in

13 Manfaat Kentang Rebus Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh!

Manfaat Kentang Rebus – Siapa yang tidak kenal dengan makanan kentang rebus? Yap, makanan sederhana yang proses pembuatannya hanya cukup direbus hingga empuk dan diberikan sedikit garam ini disebut-sebut dapat menjadi camilan alternatif untuk mereka yang tengah berdiet. Mengingat kentang juga berperan sebagai pengganti nasi, maka kandungan karbohidratnya tentu saja tidak main-main.

Sayangnya, tidak semua orang tahu akan manfaat kentang rebus yang ternyata tidak hanya bagi kesehatan tubuh saja, tetapi juga pada kecantikan wajah. Itulah mengapa, para selebritis yang berdiet, pasti menu makanan hariannya terdapat makanan kentang rebus ini. Memangnya, apa saja manfaat dari kentang rebus itu? Nah, supaya Grameds memahaminya, yuk simak ulasan berikut ini. Siapa tahu, Grameds tertarik untuk menjadikan kentang rebus sebagai alternatif camilan di kala diet.

Manfaat Kentang
https://www.thespruceeats.com/

7+ Manfaat Kentang Rebus Bagi Kesehatan Tubuh

Dilansir dari sehatq, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah memberikan penjelasan akan seberapa banyak kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram kentang, yakni:

  • Karbohidrat: 13,5 gram
  • Air: 83,4 gram
  •  Protein: 2,1 gram
  • Kalori: 62 kkal
  • Serat: 0,5 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Zat Besi: 0,7 mg
  • Fosfor: 58 mg
  • Kalium: 396 mg
  • Vitamin B1: 0,09 mg
  • Vitamin B2: 0,10 mg
  • Vitamin B3: 1 mg
  • Vitamin C: 21 mg
  • Vitamin B6: 27% AKG
  • Tembaga: 0,4 mikrogram
  • Seng: 0,3 mikrogram

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Manfaat kentang rebus yang pertama adalah untuk melindungi kesehatan jantung kita. Setiap kentang itu mengandung senyawa karotenoid yang bermanfaat sebagai anti peradangan terutama untuk mencegah adanya penyumbatan dinding pada arteri jantung. Artinya, kentang sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung. Terlebih lagi, dengan adanya kandungan vitamin C dan vitamin B6 dapat membantu tubuh dalam mengurangi radikal bebas terutama pada sel jantung.

Vitamin B6 yang terkandung pada sebutir kentang berperan penting pada proses metilasi. Proses ini dapat mengubah homosistein yang merupakan molekul berbahaya menjadi struktur komponen baru dalam protein yang disebut dengan metionin. Nah, perlu diketahui ya Grameds, jika terjadi peningkatan kadar homosistein di dalam tubuh niscaya malah dapat merusak dinding pembuluh darah, sehingga risiko terjadinya serangan jantung dan stroke pun juga akan meningkat.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat kentang rebus kedua adalah untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Dalam satu butir kentang itu terdapat kandungan jenis pati berupa resistant starch yang bermanfaat untuk mengurangi risiko resistensi insulin sekaligus mengendalikan kadar gula darah. Nah, penderita diabetes sangat cocok untuk mengkonsumsi kentang ini guna menjaga kadar gula darah mereka.

Jika ingin meningkatkan kandungan pati tersebut, dapat diolah dengan kentang rebus kemudian masukkan ke kulkas semalaman dan konsumsilah ketika masih dingin. Cara ini dapat menjadi camilan alternatif bagi Grameds yang tengah berdiet.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat Kentang

Manfaat kentang rebus selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan manusia. Keberadaan pati resisten pada sebutir kentang itu tidak hanya dapat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah saja, tetapi juga berperan besar untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ketika kentang sudah masuk ke usus, nantinya pati resisten ini akan “dimakan” oleh bakteri baik, kemudian mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Perlu diketahui bahwa asam lemak rantai pendek ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Mulai dari mengurangi risiko terjadinya kanker dan peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan pada usus besar, membantu pemulihan infeksi usus, dan lainnya.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kentang rebus yang keempat adalah untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Jumlah kalium yang terdapat pada sebutir kentang ternyata lebih banyak dibandingkan dengan buah pisang! Itulah mengapa, kentang disebut-sebut dapat membantu menstabilkan bahkan hingga menurunkan tekanan darah. Kalium yang merupakan mineral ini sangat berperan besar untuk menurunkan tekanan darah. Hal itu karena kalium ini bekerja dengan merangsang pembuluh darah supaya ukurannya lebih lebar.

Tidak hanya itu saja, kentang juga mengandung adanya magnesium dan kalsium yang tentunya berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah supaya tetap normal.

The Architecture of Love | Di balik Pena

5. Meningkatkan Fungsi Saraf dan Otak

Sebelumnya, telah dituliskan bahwa dalam 100 gram kentang itu mengandung vitamin B6 berjumlah 27% AKG. Nah, keberadaan vitamin B6 itu sangat penting lho untuk menjaga kesehatan saraf (neuron) dan otak manusia.

Dilansir dari hellosehat, terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center yang menyatakan bahwa keberadaan vitamin B6 pada kentang itu diklaim mampu menciptakan bahan kimia otak. Bahan kimia otak dapat berupa dopamin (mempengaruhi emosi, kesenangan, rasa sakit, dan konsentrasi), serotonin (memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik), dan norepinefrin (untuk tekanan darah rendah).

Artinya, dengan mengkonsumsi kentang terutama yang diolah menjadi kentang rebus dapat membantu diri kita dalam mengatasi adanya stress, depresi, hingga gangguan kecemasan. Nah, untuk penderita gangguan tersebut, disarankan berkonsultasi dengan dokter ahli untuk membicarakan takaran dan resep menu dari kentang rebus yang sesuai.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Manfaat Kentang

Manfaat kentang rebus yang keenam ini adalah untuk menurunkan adanya risiko penyakit kronis pada tubuh. Mengingat kentang itu memiliki beragam kandungan senyawa flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid yang berperan sebagai antioksidan pada tubuh, sehingga akan mencegah terjadinya radikal bebas yang dinilai dapat merusak sel tubuh. Radikal bebas ini jika dibiarkan menumpuk secara terus-menerus, dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan jantung.

Pada tahun 2011, pihak Nutrition and Cancer pernah melakukan penelitian mengenai umbi-umbian ini. Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa antioksidan dalam kentang ternyata dapat menekan pertumbuhan kanker hati dan usus besar lho…

7. Kenyang Lebih Lama

Manfaat kentang rebus selanjutnya adalah membuat perut kenyang lebih lama. Alasan mengapa kentang dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi adalah karena memiliki kadar serat pangan yang tinggi. Terlebih lagi jika disajikan bersama kulitnya alias tanpa dikupas, maka serat tersebut akan lebih lama diolah oleh tubuh, sehingga perut akan mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama.

Terlebih lagi, kentang memiliki protein yang disebut sebagai PI2 alias Potato Proteinase Inhibitor 2 yang mengurangi nafsu makan kita, sehingga memicu produksinya CCK alias cholecystokinin yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, dilansir dari Gramedia Blog, kentang rebus juga dapat menjadi makanan yang bikin tubuhmu kurus lho…

8. Membantu Masalah Tidur

Hayoo siapa yang masih memiliki masalah tidur sehingga cenderung tidur di jam-jam malam? Berita baik karena manfaat kentang rebus tidak melulu berkaitan dengan penyakit kronis, tetapi juga dapat membantu masalah tidur. Sebutir kentang itu mengandung senyawa alami tryptophan yang dipercaya dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak. Ditambah lagi, adanya kalium yang berupa mineral pada kentang juga bersifat menenangkan bagi otot, sehingga tidurmu akan lebih berkualitas.

Manfaat Kentang

5 Manfaat Kentang Untuk Kecantikan Wajah

https://www.pexels.com/id-id/

Setelah menyimak sederet manfaat kentang rebus untuk kesehatan, kali ini kita akan beralih ke manfaatnya untuk kecantikan wajah. Dilansir dari website Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, berikut ini beberapa manfaat kentang untuk kecantikan wajah.

1. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Sebelumnya, telah dijelaskan berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang, sehingga tentunya manfaat tersebut dapat diterapkan pada kulit wajah, terutama untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Namun perlu diperhatikan bahwa pada manfaat ini, kentang tidak diolah dengan cara direbus ya tetapi dihaluskan untuk menjadi masker wajah. Jika digunakan secara rutin, masker kentang ini dapat juga menyamarkan garis halus pada wajah lho

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Jika olahan kentang rebus memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, maka masker kentang justru akan bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk mencerahkan kulit wajah. Caranya cukup sederhana, yakni dengan mencampurkan kentang utuh dengan minuman yoghurt, jus lemon, atau madu, kemudian barulah dioleskan ke wajah.

3. Melindungi Kulit Wajah Dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat Kentang

Keberadaan masker kentang selain untuk mencegah terjadinya penuaan dini, juga dapat digunakan untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Grameds pasti tahu dong jika kulit wajah yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari nantinya akan terlihat kusam. Nah, masker kentang ini akan mendinginkan wajah dan membantu mencerahkan wajah kembali. Supaya hasilnya maksimal, lakukan secara rutin dua kali seminggu ya…

4. Menghilangkan Mata Panda

Selain dihaluskan untuk dijadikan masker, kentang juga dapat diolah dengan cara diiris dalam potongan besar untuk menghilangkan mata panda. Caranya sangat mudah, yakni kupas kentang dan iris dengan potongan besar. Setelah itu, bungkuslah kentang dengan kain bersih dan tempelkan pada lingkaran hitam di bawah mata. Tunggu selama 20 menit dan bilaslah dengan air hangat.

Cara ini dianggap lebih alternatif karena menggunakan bahan sederhana dan bersifat mendinginkan mata panda.

5. Meningkatkan Produksi Kolagen

Jika Grameds perhatikan, banyak sekali skincare yang berlomba-lomba untuk memiliki kandungan kolagen. Padahal sebenarnya, kentang juga memiliki kandungan tersebut lho, khususnya vitamin C, vitamin B6, potasium, seng, dan fosfor yang dapat meremajakan produksi kolagen pada kulit wajah.

Berbagai Olahan Kentang Untuk Mendapatkan Beragam Manfaatnya

Perlu diperhatikan ya Grameds jika ingin mendapatkan berbagai manfaat dari kentang, tentunya harus mencermati bagaimana olahan kentangnya. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan bahwa olahan kentang juga mempengaruhi seberapa berkhasiatnya pada tubuh kita. Jika Grameds mengkonsumsi kentang yang diolah dengan cara digoreng, tentu saja manfaat tersebut tidak akan sampai ke tubuh kita karena dapat memicu terjadinya risiko kanker. Lalu, bagaimana saja sih olahan kentang yang baik dan benar supaya manfaatnya dapat sampai ke tubuh kita? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Diolah Menjadi Mashed Potato (Kentang Tumbuk)

https://bellyfull.net/

Makanan mashed potato saat ini tengah populer di kalangan muda-mudi yang ternyata tidak hanya enak rasanya tetapi juga menyehatkan. Supaya menjadi lebih sehat, krim atau mentega yang biasa digunakan dapat diganti menjadi Greek Yogurt. Jika tidak ingin bau yoghurt terlalu tajam, dapat ditambahkan bumbu dan bubuk bawang putih.

2. Dipanggang Bersama Kulitnya

Manfaat Kentang
https://www.acouplecooks.com/

Dilansir dari klikdokter, sebutir kentang yang diolah dengan cara dipanggang bersama kulitnya justru akan meningkatkan komponen seratnya, yakni 4 gram serat dan lebih dari 900 mg kalium. Padahal, jika kita mengkonsumsi daging ternyata malah hanya memberikan 2 gram serat dan kurang dari 600 mg kalium saja. Nah, berikut ini cara memanggang kentang yang tepat bersama kulitnya.

  • Potong kentang menjadi setengah lingkaran alias wedges.
  • Oleskan minyak zaitun, kemudian bumbui kentang dengan garam dan merica secukupnya.
  • Untuk membungkus kentang, gunakan saja aluminium foil supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga.
  • Pangganglah di oven dengan suhu sekitar 450°C selama 15-20 menit.

3. Direbus

https://thekitchencommunity.org/

Mengolah kentang dengan direbus dan menjadikannya sebagai kentang rebus sepertinya adalah cara yang paling mudah dan juga sehat. Supaya rasa kentang menjadi lebih gurih, tambahkan saja bumbu berupa garam dan rempah-rempah. Ingat bahwa merebus kentang akan lebih baik bersamaan dengan kulitnya alias tanpa dikupas terlebih dahulu.

4. Dijadikan Sebagai Sup Kentang

Manfaat Kentang
https://www.inspiredtaste.net/

Olahan kentang yang menyehatkan selanjutnya adalah sup kentang. Untuk mengkonsumsinya, pastinya harus bersamaan dengan sayuran tambahan lainnya. Nah, berikut ini cara untuk membuat sup kentang yang sehat.

  • Potonglah kentang menjadi bentuk dadu.
  • Rebus potongan kentang tadi bersamaan dengan berbagai potongan sayuran, seperti brokoli, brokoli, dan seledri.
  • Tambahkan bawang-bawangan ke dalam kuah kaldu rebusan tadi.
  • Tambahkan pula potongan ayam untuk memberikan asupan protein.
  • Tambahkan bumbu supaya rasanya menjadi lebih enak.

Sumber:

https://www.klikdokter.com/

https://www.sehatq.com/

https://hellosehat.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah