in

15 Rekomendasi Merk Printer Terbaik Sesuai Kebutuhanmu!

pexels.com

Merk Printer Terbaik – Jika kita berbicara tentang periferal komputer, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan mesin pencetak dokumen atau biasa disebut printer. Printer merupakan sebuah perangkat pendukung yang dipakai untuk mencetak dokumen dari data digital ke dalam fisik lewat media kertas.

Printer seringkali dipakai terutama di sektor bisnis dan juga pendidikan. Hingga saat ini printer tidak hanya memiliki teknologi untuk mencetak, tetapi ada teknologi yang semakin diperbaharui, sehingga printer terlihat lebih canggih, bahkan sudah bisa terhubung ke smartphone tanpa melalui komputer.

Di Indonesia sendiri, ada banyak pilihan printer yang kita ketahui seperti Epson, HP, Canon, dan sebagainya. Jika kamu masih bingung untuk memilih printer yang sesuai dengan kebutuhanmu, maka kamu bisa simak artikel dibawah ini mengenai merk printer terbaik dan tips untuk memilih printer yang baik.

Tips dan Cara Memilih Printer yang Bagus

merk printer terbaik
merekbagus.com

Untuk bisa melihat kualitas printer dalam mencetak dokumen, printer harus bisa mencetak dokumen teks hingga gambar berwarna. Lalu, agar cetakan yang dihasilkan menjadi lebih sempurna sesuai dengan digitalnya, maka produk yang dirancang memang dikhususkan untuk fungsi pencetakan berdasarkan jenis dokumennya. Berikut adalah tips dan cara untuk memilih printer yang bagus.

1. Gunakan printer inkjet untuk mencetak gambar dan foto

Jika kamu membutuhkan printer hanya sebatas untuk mencetak foto dan gambar dengan kualitas bagus, maka kamu bisa memilih printer berjenis inkjet. Printer inkjet memiliki ukuran lebih kecil, sehingga kamu tidak harus menyediakan banyak ruang untuk meletakkannya.

Printer inkjet memiliki kemampuan mencetak foto maupun gambar-gambar dengan kualitas yang halus dan hasil warna yang tajam. Harga printer jenis ini juga lebih murah dibandingkan jenis printer lainnya.

Namun, biaya operasionalnya bisa saja menjadi tinggi karena kamu menggunakannya untuk mencetak gambar dan foto dalam jumlah besar. Hal ini tentunya disebabkan karena jika kamu ingin mencetak gambar atau foto dalam jumlah besar pastinya membutuhkan tinta dalam jumlah yang lebih banyak.

2. Gunakan printer laser untuk mencetak dokumen teks lebih cepat dan banyak

Jika printer inkjet bisa mencetak gambar atau foto lebih tajam dibandingkan printer biasa, maka printer jenis ini bisa mencetak dokumen teks dengan puluhan bahkan ratusan halaman dengan lebih cepat.

Cara kerja printer jenis ini hampir sama dengan mesin fotokopi, sehingga bisa mencetak dokumen dengan sangat cepat. Harga printer laser ini juga lebih terjangkau. Meskipun bisa mencetak dokumen hitam putih dengan lebih cepat, printer laser juga bisa diatur dengan metode warna untuk cetak gambar tapi memang hasilnya tidak sebagus jika dibandingkan printer inkjet.

3. Pertimbangkan printer berdasarkan fungsinya

Selain jenis printer dibedakan menjadi dua jenis yang berbeda, kamu juga perlu memperhatikan fungsi utama dari printer yang ingin kamu beli. Jika kamu sudah tahu apa yang menjadi lebih dominan, maka pilihlah sesuai dengan kebutuhan yang lebih dominan seperti apa. Misalnya, jika kamu lebih sering mencetak dokumen, maka kamu bisa memilih printer yang memiliki fungsi cetak, selain lebih murah kamu juga bisa merasakan manfaat maksimal dengan fungsi utamanya.

Jika kamu belum mengetahui prioritas utama kebutuhan kamu dalam memakai printer, maka yang paling aman adalah kamu bisa memilih printer multifungsi. Printer jenis ini bisa menjadi pilihan hemat pada kegiatan operasionalnya, karena printer ini bisa untuk mencetak dan menyalin dokumen serta mengirim faks.

4. Pilih berdasarkan jenis cartridge yang digunakan

Setiap printer pasti memiliki model wadah tinta (cartridge) yang berbeda-beda. Ada 3 jenis macam cartridge yaitu integrated, split, dan toner. Simak penjelasan ketiganya dibawah ini.

a. Integrated type

Cartridge jenis ini terdiri dari dua buah yang digunakan sebagai wadah dari satu hingga empat warna. Karena menyatu dalam dua tempat, seringkali kasus cartridge tidak bisa digunakan ketika salah satu tinta habis. Meski menggunakan cara lain dengan memindahkan tinta ke wadah yang sudah habis, namun hal itu bisa membuat cartridge mengalami kerusakan.

b. Split Type

Cartridge jenis ini terdiri dari beberapa wadah tinta untuk setiap warna tinta. Dengan jenis cartridge ini kamu bisa mengganti warna tinta yang habis tanpa harus membeli cartridge yang baru. Jenis ini sangat cocok jika kamu ingin mencetak gambar dalam warna yang sama lebih banyak.

c. Toner type

Jenis catridge ini digunakan pada printer laser, cartridge ini lebih mahal karena tintanya dapat bertahan meski sudah mencetak banyak sekali dokumen. Sangat cocok untuk kamu yang sering mencetak dokumen monokrom dengan intensitas yang tinggi.

Pada dasarnya, masing-masing printer memiliki kelebihan dan kekurangan tentunya. Kamu bisa kembali mempertimbangkan hal itu. Selain jenis cartridge-nya, kamu bisa memperhatikan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan penggantian cartridge ketika tinta di dalamnya sudah habis.

5. Pilih tinta printer berdasarkan apa yang ingin dicetak

Selain jenis printer tunggal atau multifungsi dan cartridge nya, untuk hasil yang lebih maksimal kamu juga bisa memastikan bahwa tinta yang akan kamu gunakan sesuai dengan apa yang ingin kamu cetak. Saat ini, sudah ada 3 jenis tinta yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ada tinta warna, tinta pigment, dan tinta hybrid.

Tinta warna memerlukan waktu yang lama dalam pengeringan dan mudah luntur jika terkena air. Sementara itu, tinta pigment akan maksimal dipakai untuk mencetak dokumen dan tidak mudah tembus karena memiliki partikel yang lebih besar.

Namun, tinta pigment tidak cocok untuk mencetak foto dan gambar. Jika kamu tidak selalu mencetak dokumen, maka kamu bisa memilih tinta hybrid, tinta ini bisa menghasilkan hasil yang maksimal dalam mencetak dokumen dan juga foto atau gambar. Meski begitu, harga yang harus dibayar untuk tinta ini jelas lebih mahal dibandingkan tinta biasanya.

Merk Printer Terbaik

Grameds, dengan penjelasan diatas mengenai tips memilih jenis printer yang bagus kamu tidak perlu bingung lagi. Berikutnya adalah beberapa jenis merk printer terbaik dari merk-merk terkenal:

1. HP Laser Jet Pro M12w

Merek Printer Terbaik
pinterest.com

Merk printer terbaik pertama, Printer laser merk HP ini cocok untuk kamu yang ingin membeli printer untuk kebutuhan kantor. Produk printer ini bisa mencetak dokumen monokrom hingga 18 ppm (page per minute). Tray untuk menampung kertas dari printer ini juga mampu untuk menampung 150 lembar. Jika dilihat dari fungsinya memang bisa mencetak dokumen dengan warna tunggal, tetapi printer ini sudah dilengkapi dengan metode konektivitas nirkabel, yang sangat cocok untuk kamu yang ingin mencetak dokumen dari smartphone.

2. Canon Pixma MG2570S

Merek Printer Terbaik
pinterest.com

Merk printer terbaik kedua, Printer ini bisa dikatakan printer multifungsi dengan harga yang ekonomis. Seri Pixma ini bisa melakukan cetak, pindai, dan fotokopi. Jika kamu tidak begitu sering akan menggunakan printer, printer jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Printer ini memiliki kecepatan cetak 8.o ipm untuk tinta hitam dan 4.o ipm untuk tinta berwarna.

Oleh karena itu, kamu juga bisa lebih leluasa untuk menentukan jenis dokumen yang ingin dicetak. Hasil cetakan dari printer ini memiliki resolusi 4.800 dpi. Desain dari printer ini juga bisa dikatakan elegan dan ukurannya ringkas, sangat cocok ditempatkan di area yang sempit sekalipun.

3. Brother DCP-T300

Merek Printer Terbaik
pinterest.com

Printer ini dikatakan printer multifungsi yang bisa menjadi unggulan dari berbagai sisi. Jika kamu ingin mendapatkan hasil cetakan maksimal untuk berbagai ukuran kertas, maka produk ini layak untuk dipilih. Printer ini dapat mencetak kertas ukuran A4, A5, A6, Letter dan Photo-2L.

Resolusi yang dalam setiap dokumen yang dicetak mencapai 1.200 x 6.000 dpi. Kecepatan cetak dari produk ini mencapai 10 ppm untuk tinta hitam dan 27 ppm untuk tinta berwarna. Jika kamu ingin mencetak dokumen dan mencetak foto dan gambar dengan resolusi tinggi, printer ini bisa menjadi pilihan untuk kamu.

4. Canon Selphy CP1200

Merek Printer Terbaik
pinterest.com

Printer dari merk Canon ini bisa disebut sebagai printer foto dan gambar yang memberikan hasil yang luar biasa. Produk ini cocok untuk kamu yang sering ingin mencetak foto-foto berwujud fisik. Resolusi printer ini sendiri mencapai 300 x 300 dpi, sehingga hasilnya pun akan tampak lebih nyata. Layar display dikelilingi oleh panel operasi yang bisa membuat kamu melakukan pengaturan terlebih dahulu sebelum melakukan pencetakan. Kamu juga bisa memotong foto atau gambar untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

5. HP Color Laser Jet Pro MFP M1777fwK

Merek Printer Terbaik
pinterest.com

Printer merk HP ini bisa kamu gunakan sebagai mesin pencetak berbagai jenis dokumen tanpa ribet oleh kegiatan mencolok kabel. Printer ini didesain dengan kecepatan cetak mencapai 17 ppm untuk tinta hitam dan 4 ppm untuk tinta berwarna. Printer ini dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi, dan bisa mencetak langsung dari aplikasi Apple dan Air Print. Printer ini akan mengutamakan kemudahan untuk kamu tanpa mengesampingkan fungsi dan performa nya.

6. Panasonic KX-MB2275

Merek Printer Terbaik
pinterest.com

Jika kamu memerlukan printer untuk menunjang operasional kantor, kamu bisa menggunakan jenis printer ini untuk kamu pilih. Printer ini dirancang dengan berbagai fungsi seperti melakukan print, scan, copy bahkan dilengkapi dengan fungsi fax, cordless telepon dan intercom. Printer ini memiliki kecepatan print hingga 28 ppm. Untuk mode hitam putih, printer ini menggunakan laser print dengan hasil yang tajam. Selain itu, produk ini juga bisa digunakan untuk membuat fotokopi berwarna.

7. Epson L360

Merek Printer Terbaik
pinterest.com

Jika kamu ingin membuka usaha fotokopi kecil berskala kecil dan menengah, printer ini bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Pasalnya, printer ini merupakan printer yang banyak dipakai oleh para pengusaha fotokopi. Selain itu, printer ini memiliki harga yang relatif murah.

Printer ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi untuk mencetak dari smartphone. Produk ini memiliki kecepatan cetak 33 ppm untuk tinta hitam dan 15 ppm untuk tinta berwarna. Hal ini dikarenakan memiliki sematan teknologi print head Micro Piezo TMnya.

8. Fuji Xerox DocuPrint CP225W

Merek Printer Terbaik
pinterest.com

Printer ini dirancang agar ramah lingkungan dengan memiliki fitur Eco-Friendly yang dipusatkan pada teknologi S-LED untuk mesin cetak dan EA-Eco untuk tonernya. Kecepatan cetaknya mencapai 18 ppm membuat printer ini bisa digunakan untuk aktivitas kantoran atau usaha swasta berskala besar. Printer ini juga memiliki desain yang cukup elegan jika digunakan untuk di kantor.

Selain itu, printer ini memiliki resolusi cetak mencapai 1.300 x 2.400 dpi, sehingga memberikan kamu kualitas cetakan yang sangat baik. Printer ini juga memiliki memori internal 256 gb yang berfungsi agar kamu bisa menyimpan berbagai dokumen siap cetak di dalamnya.

9. Epson L120

Merek Printer Terbaik
pinterest.com

Jika kamu ingin membeli printer ini, kamu memerlukan ruang yang cukup luas karena body dari printer ini didesain memiliki cartridge yang berada di samping bodi utama sehingga kamu bisa mengisi tinta dengan mudah. Printer ini tersedia dalam 2 ukuran yaitu 40 ml dan 70 ml. Printer ini mampu mencetak hingga kecepatan 8.5 ipm untuk cetakan hitam putih dan 4.5 untuk cetak warna. Printer ini dilengkapi dengan garansi resmi selama 2 tahun.

10. HP Deskjet Ink Advantage 2135

pinterest.com

Jika kamu hanya memiliki budget dibawah 1 juta rupiah, kamu bisa menjadikan printer ini. Printer ini memiliki resolusi 4.800 x 1.200 dpi dengan kecepatan cetak 20 ppm untuk tinta hitam dan 16 ppm untuk tinta berwarna.

Jika kamu ingin membeli printer yang cukup untuk keperluan harian dirumah, printer ini juga sangat cocok. Printer ini dapat mencetak hitam putih hingga 7.5 lembar per menit dan 5.5 permenit untuk lembar dokumen berwarna. Tidak hanya itu, printer ini memiliki desain yang modern, sehingga meja kerja kamu akan terlihat lebih minimalis.

11. Canon Pixma MX497

pinterest.com

Printer ini merupakan printer multifungsi lainnya yang dikeluarkan oleh canon, printer ini juga sudah dilengkapi dengan Wifi sehingga kamu bisa mencetak hanya melalui smartphone dan juga tablet. Printer ini juga dilengkapi dengan faks yang terdapat memori untuk menyimpan 19 nomor kontak dengan pengiriman maksimal 50 lembar. Bahkan, printer ini juga dilengkapi fitur otomatis jika kamu lupa mematikannya.

12. Canon Pixma G3000

pinterest.com

Printer yang satu ini adalah printer unggulan yang dikeluarkan canon. Fitur yang ada didalamnya juga memiliki 3 sambungan ke perangkat, cloud storage untuk pencetakan otomatis dan integrasi tabung tinta yang mudah diisi ulang.

Printer ini didesain untuk keperluan mencetak banyak tetapi tetap efisien dari segi biaya dan penggunaan tinta. Produk ini termasuk produk all-in-one karena bisa mencetak, memindai dan menggandakan dokumen hanya dengan koneksi wifi. Canon mengklaim untuk satu cartridge bisa mencetak 6000 halaman hitam putih datau 7000 halaman dokumen warna.

13. HP 3775 DeskJet

pinterest.com

HP mengklaim bahwa printer jenis ini adalah sebagai produk all-in-one terkecil di dunia. Hal ini karena printer ini memiliki ukuran yang super ringkas sehingga kamu dengan mudah bisa memindahkannya kemanapun. Printer ini memiliki ketajaman cetak mencapai 4.800 dpi untuk dokumen berwarna dan 1.200 dpi untuk kertas maksimal ukuran A4. Untuk warna hitam putih dan fotokopi bisa mencapai sebesar 300 dpi. Selain itu, kamu juga bisa menghubungkan smartphone kamu dengan printer ini.

14. HP Ink Tank 319

pinterest.com

Printer in didesain untuk membantu kamu bisa mencetak ribuan halaman dengan biaya yang lebih murah. Hanya dengan pengisian 1 kali tangki tinta penuh kamu bisa menghasilkan cetakan sampai 8.000 halaman untuk dokumen berwarna dan 15.000 untuk cetakan hitam putih.Resolusi printer ini juga lumayan tinggi yaitu 4.800 dpi x 1.200 dpi untuk cetak warna sedangkan untuk hitam putih adalah 1.200 dpi x 1.200 dpi. Untuk kecepatan mencetak sekitar 5 ppm untuk dokumen warna dan 8 ppm untuk dokumen hitam putih.

15. Canon Pixma TS307

pinterest.com

Printer ini adalah salah satu jenis printer yang ekonomi, printer ini memiliki fitur yang sungguh modern dan membantu kegiatan akademis sehingga cocok untuk kamu yang masih bersekolah atau berkuliah. Printer ini juga dilengkapi kemudahan melalui smartphone dan tinggal memencet satu tombol, maka kamu bisa mencetak dokumen.

Dari segi kecepatan cetak memang masih sangat jauh jika dibandingkan dengan jenis printer lain, namun jika kamu memilih dari segi harga dan fungsi nya maka ini masih cocok untuk kamu yang masih pelajar.

Nah grameds, itu dia adalah merk printer terbaik yang sudah dirangkum, apakah grameds sudah menemukan apa yang pas untuk kebutuhan grameds? Grameds juga bisa mengunjungi gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait Printer atau buku lainnya. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

BACA JUGA:

  1. Selain Buku, Ini Barang yang Dijual di Gramedia.com
  2. 11 Rekomendasi Merek Laptop Terbaik
  3. 8 Rekomendasi Merk Laptop Terbaik Lengkap dengan Tips Memilihnya!
  4. 15 Tips Memilih Laptop, Ini yang Perlu Diperhatikan
  5. 8 Rekomendasi Aksesoris Macbook
  6. Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Cepat dan Mudah
  7. Merk Buku Tulis di Gramedia yang Bisa Kamu Pilih Sebagai Pelengkap BelajarĀ 

Written by Ananda