in

Profil Q The Boyz, Idol Yang “Akrab” dengan Boneka Chucky

https://theboyz.fandom.com/
https://kpophit.com/

Q The Boyz – Apakah Grameds pernah menonton sebuah potongan video yang menayangkan seorang idol K-Pop menggendong boneka chucky layaknya boneka kesayangan? Jika pernah, idol K-Pop tersebut ada Q The Boyz!

Yap, nama aslinya adalah Ji Chang Min dan menggunakan nama panggung yang hanya sebatas satu huruf saja yakni Q. Di industri K-Pop, bukankah nama panggung yang hanya satu huruf saja merupakan hal wajar…

Popularitas Q The Boyz semakin menanjak setelah grupnya berhasil memenangkan ajang kompetisi Road To Kingdom di saluran Mnet pada tahun 2020 lalu.

Meskipun ajang tersebut tidak dapat dihadiri oleh penonton karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, tetapi ajang tersebut sukses membawa nama The Boyz melejit hingga dianggap sebagai salah satu grup K-Pop generasi 4 yang berpeluang menjadi legenda di masa depan.

Lantas, apa saja sih fakta-fakta seputar Q The Boyz alias Ji Chang Min? Bagaimana pula perjalanan karir grup The Boyz hingga tahun 2023 ini? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Q The Boyz

Q The Boyz
https://theboyz.fandom.com/
  • Nama Asli: Ji Chang Min
  • Nama Inggris: James Ji
  • Nama Panggung: Q
  • Tanggal Lahir: 5 November 1998
  • Zodiak: Scorpio
  • Zodiak China: Harimau (Tiger)
  • Tinggi Badan: 175 cm (5’7”)
  • Golongan Darah: AB
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Korea Art High School
  • MBTI: ISFP-T
  • Posisi Di Grup: Main Dancer, Sub-Vocalist

25 Fakta Menarik Tentang Q The Boyz

Q The Boyz
https://theboyz.fandom.com/
  1. Q The Boyz lahir dan dibesarkan di wilayah Cheongju dengan nama asli Ji Chang Min.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan 2 kakak perempuan.
  3. Q The Boyz memiliki keterampilan menari yang luar biasa. Pada tahun 2018 pun Dispatch memasukkannya ke dalam proyek MaDanz (Penari Utama) bersama JR NU’EST, Taeyong NCT, Shownu Monsta X, Hoshi SEVENTEEN, dan Yugyeom GOT7.
  4. Q mengaku bahwa saat masih kecil dirinya memiliki 2 lesung pipi, tetapi sekarang hanya “tersisa” 1 lesung pipi saja.
  5. Q adalah member The Boyz yang pertama bergabung dengan LOEN Entertainment.
  6. Saat pertama kali bergabung dengan agensi, Q The Boyz adalah sosok yang pemalu.
  7. Q The Boyz lulus audisi melalui akademi tari di Cheongju dan memulai masa pelatihannya di tahun ketiga sekolah menengah. Saat audisi, Q menampilkan lagu “WOW” milik BTOB.
  8. Selama trainee, Q sering bolak-balik setiap hari dari Seoul ke Cheongju.
  9. Q The Boyz diketahui memang sangat senang membaca buku puisi.
  10. Memiliki leher yang panjang yakni sekitar 12 cm.
  11. Sebelum debut bersama The Boyz, Q sempat memikirkan nama panggung berupa ‘Yechan’ dan ‘Taek’.
  12. Saat Q mengatakan bahwa dirinya ingin menjadi seorang idol K-Pop, seluruh anggota keluarganya langsung mendukung keputusannya.
  13. Saat TK, Q The Boyz sering memenangkan kontes menari. Lalu saat SD, Q juga pernah memenangkan hadiah khusus dalam kompetisi piano.
  14. Menurut Jacob, Q sering berpegangan pada anggota lain apakah itu bahu atau tangan saat sedang berjalan.
  15. Q The Boyz dapat menirukan suara jerapah dan burung merpati.
  16. Saat comeback “Bloom Bloom”, Q mendapatkan julukan ‘human grapefruit’ alias ‘manusia jeruk bali’ karena rambutnya berwarna oranye cerah.
  17. Berbeda dengan Juyeon, justru Q senang dengan film horror dan memilih The Conjuring sebagai salah satu film favoritnya.
  18. Q The Boyz pernah membuat heboh fandom The B karena menggendong boneka chucky saat V Live dan mengaku bahwa boneka tersebut adalah boneka kesayangannya.
  19. Dari seluruh member The Boyz, Q paling akrab dengan Younghoon.
  20. Sangat suka binatang kecuali jenis serangga.
  21. Setiap hendak pulang ke dorm, Q selalu mengucapkan selamat tinggal di aula dan kamar kosong yang berada di gedung Cre.Ker Entertainment padahal tidak ada orang disana. Q mengaku dirinya hendak berpamitan kepada semua hantu yang ada di sana.
  22. Q juga pernah bercerita bahwa dirinya selalu merasa seolah tengah ditatap saat berlatih di gedung Cre.Ker yang lama.
  23. Nama Inggrisnya adalah James Ji.
  24. Menurut para member, wajah Q memang imut dan menggemaskan, tetapi dirinya sangat suka hal-hal yang menyeramkan bahkan tak jarang akan menakut-nakuti member lainnya.
  25. Menurut Sangyeon, Q adalah member The Boyz yang memiliki toleransi tinggi terhadap alkohol sehingga cocok dijadikan sebagai teman minum.

Mengikuti Jejak Perjalanan Karir Q The Boyz dan Grupnya

The Boyz adalah grup K-Pop yang saat ini berada dibawah naungan IST Entertainment. Sebelumnya, agensi mereka adalah Cre.Ker Entertainment, tetapi karena adanya akuisisi sehingga The Boyz pun ditransfer ke perusahaan induk. The Boyz debut pada 6 Desember 2017 dengan lagu berjudul “Boy”, sehingga mereka masuk dalam K-Pop generasi ke-4.

2016-2017: Masa Pre-Debut Grup The Boyz

Q The Boyz
https://theboyz.fandom.com/

Pada sekitar tahun 2016-2017, menjadi waktu dimana member The Boyz mulai muncul ke publik satu-persatu. Mulai dari Kevin yang sebelumnya sudah pernah mengikuti ajang K-Pop Star Season 6 dan didapuk untuk menyanyikan OST serial drama Saimdang, Light’s Diary.

Lalu ada Sunwoo yang berpartisipasi di ajang High School Rapper pada Januari 2017. Ada juga Ju Haknyeon yang mengikuti survival show Produce 101 Season 2 dan berhasil bertahan hingga babak final dengan ranking ke-19.

Nah, pada 4 Juli 2017 barulah pihak agensi Cre.Ker Entertainment mengumumkan melalui sosial media mereka bahwa akan ada grup baru. Lalu pada 18 Juli, nama The Boyz diumumkan sebagai grup baru yang hendak debut dibawah naungan Cre.Ker Entertainment tersebut.

Pada 23 Agustus hingga 11 Oktober 2017, tayanglah reality show bertajuk Flower Snack sebagai langkah awal pengenalan member The Boyz ke publik. Dalam reality show juga turut merilis lagu berjudul “I’m Your Boy”.

Sekitar 2 minggu setelah reality show tersebut berakhir, The Boyz yang belum debut secara resmi itu mengadakan acara fanmeet bertajuk ‘Heart to Heart’ dan berhasil mengumpulkan 1.000 penggemar.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Pada bulan November 2017, seluruh member The Boyz menandatangani kontrak untuk brand seragam sekolah Skoolooks dan brand kosmetik Siero Cosmetic.

Lanjut pada 4 Desember, Cre.Ker Entertainment turut mengonfirmasi bahwa grup yang hendak debut dengan nama The Boyz tersebut telah menandatangani kontrak dengan Sony Music supaya promosi Jepang menjadi lebih mudah.

2017: Debut Dengan Nama The Boyz dan Lagu “Boy”

Q The Boyz
https://theboyz.fandom.com/

Pada tanggal 6 Desember, akhirnya The Boyz resmi debut dengan mini album The First dan lagu debutnya berjudul “Boy”.

Lalu pada 12 Februari-15 Maret 2018, The Boyz menayangkan reality show kedua mereka berjudul The 100 di V Live. Mereka juga mengadakan konser mini secara online seminggu setelah acara The 100 selesai.

Pada 17 Maret 2018, The Boyz turut diundang untuk tampil di acara 12th Asian Film Awards yang diselenggarakan di Macau. Penampilan itu menjadi penampilan The Boyz pertama kali di luar negeri.

2018: Comeback Pertama Dengan “Giddy Up”

Q The Boyz
https://theboyz.fandom.com/

Pada 3 April, The Boyz akhirnya comeback untuk pertama kalinya dengan lagu berjudul “Giddy Up”. Sayangnya, salah satu member yakni Hwall harus hiatus sejenak dan tidak bisa mengikuti kegiatan promosi grup karena masalah kesehatan selama 3 bulan.

Setelah Hwall kembali dari Hiatus, The Boyz comeback kedua untuk lagu berjudul “Keeper” pada 12 Juli. FYI, lagu tersebut diproduseri oleh Park Kyung BLOCK B. Dari segala penampilan mereka, akhirnya The Boyz berhasil memenangkan penghargaan Rookie Award pada sebuah ajang Korea Brand Awards pada 24 Juli.

The Boyz juga tampil di acara Happy Arrived At Our House yang konsep acaranya adalah mengasuh dan menjaga anjing jalanan yang terlantar. Nantinya, para member The Boyz akan merawat beberapa anak anjing sampai menemukan sosok yang mau mengadopsinya.

Pada 30 Agustus, The Boyz memenangkan penghargaan Rookie Award lagi di sebuah ajang Soribada Best K-Music Awards. Tak lama setelah itu, The Boyz diumumkan akan comeback ketiga dengan lagu berjudul “Right Here”.

Lalu pada 29 November, The Boyz merilis mini album The Only dan lagu utama berjudul “No Air”. Tiga hari kemudian, The Boyz memenangkan penghargaan Best New Male Artist Award pada sebuah ajang 2018 Melon Music Awards.

2019: Debut Jepang dan Hwall Keluar Dari Grup

Q The Boyz
https://theboyz.fandom.com/

Pada 29 April, The Boyz kembali merilis single album berjudul “Bloom Bloom”. Lalu tak lama kemudian, grup ini menerima kemenangannya di acara SBS MTV’s The Show.

Sayangnya, pada 23 Oktober pihak agensi Cre.Ker Entertainment mengumumkan bahwa Hwall akan keluar dari grup The Boyz karena alasan masalah kesehatan di bagian pergelangan kaki dan hendak mengejar karir solo aktingnya. Hal ini dibuktikan setelah keluar dari grup, Hwall berpartisipasi dalam proyek web drama berjudul Color Rush. FYI, serial drama ini memiliki genre LGBT ya…

Setelah Hwall keluar dari grup, The Boyz tetap melakukan promosi grup dengan debut di Jepang. Dalam debut Jepang ini, mereka turut merilis mini album bertajuk “Tattoo”. Tentu saja dalam debut Jepang-nya ini, The Boyz dibawah naungan Sony Music.

Pada 6 Desember, The Boyz merilis lagu spesial berjudul “White” sebagai bentuk peringatan akan hari debut mereka yang kedua. Lima hari kemudian, pihak agensi mengumumkan bahwa The Boyz akan melakukan world tour di beberapa negara Eropa seperti Berlin, Paris, London, dan Amsterdam.

2020: Mengikuti Ajang ‘Road To Kingdom’ dan Menang Juara Pertama

Q The Boyz
https://theboyz.fandom.com/

Sepulang dari world tour di Eropa, The Boyz pun merilis album studio berjudul “Reveal”. Nah, pada 20 Maret diumumkan bahwa The Boyz akan mengikuti ajang survival show Road To Kingdom di saluran Mnet. Tentu saja lagu “Reveal” yang baru dirilis itu turut ditampilan di ajang survival show tersebut dan mendapatkan banyak pujian.

FYI, acara Road To Kingdom ini adalah acara survival seperti Queendom yang sebelumnya telah tayang pada 2019. Nah, Road To Kingdom dan acara lanjutannya Kingdom: Legendary War adalah versi idol grup pria. Diketahui ada banyak grup yang mengikuti ajang Road To Kingdom ini selain The Boyz. Sebut saja ada Pentagon, ONF, Golden Child, Verivery, Oneus, dan TO1.

Selama acara Road To Kingdom tersebut, The Boyz selalu berhasil mencuri perhatian dengan koreografi dan alur cerita yang apik.

Pada 12 Juni, The Boyz pun turut merilis lagu baru untuk acara tersebut yakni “Checkmate”. Setelah melalui berbagai babak, akhirnya The Boyz berhasil memenangkan juara pertama dan berhak maju ke survival selanjutnya yakni Kingdom: Legendary War. 

Setelah berhasil memenangkan juara pertama di survival show Road To Kingdom, The Boyz pun comeback dengan lagu “The Stealer”. Lalu pada 7 Desember, mereka juga merilis lagu spesial untuk memperingati anniversary sekaligus hari Natal dengan judul “Christmassy!”

2021: Berpartisipasi Pada Ajang ‘Kingdom: Legendary War’ dan Menang Juara Kedua

Q The Boyz
https://www.soompi.com/

Pada 17 Maret, The Boyz comeback album studio berjudul “Breaking Dawn”. Seperti debut Jepang sebelumnya, tentu saja mereka masih berada di bawah naungan Sony Music.

Berhubung The Boyz telah memenangkan juara pertama pada survival show Road To Kingdom, maka mereka berhak melaju di survival selanjutnya yang bertajuk Kingdom: Legendary War. Acara ini tayang pada bulan April dengan 6 grup yakni BTOB, iKON, SF9, Stray Kids, ATEEZ, dan tentunya The Boyz. Setelah melalui misi dan babak yang beragam, akhirnya The Boyz berhasil memenangkan juara 2.

Setelah itu pada 11 Juli, The Boyz merilis lagu “Drink It” yang digunakan untuk aplikasi Universe. Lagu tersebut juga dirilis melalui Universe Music.

Pada 9 Agustus, The Boyz comeback dengan album Thrill-ing dan lagu utamanya berjudul “Thrill Ride”. Comeback tersebut akhirnya berhasil membawa The Boyz memenangkan trofi acara musik di KBS Music Bank. Album tersebut juga terjual sebanyak 523.630 eksemplar pada minggu pertama perilisan di Hanteo Chart.

Pada 17 September, barulah diumumkan bahwa agensi yang telah menaungi The Boyz selama ini yakni Cre.Ker Entertainment akan bergabung dengan PlayM Entertainment sehingga membuat nama baru menjadi IST Entertainment. Jadi, dapat dikatakan akhirnya The Boyz memiliki rekan agensi lain seperti VICTON, APINK, dan WEEEKLY.

Pada 2 Oktober, lagi-lagi The Boyz berhasil memenangkan penghargaan ‘Artist Of The Year’ pada ajang penghargaan The Fact Music Awards 2021. Sebulan kemudian, The Boyz merilis album single bertajuk Maverick yang bergenre hip-hop. Lalu pada 6 Desember, The Boyz merilis lagu spesial berjudul “Candles” sebagai bentuk peringatan akan hari anniversary grup mereka yang keempat.

2022: Comeback Kedelapan Dengan “Be Aware”

Q The Boyz
https://theboyz.fandom.com/

Pada 27 Mei, The Boyz merilis Extended Play [EP] versi Jepang berjudul “She’s The Boss” di bawah label Universal Music IST. Sayangnya, pada akhir Agustus menjadi waktu dimana The Boyz harus berpromosi menjadi 10 orang karena Sunwoo hiatus sementara waktu dengan alasan masalah kesehatan.

Pada 20 Februari 2023 lalu, The Boyz merilis Extended Play [EP] bertajuk Be Aware dan lagu utamanya berjudul “Roar”. Lagu tersebut bergenre R&B.

Perubahan Sistem Agensi Karena Akusisi

https://www.soompi.com/

Jika Grameds bingung kenapa The Boyz yang sebelumnya berada dalam naungan Cre.Ker Entertainment, tetapi tiba-tiba di IST Entertainment. Padahal keduanya jelas perusahaan yang berbeda, bukan satu perusahaan yang mengganti namanya.

FYI aja nih, IST Entertainment awalnya bernama Plan A Entertainment. Setelah pihak Kakao M mengumumkan bahwa FAVE Entertainment dan Plan A Entertainment akan bergabung, maka perusahaan pun akan berganti nama menjadi Play M Entertainment. Perubahan dalam sistem perusahaan ini mulai terlaksana pada 1 April.

Dua tahun setelah itu, tepatnya pada 17 September 2021, lagi-lagi pihak Kakao Entertainment mengumumkan bahwa Play M akan merger dengan Cre.ker Entertainment. Sebelumnya, Cre.ker Entertainment adalah agensi yang menaungi The Boyz.

Sebulan setelah itu, barulah diumumkan bahwa perusahaan yang telah melakukan akuisisi dan merger ini memiliki nama baru yakni IST Entertainment. Pemberlakuan nama baru beserta sistemnya ini dimulai sejak 1 November 2021. Alhasil, Play M menjadi perusahaan yang masih bertahan, sementara Cre.ker sudah tidak beroperasi lagi. Itulah mengapa, The Boyz sekarang berada dibawah naungan IST Entertainment.

Sementara beberapa grup seperti VICTON, APINK, dan WEEEKLY yang berasal dari Play M, turut menjadi asuhan IST Entertainment.

Nah, itulah beberapa fakta dan juga fakta dan juga perjalanan karir Q The Boyz. Semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kalian, Grameds. Jika ingin mencari buku tentang K-pop, maka kalian bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

5 Rekomendasi Buku Terkait Q The Boyz

1. Let’s FLY HIGH: Know X1 Better Like A Flash

Q The Boyz

X1 adalah boyband asal Korea Selatan yang pertama kali dibentuk dari ajang pencarian bakat Produce X 101. Boyband X1 dinaungi oleh agensi CJ E&M dan Swing Entertainment. Sejak debut, X1 telah merilis mini album pertamanya, yaitu Emergency; Quantum Leap yang telah terjual lebih dari 500.000 copy. Antusias yang luar biasa!

“FLY HIGH, X1!”

Ke-11 cowok dari tiap-tiap agensi yang berbeda, Kim Yo Han, Kim Woo Seok, Han Seung Woo, Song Hyeong Jun, Cho Seung Youn, Son Dong Pyo, Lee Han Gyul, Nam Do Hyun, Cha Jun Ho, Kang Min Hee, dan Lee Eun Sang bersatu untuk mencapai mimpi yang sama. Tergabung dalam boy group X1 yang baru saja debut pada 27 Agustus 2019, mereka siap untuk FLY HIGH di dunia musik. Buat kamu yang One It? Atau kepo dengan cowok cowok yang cute sekaligus sexy in? Yuk kenalan dengan mereka di Let’s FLY HIGH! Know X1 Better Like a FLASH!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 512 / 693
  • Belum
    18% 128 / 693
  • Masukkan keranjang
    7% 53 / 693

2. Wanna One: Forever In Our Heart

Q The Boyz

Wanna One didirikan oleh kontes survival Produce 101 Season 2, yang ditayangkan di Mnet dari 7 April hingga 16 Juni 2017. Ke-11 peserta pelatihan yang dipilih oleh suara penonton dari 101 anggota peserta pelatihan yang mewakili agensi mereka diumumkan secara langsung.

Sebelum tampil di acara itu, beberapa anggota aktif di industri hiburan. Sebagai aktor cilik, Park Ji Hoon tampil dalam serial drama seperti Kimchi Cheese Smile dan The King and I. Dia juga muncul di beberapa variety show dengan Big Bang dan SS501. Hwang Minhyun debut sebagai anggota grup NU’EST pada tahun 2012. Kim Jae-hwan melakukan debut di musim kedua Korea’s  Got Talent, tetapi tersingkir di semifinal. Ha Sung-woon melakukan debut di grup 2014 HOTSHOT.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 512 / 693
  • Belum
    18% 128 / 693
  • Masukkan keranjang
    7% 53 / 693

3. K-Pop Famous

Q The Boyz

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

5. KPopers? So What?

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 512 / 693
  • Belum
    18% 128 / 693
  • Masukkan keranjang
    7% 53 / 693

Sumber:

https://en.kepoper.com/

Q (THE BOYZ) Profile and Facts

https://kpopping.com/profiles/idol/Q

https://theboyzkpop.fandom.com/wiki/Q

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.