in

Yuk, Intip 7 Keajaiban Dunia Terbaru 2021

Yuk, Intip 7 Keajaiban Dunia Terbaru 2021 – Keajaiban Dunia merupakan bangunan atau situs antik yang berharga dan memang dilindungi keberadaannya oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO, yaitu badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang didirikan sejak 1945.

Dahulu, negara Indonesia memiliki bangunan atau situs yang cukup bersejarah dan pernah masuk ke dalam 7 keajaiban dunia, yakni Candi Borobudur. Akan tetapi, setelah dilakukan pembaharuan keajaiban dunia, tampaknya salah satu situs di Indonesia tersebut, sudah tidak menjadi bagian dari keajaiban dunia yang baru. Benarkah?

Lantas, apa sajakah situs keajaiban dunia yang terupdate tahun 2021?

Berikut akan dipaparkan dan penjelasan terkait beberapa situs keajaiban dunia terbaru tahun 2021. Simak artikel di bawah ini hingga akhir, ya!

7 Keajaiban Dunia Terbaru

1. Taj Mahal – Agra, India

Taj Mahal
Taj Mahal

Siapa yang tak mengetahui bangunan bersejarah dari negeri India ini? Ya, Taj Mahal.

Taj Mahal telah berhasil masuk ke dalam deretan 7 keajaiban dunia terbaru. Situs yang menjadi ikon India ini, telah dianggap sebagai mahakarya arsitektur, makam marmer putih di abad ke-17 memikat hingga kurang lebih delapan juta wisatawan per tahunnya.

Tujuh keajaiban dunia terbaru merupakan hasil pengambilan suara online yang sudah dimulai sejak tahun 2001 sampai tahun 2007. Bahkan, telah lebih dari 90 juta orang memberikan polling mereka dari daftar 21 finalis situs yang dijadikan pilihan.

Situs yang megah ini, nyatanya mempunyai beberapa fakta sejarah unik dan menarik di dalamnya. Apa saja fakta sejarah unik dan menarik dari Taj Mahal? Berikut uraian singkatnya.

1. Dibangun karena Kisah Percintaan

Mungkin kalian akan bertanya, mengapa bangunan ini memiliki nama Taj Mahal? Hal itu karena bangunan atau situs ini dibangun sebagai makam Mumtaz Mahal, yakni istri ketiga dari Shah Jahan. Mumtaz Mahal dan Shah Jahan bertunangan saat Shah berusia 15 tahun dan Mumtaz berusia 14 tahun.

Akan tetapi, mereka menikah setelah lima tahun kemudian. Hal itu berdasar pada perspektif kemujuran seorang astrolog. Sementara menunggu lima tahun untuk menikah dengan Mumtaz, Shah menikah terlebih dahulu dengan perempuan lain.

Saat menikah dengan Mumtaz, ia menjadi permaisuri utama. Pernikahan panjang Mumtaz dan Shah membuahkan 14 anak dan pengamat pengadilan perupaya dengan keras untuk menulis terkait pengabdian keduanya. Bahkan, Mumtaz adalah orang kepercayaan terdekat dan penasihat politik pula.

Hingga akhirnya, Mumtaz meninggal dunia di usia 38 tahun, setelah terjadi pendarahan postpartum. Saat itu, Shah sangatlah terpukul. Pada awalnya, jenazah Mumtaz akan dikebumikan di tempat lain, tetapi setelah pembangunan Taj Mahal selesai, Mumtaz dimakamkan di sana.

2. Pembuatannya Membutuhkan Tentara

Taj Mahal yang memang dibangun untuk Mumtaz, setiap bagian terkecilnya pun harus diperhatikan dan dibuat sebaik mungkin. Para pekerja yang bekerja di tiap sudut bangunan Taj Mahal ini pun kurang lebih 22.000 orang. Tak hanya itu, desain bangunan itu pun memanggil ribuan seniman, penulis, dan pemahat batu yang mampu melakukan mengerjakan pekerjaan rumit.

Bahkan, sudah lebih 1.000 gajah yang dipakai untuk mengangkut berbagai bahan bangunan, kemudian dibawa oleh lembu ke jalan tanah sejauh sembilan mil yang dibuat guna proyek Taj Mahal. Hal yang mencengangkannya adalah membutuhkan waktu sekitar 12 tahun untuk menuntaskan bangunan ini.

3. Membutuhkan Dana yang Mahal

Pembuatan situs Taj Mahal diketahui memakan dana yang tidaklah sedikit. Berbagai bahan bangunan pun didatangkan dari seluruh India dan Asia. Bahan atau material tersebut, di antaranya marmer putih dari Makrana, pirus dari Tibet, batu mulia dari Tiongkok, dan sebagainya. Perkiraan total proyek Taj Mahal selesai pada tahun 1653, yakni kurang lebih 32 juta Rupee atau setara dengan 916 juta dolar.

4. Bentuk Bangunan yang Simetris

Taj Mahal adalah situs dengan bentuk yang sangat proporsional atau simetris, bahkan sempurna. Situs ini diatur pada simetri bilateral yang menghampar pada sumbu pusat. Di bawah pimpinan Shah Jahan, situs ini dibuat sedemikian rupa sehingga mempunyai bentuk yang simetris dan sempurna.

5. Mempunyai Hukum Pelindung Khusus

Taj Mahal adalah situs yang amat bernilai bagi pemerintahan negara India. Ada banyak ancaman dari negara-negara lain untuk melakukan praktik penyerangan akan bangunan Taj Mahal. Agar menjaga bangunan ini dari berbagai pencemaran lingkungan, kawasan seluas 4.000 mil persegi ini dibangun dan diketahui sebagai Zona Taj Trapezium atau TTZ.

Lokasi Taj Mahal mempunyai standar emisi ketat dan berdasarkan putusan Mahkamah Agung India pada tahun 1966, melarang pemakaian batu bara di industri yang berada di dalam Zona Taj Trapezium. Bahkan, beberapa perusahaan di sekitarnya diminta untuk mengganti dari batu bara menjadi gas alam.

Wow! Ensiklopedia 4D: Keajaiban Dunia
Wow! Ensiklopedia 4D: Keajaiban Dunia

tombol beli buku

JELAJAHI KEAJAIBAN DUNIA DENGAN TEKNOLOGI 4D YANG KEREN!

Kunjungi bangunan-bangunan paling menakjubkan di dunia, dari Piramida Agung Giza dan Tembok Besar Cina hingga Colosseum dan Taj Mahal. Pelajari fakta-fakta menariknya sementara berbagai keajaiban dunia berlompatan dari halaman-halaman buku Ensiklopedia Keajaiban Dunia berkat teknologi Augmented Reality (AR). Ingat, yang kalian butuhkan hanya gawai dan buku ini!

2. Tembok Besar – Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok
Tembok Besar Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok sudah bertahun-tahun memang sudah menjadi salah satu situs yang menduduki 7 keajaiban dunia. Lazimnya, orang Tiongkok menyebut Tembok Besar sebagai “Tembok Panjang”. Bangunan ini terbuat dari semen, batuan, bata, dan tanah dengan tujuan untuk melindungi kekaisaran Tiongkok bagian utara dari berbagai serangan musuh.

Tembok Besar adalah bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia. Berlawanan dengan mitos yang ada, Tembok Besar atau Tembok Panjang Tiongkok ini apabila dilihat dari luar angkasa, tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Tembok Besar Tiongkok ini nyatanya memiliki beberapa fakta menarik yang perlu kalian ketahui, apa saja? Berikut ini uraiannya.

1. Panjang Tembok Besar Tiongkok Melebihi Panjangnya Sungai Nil

Tembok Besar Tiongkok bukan hanya terkenal akan sejarahnya yang penting, melainkan pula karena panjangnya, yakni sepanjang 21.196 kilometer dengan tingginya 6 meter. Dengan demikian, Tembok Besar tersebut melebihi panjang tiga sungai yang terkenal terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil, Sungai Amazon, dan Sungai Yangtze.

2. Pembuatannya Membutuhkan Waktu Sekitar 1.800 Tahun

Pada hakikatnya, Tembok Besar Tiongkok merupakan gabungan tembok yang disambung menjadi satu dan melintasi 9 provinsi. Untuk pembangunannya sendiri pun, dimulai pada saat Dinasti Zhou Barat yaitu tahun 1046 sampai 771 Sebelum Masehi. Kemudian, Dinasti Qin yang menghubungkan semua temboknya menjadi satu setelah kekuasaan dari Dinasti Zhou Barat telah berakhir.

Pembangunan dimulai tahun 259 sampai 210 Sebelum Masehi, kemudian dilanjutkan oleh Dinasti Han menggunakan material bermutu baik dengan tujuan melindungi negara. Lalu, pembuatan Tembok Besar Tiongkok ini benar-benar dibuat dengan serius pada saat kekuasaan Dinasti Ming, yakni dari tahun 1368 hingga tahun 1644.Dengan hasil, mereka sukses mendirikan tembok sepanjang 5.500 mil ini dan merawatnya.

3. Pembangunanya Menelan Banyak Korban Jiwa

Selain membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaan Tembok Besar, dibutuhkan pula pekerja yang banyak. Terdapat sekitar 1 juta pekerja yang turut dalam pembuatan Tembok Besar Tiongkok ini yang sebagian besarnya adalah seorang tentara dan petani.

Saat masa Dinasti Qin, para narapidana dan tahanan perang dipekerjakan paksa dalam pembuatan Tembok Besar ini. Bahkan, beberapa tubuh tawanan itu diikat dengan rantai karena dikhawatirkan mereka akan kabur. Tidak hanya itu, pembuatan Tembok Besar Tiongkok menelan kurang lebih 400 korban jiwa meninggal dunia ketika bekerja.

4. Terdapat Bangunan Tembok yang Hilang

Dahulu, Tembok Besar Tiongkok mempunyai ukuran lebih panjang. Akan tetapi sekitar 1.200 mil atau ? bagian temboknya hilang akibat erosi dan kerusakan di beberapa bagian. Hal itu pun diperparah dengan adanya Revolusi Budaya dari tahun 1966 sampai 1976. Bahkan, saat pemerintahan Mao Zedong, ada ribuan orang yang telah melucuti batu bata Tembok Besar tersebut dan dipakai untuk bahan membuat rumah.

3. Petra – Yordania

Petra - Yordania
Petra – Yordania

Petra adalah sebuah kota kuno di Yordania, berasal dari abad ke-4 Sebelum Masehi dan dijuluki sebagai Kota Mawar karena warna material bebatuannya yang dipakai di bangunan tersebut. Kota menawan yang sempat hilang ini, memiliki makam dan kuil yang diukir pada tebing batu pasir berwarna merah muda.

Tidak hanya itu, situs ini dianggap berharga dan penting oleh arkeolog serta sejarawan. Hal itu karena bangunannya dari bebatuan nan indah dan sistem perairan yang inovatif serta modern. Kemudian, wilayah itu dapat ditempati atau dihuni karena dikelilingi oleh gurun dan pegunungan terjal.

Kemudian, di Petra sendiri ada pula berbagai tempat wisata yang unik dan menarik, yaitu bernama Kuil Singa Bersayap, Siq, dan The Treasury. Bahkan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO menjelaskan bahwa Petra menjadi salah satu kekayaan yang sangat berharga dari warisan budaya manusia dan telah menjadi Situs Warisan Dunia sejak tahun 1985. Lalu, Petra menjadi salah satu keajaiban dunia pada tahun 2007.

Seven Wonders - Teka-Teki Tujuh Keajaiban Dunia
Seven Wonders – Teka-Teki Tujuh Keajaiban Dunia

tombol beli buku

Jack Grady, antropolog yang hidup bagai Indiana Jones di abad ke-21, menjalani hidupnya dengan mencari petualangan dan berbagai penemuan baru. Ketika Jeremy Grady, saudara kembar Jack, ditemukan terbunuh, Jack bertekad mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Jeremy tewas ditusuk menggunakan tombak kuno yang terbuat dari gading.

Jack memutuskan untuk melakukan perjalanan melintasi separuh dunia––dari Cina ke Peru, Mesir ke Brazil––demi mengungkap misteri yang mengaitkan ketujuh keajaiban dunia.

4. Machu Picchu – Cuzco, Peru

Machu Picchu
Machu Picchu

Machu Picchu merupakan situs yang menjadi sumber pendapatan pariwisata bagi Peru. Akan tetapi, karena ribuan turis menyerbu, mengakibatkan terjadinya kerusakan tetap pada kota ini. Bangunan peninggalan peradaban Inca ini didirikan pada tahun 1450 sampai 1460-an dan pada 1983 menjadi situs atau bangunan warisan budaya dunia UNESCO.

Saat para politisi lokal menginginkan peningkatan jumlah turis atau wisatawan dengan lift dan kereta gantung, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO meminta dengan tegas peraturan ketat dan mengurangi jumlah pengunjung. Bahkan, perluasan prasarana di sekitaran Machu Picchu ini sudah berkali-kali menimbulkan peristiwa tanah longsor.

Machu Picchu adalah salah satu situs yang masih menjadi misteri alias masih dipertanyakan kegunaannya sampai saat ini oleh suku Inca. Machu Picchu dibuat dan dibentuk di atas garis patahan yang diakibatkan oleh gempa bumi. Menariknya, Benteng ini dibangun dari bebatuan tanpa lapisan semen sedikit pun, padahal bangunan ini mempunyai gaya rancangan yang rumit.

Berikut ada beberapa fakta menarik dari situs Machu Picchu ini.

  1. Machu Picchu adalah bangunan atau situs peninggalan Kerajaan Inca di Peru, Amerika Selatan, berupa susunan dari bebatuan sisa istana peristirahatan yang terhampar dengan ketinggian 2.430 mdpl.
  2. Komplek bangunan Machu Picchu terdiri dari kurang lebih 150 banguna, mulai dari gudang, kuil, sanctuary, sampai kamar mandi.
  3. Machu Picchu dibuat menggunakan teknik ashlar, yaitu potongan-potongan batunya disusun sedemikian sehingga tidak mudah runtuh ketika terjadi gempa bumi yang dahsyat. Hal itu dilakukan karena Peru kerap kali terjadi gempa bumi.
  4. Machu Picchu pernah ditinggalkan selama kurang lebih 100 tahun lamanya setelah didirikan. Hal itu karena pendudukan Spanyol, tetapi karena letaknya berada di atas gunung sehingga tak terlihat, membuat situs ini terhindari dari pemusnahan tentara Spanyol.
  5. Machu Picchu menjadi sangat dikenal luas, bahkan hingga ke seluruh dunia, setelah seorang profesor arkeologi asal Yale, Universitas Amerika, menemukan situs ini pada tahun 1911. Sampai akhirnya, ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1983 dan mendapati julukan “Kota Inca yang Telah Lama Hilang”.

5. Colosseum – Roma, Italia

Colosseum
Colosseum

Tentu kalian sudah tidak asing dengan situs yang satu ini. Sama seperti Tembok Besar Tiongkok dan Taj Mahal India, Colosseum masih memegang kedudukan di 7 keajaiban dunia terbaru sampai saat ini. Bahkan, Colosseum merupakan satu-satunya situs di Eropa yang terdaftar dalam 7 keajaiban dunia yang baru.

Situs ini dikenal sebagai tempat bertarungnya gladiator dan bertempurnya hewan di Roma kuno. Colosseum didirikan dengan ruang bawah tanah, bagian dalam bangunan dapat digenangi air guna menciptakan pertempuran laut. Hingga saat ini, situs Colosseum menjadi salah satu daya pikat wisata utama di kota Roma.

Adapun bangunan kuno ini dikatakan pula sebagai Teater Flavia yang sudah menginjak usia 2.000 tahun, serta disebut sebagai amfiteater dengan gaya Romawi yang menjadi simbol atau ikon bagi kota Roma. Kabarnya, Colosseum bisa mengisi 50 ribu hingga 80 ribu orang, dan dipakai untuk melaksanakan acara, mulai dari pertarungan gladiator sampai pertunjukan atau pentas drama.

Wow! Semua Aku Tahu: Penemuan - Keajaiban Dunia
Wow! Semua Aku Tahu: Penemuan – Keajaiban Dunia

tombol beli buku

Buku Wow! Semua Aku Tahu akan membawa pembaca menyusuri perjalanan menyenangkan dalam mengenal beragam pengetahuan, tentang penemuan di sekitar rumah, percetakan, elektronika, dan telekomunikasi, hingga bangunan bersejarah dan perkembangan teknologi. Diharapkan buku ini dapat menjawab banyak pertanyaan cerdas yang dilontarkan anak-anak.

6. Patung Christ the Redeemer – Rio de Janeiro, Brazil

Patung Christ the Redeemer
Patung Christ the Redeemer

Patung Christ the Redeemer telah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru. Hal itu karena patung ini adalah simbol umat Kristiani yang dibuat dari jenis batuan lunak, yaitu soapstone dan dibentuk secara detail. Hal yang melatarbelakangi didirikannya Patung Christ the Redeemer ini, yakni sebagai bentuk memperingati hari kemerdekaan negara Brazil.

Situs ini adalah Patung Yesus Kristus berlokasi di Rio de Janeiro, Brazil yang mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter dengan berat 1.145 ton, serta rentang lengan sepanjang 28 meter. Patung Christ the Redeemer atau Patung Kristus Sang Penebus ini selesai didirikan dan dibangun pada tahun 1931 lalu dan berhasil menaklukkan kompetitornya dalam pengambilan suara atau polling secara online. Hal itu dikarenakan secara aktif di negara bagian Brazil membantu dukungan untuk itu.

Kemudian, situs ini telah dilakukan beberapa kali renovasi yang diakibatkan paparan cuaca di sana. Hal itu terasa saat bulan Februari tahun 2008 dan Januari tahun 2014, saat halilintar menyambar beberapa bagian patung hingga rusak. Warna pucat batu asli Kristus sudah tidak lagi tersendiri dengan jumlah yang cukup sehingga sebagai penggantinya, yaitu warna yang cenderung gelap.

7. Chichen Itza – Yucatan, Meksiko

Chichen Itza
Chichen Itza

Bangunan ini adalah kota tempat tinggal dan peninggalan kebudayaan suku Maya di Meksiko, yakni sekitar tahun 550 sampai 1200 Masehi. Bangunan yang bernama Chichen Itza ini berlokasi di Semenanjung Yucatan dan terkenal akan piramida yang sebagian besar dipererat bagian tengahnya.

Piramida tersebut disebut sebagai piramida Kukulcan yang serupa dengan piramida di Mesir. Hal itulah yang menjadi daya tarik utama bagi turis ataupun wisatawan. Meski Kuil ini merupakan situs yang sangat terkenal, bukan berarti kuil ini adalah satu-satunya bangunan piramida yang menarik di komplek tersebut. Hal itu karena ukuran dari situs tersebut sangatlah besar sehingga menarik perhatian dari situs arkeologi lainnya. Bahkan, menjadi salah satu dari tujuh Keajaiban Dunia Baru pada tahun 2007.

Selain itu, Chichen Itza merupakan pusat agama politik bagi kekaisaran Maya yang menjabarkan kombinasi berbagai macam model atau gaya dari berbagai daerah pula. Biasanya, Chichen Itza tidak akan sepi sebab ada jutaan wisatawan atau turis yang berkunjung ke sana setiap tahun saat ekuinoks di musim semi.

Itulah informasi terkait 7 Keajaiban Dunia Baru. Apabila Grameds tertarik dan ingin mencari buku pengetahuan lainnya, tentu kalian bisa temukan, beli, dan baca bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital karena Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yang ingin menimba ilmu.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian, ya!

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Sumber: dari berbagai sumber

7 Unggulan Keajaiban Alam Dunia Baru
7 Unggulan Keajaiban Alam Dunia Baru

tombol beli buku

Kita tentu familier dengan 7 Keajaiban Dunia versi UNESCO. Candi Borobudur di Magelang-Jawa Tengah, misalnya, masuk menjadi salah satu keajaiban dunia itu. Sebagai bangsa Indonesia, kita tentu bangga kekayaan budaya itu diakui dunia.Belakangan, muncul lembaga bernama New7Wonders Foundation yang menyelenggarakan jajak pendapat untuk menentukan 7 keajaiban alam dunia versi baru.

Satu lagi kekayaan alam kita masuk menjadi unggulannya, yaitu Taman Nasional Komodo. Terlepas dari kontroversi yang meliputinya, kita tentu sepakat keindahan alam di mana pun di dunia sangat patut dihargai dan dinikmati. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah membaca informasi mengenainya, sebanyak-banyaknya. Karena itulah buku ini hadir.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha