in

7 Tips Bleaching Rambut serta Manfaat, Risiko, dan Cara Merawatnya

https://www.pexels.com

Bleaching Rambut – Tak mengherankan, pada zaman sekarang sudah banyak sekali orang yang ingin mengadakan perubahan pada dirinya sendiri, termasuk warna rambut. Bahkan, banyak dari mereka yang meluangkan waktu untuk pergi ke salon dan membayar mahal demi melakukan bleaching. Lalu, apa itu yang dimaksud dengan bleaching rambut?

Pengertian Bleaching Rambut

bleaching rambut
https://www.pexels.com

Bleaching merupakan sebuah upaya untuk menghilangkan warna asli dari rambut atau bisa juga menerangkan warna asli dari rambut. Kandungan bahan kimia yang cenderung kuat di dalamnya, misalnya seperti zat hidrogen peroksida dapat menghilangkan pigmentasi (melanin) yang berada di rambut.

Semakin tinggi tingkat bleaching yang digunakan, maka semakin terang pula warna rambut yang akan dihasilkan. Warna yang dihasilkan dari proses bleaching dapat berupa cokelat, kuning, hingga putih.

Manfaat Bleaching Rambut

Disadur dari laman Health Research Funding, Selasa (31/07/2022), berikut manfaat serta kelebihan dari bleaching rambut:

1, Mengubah Warna Rambut Menjadi Lebih Terang

Bleaching adalah salah satu cara yang paling mudah untuk mencerahkan warna yang sudah ada dirambut. Terutama sangat bermanfaat bagi orang yang mempunyai rambut gelap alami atau pun pirang platinum.

2. Warna Cat Rambut yang Diinginkan Menjadi Lebih Terlihat Terang

Orang yang mempunyai rambut berwarna hitam pada umumnya tidak akan terlalu tampak apabila menggunakan cat rambut dengan apapun itu warnanya. Sebab, warna cat rambut diketahui tidak mempunyai kandungan kimia aktif yang fungsinya untuk meluruhkan pigmen rambut.

Meski demikian, apabila seseorang melakukan bleaching rambut terlebih dulu sebelum mewarnai rambut, hasilnya akan tampak lebih jelas dan terang.

3. Membuat Transisi Warna Rambut yang Cepat

Bagi orang yang sangat senang melakukan eksperimen dengan mengganti – ganti warna rambut, misalnya seperti warna merah, ungu, dan lainnya, dapat melakukan bleaching untuk mempercepat transisi warna pada rambut.

Risiko Bleaching Rambut

bleaching rambut
https://www.pexels.com

Walaupun memiliki sejumlah manfaat, bleaching rambut ternyata juga mempunyai efek samping yang cukup berbahaya, lho. Bahkan, dapat memberi dampak yang buruk pada kesehatan rambut dan kulit kepala. Dikutip dari berbagai sumber, berikut penjelasan mengenai risiko bleaching rambut:

1. Kerusakan Rambut

Kandungan bahan kimia pada obat bleaching yang cukup keras bagi rambut, dapat membuat rambut menjadi tampak kering dan kusam. Bahkan, dalam beberapa kasus, ada juga yang mengalami kerontokan rambut parah sebagai akibat dari batang rambut yang patah.

2. Kulit Kepala Terbakar

Bleaching juga bisa menyebabkan efek panas atau bahkan luka bakar di kulit kepala sebagai akibat dari kandungan kimia yang sangat keras, misalnya hidrogen peroksida, persulfat, dan juga zat alkali.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Biasanya, luka bakar yang dihasilkan hanya berada di area permukaan kulit kepala saja. Meski demikian, dalam beberapa kasus, ada juga luka bakar yang cukup parah sehingga membutuhkan perawatan yang intensif.

3. Kulit Kepala Terasa Gatal dan Terkelupas

Kandungan dari bahan kimia yang ada di dalam bleaching bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala berupa dermatitis kontak. Hal ini dapat memicu sensasi rasa gatal dan juga dapat membuat kulit kepala terkelupas.

Untuk Grameds yang ingin mencoba bleaching, dianjurkan untuk tidak mencobanya sendiri di rumah apabila tak mengerti cara melakukannya. Sebaiknya Grameds pergi ke salon atau bisa meminta pertolongan dari seorang professional hair stylist supaya bisa terhindar dari efek yang tidak diinginkan.

Tips Bleaching Rambut Sendiri

Bleaching kerap kali dilakukan di salon dengan bantuan dari tenaga profesional. Meski demikian, apabila Grameds ingin mencoba berhemat, Grameds dapat mencoba bleaching sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

Berikut ini beberapa tip bleaching sendiri di rumah yang aman dan bisa meminimalisir risiko efek samping.

1. Campur dengan Conditioner

Krim bleaching pada umumnya dapat membuat rambut lebih tipis dan lebih mudah rusak. Supaya rambut tetap sehat, campurkanlah bleaching cream dengan hair conditioner terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini dapat berguna supaya rambut mendapatkan nutrisi serta meminimalisir efek kerusakan yang diciptakan oleh obat bleaching rambut.

2. Jangan Diamkan Terlalu Lama

Gunakan bleaching cream sesuai dengan petunjuk yang terlah tertera di dalam kemasan. Jangan meninggalkan krim bleaching di helaian rambut melebihi waktu yang telah disarankan oleh petunjuk pemakaian supaya rambut tidak rusak.

3. Berikan Jeda Beberapa Minggu Sebelum Proses Kedua

Terkadang proses bleaching harus dilakukan hingga beberapa kali supaya mendapatkan hasil warna yang cerah. Beri jeda waktu hingga beberapa minggu antara proses bleaching pertama kali dan selanjutnya supaya rambut tidak menjadi rusak.

4. Jangan Sampai Terkena Kulit Kepala

Sebisa mungkin jangan sampai bleaching cream mengenai kulit kepala untuk mencegah adanya risiko iritasi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bleaching cream dapat menimbulkan berbagai jenis iritasi mulai dari sekadar rasa panas, perih, bahkan hingga luka bakar yang memerlukan perawatan intensif,

5. Bilas dengan Air Dingin

Bleaching cream memiliki efek samping yakni membuat rambut terasa hangat. Bilas bleaching cream dari helaian rambut dengan menggunakan air dingin supaya tidak merusak rambut dan mengurangi efek panasnya.

6. Cuci Rambut dengan Shampoo

Setelah krim bleaching dibilas hingga bersih, segera cuci rambut dengan menggunakan shampoo untuk menghilangkan semua residu yang menempel. Pastikan untuk mencuci rambut hingga bersih supaya tidak menimbulkan iritasi di kemudian hari.

7. Gunakan Conditioner atau Hair Mask

Setelah dibilas dan dicuci hingga bersih dengan shampoo, segera rawat rambut yang baru mengalami proses bleaching dengan menggunakan conditioner atau pun hair mask. Hal ini perlu untuk dilakukan guna untuk mendinginkan kulit kepala serta mengganti nutrisi rambut yang hilang pada saat proses bleaching.

Demikian tips – tips bleaching rambut sendiri yang aman serta mudah dilakukan di rumah.

Merawat Rambut Bleaching dan Berwarna

https://www.pexels.com

Setelah melakukan bleaching dan semir rambut kerap kali menjumpai rambut yang menjadi kering dan pecah-pecah. Meski demikian, jangan sampai hal tersebut membuatmu ingin memotong dan membuangnya. Sebelum terlambat, ketahui 5 hal berikut ini supaya bisa merawat rambut hasil bleachingmu.

1. Tidak Mencuci Rambut Selama Seminggu

Setelah mewarnai rambut, hal yang penting dan wajib untuk diingat yakni jangan mencuci rambut dengan menggunakan shampoo hingga kurun wakti satu minggu. Apabila Grameds ingin mencuci rambut, conditioner saja sudah cukup untuk menjadikannya lembap. Mengecat rambut akan menghilangkan minyak alami yang ada pada rambut yang efeknya yakni membuat rambut menjadi super kering. Oleh karena itu, supaya minyak alami pada rambut dapat kembali, ada baiknya Grameds membiarkan dan tidak mencuci rambut selama seminggu.

2. Hindari Penggunaan Catokan

Setiap perempuan pastilah menginginkan rambut yang lurus dan halus, tapi semua itu akan susah jika melakukan bleaching rambut. Dengan rambut yang frizzy dan super kering masa kamu tambahkan dengan panas dari catokan? Untuk itu baiknya hindari catok agar rambut bisa tetap sehat dan lembap.

3. Gunakan Conditioner yang Melembapkan

Ketika mewarnai rambut pastinya rambut akan makin super kering dan mengalami dehidrasi, maka dari itu kamu membuthkanconditioner untuk bisa melembapkan. Setelah keramas, kamu juga bisa memakai conditioner tanpa bilas agar rambut tetap terlihat halus dan lembut.

4. Masker Rambut Seminggu Sekali

Lakukan perawatan yang rutin untuk rambut dengan menggunakan masker deep conditioning. Memang terkesan ribet, tetapi percayalah setelah memasker rambut, Grameds akan merasa bahwa rambut menjadi lebih halus dan lembut.

5. Jangan Mengeringkan Seluruh Rambut

Apabila Grameds memilih untuk mengeringkan rambut seusaikeramas, pastikan rambut masih berada di dalam keadaan yang sedikit basah supaya tidak kering dan minyak alami yang ada pada rambut tak menghilang ketikadikeringkan. Cukup keringkan rambut sebentar dengan menggunakan sisir untuk menghaluskan rambut dengan cara yang alami.

Itulah beberapa hal yang dapat Grameds lakukan untuk menjaga rambut yang sudah di-bleaching supaya tetap sehat dan tidak kering. Apakah Grameds tertarik untuk mewarnai rambut?

Cara Menghilangkan Bleaching Rambut

Karena menghilangkan bekas bleaching pada rambut merupakan hal yang tak mungkin dilakukan, yang bisa kamu lakukan adalah menunggu rambut tumbuh kembali, menutupinya dengan cat rambut, dan pada saat bersamaan merawat rambut agar menjadi lebih sehat.

Walaupun tak mudah untuk mengembalikan kondisi rambut, tetapi masih ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan berlanjut. Berikut, ada 6 langkah memulihkan rambut rusak akibat bleaching. Simak yuk!

1. Memakai Shampoo Khusus

Setelah bleaching sebaiknya kamu menggunakan shampoo yang dikhususkan untuk merawat rambut bleaching.

Sederet perubahan pastinya kamu dapati setelah rambut di-bleaching. Kandungan kimia pada bahan bleaching membuat serat rambut lebih mudah patah. Akibatnya, rambut kamu menjadi rentan dan rapuh dibandingkan dengan rambut pada umumnya.

Pada kondisi ini, shampoo biasa tentunya tak cukup untuk kembalikan kesehatan rambutmu. Dibutuhkan produk perawatan khusus yang diperuntukkan bagi rambut di-bleaching. Kandungan vitamin serta nutrisi pada shampoo tersebut akan merawat rambut dengan baik dan tentunya aman untuk dipakai.

Nah ladies, sebelum rambut kamu semakin rusak yuk segera ganti shampoo dengan produk khusus rambut bleaching ya.

2. Lengkapi dengan Conditioner

Ketika sudah waktunya untuk mencuci rambut, tidak cukup apabila hanya dengan menggunakan shampoo, Grameds juga memerlukan conditioner supaya lebih maksimal. Penggunaan shampoo memanglah membantu mencegah kerusakan berlebih yang terjadi pada rambut.

Meski demikian, bukan berarti rangkaian saat merawat rambut hanya cukup sampai disitu saja. Grameds masih perlu untuk menambahkan produk conditioner sebagai pelengkap supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Penggunaan conditioner menjadi salah satu produk yang perlu kamu gunakan pada rambut yang dibleaching. Pelembab rambut ini berfungsi untuk mengunci kadar air setelah keramas sehingga rambutmu selalu lembut dan tidak kering.

Walaupun hampir seluruh produk conditioner menawarkan manfaat yang serupa, ada baiknya Grameds tetap memakai conditioner yang telah diformulasikan khusus untuk rambut bleaching. Hal ini diperlukan karena conditioner khusus tersebut mengandung lebih banyak nutrisi sehingga memberikan perlindungan yang lebih terhadap rambut.

3. Rutin Menggunakan Hair Mask

Fungsi all in one pada produk hair mask akan membantu dalam pemulihan kesehatan rambut setelah dilakukan bleaching.

Produk lain yang tidak kalah penting sat merawat rambut bleaching ialah hair mask atau  masker rambut. Dengan membawa kandungan vitamin serta nutrisi bagi rambut yang tinggi, hair mask bisa menyeimbangkan dan juga memulihkan kondisi rambut yang kering akibat efek samping dari proses bleaching. Fungsi all ini one ini juga dilengkapi dengan berbagai varian sehingga Grameds bisa memilih hair mask sesuai dengan kebutuhan rambut.

Tidak sekadar sampai disitu, penggunaan masker rambut dengan rutin juga bisa memperkuat kembali akar rambut yang telah rapuh. Dengan aromanya yang lembut, hair mask bisa memberikan perasaan rileks dan cocok untuk melepas lelah setelah beraktivitas.

4. Kurangi Frekuensi Mencuci Rambut

Mencuci rambut dengan frekuensi yang terlalu sering nyatanya bisa membuat rambut semakin kering setelah bleaching.

Seringkali Grameds mungkin menganggap bahwa sering keramas bisa membuat rambut menjadi lebih hitam berkilau. Ya, hal tersebut memang tak sepenuhnya salah. Meski demikian, mencuci rambut dengan terlalu sering nyatanya bisa membuat rambut semakin kering lho terlebih setelah proses bleaching.

Diketahui, shampoo mengandung berbagai bahan pembersih yang memiliki fungsi untuk mengangkat kotoran serta minyak yang ada pada kulit kepala. Walaupun begitu, bahan pembersih tersebut dinilai terlalu keras apabila diberikan pada kondisi rambut yang rapuh seusai bleaching. Apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka rambut akan kehilangan kelembapan alami serta batang rambut malah menjadi semakin rusak.

5. Melakukan Detoks Rambut

Ketika melakukan detoks rambut, Grameds perlu untuk menghindari berbagai macam peralatan hair stylist supaya rambut tidak menjadi semakin kering. Sama halnya dengan tubuh, rambut juga memerlukan proses pembersihan atau yang kerap kali disebut juga dengan detoks.

Detoks pada rambut sebenarnya juga mempunyai cara yang hampir sama dengan detoks pada umumnya. Diperlukan beberapa langkah yang wajib untuk dilakukan misalnya menggunakan conditioner setelah mencuci rambut hingga penggunaan minyak zaitun secara rutin. Rangkaian ini perlu untuk dilakukan supaya rambut senantiasa menjadi lembap sekaligus lembut.

Selain itu, terdapat juga beberapa hal yang perlu untuk kamu batasi seperti penggunaan produk serta alat styling rambut. Hal ini berguna untuk mencegah semakin keringnya rambut karena penggunaan bahan – bahan kimia.

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela G

Dunia fashion memang tak ada matinya, bahkan hampir setiap tahun akan muncul tren fashion terbaru. Selain fashion penampilan rambut pun memang tak ada habisnya.