in

10 Negara Paling Selatan di Dunia dan Keunikan Dibaliknya!

Sumber: Pixabay

Negara paling selatan – Apakah Sobat Grameds tahu? Ada Beberapa negara terletak di belahan bumi selatan, lho. Nah, penasaran kan negara mana saja yang paling selatan di dunia? Simak di sini ya Grameds.

Antartika adalah benua paling selatan di dunia. Titik paling selatan Antartika pada 90°00? lintang selatan. Ada 10 negara yang terletak di titik paling selatan dunia, diukur dari keliling garis lintang Antartika.

Dikutip dari World Atlas, di Benua Antartika memiliki luas 14,2 juta kilometer persegi dengan 98% wilayahnya tertutup es. Meski sangat besar, Antartika tidak memiliki negara. Perjanjian Antartika, yang mulai berlaku pada tahun 1961 menjadikan Antartika sebagai wilayah pertukaran intelektual dan melarang kegiatan militer seperti eksplorasi mineral.

Perjanjian tersebut telah diratifikasi oleh 50 negara termasuk Rusia, China dan Amerika Serikat. Jika Anda tidak memasukkan titik Antartika dan pulau-pulau selatan terluarnya pada 60°LS, ada 10 negara paling selatan di dunia berdasarkan 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Apa saja negara paling selatan di dunia? Berikut adalah 10 negara yang paling selatan di bumi berdasarkan peta dan globe.

Negara Paling Selatan di Dunia

Negara paling selatan
Sumber: Pixabay

1. Chile

Chile adalah negara paling selatan di dunia. Titik paling selatan di Chile jatuh kepada Aguila Islet di Kepulauan Diego Ramirez yang terletak di 56° LS dan Cape Horn di 55° LS. P

Pulau-pulau ini tandus, berangin, sangat dingin dan tidak berpenghuni. Thule Selatan adalah bagian dari gunung berapi kuno yang terendam abu. Zona ekonomi eksklusif ini kaya akan sumber daya hayati laut. Penguin guano, anjing laut, hewan peliharaan, dan rumput laut hidup di daerah ini.

Iklim di Chile bervariasi, dari gurun terkering di dunia (gurun Atacama) di utara, melalui Mediterania di tengah, hingga iklim sedang hujan di selatan. Berdasarkan luas daratan, Chile menempati peringkat ke-38 negara terluas di dunia, kira-kira seukuran pulau Kalimantan.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Gurun utara mengandung mineral yang kaya, terutama tembaga. Wilayah tengah negara yang relatif sempit mendominasi populasi dan sumber daya pertanian, dan merupakan pusat budaya dan politik yang dikembangkan Chile pada akhir abad ke-19, ketika ia menyerap bagian utara dan selatan.

Chile Selatan memiliki banyak hutan dan padang rumput, serta sejumlah gunung berapi dan danau. Pantai selatan adalah labirin fyord, teluk kecil, kanal, semenanjung berliku, dan sistem pulau.

2. Argentina

Argentina adalah negara paling selatan kedua. Argentina memiliki titik paling selatan di pulau Isla Grande de Tierra del Fuego di 55°04? Lintang Selatan dan Monte Dinero di 52°24? Lintang Selatan.

Isla Grande de Tierra del Fuego atau Big Island of the Land of Fire memiliki iklim laut subarktik dengan musim panas yang pendek dan dingin serta musim dingin yang panjang dan basah. Daerah ini sangat berangin sepanjang tahun. Hingga 30% dari luas pulau adalah hutan, sisanya adalah padang rumput yang sejuk dan semi-gurun.

Mengetahui letak geografis dunia, pastinya akan menambah wawasan kita. Hal ini bisa kita lakukan dengan membaca buku. Salah satu buku yang bisa dijadikan panduan dalam mendalami geografi dunia adalah buku Sistem Informasi Geografis Menggunakan ArcGIS.

Di dalam buku ini, Grameds akan mengetahui pengetahuan, pemahaman, sekaligus kemampuan untuk mengaplikasikan ArcGIS. Jadi, dapatkan segera buku ini dengan klik gambar di bawah buku di bawah ini.

Argentina terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan. Posisinya berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudra Atlantik di selatan. Lokasi ini membuat Argentina mendapat reputasi sebagai “negara paling selatan di selatan” (bahasa Spanyol:“Sur del sur”).

Argentina menguasai sebagian besar Kerucut Selatan, berbatasan dengan Chili di barat, dan juga berbatasan dengan Bolivia dan Paraguay di utara, Brasil di timur laut, Uruguay dan Samudra Atlantik Selatan di timur, dan Jalur Drake di selatan.

Argentina mengklaim sebagian Antartika, Kepulauan Malvinas, Georgia Selatan, dan Kepulauan Sandwich Selatan.

Wilayahnya mencakup keanekaragaman iklim, yang disebabkan oleh rentang garis lintang melebihi 30°—termasuk beberapa wilayah geografis—, perbedaan ketinggian dari 107 m di bawah permukaan laut ( Laguna del Carbon) hingga hampir 7.000 meter di atas permukaan laut dan garis pantai sepanjang 4.725 km.

Dataran basah yang luas dibatasi oleh padang pasir yang luas dan pegunungan tinggi, sedangkan iklim tropis dan subtropis di utara kontras dengan dingin dan hujan salju yang ekstrem di Andes dan selatan.

Argentina telah mengadopsi bentuk pemerintahan republik yang terdesentralisasi, demokrasi, representatif dan federal, dibagi menjadi 23 provinsi dan satu kota otonom sejak 1994, berfungsi sebagai ibu kota dan kota federal.Kota terbesar di negara itu, Buenos Aires, juga merupakan salah satu dari kota terpadat di dunia.

Ibukota federal dan setiap provinsi memiliki konstitusi, bendera, dan pasukan keamanannya sendiri, tetapi tunduk pada sistem federal. 23 Provinsi mempertahankan semua kekuasaan yang tidak didelegasikan kepada Negara Nasional, memiliki tiga yurisdiksi otonom dan menjamin otonomi kota mereka.

Negara paling selatan

 

3. Australia

Titik paling selatan Australia adalah Bishop and Clerk Islet di 55°03? Lintang Selatan, South East Cape (Tasmania) di 43°38? S dan South Point di 39°08? Lintang Selatan.

Pulau Bishop dan Clerk ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997. Pulau-pulau kecil ini juga membentuk kawasan pengelolaan khusus di dalam cagar alam. Daerah tersebut jarang dikunjungi dan bebas dari populasi berlebih serta dihuni oleh hewan yang bukan asli daerah tersebut.

Luas daratan Australia adalah 7.617.930 km² di lempeng Indo-Australia. Dikelilingi oleh Samudra Hindia dan Pasifik, dipisahkan dari Asia oleh Laut Arafura dan Laut Timor. Sebagai benua terkecil di dunia dan negara terbesar keenam berdasarkan luas total, kepemilikan dan keterpencilan Australia membuatnya mendapat julukan “benua pulau” dan pulau terbesar di dunia.

Australia memiliki garis pantai sepanjang 34.218 km (tidak termasuk pulau daratan) dan perpanjangan yang diakui dari zona ekonomi eksklusifnya seluas 8.148.250 km². Zona Ekonomi Eksklusif ini tidak termasuk Wilayah Antartika Australia. Kecuali Pulau Macquarie, Australia terletak antara 9°S dan 44°S, dan 112°BT dan 154°BT.

4. Selandia Baru

Selandia Baru atau New Zealand memiliki titik paling selatan Pulau Jacquemart pada 52°37? Lintang Selatan dan Slope Point di South Island pada 46°40? Lintang Selatan. Pulau Jacquemart adalah salah satu pulau kecil yang mengelilingi Pulau Campbell di Selandia Baru dan juga merupakan pulau paling selatan di Selandia Baru.

Pulau ini ditutupi padang rumput gambut, tempat rerumputan, lumut, dan tanaman bantal tumbuh. Burung yang tercatat berkembang biak di Jacquemart termasuk albatros jelaga, albatros utara raksasa, camar badai punggung abu-abu, albatros jelaga tertutup cahaya, dan sigung coklat.

Pulau ini termasuk dalam Important Bird Area (IBA) Grup Kepulauan Campbell oleh BirdLife International karena pentingnya sebagai tempat berkembang biak bagi sejumlah spesies burung laut.

Selandia Baru terdiri dari dua pulau utama dan beberapa pulau kecil yang terletak di dekat pusat lautan. Pulau Utara dan Selatan dipisahkan oleh Selat Cook, selebar 22 km di bagian tersempit.

Selain Pulau Utara dan Pulau Selatan, lima pulau berpenghuni terbesar adalah Pulau Stewart, Pulau Chatham, Pulau Great Barrier (di Teluk Hauraki), d’Urville (di Marlborough Sounds) dan Pulau Waiheke (kira-kira 22 kilometer dari Auckland tengah).

Kepulauan negara itu terletak di antara 29° Lintang Selatan dan 53° Lintang Selatan dan 165° Bujur Timur dan 176° Bujur Timur. Selandia Baru panjang (lebih dari 1.600 km dari utara ke selatan) dan memiliki lebar maksimum 400 km dari barat ke timur, dengan garis pantai sekitar 15.134 km dan total luas daratan 268.021 km2, serta dengan garis pantai yang panjang.

Negara ini memiliki sumber daya laut yang kaya. Zona ekonomi eksklusifnya, salah satu yang terbesar di dunia, mencakup lebih dari 15 kali luas daratan.

Pulau Selatan adalah pulau terbesar di Selandia Baru dan terbagi oleh Pegunungan Alpen Selatan di tengahnya. Ada 18 puncak yang lebih tinggi dari 3.000 meter di atas permukaan laut, yang tertinggi adalah Gunung Cook/Aoraki di 3.754 km di atas permukaan laut.

Jajaran pegunungan yang curam dan dalam di fyord Fiordland adalah rumah bagi proses glasial utama Zaman Es di tepi barat daya Pulau Selatan. Pulau Utara tidak terlalu bergunung-gunung tetapi ditandai dengan banyak gunung berapi.

5. Afrika Selatan

Titik paling selatan Afrika Selatan adalah Pulau Marion, Kepulauan Prince Edward di 46°59? Lintang Selatan dan Cape Agulhas di 34°50? Lintang Selatan. Pulau-pulau di Kepulauan Prince Edward adalah bagian dari ekoregion tundra Kepulauan Samudra Hindia Selatan, yang mencakup sejumlah kecil pulau sub-Antartika.

Kurangnya daratan di Samudra Selatan membuat pulau-pulau tersebut menjadi rumah bagi banyak spesies, menjadikannya area penting untuk konservasi. Iklim sub-Antartika yang dingin membuat sebagian besar tumbuhan yang ditanam adalah rerumputan, lumut, dan alga. Hewan asli utama adalah serangga, burung laut, anjing laut, dan penguin.

Mempelajari tentang geografi, sebenarnya sudah diajarkan sejak kita duduk di SMA. Nah, untuk kamu yang mendalami ilmu geografi, maka buku PR Geografi Semester 2 Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial Kurikulum 2013 untuk SMA/MA. Materi dalam buku ini akan lebih mudah untuk dipahami dan pastinya juga dilengkapi dengan kumpulan soal.

 

6. Uruguay

Negara manakah yang terletak di titik paling selatan dunia? Ya, ada Uruguay. Titik paling selatan Uruguay adalah Isla de Lobos di 35°02? lintang selatan dan Punta del Este di 34°58? lintang selatan.

Isla de Lobos terletak 8 km dari daratan Uruguay di Punta del Este. Isla de Lobos dan Pulau Gorriti adalah bagian dari cagar alam yang melindungi kawanan singa laut dan anjing laut berbulu terbesar di Amerika Selatan. Sementara itu, Punta del Este adalah salah satu area musim dingin paling populer untuk menonton paus-paus orca di pantai.

Uruguay memiliki sekitar 3,5 juta penduduk, 1,8 juta di antaranya tinggal di ibu kota Montevideo dan wilayah metropolitannya. 88% populasinya berasal dari Eropa. Ini adalah negara terkecil kedua di Amerika Selatan dan salah satu yang paling stabil secara ekonomi dan politik.

Uruguay berbatasan dengan Rio Grande do Sul di utara, Brasil di barat, Sungai Uruguay di barat, muara sungai Rio de la Plata dengan Argentina di selatan, dan Samudra Atlantik di selatan. Uruguay, dengan luas sekitar 176.000 kilometer persegi (68.000 sq mi), adalah negara terkecil kedua di Amerika Selatan setelah Suriname.

Colonia del Sacramento, salah satu koloni Eropa tertua di Uruguay, didirikan oleh Portugis pada tahun 1680. Montevideo didirikan oleh orang Spanyol pada awal abad ke-18 sebagai benteng militer. Uruguay memperoleh kemerdekaan pada tahun 1811 setelah perjanjian tripartit antara klaim dari Spanyol, Argentina dan Brasil. Ini adalah demokrasi konstitusional, dengan presiden melakukan peran kepala negara dan kepala pemerintahan.

7. Brazil

Titik paling selatan Brazil terletak di Rio Grande do Sul pada 33°45? Lintang Selatan. Rio Grande do Sul secara harfiah berarti Great River of the South atau Great River of the South.

Rio Grande do Sul terletak di zona beriklim selatan dan memiliki iklim subtropis yang lembab. Dari Juni hingga September, negara bagian di Brasil ini mengalami hujan lebat dan angin sejuk barat daya yang disebut minuano. Minuano terkadang menyebabkan suhu turun di bawah 0 derajat Celcius, terutama di pegunungan, sehingga terkadang turun salju.

8. Lesotho

Lesotho memiliki titik paling selatan Quthing pada 30°40? Lintang Selatan. Quthing adalah sebuah distrik di Lesotho, juga dikenal sebagai kota perkemahan dengan sisa-sisa dua pasang jejak kaki dinosaurus prasejarah.

9. Namibia

Namibia memiliki titik paling selatan di dekat Onseepkans pada garis lintang 28°58? Lintang Selatan. Onseepkans adalah pemukiman kecil yang terletak di tepi Sungai Oranye di provinsi North Cape Afrika Selatan. Hutan Quiver (Kokeboom dalam bahasa Afrikaans) antara Pofadder dan Onseepkans adalah hutan terbesar di Belahan Bumi Selatan.

Suhu musim panas di Onsepkaans bisa melebihi 50°C. Sedangkan pada akhir musim dingin, suhu di bawah 30°C masih dapat dirasakan.

10. Paraguay

Titik paling selatan Paraguay adalah Pulau Yacyretá di 27°43? Lintang Selatan. Pulau Yacyretá, yang berarti tanah bulan, adalah sebuah pulau di Itapúa, Paraguay. Pulau Yacyretá terletak di Sungai Paraná yang dipisahkan oleh Bendungan Yacyretá. Pulau ini terkenal dengan bukit pasir putihnya. Pulau ini berpenduduk sekitar 400 orang yang sebagian besar hidup dari mencari ikan.

Karakteristik Negara Paling Selatan

Iklim di Belahan Bumi Selatan cenderung lebih sejuk daripada iklim di garis lintang yang sama di Belahan Bumi Utara, kecuali Antartika yang lebih dingin daripada Kutub Utara.

Hal ini disebabkan karena luas perairan di belahan bumi selatan lebih besar daripada di belahan bumi utara, dan hal ini juga disebabkan oleh sifat air di laut yang cenderung lebih lambat mengalami perubahan suhu dibandingkan di darat. Selain itu, hal itu juga menyebabkan perbedaan sejauh mana gas rumah kaca yang terperangkap.

Di Belahan Bumi Selatan, matahari bergerak dari utara ke timur ke barat, meskipun di utara Garis balik selatan matahari bisa berada tepat di atas kepala atau sedikit ke utara pada siang hari. Matahari mengikuti jalur kanan-ke-kiri di langit utara tidak seperti gerakan Matahari dari kiri ke kanan yang terlihat dari belahan bumi utara saat melewati langit selatan.

Bayangan matahari berputar berlawanan arah jarum jam sepanjang hari, dan jam matahari terbit berlawanan arah jarum jam. Selama gerhana matahari dilihat dari titik selatan Garis balik selatan, Bulan bergerak dari kiri ke kanan melintasi piringan matahari (misalnya, lihat cuplikan gerhana berwaktu dari 13 November 2012), terlihat dari titik utara Garis balik utara (yaitu di belahan bumi utara), Bulan bergerak dari kanan ke kiri selama gerhana.

Mempelajari tentang geografi, sebenarnya sudah diajarkan sejak kita duduk di SMA. Nah, untuk kamu yang mendalami ilmu geografi, maka buku Geografi Peminatan Kurikulum 2013 SMA/MA Kelas 12. Materi dalam buku ini akan lebih mudah untuk dipahami dan pastinya juga dilengkapi dengan kumpulan soal.

Zona tengah, yang merupakan bagian dari belahan bumi selatan, hampir seluruhnya merupakan lautan. Konstelasi Sagitarius, yang meliputi pusat galaksi, adalah konstelasi selatan dengan Awan Magellan.

Ketiga elemen ini dipadukan dengan langit malam yang cerah akan menampilkan pemandangan langit malam yang indah dengan bintang-bintang yang lebih terang.

Hutan di belahan bumi selatan juga memiliki karakter uniknya sendiri yang membedakannya dari hutan di belahan bumi utara. Misalnya Australia dan Chile memiliki jenis Fagus yang sama yaitu Nothofagus.

Selandia Baru juga memiliki tumbuhan yang sama, tetapi dalam subgenus yang berbeda. Selain itu, tanaman asli Belahan Bumi Selatan adalah eucalyptus, pohon asli Australia yang saat ini digunakan sebagai biofuel.

Penutup

Demikian ulasan informasi mengenai negara paling selatan di dunia. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi geografi lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Sumber: dari berbagai sumber

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

BACA JUGA:

Negara Tertua di Dunia: Mengintip Peradaban Dunia

10 Negara Terkaya di Dunia

Mengenal 9 Negara Eropa Barat Yang Kaya Dan Makmur

11 Negara Islam Terbesar di Dunia Beserta Jumlah Populasinya

10 Negara Dengan Gaji Pilot Tertinggi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.