in

13 Rekomendasi Merk Sepeda Terbaik yang Perlu Diketahui

Merk sepeda terbaik – Bagi kamu yang hobi bersepeda, biasanya akan mencari merk sepeda yang sesuai dengan kesukaannya. Selain itu, tak sedikit juga seseorang yang hobi sepeda sesuai dengan merk sepeda terbaik. Merk sepeda terbaik ini sangatlah beragam, ada yang merk lokal dan ada juga yang merk internasional.

Tidak hanya itu, merk sepeda, biasanya dapat dibedakan dari jenisnya. Dalam beberapa tahun ke belakang terutama saat masa pandemi yang di mana banyak orang yang menyukai sepeda, sepeda gunung dan sepeda lipat menjadi primadona. Oleh sebab itu, pada masa itu, penjualan sepeda sangat laris hingga mengalami kenaikan harga.

Pada artikel ini kita akan membahas merk sepeda terbaik dari sepeda gunung dan sepeda lipat. Selain itu, artikel ini juga akan membahas tips memilih sepeda yang baik agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini:

Merk Sepeda Gunung Terbaik yang Direkomendasikan

Sepeda Gunung Wimcycle

Merk sepeda terbaik
wimcycle

Sudah bukan rahasia lagi jika Wimcycle menjadi salah satu merk sepeda gunung lokal terbaik yang menjadi favorit para penggiat sepeda. Hal ini karena kualitasnya juga keawetannya yang sangat baik. Kini, sepeda gunung Wimcycle sudah berhasil melebarkan sayapnya hingga kancah internasional, lho!

Ada banyak varian sepeda Mountain Bicycle (MTB) dari Wimcycle yang dapat menjadi pilihanmu, mulai dari desain dan material, ukuran ban hingga berbagai fitur percepatan yang berbeda-beda yang dapat kamu cocokkan sesuai dengan kebutuhan. Adapun rentang harga sepeda gunung Wimcycle sekitar Rp1.250.000 – Rp3.750.000.

Sepeda Gunung Polygon

Merk sepeda terbaik
Sumber: lifstyle.kompas.com

Satu lagi merk sepeda gunung terbaik dan berkualitas serta menjadi hasil karya anak bangsa berikutnya adalah Polygon. Meskipun merk lokal, sepeda gunung Polygon sendiri berhasil menembus pasar internasional dengan kualitasnya yang tak perlu diragukan lagi.

Selain itu, ketahanan sepeda ini juga terbilang sangat tangguh, sehingga penggunaannya akan lebih awet digunakan. Bahkan, merk sepeda terbaik Polygon ini tersedia juga dalam berbagai model yang kekinian, sehingga sangat cocok untuk semua umur.

Sepeda Polygon mulai dari harga yang terjangkau hingga puluhan juta untuk versi premium. Rentang harga merk sepeda Polygon ini berkisar Rp1.720.000 – Rp27.300.000.

lifstyle.kompas.com

Sepeda Gunung United

Merk sepeda terbaik
Sumber: unitedbike.com

Merk sepeda gunung yang menjadi kompetitor terberat Polygon, adalah United. Merk sepeda terbaik United ini juga dilengkapi dengan komponen-komponen yang kualitasnya terjamin.

Bahkan, sepak terjangnya sebagai produsen sepeda gunung terbaik selama puluhan tahun tak perlu diragukan lagi. Tentunya, hal ini menunjukkan bahwa sepeda dengan merk United ini telah menjadi salah satu merk sepeda gunung kesayangan pesepeda Indonesia. rentang harga sepeda gunung merk United mulai dari Rp1.600.000 hingga Rp15.275.000.

Sepeda Gunung Odessy

Bagi yang menyukai bersepeda off-road, maka kamu harus menjajal atau mencoba merk sepeda gunung Odessy. Merk sepeda Odessy sendiri memang memfokuskan diri dalam menciptakan sepeda yang tak biasa, dengan memberikan kesan mendalam serta pengalaman mewah saat bertualang dengannya.

Penggunaan frame yang kuat serta suspensi yang empuk, kemudian akan memberikan kenyamanan dalam bersepeda. Sepeda gunung Odessy sangat cocok dikendarai di kondisi jalanan apa pun, termasuk saat melintas di berbagai medan sulit di pegunungan. Harga sepeda gunung merk Odessy ini biasanya memiliki rentang harga mulai dari Rp1.450.000 hingga Rp2.736.000.

Sepeda Gunung Aviator

Merk sepeda terbaik
Sumber: celciusodessy.co.id

Merk sepeda gunung selanjutnya adalah sepeda gunung Aviator. Frame sepeda gunung Aviator ini dibuat dari komponen terbaik dari Jepang serta memiliki suspensi yang empuk. Oleh karena itu, sepeda ini kemudian dapat digunakan di jalan raya ataupun medan off-road.

Sepeda gunung Aviator sendiri dihadirkan dengan beragam desain, mulai dari yang elegan hingga yang sporty,. Jadi, kamu tinggal pilih sesuai selera dan sebaiknya disesuaikan dengan karakter kamu. Bicara soal harga, merk sepeda gunung Aviator ini berkisar Rp1.250.000 – Rp4.219.800.

Sepeda Gunung Avand

Merk sepeda terbaik
Sumber: pricearea.com

Merk sepeda gunung Avand merupakan rekomendasi sepeda gunung terbaik selanjutnya yang dapat digunakan di berbagai kondisi jalanan apapun. Desain frame-nya juga cukup elegan berpadu dengan bahan-bahan yang kokoh serta sistem rem hydraulic.

Kolaborasi ini sendiri menjadikan sepeda gunung Avand tidak hanya nyaman dikendarai, tetapi juga memiliki kualitas yang tinggi. Rentang harga dari sepeda gunung Avand sekitar Rp1.700.000 – Rp3.651.000.

Sepeda Gunung Senator

Merk sepeda terbaik
Sumber: tokopedia.com

Rekomendasi merk sepeda Mountain Bike (MTB) berikutnya ialah sepeda Senator. Sepeda gunung Senator juga merupakan sepeda produksi lokal yang diikuti dengan kualitas serta kekuatan yang tak kalah jika dibandingkan dengan sepeda dari brand luar yang telah memiliki nama.

Sepeda ini juga menawarkan desain yang kokoh serta daya tahan tangguh. Uniknya lagi, merk sepeda ini juga tersedia untuk segala usia. Harganya terjangkau serta menjadi salah satu alasan untuk memilihnya sebagai sepedamu. Adapun kisaran merk sepeda gunung Senator, kurang lebih Rp950.000 – Rp2.336.000.

Sepeda Gunung Genio

Merk sepeda terbaik
Sumber: sepeda.me

Merk sepeda gunung buatan lokal lainnya yang tak kalah berkualitas tinggi adalah Genio. Berada dalam rumah produksi yang sama dengan sepeda United, sepeda gunung Genio juga dibuat dengan komponen-komponen terbaik.

Genio MTB sendiri ramah digunakan di berbagai medan, tak hanya di jalan raya tapi juga di soft off-road. Sepeda gunung Genio ini memiliki kisaran harga mulai dari Rp1.180.000 sampai Rp2.650.000.

Sepeda Gunung Thrill

Merk sepeda terbaik
Sumber: thrillbicycle.com

Satu lagi MTB yang dapat menjadi andalan serta memiliki kualitas tinggi, yakni Thrill. Merk sepeda gunung Thrill ini mengutamakan kenyamanan dalam bersepeda. Oleh karena itu, sepeda gunung Thrill juga dibuat dengan komponen berkualitas yang ringan serta fleksibel.

Dengan begitu sepeda gunung Thrill dapat digunakan untuk bersepeda sehari-hari serta digunakan di berbagai medan yang lebih sulit dan tetap mendapatkan kenyamanan maksimal. Harga yang ditawarkan juga sebanding dengan semua yang akan dinikmati pengguna selama memakai sepeda ini.

Jika kamu ingin membeli sepeda gunung dengan merk Thrill, maka harus mempersiapkan budget atau biaya, mulai dari Rp3.300.000 – Rp14.855.000.

Sepeda Gunung Turanza

Merk sepeda terbaik
Sumber: tribunjualbeli.com

Merk sepeda gunung Turanza ialah sepeda gunung yang direkomendasikan berikutnya. Turanza MTB juga dibekali dengan rangka sepeda yang ringan serta anti karat, rem hidrolik yang pakem serta bersuspensi.

Merk sepeda Turanza juga menjadi pilihan merk untuk sepeda gunung karena dijamin dapat membuat kegiatan bersepeda terasa nyaman dan menyenangkan. Harga dari sepeda ini, mulai dari Rp1.800.000 sampai Rp4.780.000 .

Rekomendasi Merk Sepeda Lipat Terbaik

Polygon Urbano 3

Merk sepeda terbaik
Sumber: polygonbikes.com

Siapa yang tak kenal Polygon? Telah Berdiri sejak tahun 1989, perusahaan ini telah melahirkan berbagai sepeda berkualitas yang mampu bersaing di pasar internasional. Polygon juga telah mendistribusikan produknya di 500 outlet di berbagai belahan dunia. Polygon juga telah banyak menghasilkan sepeda-sepeda berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Seperti sepeda lipat Urbano 3.0 ini, yang cocok digunakan untuk kaum urban ibu kota. Desainnya simpel dengan frame ringan, roda alloy ukuran 20 inch, dan fender dan v-brake yang kuat, sehingga kamu dapat meningkatkan visibilitas penggunanya.

Polygon Urbano 3 ini juga memiliki kecepatan 7 speed dengan menggunakan Shimano Tourney dan dilengkapi pedal yang dapat dilipat. Tempat duduk sepeda ini juga dirancang lebih tegak untuk memberikan kenyamanan kepada para pengendaranya.

Dahon SUV D6

Merk sepeda terbaik
Sumber: productnation.com

Jika ingin mengganti sepeda lipat bekas milikmu, maka sepeda buatan Dahon ini dapat dijadikan sebagai pilihanmu. Merk sepeda Dahon sendiri merupakan salah satu produsen sepeda lipat terbesar dari Los Angeles, California, AS.

Sepeda ini juga memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan sepeda lipat pada umumnya. Tak heran kini merk Dahon kemudian telah menjadi pionir sepeda lipat di dunia. Salah satu sepeda yang direkomendasikan adalah Dahon SUV D6. Jenis sepeda ini dilengkapi dengan roda yang kompak serta frame yang dapat dilipat dalam hitungan detik. Terlebih stabilitasnya yang bagus, kemudian akan sesuai untuk pengguna dengan postur tinggi.

Sepeda ini juga dapat melaju mulus di sepanjang trotoar maupun jalan bergelombang. Dari segi mobilitas, sepeda ini juga sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Tidak hanya itu, Dahon SUV D6 ini juga ideal digunakan untuk bersantai atau berpetualang di alam bebas.

Frame sepeda ini juga terbuat dari Hi-Ten Steel dengan SD Latch Design, yang kemudian mampu menghasilkan performa seimbang serta menghasilkan kestabilan yang baik. Dengan 6 kecepatan, Dahon SUV D6 siap menemani kegiatanmu dimanapun dan kapanpun.

United Stylo

Merk sepeda terbaik
Sumber: unitedbike.com

United Stylo menggunakan ban berukuran 16 inci serta dilengkapi dengan 28 spokes (jari-jari). Sepeda lipat 16 inch terbaik ini juga memiliki boncengan di bagian belakang yang dapat dimanfaatkan sebagai bagasi mini.

Kamu juga dapat menyimpan sepeda praktis ini ke dalam bagasi mobil ataupun di area bawah meja. Sepeda dengan ukuran 16 inci ini juga sangat ringkas serta mudah disimpan, sehingga menjadikannya menjadi salah satu merk sepeda lipat yang bagus. Sepeda lipat United Stylo ini cocok digunakan untuk dewasa dan anak-anak.

Tips Memilih Sepeda

Pilih jenis sepeda yang tepat

Tahukah kamu jika sepeda kemudian dibagi lagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan medan yang dilalui. Berikut di bawah ini beberapa jenis sepeda sesuai dengan medannya yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan:

Mountain Bike

Seperti namanya sepeda ini dirancang untuk digunakan di jalanan tanah serta jalur berbatu dan jalan-jalan yang curam di pegunungan. Selain itu, pada umumnya sepeda ini kemudian dirancang dengan kerangka lebih kuat serta lebih tahan goncangan.

Road Bike

Bagi kamu yang hanya ingin bersepeda di jalan perkotaan saja, maka sepeda jenis ini dapat kamu pilih.Hal ini karena sepeda ini berfokus pada kecepatan dan sepeda ini juga memiliki bentuk setang yang melengkung ke bawah serta menempatkan pengendara dalam posisi aerodinamis.

Hybrid Bike
Sepeda jenis ini juga berada di antara road bike serta mountain bike. Sepeda ini tidak bisa secepat road bike serta tidak tahan terhadap goncangan seperti mountain bike. Maka dari itu, sepeda ini kemudian lebih cocok untuk kalian yang hanya ini kebugaran saja.

Perhatikan ukuran sepeda

Sebelum membeli sepeda, kamu juga harus memperhatikan juga ukuran sepeda. Sebagian besar produsen sepeda memiliki grafik ukuran serta mencantumkan ukuran sepeda berdasarkan kepada tinggi badan pengendara.

Selain itu, hal yang harus kamu perhatikan lagi ialah pada standover serta jarak dari kursi ke setang. Kursi yang berada jauh dibawah setang akan membuat perjalanan menjadi terasa nyaman. Sementara itu, kursi yang sejajar dengan setang akan membuatmu lebih banyak tenaga untuk mengayuh pedal.

Pilih sepeda yang cocok dengan budget-mu

Setiap sepeda juga tentunya memiliki rentang harga yang berbeda-beda. Semakin bagus sepeda, maka harganya pun akan semakin tinggi. Agar kamu tak menyesal kemudian, pilihlah sepeda yang cocok dengan budget yang kamu miliki serta sepeda yang benar-benar kamu butuhkan.

Buku-Buku Terkait

Belajar Memperbaiki Sepeda

 

Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakan kaki untuk menjalankannya. Sepeda termasuk salah satu kendaraan yang ramah lingkungan karena tidak menggunakan mesin yang memerlukan bahan bakar dan menghasilkan polusi udara.

Sepeda dikenal memiliki beberapa manfaat, selain sebagai alat transportasi, sepeda juga merupakan alat untuk berolahraga yang tentunya akan berkaitan dengan kesehatan penggunanya. Di dalam buku belajar memperbaiki sepeda, dijelaskan mengenai perkembangan sepeda dari zaman dahulu, memahami bagian-bagian dan perlengkapan sepeda, bahan dan alat perkakas untuk pemeliharaan perbaikan sepeda, mengenal kedudukan alat pengemudi, menyetel dudukan sadel, alat pendayung, rantai, kedudukan roda, dan jari-jari roda.

Masih dalam buku ini, pembaca akan mengetahui cara menambal ban bocor serta cara mengecat sepeda.

London Taxi Crb Bicycle 700M (Assorted)

https://www.gramedia.com/products/london-taxi-crb-bicycle-700m-assorted?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Sepeda city bike 700C yang didesain classic dengan Shimano 6 speed, frame Hi ten steel, serta frame size 510 mm. Sepeda ini dilengkapi ban berukuran 700 x 38C Inch untuk memberikan kenyamanan dan performa bersepeda di jalan perkotaan yang datar. Frame : Hi-ten Steel with Original Plate Frame size : 510mm Component : Shimano 6 Speed (Thumb-shifter) Brake Front & Rear : Original white color V-Brake, Full aluminum, Front modulator BB : Cartridge Type Tire : 700 x 38C Original Color Rim : Aluminum CNC side Saddle : Original Clasic design with spring rail Grip : Original design qrip Color : Black , Green.

Bambang Paimo Hertardi Mas Bersepeda Membelah Pegunungan Andes

https://www.gramedia.com/products/conf-bersepeda-membelah-pegunungan-andes?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi


LUAR BIASA! Seruan ini kiranya pas dialamatkan pada apa yang telah dilakukan Paimo. Bayangkan, dengan sepeda yang sebagian komponen dibeli dari pasar loak, ia berani melakukan penjelajahan bersepeda sejauh 6.000 kilometer dari La Paz, ibu kota Bolivia, hingga ke ujung terselatan Benua Amerika, Punta Arenas (Cile).

Saat mengawali penjelajahan, Paimo sempat hanya mampu menuntun sepedanya sejauh 17 kilometer. Medan yang berada di lembah dan punggung Pegunungan Andes, rata-rata 3.600 meter di atas permukaan laut, membuatnya sekadar bernapas saja sulit. Apalagi mengayuh sepeda.

Danau garam terbesar di Amerika Selatan, Salar de Uyuni, adalah medan sulit berikutnya. Sejauh mata memandang hanya kristal putih semata. Selepas itu, padang pasir Atacama yang ganas, panas, kering serta bertiupan angin kencang bak tornado kerap menciutkan nyali.

Buku ini dilengkapi puluhan foto menarik dan eksklusif bidikan Paimo selama 62 hari membelah Pegunungan Andes, penjelajahan yang ia persiapkan selama delapan tahun.

Bersepeda Melintasi Benua, Merambah Dunia

https://www.gramedia.com/products/conf-bersepeda-melintasi-benua-merambah-dunia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Sepeda merupakan sarana transportasi yang murah, ramah lingkungan, dan berdaya jelajah tinggi. Kita bisa mengendarainya sampai jauh ke pelosok daerah dan ke mana pun kita mau. Namun, bagi saya, bersepeda sesungguhnya bukan sekadar menaklukkan jarak, tapi lebih dari itu: untuk menemukan jati diri dan untuk bersikap jujur terhadap kelebihan serta kelemahan diri sendiri.

Walaupun kita sering merasa hidup itu berat dan banyak masalah, kita akan menemukan keindahan kehidupan ini dengan bersepeda. Kita bisa merasakan sejuknya angin pagi atau segarnya tetesan hujan, mendengar kicauan burung atau suara gemerisik semak belukar yang tertiup angin, menghirup wewangian bunga-bunga liar, bau khas tanah basah yang baru disiram hujan, aroma pohon pinus di sepanjang jalan, dan bertemu dengan berbagai jenis satwa liar di habitat alaminya.

Tak hanya itu, ketika melewati berbagai daerah, kita akan menjumpai aneka budaya dan berinteraksi dengan penduduknya. Dalam kesempatan semacam itulah kita akan sering menemukan nilai-nilai persahabatan yang murni tanpa pembedaan kedudukan, ras, dan agama.Pengalaman-pengalaman selama bersepeda akan menjadi guru kita.

Ketika mengayuh sepeda, jarak dan waktu lebur menjadi satu, menciptakan sukacita. Selama ini kita selalu terburu-buru dikejar waktu, tapi dengan bersepeda jarak jauh kita belajar menikmati waktu dan merayakan kehidupan yang dikaruniakan oleh Sang Maha Pencipta.

Demikian pembahasan tentang merk sepeda terbaik. Lalu, setelah membaca artikel ini sampai selesai, kamu ingin membeli sepeda merk apa? Kamu juga mencari berbagai macam buku tentang sepeda di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat ya!

Penulis: Sofyan

Baca juga:

Written by M. Hardi