dan linseed, vitamin rambut yang satu ini akan membantu memberikan nutrisi pada rambut mulai dari batang sampai ujung rambut. Ditambah dengan menggunakan bahan alami seperti ekstrak bunga, keharumannya bisa tahan sepanjang hari.

Selain itu, produk yang satu ini juga bisa mengatasi permasalahan rambut terutama rambut yang kering, dengan kandungan essential oil dan coconut oil, L’Oreal Extraordinary Oil menjadi vitamin rambut yang bagus untuk rambut kering.

2. Natur Hair Vitamin

Vitamin Rambut yang Bagus
shopee.co.id

Selain L’Oreal, Natur menjadi brand selanjutnya yang sudah terkenal akan produk-produk hair care-nya dan terbukti ampuh bagi beberapa orang Indonesia. Jadi, selain menawarkan produk shampo terbaik mereka, Natur juga memiliki banyak varian vitamin rambut yang kualitasnya tidak kalah bagus.

Natur Hair Vitamin sendiri terdiri dari dua macam varian, yaitu All Hair Types dan Colored Hair dengan kandungan bahan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing rambut. Untuk rambut berwarna, Natur memiliki vitamin rambut dengan kandungan Vitamin E dan minyak zaitun agar rambut ternutrisi dan kulit kepala yang tetap sehat.

Sedangkan untuk semua jenis rambut, ada kandungan lidah buaya serta pro Vitamin B5 yang membantu rambut untuk tetap sehat dan berkilau. Tidak hanya itu saja, karena aromanya yang wangi dan segar, hair vitamin yang satu ini juga bisa digunakan sebagai hair mist, lho.

3. Lucido-L Hair Vitamin Spray for Dry Hair

Vitamin Rambut yang Bagus
shopee.co.id

Lucido-L Hair Vitamin Oil Spray for Dry Hair menjadi solusi paling ampuh untuk yang memiliki rambut kering. Vitamin rambut yang satu ini memiliki kombinasi tiga vitamin sekaligus yaitu Vitamin A, Vitamin C, dan juga Vitamin E, yang berfungsi untuk melembabkan kulit kepala, antioksidan, menstimulasi pertumbuhan rambut, sampai memperbaiki akar rambut yang rusak.

Selain itu, adanya avocado oil menjadi pelengkap yang membantu memperbaiki akar rambut yang rusak dan melembutkan rambut. Dengan kandungan yang melembabkan dan dapat menyerap dengan sempurna, produk yang satu ini menjadi vitamin rambut yang bagus untuk rambut yang rontok dan kering.

4. Ellips Yellow Smooth & Shiny

Vitamin Rambut yang Bagus
shopee.co.id

Ellips menjadi salah satu brand yang akan langsung muncul di pikiran ketika menyebutkan vitamin rambut, karena pada dasarnya brand yang satu ini memang memiliki banyak vitamin rambut yang bagus, salah satunya adalah Ellips Hair Vitamin Yellow Smooth & Shiny.

Dengan harganya yang terjangkau, vitamin rambut ini bisa dibeli oleh siapa saja untuk mendapatkan rambut yang indah. Dengan kandungan ekstrak lidah buaya dan Pro Keratin Complex, Ellips Yellow Smooth & Shiny ini bisa digunakan untuk memperbaiki rambut kering, mudah kusut, sulit diatur, dan melembabkan rambut.

5. Sunsilk Vitamin Hair Mist

shopee.co.id

Selain memiliki produk shampo yang banyak, Sunsilk juga menghadirkan vitamin rambut yang juga berfungsi sebagai mist dengan kandungan ekstrak bunga Camellia dan Vitamin B yang dapat membantu mengatasi rambut yang kering dan menutrisi batang rambut.

Dengan ukuran yang kecil dan cara pemakaian yang simpel, vitamin rambut yang satu ini bisa digunakan di mana saja dan mudah dibawa-bawa, serta memiliki harga yang terjangkau.

Itu dia deretan rekomendasi vitamin rambut yang bagus terutama bagi yang memiliki rambut kering dan mudah rontok. Jadi, vitamin rambut yang mana yang akan kamu pilih?

Yuk, mulai gunakan vitamin rambut untuk rambut yang lebih sehat dan berkilau!

Kalau ingin mencari buku-buku seputar rambut dan perawatan rambut, kamu bisa mencarinya di laman gramedia.com, yang punya banyak buku berkualitas dan original. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Adinda Rizki

BACA JUGA:

  1. 15 Cara Merawat Rambut dengan Mudah
  2. 13 Cara Melemaskan Rambut agar Tidak Mengembang dan Kaku 
  3. 7 Tips Bleaching Rambut serta Manfaat, Risiko, dan Cara Merawatnya
  4. 13 Shampo untuk Rambut Rontok agar Rambut Kembali Sehat 
  5. Rekomendasi Hair Powder Terbaik agar Rambut Lebih Tebal 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda