in

Pengertian Niche dan Macam Niche Konten di Internet

Pengertian Niche dan Macam Niche Konten di Internet – Untuk anda yang sudah lama berkecimpung di dunia Blogging pasti tidak asing mendengar kata “Niche Konten”. Dalam prosesi pembuatan blog, sebenarnya Anda memiliki kebebasan tersendiri untuk mengisinya dengan konten apa saja. Namun, akan lebih baik jika konten tersebut terfokus pada satu topik tertentu atau niche blog.

Memulai membangun blog dengan niche yang menguntungkan selayaknya memegang uang di tangan sendiri. Banyak sekali para blogger atau penulis di luar sana memperoleh pendapatan dengan memilih niche yang tepat.

Pengertian Niche Konten

blog
Pexels.com

Niche sendiri adalah tema atau topik dibahas khusus untuk blog. Dengan memilih satu niche konten, kita hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama.

Niche merupakan sesuatu hal yang berhubungan dengan konten di dalam suatu blog yang dalam konten tersebut berfokus terhadap satu topik yang jelas dan terarah.

Sebagai contoh,  jika kita membuat blog dengan niche seputar Finansial maka apapun yang perlu bahas di dalam blog atau konten tersebut harus berkaitan dengan Finansial. Dimulai dari masalah keuangan, cara mengatur keuangan, tips menabung dan lainnya.

Niche akan menjadi hati dan nyawa sebuah blog kita bila dipilih dengan bijak. Dengan memilih niche yang sesuai, merupakan sebuah paradigma utama dibalik blogging yang baik. Untuk para blogger baru akan memiliki potensi untuk melakukan kesalahan ketika memilih niche.

Disisi lain,  jika kita tidak fokus pada satu niche blog, akan membuat kamu kesulitan dalam membuat konten. Dan mungkin bisa membuat kita semangat untuk membuatnya, akibatnya tentu akan berdampak buruk terhadap blog atau website kamu.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Panduan Blogging karya Jefferly Helianthusonfri

Panduan Blogging
Panduan Blogging

tombol beli buku

Jenis-jenis Niche Konten

Dengan kita membuat niche blog yang menarik, maka blog tersebut menghasilkan pengunjung yang lebih banyak. Maka dari itu kita perlu memahami apa saja jenis jenis Niche konten sebagai berikut.

1. Micro niche

Yang pertama ini merupakan niche pada blog yang memiliki pembahasannya sudah lebih mendetail dan lebih sempit. Misalnya jika anda akan membahas tentang penulisan SEO, maka anda akan terfokus pada bagian kata kunci (keywords) saja.

2. Whole niche 

Jenis niche pada suatu blog yang cakupan bahasannya luas hingga seluruh topik. Misalnya di blog anda akan membahas topik mengenai komputer. Maka di dalam blog anda, anda akan membahas mulai dari sejarah nya, perkembangan seiring zaman, dan pembahasan lain yang relevan.

3. Themed niche

Memiliki cakupan bahasannya terarah pada satu topik tertentu saja. Jika anda membahas tentang penulis, maka anda akan membahas tentang bagaimana Search Engine Optimization (SEO) sebagai seorang penulis saja.

banner-promo-gramedia

4. Broad niche

Adalah jenis Niche pada suatu blog yang cakupan bahasannya bukan membahas secara menyeluruh, namun sebagian besar topik yang digunakan. Misalnya anda ingin membahas langkah menjadi seorang blogger, maka broad niche ini akan mengulik bagaimana tata cara yang benar menjadi seorang blogger.

Sumber Pendapatan Niche Blogger

Niche dalam blog konten juga dapat dijadikan sumber pendapatan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk menciptakan sumber uang dari niche di blog kita :

1. Menciptakan dan Menjual e-book

Dengan menjual e-book dalam niche konten kita yang tentunya dengan isi e-book yang sesuai dengan niche konten kita, kita dapat menghasilkan uang di dalamnya. Tentu kita harus tetap  menghadirkan isi tulisan yang menarik serta informatif dalam niche konten kita sehingga orang tertarik untuk mengaplikasikan nya dan membeli e-book tersebut.

2. Menjual jasa terkait niche dalam konten kita

Misalkan niche dalam blog kita membahas tentang penulisan artikel yang sesuai dengan SEO yang optimal. kita bisa menyematkan di dalamnya jasa untuk membantu para pengunjung yang tengah membutuhkan penulis untuk keperluan mereka. Dengan memberikan sebuah penawaran jasa yang relevan dengan tulisan kita, maka akan memudahkan kita dalam menghasilkan uang tambahan dari blog tersebut.

3. Menyertakan layanan iklan Pay Per Click (Pay Per Click) di dalam konten kita.

Jika kita adalah salah satu seorang penulis blog dengan konten Indonesia, maka kita bisa memanfaatkan iklan PPC lokal, namun jika kita merupakan penulis dengan blog internasional, kita dapat juga memanfaatkan iklan PPC yang tersedia di luar negeri.

 

Manfaat sebuah Niche Konten

Setelah kita memahami dasar pengertian Niche pada sebuah konten, kita perlu mempersempit pola pikir kita hingga menjadi selayaknya spesialis.

Dengan membuat topik yang menarik akan membantu blog kita semakin banyak di kunjungi. Berikut adalah manfaat yang akan didapat dalam sebuah Niche konten.

1. Persaingan yang sempit

Setelah kita menentukan Niche konten, dapat dipastikan persaingan juga akan semakin berkurang. Mengapa? Karena tidak banyak yang akan memilih konten seperti yang telah kita tentukan.

2. Memiliki dampak yang besar

Dengan memiliki konten tertentu yang kita miliki akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak pengunjung konten kita, akan ada kemungkinan semakin mudah dikenali dan akan tersebar luas melalui rekomendasi mesin pencari.

Semakin banyak pengunjung yang datang ke niche konten kita, membuktikan bahwa niche konten kita merupakan salah satu yang memiliki konten yang menarik.

3. Cepat mengembangkan keahlian

Dengan mendalami dan mengembangkan Niche pada konten kita, semakin banyak pula ilmu serta wawasan yang akan tergali. Karena sebelum kita menulis isi niche, kita perlu riset serta memperdalam wawasan. Sehingga niche konten kita memiliki arah pembahasan yang sesuai.

4. Meningkatkan CTR iklan

Singkatnya CTR merupakan singkatan dari Click Through Rate, yang artinya Rasio yang memperlihatkan seberapa sering pengunjung yang melihat iklan berlanjut mengklik iklan tersebut. Iklan yang relevan dengan niche blog kita akan lebih banyak diklik oleh pengunjung sehingga kita akan mendapatkan bayaran iklan lebih banyak.

 

Kelebihan serta kekurangan sebuah Niche

Banyak para pegiat situs yang memilih blog dengan satu niche konten saja, dengan alasan karena memilih blog niche maka mengatur SEO jadi lebih mudah. Namun ada beberapa Kelebihan serta kekurangan sebuah Niche konten.

Kelebihan Niche Konten

  1. Peluang untuk tampil di halaman pertama mesin pencari semakin besar. Seiring berjalannya waktu, konten yang telah dibuat tersebut salah satunya akan memiliki kemungkinan besar untuk tampil di halaman pertama mesin pencarian.
  2. Blog niche disukai pengiklan. Jika ada seseorang yang menyukai Blog kita dan kebetulan memiliki produk yang sama dengan hal-hal yang berkaitan dengan blog kita, dan secara tidak langsung mereka juga ingin memasarkan produknya melalui halaman konten kita.
  3. Kemungkinan besar pembaca akan setia dengan konten kita. Hal itu terjadi karena pengunjung merasa nyaman dan selalu menemukan apa yang para pembaca butuhkan untuk mereka.
  4. Memiliki daya konten yang dapat dipercaya

Dalam blog yang hanya membahas satu topik saja, sehingga akan lebih mudah diterima oleh para pengunjung situs. Selain informasi yang mereka cari tepat dan akurat, situs yang membahas satu topik saja juga akan dianggap kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kelemahan Niche Konten

  1. Persaingan SEO lebih ketat, karena dengan memiliki satu niche pada konten kita pasti akan ada pesaing lain. Sehingga, secara tidak langsung anda akan bersaing dengan situs-situs seperti itu.
  2. Penulis akan lebih mudah kehabisan ide, apalagi jika kita mengelola blog sendirian. Akan lebih sulit mencari atau menggali ide untuk blog kita, mengingat kita hanya membahas satu topik yang mendalam.
  3. Jumlah trafik yang cukup terbatas, jumlah lalu lintas data yang bisa didapat dari konten akan terbatas bergantung pada banyaknya pengunjung yang tertarik dengan niche yang kita tulis. Namun ada cara untuk mengakalinya, yaitu dengan membuat konten dengan niche lain yang masih berhubungan dengan niche yang telah kita pilih di awal.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Toko Online Professional Dengan Blogger dan WordPress karya Imam Suryono & Java Ctreativity

Toko Online Professional Dengan Blogger dan WordPress
Toko Online Professional Dengan Blogger dan WordPress

tombol beli buku

Contoh dan Macam Niche konten

1. Finansial

Urusan keuangan tidak pernah bisa dianggap sepele. Banyak orang yang perlu informasi serta pengetahuan seputar dunia finansial, mulai dari cara mengatur keuangan, ilmu bisnis, investasi, dan lain-lain.

banner-promo-gramedia

Kita juga dapat bekerja sama dengan berbagai salah satu brand keuangan yang memiliki potensi besar meningkatkan pendapatan kita, seperti dompet online, aplikasi jual beli reksa dana, atau ide untuk konsultasi bisnis online.

2. Teknologi

Perkembangan teknologi semakin canggih dari waktu ke waktu. Banyak orang memanfaatkan mesin pencari untuk menemukan informasi terbaru tentang teknologi.

Di subtopik tentang gawai misalnya, kita menuliskan review spesifikasi antar produk, tips untuk memilih gadget yang cocok untuk gaming, dan lain sebagainya.

Dengan niche ini kita tentu berpeluang mendapatkan keuntungan dari berbagai macam produk teknologi yang bisa kita promosikan. Misalnya dari toko gadget, perangkat lunak terbaru, dan lainnya.

3. Kuliner

Para pecinta dunia kuliner biasanya memerlukan informasi seputar kuliner di internet. Seperti mencari makanan yang enak dan khas, minuman yang sedang ramai di bicarakan, serta resep makanan. Sehingga niche ini memungkinkan kita mendapatkan lebih banyak kunjungan.

Ada banyak hal seputar dunia kuliner yang bisa kita ulas, misalnya rekomendasi makanan, rekomendasi lokasi tempat makan, informasi harga sebuah makanan, resep masakan tertentu, hingga review mengenai makanan atau minuman tertentu.

4. Perjalanan Wisata

Berwisata dan berlibur sudah menjadi kebutuhan wajib dipenuhi oleh sebagian orang. Biasanya sebelum melakukan persiapan berlibur mereka akan mencari berbagai informasi mengenai perjalanan wisatanya di internet, mulai dari rekomendasi tempat wisata, hotel pilihan hingga promo tiket transportasi atau tempat penginapan.

5. Kesehatan

Untuk membahas soal kesehatan tidak memiliki akhir yang menentu. karena tentu saja kesehatan menjadi salah satu hal penting bagi kehidupan kita. Hal tersebut selalu mendorong kita untuk terus menggali informasi seputar kesehatan di internet. Seperti pengobatan khusus, rekomendasi obat, dan lainnya.

Namun meskipun menguntungkan bagi konten kamu, niche ini sangat sensitif karena berkaitan dengan kesehatan banyak orang, maka perlu dipastikan kembali informasi yang telah ditulis sudah valid. Mungkin kamu bisa berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu seperti dengan dokter atau mengaitkan hasil riset terbaru.

6. Edukasi

Pencarian niche seputar edukasi juga semakin populer seiring waktunya. Banyak juga yang mencari informasi mengenai dunia edukasi seperti, beasiswa serta jurusan kuliah.

Kita juga dapat menulis blog edukasi yang mengacu pada pengunjung anak sekolahan (SD-SMP-SMA). Kita juga dapat membuat kumpulan pembahasan soal atau materi pelajaran di kelas tertentu, misalnya materi grammar bahasa inggris.

Niche konten seperti ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi anak sekolah dan dunia kuliah yang ingin mencari informasi seputar pendidikan.

7. Kecantikan

Seiring perkembangan banyaknya tren kecantikan dan beauty influencer, tidak sedikit pencarian tentang topik kecantikan di Internet. Tentunya dengan memilih topik kecantikan sebagai niche blog kita, kita bisa membahas beberapa hal yang berkaitan dengan perawatan wajah serta kecantikan, misalnya tips menjaga kulit agar awet muda, tips menghilangkan jerawat, dan sebagainya.

8. Parenting

Salah satu topik yang cukup menarik dibahas, ada banyak para ibu yang mencari berbagai ilmu serta informasi tentang informasi kesehatan ibu dan anak, cara mendidik anak dengan baik, atau keharmonisan keluarga. Terkhusus untuk mereka yang baru saja menjadi seorang ibu.



Dan serupa dengan niche kesehatan, informasi – informasi yang telah kamu berikan juga harus valid, hindari menulis kesalahan sehingga para pembaca mendapatkan informasi yang salah terkait kesehatan ibu dan anak.

9. Game Online

Seiring perjalanan perkembangan teknologi, bahwa ternyata jumlah gamer di Indonesia terus mengalami pertambahan yang cukup signifikan. Tahun 2019 lalu gamer di Indonesia diperkirakan mencapai hingga 60 juta dan jumlah tersebut diperkirakan akan selalu bertambah. Diperkirakan jumlah gamer di Indonesia di tahun 2020 menyentuh angka 100 juta orang.

Dengan semakin populernya game online bisa menjadi sebuah kesempatan Kita untuk membuat niche konten game online. Niche konten ini akan sangat cocok untuk Kita yang juga merupakan seorang gamer. Salah satunya kita bisa membuat review game atau walktrough untuk para gamer pemula.

10. Otomotif

Mengingat semakin banyaknya orang yang tertarik di dunia otomotif, sehingga banyak yang mencari informasi mengenai otomotif untuk kebutuhan kendaraan mereka, otomotif juga menjadi salah satu peluang untuk dijadikan niche konten.

Ada cukup banyak hal yang bisa dibahas, misalnya kita dapat membuat informasi atau ulasan mengenai mobil terpopuler, informasi mengenai spesifikasi mobil atau motor, hingga informasi harga dan promo merek mobil atau motor tertentu.

Kita tentunya juga bisa membuat berbagai tutorial, misalnya cara modifikasi mobil atau motor, langkah menggunakan miracast di mobil, atau tutorial belajar mengendarai mobil.

Tips Menentukan Niche Konten

Dengan kita melihat 10 contoh niche konten diatas, mungkin sekarang kita masih kesulitan dan bingung untuk memilih niche mana yang harus kita gunakan? Rasanya semua niche tersebut cukup bagus dan menguntungkan untuk website atau konten kita? Sebelum memilih satu niche yang tepat, kita perlu mengetahui 4 tips dibawah:

Kamu bisa mempelajari tentang Otodidak Membuat Blog dengan Blogger karya Jubilee Enterprise.

Otodidak Membuat Blog dengan Blogger
Otodidak Membuat Blog dengan Blogger

tombol beli buku

 

Mulai Menciptakan sebuah blog dengan niche yang menguntungkan seperti layaknya menggenggam uang di tangan kita sendiri. Ada banyak sekali blogger di luar sana yang telah memperoleh pendapatan dengan memilih niche yang tepat.

1. Niche konten harus sesuai dengan minat kita.

Sebelum memilih satu niche yang tepat, langkah utama yang harus kamu lakukan yaitu mengetahui minat, kemampuan atau hobi kamu terlebih dahulu. Kemudian pilihlah yang sesuai dengan minat kita. Dengan memilih niche yang sesuai dengan minat kita, maka akan lebih mudah menghasilkan konten yang lebih berkualitas.

2. Ciptakan topik yang sedang tren.

Selain minat, kita juga perlu mempertimbangkan apakah niche yang sesuai dengan minat kita tersebut sedang banyak diperbincangkan orang. Kemudian kita juga harus bisa memprediksi, apakah trend tersebut memiliki potensi yang baik dalam jangka panjang.

3. Pilih niche yang berpotensi untuk bisnis.

Tidak sedikit orang akan membuat niche konten untuk kesempatan berbisnis. Dan tentunya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk memilih konten niche yang berpotensi bisnis. Seperti apakah memberikan manfaat? Apakah ada produk, jasa, atau event yang terkait? Dan apakah ada yang sudah berhasil melakukannya?

4. Relevan Dengan Bisnis Kamu

Jika kita sudah mempunyai sebuah bisnis, maka untuk menentukan sebuah niche blog akan menjadi lebih mudah. Tinggal tentukan kembali niche yang sesuai dengan bidang bisnis kamu. Seperti contoh kamu memiliki bisnis yang bergerak di bidang otomotif, maka kita bisa membuat blog yang membahas beberapa hal tentang otomotif, seperti merawat mesin pada mobil, informasi menarik mengenai motor atau mobil populer

Kamu bisa mempelajari tentang Why? Content Creator – Kreator Konten karya YeaRimDang

Why? Content Creator - Kreator Konten
Why? Content Creator – Kreator Konten

tombol beli buku

Baca juga artikel terkait “Macam Niche Konten” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rafi