in

6 Rekomendasi Jenis Mobil yang Cocok Bagi Pemula Beserta Tips Membelinya

https://www.autofun.co.id/mobil

Jenis Mobil – Apakah Grameds berencana untuk membeli mobil pertama? Bingung bagaimana cara memilih mobil yang paling cocok untuk Grameds?

https://otomotif.sindonews.com/

Yups, memilih mobil pertama mungkin membingungkan karena banyaknya jenis serta tipe mobil yang beredar di pasaran. Belum lagi fitur-fitur beragam yang ditawarkan dari masing-masing brand mobil.

Nah, melalui artikel ini, kami akan membantu Grameds memilih tipe mobil yang sesuai untuk Grameds, sekaligus juga menginfokan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil untuk pertama kalinya. Mari, simak artikel berikut ini!

1. Mobil Sedan

Shutterstock

Mobil sedan merupakan mobil yang sangat cocok digunakan oleh anak muda maupun keluarga kecil. Tipe mobil Sedan terbaik yang ada di Indonesia adalah Honda Accord, Toyota Yaris, dan Mercedes Benz Tipe S.

Mobil sedan termasuk dalam kategori mobil perkotaan yang mempunyai kapasitas lima penumpang, dilengkapi dengan empat pintu, serta mempunyai bagasi khusus di bagian belakang. Tak seperti mobil SUV dan MPV, sedan memiliki cirinya tersendiri, yakni ruang mesin, kabin dan bagasi yang letaknya terpisah.

Sedan pada umumnya mempunyai performa yang cukup baik untuk dipacu dalam kecepatan tinggi. Mobil ini sangat cocok bagi Grameds yang ingin mengutamakan kenyamanan sekaligus kecepatan.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Sedan?

Kelebihan Mobil Sedan

1. Kesan Eksklusif dan Mewah

Bagi pasar Indonesia, sedan memiliki citra yang mewah dan mahal. Mobil sedan pada umumnya juga sering dipakai sebagai mobil dinas pejabat negara maupun pengusaha eksekutif.

2. Performa Lebih

Mobil Sedan sangat dinilai bisa memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman apabila dibandingkan dengan jenis mobil lainnya. Hal ini dikarenakan Sedan mempunyai ground clearance yang rendah serta postur yang pendek sehingga mengurangi body roll.

3. Hemat Bahan Bakar

Pada saat ini, tak hanya mobil city car yang identik dengan tagline hemat bahan bakar, tetapi mobil sedan juga banyak yang terbukti sangat irit dalam penggunaan bahan bakar! Bahkan, mobil sedan juga mempunyai varian hybrid yang rata-rata konsumsi BBMnya hanya 24 km/liter!

Kekurangan Mobil Sedan

1. Biaya Pajak Tinggi

Hingga saat artikel ini dibuat, PPnBM mobil Sedan masih tergolong sangat tinggi. Hal ini juga memberikan pengaruh terhadap harga jual yang menjadi lebih mahal apabila dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

2. Sulit Bermanuver di Jalan Rusak

Kondisi jalanan di Indonesia, terutama daerah Jakarta dan sekitarnya tak semuanya mulus dengan baik. Maka dari itu, akan sangat sulit dan merepotkan bagi Grameds untuk melalui jalan yang kurang baik atau malah rusak parah.

2. Mobil Hatchback

Honda

Mobil hatchback adalah mobil yang mempunyai bagasi yang menyatu dengan ruang kabin (kursi penumpang).

Ruang bagasi di mobil tipe Hatchback bisa diakses melalui kursi penumpang paling belakang. Tak hanya itu, jendela belakang di mobil tipe ini dapat dibuka dan menjadi pintu untuk membuka bagasi mobil.

Kelebihan Mobil Hatchback

Salah satu kelebihan dari mobil tipe ini adalah dari segi ukurannya. Dengan ukuran mobil yang tergolong kecil, mobil hatchback dapat dikatakan sangat lincah dan bisa diandalkan untuk menaklukkan kemacetan jalanan.

Tak hanya itu, harga mobil tipe hatchback juga cukup terjangkau meski tak semurah mobil city car. Transmisi pada mobil hatchback pun juga mudah, pengendara pemula pun bisa mengendarai tanpa mengalami kesulitan yang berarti.

Kelebihan lainnya dari mobil hatchback adalah pemakaian bahan bakar yang cukup irit. Rata-rata bahan bakar yang dihabiskan hanya sekitar 17,0 km/liter.

Kekurangan Mobil Hatchback

Walau mobil jenis ini menjadi favorit dari kebanyakan pengguna mobil, tentu saja ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh tipe mobil hatchback. Perihal tenaga, mobil jenis ini memang sudah terbukti lebih kuat apabila dibandingkan dengan city car, tetapi sayangnya masih belum sekuat mobil MPV.

Ukuran dari mobil hatchback yang tergolong pendek juga kurang menguntungkan jika digunakan di daerah yang kerap terkena banjir. Selain itu, kapasitas mobil tipe ini pun tak terlalu besar.

3. Mobil MPV

global-nissannews.com

MPV merupakan singkatan dari “Multi Purpose Vehicle” yang artinya adalah “Mobil Serba Guna”. Mobil jenis ini kerap digunakan untuk berbagai keperluan. Kapasitas penumpang dari mobil MPV bisa memuat hingga tujuh atau bahkan lebih serta cocok difungsikan sebagai mobil keluarga.

Ada empat kategori MPV antara lain Medium-MPV, Luxury-MPV, Low-MPV dan Compact-MPV. Medium MPV memiliki dimensi bongsor serta mengutamakan kelegaan kabin. Kapasitas daya angkut dari mobil MPV juga banyak.

Luxury MPV adalah jenis MPV yang paling mewah, umumnya dipilih oleh kelas atas karena harganya yang relatif tinggi.

Terakhir, compact MPV yang adalah mobil MPV dengan dimensi sama dengan low MPV. Bedanya, harga compact MPV cenderung lebih mahal. Hal ini dikarenakan memang kualitas, fitur, serta kenyamanan dari jenis compact MPV lebih baik.

Berikut, pembahasan lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan mobil MPV;

Kelebihan Mobil MPV

Dari segi daya tampung, MPV bisa menampung hingga tujuh orang penumpang. Mobil jenis ini pun banyak disenangi karena harganya yang relatif murah. Kisaran mobil MPV yang memiliki kapasitas hingga 7 orang bisa diperoleh di harga mulai dari Rp. 150 juta, sedangkan harga mobil SUV yang memiliki kapasitas 4-5 orang dapat diperoleh dengan harga mulai dari Rp. 250 juta ke atas.

Tak hanya itu, kelebihan lainnya adalah Grameds dapat memaksimalkan kapasitas bagasi. Caranya, yakni dengan melipat dua kursi di baris kedua dan ketiga paling belakang.

Kekurangan Mobil MPV

Kebanyakan mobil MPV memang dirancang dengan tujjuan hanya untuk menyusuri jalan yang mulus seperti jalan raya beraspal ataupun jalan tol. Hal ini membuat mobil MPV pada umumnya tidak bisa digunakan untuk menyusuri bukit, jalan bebatuan, maupun jalan yang berlumpur.

Selain itu, MPV juga dapat dikatakan kurang kuat untuk berjalan saat berada di jalanan menanjak. Untuk tipe mobil keluarga yang memiliki kapasitas tujuh orang, MPV mempunyai tinggi yang rendah dengan menggunakan velg berukuran kurang dari 16 inci.

4. Mobil SUV

foto: pikiran rakyat

SUV adalah singkatan dari Sport Utility Vehicle atau yang bisa diartikan sebagai kendaraan utilitas sport ini mweupakan kombinasi desain dari dua tipe mobil, yakni tipe jeep dan sedan. Mobil jenis ini memang dirancang supaya dapat digunakan di berbagai medan.

Kemampuan mobil SUV yang melaju dalam medan yang berat dikarenakan pada umumnya memakai sistem 4WD atau four wheels drive.

Biasanya, tipe mobil SUV kerap digunakan untuk mobil keluarga karena memiliki kapasitas muatan yang cukup lega, yakni hingga 7 orang.

Kelebihan Mobil SUV

Mempunyai konsep gabungan antara mobil tipe jeep dengan sedan, mobil SUV mempunyai perangkat suspensi yang lebih kuat apabila dibandingkan dengan tipe mobil yang lainnya. Hal ini mengakibatkan mobil SUV terasa lebih nyaman dan aman digunakan terutama saat berkendara jarak jauh.

Mobil jenis SUV banyak disukai karena desainnya yang kekar serta tampilan yang memiliki kesan maskulin. Tak hanya itu, mobil ini juga mempunyai bagasi yang sangat luas dengan kapasitas penumpang yang banyak.

Kekurangan Mobil SUV

Terdapat hal-hal yang harus dipertimbangkan saat membeli mobil SUV, yakni dari segi harga yang dapat dikatakan cukup mahal. Biaya pemeliharaan lainnya seperti spare part dan juga konsumsi bahan bakar dapat dikatakan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tipe mobil yang lauunya.

Ukuran mobil SUV yang besar juga mengakibatkan banyaknya polusi udara yang cukup tinggi serta sulit untuk melakukan manuver di ruangan yang sempit.

5. Mobil Station Wagon

https://www.carmudi.co.id/

Mobil sedan yang memiliki atap dengan bentuk yang diperpanjang hingga pada bagian belakang mobil disebut dengan station wagon. Tipe mobil station wagon mempunyai lima pintu dan pada umumnya digunakan oleh keluarga kecil.

Di beberapa negara, biasanya mobil station wagon disebut dengan istilah estate. Apabila dibandingkan dengan mobil tipe hatchback, mobil tipe station wagon mempunyai overhang belakang yang ukurannya ebih panjang sehingga ukuean ruang bagasi menjadi lebih panjang dan luas.

Kelebihan Mobil Wagon

Station wagon mempunyai ruang yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan hatchback, tetapi tak sebesar SUV. Grameds dapat memanfaatkan kursi bagian belakang untuk dilipat ke bawah dengan tujuan untuk menggandakan ruang bagasi. Tak sekadar itu, mobil tipe ini juga bisa dilengkapi dengan menggunakan rak atap.

Selain itu, tipe mobil station wagon bisa digunakan di jalanan yang sempit serta cenderung lebih mudah saat diparkir. Mobil tipe ini juga termasuk ke dalam kategori mobil yang irit BBM.

Kekurangan Mobil Wagon

Dengan jenis fungsi yang hampir sama dengan tipe hatchback, mobil station wagon kurang bisa digunakan. Terutama tidak banyaknya produksi yang sama dibandingkan tipe mobil lainnya. Hal ini pun berpengaruh untuk harga jual-nya yang bersaing.

Tidak hanya itu saja, dikarenakan adanya udara terbuka antara ruang kabin dan bagasi maka biasanya suara knalpot dan juga roda relatif bisa didengar dari dalam.

6. Mobil Jeep

https://otomotif.bisnis.com/

Sebenarnya Jeep adalah nama merek mobil yang berasal dari Amerika Serikat. Merek Jeep memproduksi mobil dengan penggerak empat roda (4WD), baik jenis SUV maupun truk dengan konsisten.

Di Indonesia, nama Jeep malah dijadikan sebagai pengklafisikasian suatu jenis mobil. Tipe mobil jeep cocok digunakan bagi mereka yang senang berpetualang maupun kerap melakukan perjalanan jauh.

Kelebihan Jeep

Jeep memang didesain mempunyai konstruksi yang kokoh dibanding mobil lain. Tipe mobil ini mempunyai kemampuan off road dan dapat bertahan di kondisi cuaca ekstrim apapun.

Performa mesin mobil Jeep memang sangat hebat sehingga Grameds dapat berkendara dengan aman.

Kekurangan Mobil Jeep

Mobil Jeep termasuk dalam kategori kendaraan yang relatif mahal untuk dibeli. Biaya perawatannya pun juga lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tipe mobil yang lain. Selain itu mobil ini dapat dikatakan sangat boros BBM.

Pertimbangan lainnya ialah mobil Jeep kurang nyaman untuk digunakan on-road. Kapasitas bagasi dari mobil ini juga kurang sehingga mobil jeep kurang cocok jika ingin digunakan untuk mobil keluarga yang umumnya membawa banyak barang saat berpergian.

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Pertama

Ternyata ada banyak sekali jenis pilihan mobil yang beredar di pasaran. Lalu, mobil apa yang sebaiknya Grameds beli? Supaya tidak salah membeli mobil, simak hal-hal yang perlu Grameds perhatikan ketika membeli mobil;

1. Budget & Cicilan Bulanan

Setelah dengan yakin memilih tipe mobil yang Grameds inginkan, Grameds sebaiknya mencari kisaran harga mobil yang hendak dibeli. Hal pertama yang harus dipertimbangkan, yakni jumlah budget Grameds. Jangan sampai harga mobil yang diinginkan nantinya melebihi alokasi budget yang telah Grameds siapkan.

Perlu Grameds pertimbangkan juga dengan cara menghitung berbagai biaya yang nantinya akan diperlukan untuk membayar cicilan bulanan. Terutama jika Grameds hendak membeli mobil dengan cara kredit.

Selain budget dari mobil itu sendiri, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan beberapa biaya dari mobil yang lainnya seperti biaya bensin, asuransi, biaya pajak, servis, serta modifikasi jika diperlukan.

Pastinya jumlah budget yang tersedia ini akan turut menentukan tipe mobil mana yang paling sesuai untuk Grameds beli.

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Membeli mobil harus Grameds pikirkan secara matang. Sebelum menentukan tipe mobil, tentukan terlebih dulu fungsi mobil secara detail.

Dapat Grameds coba dengan memikirkan tujuan awal Grameds hendak membeli mobil. Apakah mobil yang dibeli nanti akan digunakan sebagai transportasi sehari-hari untuk kepentingan kuliah, kerja dengan jarak jauh, maupun sebagai mobil keluarga.

Misalkan Grameds masih single, muda dan hendak mencari mobil yang digunakan untuk kepentingan kuliah. Beberapa rekomendasi mobil anak muda yang cocok dapat Grameds pertimbangkan.

Lain halnya jika Grameds telah berkeluarga dan memiliki anak dua, maka Grameds membutuhkan mobil yang lebih lega serta muat banyak barang. Maka mobil SUV adalah solusinya.

Intinya, jangan sampai Grameds salah pilih tipe yah!

3. Perhatikan Fitur-Fitur Mobil

Ketika Grameds memilih mobil, baik itu baru maupun bekas tetap usahakan memilih tipe mobil yang lengkap dengan berbagai fitur.

Beberapa fitur hiburan, teknologi, keamanan dan keselamatan penting untuk Grameds perhatikan. Sebenarnya tak perlu fitur yang harus bagus, yang utama adalah fitur pendukung kenyamanan untuk Grameds berkendara sudah mencukupi.

Tak semua fitur pendukung di mobil berguna. Akan tetapi, pada umumnya mobil sekarang telah dilengkapi dengan fitur standar seperti AC, Power Window, Power Door Lock, Power Steering, Audio. Rear Camera, Airbag, dan Spion Elektrik.

4. Uji Kendaraan (Test Drive) Sebelum Membeli

Selalu lakukan uji kendaraan (test drive) sebelum Grameds memutuskan untuk membeli. Jangan sampai Grameds membeli kucing dalam karung, apalagi jika harga mobil yang Grameds beli itu tergolong mahal!

Melalui test drive, Grameds dapat mengetahui apakah mobil tersebut nyaman digunakan atau hanya tampak nyaman digunakan. Ketika Grameds merasakan sendiri secara langsung, Grameds juga dapat memeriksa fitur yang ada di mobil tersebut. Lakukan pemeriksaan jendela, AC, power steering, wiper, penggunaan rem, posisi duduk serta detail lainnya yang dibutuhkan.

5. Pilih Asuransi yang Sesuai

Ada begitu banyak resiko yang wajib untuk dipikirkan ketika mempunyai mobil. Resiko seperti kecelakaan lalu lintas, kemalingan, banjir, ataupun sekadar rusak gores ini nantinya akan berkaitan dengan kebutuhan biaya tidak terduga.

Umumnya, ketika Grameds hendak membeli mobil, penjual akan menawarkan asuransi kredit mobil berupa All Risk dan juga TLO (Total Loss Only).

Asuransi All Risk memiliki tujuan untuk melindungi kendaraan dari semua kemungkinan resiko (selain yang dikecualikan oleh polis). Sedangkan asuransi TLO (Total Loss Only) adalah asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari resiko kehilangan misalnya yang disebabkan oleh pencurian ataupun perampasan.

Grameds dapat memilih All Risk apabila membeli mobil baru yang harganya dapat dikatakan tinggi, karena meskipun mobil ini hanya rusak ringan, biayanya pasti tak sedikit. Lalu, apabila mobil Grameds termasuk mobil keluaran lama serta jarang digunakan, maka pilih saja Asuransi TLO.

6. Negosiasikan Harga

Membeli mobil memang dapat dikatakan sebagai keputusan yang besar. Grameds harus mempunyai strategi keuangan yang baik.

Maka dari itu, pastikan Grameds memperoleh harga yang terbaik saat membeli mobil. Grameds bisa melakukan negosiasi harga ke dealer mobil.

Tips untuk Grameds, sebaiknya mendatangi dealer di penghujung tahun karena biasanya para sales sedang berlomba-lomba untuk mencapai kuota penjualan mobil. Diskon pun akan lebih banyak diberikan dengan tujuan untuk mengejar pendapatan akhir tahun.

Baca juga:



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.3k
  • Tidak
    6% 6% 93 / 1.3k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien