in

Berbagai Perbedaan Gym dan Fitness serta Kelebihannya Masing-Masing!

pixabay.com

Perbedaan Gym dan Fitness – Mungkin masih banyak orang yang tidak menyadari mengenai perbedaan gym dan fitness. Sebab, kedua istilah ini merujuk pada kegiatan yang hampir sama. Akan tetapi, apabila kita perhatikan, gym dan fitness adalah hal yang serupa tapi tidak sama. Oleh karena itu, agar Grameds tidak salah beranggapan lagi, disini kita akan membahas perbedaan gym dan fitness.

Pengertian Gym

Sebelum membahas lebih dalam mengenai perbedaan gym dan fitness, kita harus mengetahui dulu pengertian dari masing-masing istilahnya. Jadi, gym sendiri adalah akronim dari kata gymnasium. Secara harfiah, gym bisa diartikan sebagai tempat atau lokasi untuk melakukan kegiatan latihan dan juga olahraga, seperti misalnya senam atletik, dan juga kardio.

Akan tetapi, kata gym disini sudah mengalami pergeseran makna. Oleh sebab itu, kebanyakan orang beranggapan bahwa gym merupakan tempat untuk melatih kebugaran.

Saat memasuki tempat gym, maka kita akan disuguhi dengan berbagai macam alat olahraga yang bisa digunakan untuk menunjang program latihan. Semakin lengkap alat olahraga yang ada di suatu gym, maka kita bisa lebih leluasa untuk latihan berbagai jenis olahraga. Umumnya, tempat gym ini juga mempunyai pelatih atau trainer untuk para pelanggannya.

Pengertian Fitness

Sementara itu, fitness merupakan daya hidup atau lifestyle yang seimbang untuk menjaga pola hidup sehat dan juga kebugaran tubuh. Akan tetapi, kebugaran di sini lebih bervariasi, karena terdapat tiga faktor utama, diantaranya yaitu olahraga atau latihan, asupan nutrisi atau makanan, dan istirahat yang cukup. Dengan memadukan ketiga faktor tersebut, diharapkan kita dapat memperoleh tubuh yang ideal, bugar, dan sehat.

Perbedaan Gym dan Fitness

Perbedaan Gym dan Fitness yang Perlu Dipahami

Perbedaan Gym dan Fitness
pixabay.com

Dari penjelasan di atas, kita bisa memahami pengertian dari masing-masing istilah yakni gym dan fitnesss. Lalu, apa saja sih perbedaan gym dan fitness yang perlu kita ketahui? Yuk simak penjelasan berikut ini:

1. Dari Segi Latihan

Dari segi makna, gym sendiri sudah identik dengan pusat latihan kebugaran untuk membentuk otot tubuh menjadi lebih ideal. Oleh sebab itu, gym cenderung merujuk pada kegiatan dengan jenis latihan berupa angkat beban untuk membangun massa otot tubuh.

Sementara itu, fitness sendiri tak hanya fokus pada angkat beban saja, tetapi, kita juga bisa melakukan aktivitas olahraga lainnya, seperti misalnya push up, sit up, dan juga bermain sepakbola. Tujuannya sendiri yaitu untuk mencapai kebugaran tubuh.

2. Dari Segi Tempat Latihan

Di tempat gym, kita akan menemukan berbagai macam peralatan olahraga yang lengkap, mulai dari barbel, dumbell, sampai body crunch. Sementara itu, fitness pada dasarnya dapat dilakukan dimana saja. Bahkan, saat kita melakukan push up atau sit up di kamar tidur atau teras rumah sekalipun, itu sudah bisa dikatakan sebagai fitness.

Akan tetapi, ada pula tempat khusus bernama fitness center yang dapat kita kunjungi. Secara umum, fitness center ini mempunyai fasilitas yang lebih lengkap karena tak hanya menyediakan alat saja, tapi juga ada kolam renang sampai tempat jogging.

Kelebihan dan Kekurangan Olahraga di Gym

Perbedaan Gym dan Fitness
pixabay.com

Gym umumnya akan menyediakan program olahraga bersama dengan seorang trainer atau pelatih profesional. Sebuah studi di dalam jurnal Applied Nursing Research menunjukkan bahwa mengikuti metode latihan ini dapat meningkatkan kepatuhan seseorang untuk berolahraga. Dengan begitu, kebugaran tubuh akan terus meningkat dan tujuan olahraga bisa lebih cepat dirasakan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan melakukan olahraga di pusat kebugaran atau gym yang bisa menjadi bahan pertimbangan, antara lain:

Kelebihan Olahraga di Gym

Berikut ini adalah beberapa kelebihan melakukan olahraga di pusat kebugaran atau gym, yaitu:

a. Ada Berbagai Pilihan dan Variasi Olahraga

Jika memutuskan untuk berolahraga di gym, maka kita bisa melakukan berbagai macam olahraga sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Pusat kebugaran umumnya akan menyediakan banyak sekali alat fitness yang akan memudahkan kita dalam berolahraga.

b. Motivasi Ekstra

Ketika memilih untuk olahraga di gym, maka mau tidak mau kita harus mendaftar menjadi anggota gym tersebut. Kita juga setidaknya akan mengeluarkan uang untuk melakukan pendaftaran. Hal itu dapat menjadi salah satu motivasi, karena kita pasti tidak mau uang yang sudah dikeluarkan menjadi sia-sia.

Selain itu, lingkungan gym yang penuh dengan orang-orang yang sedang berolahraga tentu bisa membuat kita lebih terpacu untuk lebih sering melakukan latihan.

c. Lebih Fokus dan Konsentrasi

Lingkungan gym akan membuat fokus dan konsentrasi kita lebih mudah terbentuk dibandingkan dengan melakukan olahraga di rumah. Biasanya, tidak ada hal yang dapat mengganggu waktu berolahraga kita.

d. Dapat Mengikuti Program Latihan yang Tersedia

Tak hanya memiliki banyak pilihan peralatan dan juga sarana olahraga. Umumnya kita juga bisa berkonsultasi dengan para pelatih atau personal trainer profesional yang dapat membantu tujuan olahraga kita lebih cepat tercapai.

Kekurangan Olahraga di Gym

Berikut ini adalah beberapa kekurangan jika kita melakukan olahraga di tempat kebugaran atau gym, antara lain:

a. Biaya Besar

Salah satu hal yang membuat sebagian orang berpikir dua kali untuk melakukan olahraga di gym adalah tentang biaya. Biasanya biaya yang harus dikeluarkan selama berolahraga di gym cukup mahal, baik itu dalam sekali kunjungan atau melakukan pendaftaran anggota gym.

b. Perlu Persiapan yang Lebih Matang

Tak seperti melakukan olahraga di rumah, jika memilih melakukan olahraga di gym, maka akan ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum pergi gym. Salah satunya yaitu mempersiapkan barang bawaan seperti pakaian ganti, mengisi botol minum, dan juga membawa barang lainnya.

Lebih Baik Olahraga di Rumah atau di Gym?

Jika Anda sedang menjalani program dan tidak memiliki waktu luang yang cukup, maka gym adalah tempat yang paling pas. Hal itu karena berolahraga di gym dapat membuat Anda lebih fokus untuk menjalankan program dengan lebih cepat.

Akan tetapi, apabila waktu luang Anda untuk berolahraga banyak, namun budget yang tersedia terbatas, maka berolahraga di rumah bisa menjadi solusi terbaik.

Sebenarnya, kedua pilihan di atas bergantung dengan kebutuhan dan juga kenyamanan Anda. Tak peduli tempat olahraganya, namun kualitas dan juga frekuensi olahraga yang harus diperhatikan.

American College of Sports Medicine menyarankan orang dewasa yang berusia 18 hingga 65 tahun untuk berolahraga aerobik minimal 20 hingga 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Selain itu, latihan kekuatan juga perlu dilakukan yakni minimal dua hari dalam seminggu untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot.

Dengan demikian, berbagai kalangan dapat merasakan manfaat dari olahraga. Meski begitu, berolahraga bukan tanpa risiko. Apabila Anda mempunyai riwayat cedera atau mengalami masalah kesehatan tertentu, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dulu.

Perbedaan Gym dan Fitness

Manfaat Fitness untuk Kesehatan

Perbedaan Gym dan Fitness
pixabay.com

Manfaat fitness tak hanya sekadar untuk menurunkan ataupun menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun olahraga ini juga bisa memberikan banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh dan bahkan kesehatan mental kita.

Fitness adalah salah satu olahraga yang banyak dilakukan oleh orang dewasa dan anak-anak muda. Olahraga ini biasanya dilakukan di pusat kebugaran dan menggunakan berbagai jenis alat bantu olahraga.

Banyak orang yang melakukan fitness ini dengan tujuan menurunkan berat badan. Padahal banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan fitness secara rutin. Terdapat berbagai manfaat fitness yang bisa kita dapatkan jika melakukannya secara rutin, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Berbagai macam gerakan fitness seperti angkat beban atau latihan ketahanan bisa bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang dan merangsang pembentukan otot. Terlebih bila disertai dengan asupan protein yang tepat. Hal tersebut karena tubuh akan melepaskan hormon yang bisa meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap asam amino ketika kita berolahraga.

2. Meningkatkan Energi Tubuh

Tak sedikit orang yang menganggap bahwa olahraga bisa melelahkan, termasuk melakukan fitness. Padahal, justru sebaliknya, olahraga bisa memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak energi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berolahraga secara rutin bisa meningkatkan energi, terlebih untuk mereka yang kerap merasa lemas dan lelah.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Fitness yang dilakukan secara rutin bisa membuat kulit menjadi lebih sehat. Hal itu karena aktivitas fisik bisa membuat aliran oksigen dan darah mengalami peningkatan, sehingga asupan nutrisi yang diperlukan kulit bisa tercukupi dengan baik. Tak hanya itu saja, produksi kolagen juga akan mengalami peningkatan, sehingga kulit akan terlihat lebih merona dan tampak lebih segar setelah berolahraga.

4. Mencapai Berat Badan yang Ideal

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa salah satu penyebab terjadinya kelebihan berat badan atau obesitas adalah kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Olahraga seperti fitness ini terbukti bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh, sehingga bisa membakar lebih banyak kalori. Hal tersebut pastinya berdampak pada penurunan berat badan.

Selain itu, dengan rutin berolahraga juga bisa memaksimalkan pembakaran lemak dari dalam tubuh dan menjaga massa otot. Dengan begitu, berat badan juga akan terjaga.

5. Mencegah Depresi

Manfaat fitness tidak hanya untuk kesehatan fisik saja, namun juga baik untuk kesehatan mental kita. Hal itu karena dengan melakukan kegiatan fisik, hormon serotonin yang ada di dalam otak akan mengalami peningkatan.

Hormon serotonin ini adalah hormon yang bertugas mengelola suasana hati, termasuk juga mencegah depresi. Fitness secara teratur juga bisa meningkatkan produksi hormon endorfin yang membantu kita merasa lebih bahagia dan mengurangi nyeri. Dengan begitu, kita juga bisa terhindar dari rasa cemas dan stres.

6. Mengurangi Risiko Terjadinya Berbagai Macam Penyakit

Aktivitas fisik seperti fitness yang dilakukan secara rutin bisa membantu mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner dan juga diabetes tipe 2. Selain itu, dengan rutin berolahraga juga bisa membantu tubuh melawan radikal bebas yang bisa memicu terjadinya kanker, seperti kanker usus besar dan juga kanker payudara.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Hal tersebut karena peningkatan suhu ketika kita berolahraga bisa memicu tubuh untuk menghasilkan senyawa kimia yang dapat meningkatkan dorongan tidur di malam harinya. Manfaat itu pastinya baik untuk orang-orang yang sering mengalami susah tidur atau insomnia.

8. Memelihara Kesehatan Paru-paru

Meskipun jantung terus menguat dari waktu ke waktu, tetapi sistem pernapasan tidak akan menyesuaikan diri pada tingkat yang sama. Ukuran paru-paru tidak berubah, namun paru-paru memang menggunakan oksigen dengan lebih efektif apabila rutin berolahraga. Hal itu diungkapkan dalam studi pada tahun 2016 di jurnal Breathe.

Secara umum, olahraga dapat mendorong tubuh menjadi lebih efisien dalam mengambil, mendistribusikan, dan juga menggunakan oksigen. Seiring dengan berjalannya waktu, peningkatan ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga kesehatan secara menyeluruh.

9. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Minum susu ataupun mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium bukan satu-satunya cara untuk memperoleh tulang yang kuat. Olahraga seperti fitness yang dilakukan secara rutin juga bisa membangun tulang menjadi lebih baik. Ketika berkontraksi, otot akan menarik tendon yang menempel pada tulang. Tindakan menarik ini sebenarnya akan merangsang remineralisasi tulang dan secara langsung membuat tulang menjadi lebih kuat.

10. Memberi Banyak Kontrol

Manfaat fitness untuk tubuh kurus adalah memberi kita lebih banyak kontrol atas diri sendiri. Banyak orang yang malas melakukan olahraga karena mereka merasa tidak mempunyai kendali atas dirinya.

Apabila mereka tidak bisa bangun dari sofa hanya untuk berolahraga, lalu bagaimana mereka bisa mencapai hal lain? Jadi, mengikuti rutinitas olahraga bisa memberikan makna pada hari-hari dan memberikan rasa pencapaian yang tidak dapat diperoleh di tempat lain.

11. Membangun Daya Tahan dan Kekuatan Otot

Orang yang kurus belum tentu sehat dan kuat. Oleh karena itu, salah satu manfaat fitness untuk orang-orang yang memiliki tubuh kurus adalah membangun daya tahan dan juga kekuatan otot. Hal ini berarti kita tidak akan terlalu lelah hanya dengan tugas fisik dasar.

Bahkan, kita juga bisa berjalan ataupun berlari untuk waktu yang lebih lama dan jarak yang lebih jauh, serta lebih bisa mengangkat barang-barang yang berat. Selain itu, kita juga akan mempunyai daya tahan lebih untuk kegiatan sosial. Misalnya saja, sekadar jalan-jalan di sekitar mall ataupun lingkungan rumah.

12. Menyehatkan Jantung

Manfaat fitness untuk tubuh yang kurus adalah dapat menyehatkan jantung. Efisiensi jantung akan berubah dan meningkat setelah latihan terus-menerus. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 di Journal of Applied Physiology menunjukkan berbagai jenis aktivitas dapat mengubah jantung dengan cara yang agak berbeda. Semua jenis olahraga bisa meningkatkan ukuran jantung secara menyeluruh.

Akan tetapi, ada perbedaan yang cukup signifikan antara atlet ketahanan, seperti misalnya pendayung dan juga atlet kekuatan seperti pemain sepak bola. Dimana jantung atlet endurance menunjukkan pembesaran ventrikel kiri dan kanan, sementara atlet strength menunjukkan penebalan dinding jantung, terutama pada ventrikel kiri.

13. Membantu Membuat Pilihan yang Lebih Sehat

Ketika kita menghabiskan waktu dan juga energi yang berharga untuk berolahraga, kemungkinan besar kita juga akan membuat pilihan yang lebih sehat di dalam berbagai hal. Misalnya saja pada apa yang kita makan. Olahraga secara rutin akan membuat kita berpikir untuk tidak menyia-nyiakan kalori yang telah terbakar dengan makan sembarangan. Berolahraga dan menghargai tubuh juga bisa mempengaruhi pilihan lain yang kita buat dalam hidup.

Perbedaan Gym dan Fitness

Demikian penjelasan mengenai perbedaan gym dan fitness serta manfaat dari keduanya. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang ilmu olahraga lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

BACA JUGA:

  1. Pengertian, Manfaat, dan Macam Olahraga Kardio 
  2. 14 Rekomendasi Alat Olahraga di Rumah 
  3. Kenali 6 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh 
  4. Macam-Macam Senam untuk Ibu-Ibu dan Manfaatnya 
  5. 10 Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Tubuh dan Mental 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Harris

Menulis artikel merupakan salah satu hal yang menjadi daya tarik saya untuk dapat mengetahui berbagai macam hal serta informasi terupdate yang sedang terjadi pada saat ini. Saya suka dengan tema olahraga dan juga travelling.

Kontak media sosial Instagram saya Harris