in

Gaji Pramugari di 6 Maskapai Penerbangan Indonesia

Gaji Pramugari – Pramugari adalah seseorang (wanita) sebagai staf atau karyawan pada perusahaan angkutan umum baik darat, laut, dan udara. Tugas utama seorang pramugari adalah menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah pramugari dalam maskapai penerbangan.

Menjadi pramugari pada maskapai penerbangan menjadi suatu profesi yang bergengsi. Pramugari diharuskan menjadi seorang yang anggun dan rapi setiap harinya karena harus melayani banyak penumpang. Seorang pramugari juga memiliki keuntungan dapat berkeliling daerah dan dunia tanpa mengeluarkan biaya sendiri. Namun berkeliling dunia bukan dengan bersantai, tentunya harus mengerjakan tugasnya sebagai pramugari.

Bergabung dengan awak kabil dalam suatu maskapai penerbangan tentunya tidak mudah, banyak persyaratan yang harus kita capai jika ingin bergabung. Biasanya seorang pramugari harus memiliki wajah yang rupawan, tubuh proporsional, dan juga kemampuan berbahasa Inggris. Kamu juga harus melewati rangkaian tes kesehatan lain jika ingin menjadi pramugari.

Untuk menjadi seorang pramugari memanglah sulit. Namun, hal tersebut ditunjang sesuai dengan gaji yang didapatkan oleh seorang pramugari. Di bawah ini akan dipaparkan beberapa gaji pramugari dari berbagai maskapai penerbangan. Grameds, Yuk simak ulasan berikut!

beli sekarang

Ebook ini sedikit mengulas dan mengupas semua cerita Sukses Menjadi Pramugari. Setiap orang, khususnya para remaja yang bercita cita menjadi Pramugari bisa saja untuk dapatkan profesi ini, Di samping kemampuan dan penampilan prima yang dibutuhkan, seorang calon Pramugari minimal harus bisa berbahasa asing seperti bahasa Inggris, menguasai banyak ilmu pengetahuan umum, dan mempunyai semangat yang tinggi, dan tentunya harus juga mempunyai keinginan untuk menjadi pramugari.

Gaji Pramugari di Berbagai Maskapai Penerbangan

Setiap gaji yang diperoleh pramugari tentunya memiliki perbedaan pada setiap maskapai penerbangan. Maskapai penerbangan memiliki kebijakannya masing-masing untuk memberikan gaji kepada para pramugarinya. Berikut adalah gaji pramugari dari beberapa maskapai penerbangan.

1. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Maskapai Garuda Indonesia adalah salah satu maskapai yang dianggap terbaik di Indonesia. Harga tiket pesawatnya pun lebih mahal daripada maskapai penerbangan lainnya di Indonesia. Jika harga tiketnya saja sudah mahal maka berapa gaji para pramugarinya?

Pelamar pramugari di Garuda Indonesia yang baru saja lolos dan diterima sebagai bagian dari awak kabin Garuda Indonesia akan melakukan pelatihan pramugari. Dalam pelatihannya mereka diberikan gaji sebesar Rp15.000.000,00 perbulan. Namun, hal itu masih di luar dengan uang tambahan dari Garuda Indonesia.

Staf pramugari Garuda Indonesia biasanya mendapat tiket gratis pulang dan pergi dalam penerbangan, termasuk juga untuk tiket keluarga inti. Bahkan para pramugari akan diberikan akomodasi selama tinggal di tempat tujuan berupa hotel pada saat pesawat Garuda Indonesia berhenti.

Jika sudah memiliki pengalaman menjadi pramugari di Garuda Indonesia dengan jam terbang yang dimilikinya, tentunya akan bertambah juga gajinya dari awal mula saat ikut pelatihan pramugari. Gaji senior pramugari di Garuda Indonesia bisa mencapai Rp30.000.000,00 per bulan. Untuk mencapai gaji sebesar ini pasti diperlukan kerja keras dan pengalaman yang banyak dalam menjadi pramugari.

2. Gaji Pramugari Batik Air

Ciri khas dari pramugari batik air adalah pramugarinya yang mengenakan kebaya dengan bawahan batik. Maskapai penerbangan ini memang mengedepankan kebudayaan Indonesia sesuai dengan nama maskapai penerbangannya yaitu Batik Air.

Awal mula diterima sebagai pramugari dalam maskapai Bati Air memperoleh gaji sebesar Rp2.000.000,00 – Rp3.000.000,00 per bulan. Selain itu, ada juga tambahan untuk uang terbang. Setiap terbang, pramugari junior memperoleh gaji lagi sebesar Rp40.000,00 per jam.

Dalam penerbangannya, pramugari rata-rata melakukan penerbangan dengan awak kabin lainnya sekitar 6 jam per harinya. Jika dihitung per jamnya Rp40.000,00 maka dalam sehari pramugari bisa mendapatkan uang terbang sebesar Rp240.000,00. Umumnya dalam seminggu memiliki waktu 4 hari terbang.

banner-promo-gramedia

Selain itu, pramugari juga memiliki tambahan uang makan sebesar Rp15.000,00 – Rp45.000,00 per hari. Jika dijumlahkan dengan gaji pokok, uang terbang, dan uang makan maka akan membuat gaji pramugari melebih gaji pokoknya. Dalam setiap 16 hari terbang pramugari mendapat gaji pokok sebesar Rp3.000.000, lalu ditambah uang terbang Rp3.840.000, serta uang makan Rp720.000, hasil gaji dalam 16 hari kerja pramugari Batik Air adalah Rp7.560.000,00. Gaji pramugari tersebut bertambah sesuai dengan berapa hari ia terbang, jika sebulan penuh ia terbang maka gaji juga akan bertambah.

3. Gaji Pramugari Lion Air

Maskapai penerbangan Lion Air merupakan salah satu maskapai yang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan harganya yang murah untuk melakukan perjalanan dalam atau luar negeri. Bahkan banyak orang yang juga minat berkarir sebagai pramugari di maskapai penerbangan ini.

Gaji pramugari Lion Air pada setiap bulannya berkisar antara Rp15.000.000,00 – Rp20.000.000,00. Gaji ini sudah dijumlahkan dengan keuntungan-keuntungan dari uang tambahan selama melakukan penerbangan. Untuk gaji pokok pramugari junior berkisar antara Rp2.000.000,00 – Rp3.000.000,00, sedangkan untuk pramugari senior sebesar Rp5.000.000,00 – Rp6.000.000,00.

Uang tambahan yang didapatkan pramugari itu bermacam-macam mulai dari asuransi, jaminan kesehatan, uang terbang, serta uang makan. Semuanya dijumlahkan dalam setiap bulannya dengan gaji pokok pramugari. Gaji tersebut tentunya cukup besar, namun sesuai dengan tanggung jawabnya yang besar juga untuk menjaga keamanan dan melayani penumpang selama perjalanan.

4. Gaji Pramugari Air Asia

Air Asia merupakan maskapai penerbangan yang berasal dari Malaysia. Maskapai ini dikenal murah harga tiketnya serta menyediakan perjalanan dalam dan luar negeri. Pramugari biasanya dikenal dengan wajah yang ramah dan juga penampilannya yang menarik.

Menjadi pramugari Air Asia tentunya tidak mudah, namun gaji yang ditawarkan juga menggiurkan. Pramugari Air Asia memiliki tanggung jawab sesuai dengan tanggung jawab yang harus dijalankan oleh pramugari pada umumnya.

Gaji yang diterima pramugari Air Asia tidak sama seperti gaji pada maskapai lainnya. Standar gaji sudah ditetapkan pada setiap maskapai, berbeda maskapai artinya berbeda juga penghasilannya setiap bulan. Air Asia juga memiliki standar gaji untuk para pramugarinya. Di balik gaji yang ditawarkan, Air Asia juga memiliki standar calon pramugari serta tanggung jawab yang harus dipenuhi sesuai dengan gaji yang diberikan.

Air Asia memberikan gaji pokok pada pramugari sebesar Rp3.000.000,00 per bulan. Tidak hanya gaji pokok saja, Air Asia juga memberikan uang tambahan untuk uang terbang sebesar Rp50.000,00 per jam. Gaji tersebut bisa dijumlahkan secara keseluruhan dengan uang tambahan yang didapatkan.

Untuk keseluruhan gajinya, pramugari junior bisa mendapatkan gaji sekitar Rp8.000.000,00 – Rp15.000.000,00 per bulan. Dengan demikian gaji senior pramugari tentunya akan lebih besar dari juniornya.

5. Gaji Pramugari Citilink

Citilink merupakan anak dari Garuda Indonesia. Citilink memiliki standar gaji yang rata-rata tidak jauh berbeda dengan maskapai penerbangan lain. Selain itu, gaji pramugari senior dan junior tentunya memiliki perbedaan. Hal tersebut disebabkan oleh pengalaman dan jam terbang yang dimiliki junior dan senior juga berbeda.

Citilink memberikan gaji pokok kepada pramugarinya dengan besaran sekitar Rp6.000.000,00 – Rp10.000.000,00 per bulan. Untuk pramugari junior biasanya mendapat gaji Rp6.000.000,00 per bulan, sedangkan pramugari senior memperoleh gaji sebesar Rp.10.000.000,00 per bulan.

Selain itu, pramugari Citilink juga mendapatkan uang tambahan melalui uang terbang. Pendapatan uang terbang ini diterima pramugari setelah mendarat bersama para penumpang. Uang terbang yang didapat dihitung setiap jamnya. Dengan demikian, semakin jauh jarak penerbangan maka semakin besar juga uang terbang yang didapatkan.

Uang makan juga akan didapatkan oleh pramugari Citilink. Uang makan ini bervariasi setiap pendaratan pesawat. Jumlah uang makan juga dihitung berdasarkan durasi penerbangan dan juga jarak penerbangan. Pendapatan uang makan ini biasanya tidak diketahui oleh orang awam yang bukan seorang pramugari.

Kemudian, pramugari juga mendapatkan uang kerajinan. Uang kerajinan merupakan bonus bagi pramugari yang rajin dan cakap dalam mengerjakan tugasnya. Uang ini juga diberikan untuk pramugari yang tidak pernah izin dalam bekerja. Pramugari Citilink yang mendapatkan bonus uang kerajinan ini tentunya memiliki reputasi yang baik untuk menjaga kualitas pekerjaannya.

Selanjutnya, uang RON juga akan didapatkan pramugari Citilink. Uang RON memiliki kepanjangan Remain Over Night. Uang ini diberikan kepada pramugari yang menginap di hotel dalam penerbangannya bersama awak kabin lain. Hal ini adalah hal yang lumrah bagi para awak kabin, karena setiap penerbangan tidak mungkin dilakukan pulang pergi namun harus menginap.

Jika diakumulasikan, gaji para pramugari Citilink bisa mencapai Rp30.000.000,00 setiap bulannya. Gaji ini telah diakumulasikan mulai dari gaji pokok, uang terbang, uang makan, uang kerajinan, dan juga uang RON. Gaji sebesar ini tentunya sangat menakjubkan dan memiliki tanggung jawab yang besar juga.

6. Gaji Pramugari Sriwijaya Air

Sriwijaya Air juga termasuk maskapai yang sudah lama berdiri. Tidak heran jika maskapai ini memberikan gaji yang besar kepada para pekerjanya, khususnya pada pramugari Sriwijaya Air. Dengan gaji yang besar ini tentunya juga memiliki tanggung jawab yang besar untuk membawa penumpang ke tempat tujuan dengan aman dan nyaman.

Sriwijaya Air juga termasuk maskapai penerbangan yang cukup besar di Indonesia. Maskapai ini melayani penerbangan dengan rute tiga destinasi untuk penerbangan domestik maupun luar negeri. Jumlah penumpang Sriwijaya Air setiap bulannya mencapai 800.000 orang.

Gaji pramugari di Sriwijaya Air dalam sebulan berkisar Rp19.500.000,00 per bulan. Gaji tersebut tentunya bukanlah gaji pokok, gaji tersebut hasil dari akumulasi beberapa bonus yang didapat pramugari.

Gaji pokok pramugari junior berkisar Rp6.000.000,00 setiap bulan. Sedangkan gaji pokok untuk pramugari senior bisa mencapai Rp12.000.000,00 dalam setiap bulannya. Selain itu pramugari juga akan mendapat bonus dan tunjangan berdasarkan lama waktu bekerja dan jenis rute yang dilalui.

banner-promo-gramedia

Pramugari Sriwijaya Air biasanya memperoleh uang saku penerbangan atau disebut uang terbang sebesar Rp500.000,00 untuk sekali penerbangan. Uang terbang setiap maskapai tentunya berbeda, tergantung kebijakan masing-masing maskapai. Rata-rata uang terbang yang diperoleh pramugari pada setiap maskapai sebesar Rp40.000,00 – Rp50.000,00 setiap jamnya.

Oleh karena itu, bagi pramugari Sriwijaya Air jika melakukan penerbangan selama empat kali dalam seminggu, tentu akan memperoleh uang terbang yang berkisar Rp8.000.000,00 per bulan. Selain itu juga ada tunjangan lain seperti uang makan, insentif, dan lain-lain.

beli sekarang

Buku ini ditulis untuk mengungkap sebuah rahasia tentang dunia pramugari. Seluk beluk mengenai pekerjaannya, tugasnya, tanggung jawabnya, kesenangan dan tantangannya, serta bagaimana cara menggapai cita-cita untuk menjadi seorang pramugari. Buku ini mengulas dan memaparkan secara lengkap mengenai 10 tahapan tes dalam sistem perekrutan untuk menjadi seorang pramugari, hingga persiapan dalam menghadapi penerbangan pertama.

Baca juga : 

Tugas Pramugari

Tugas pramugari tidak hanya menjaga keselamatan dan kenyamanan bagi para penumpangnya saja. Mereka juga melakukan banyak hal untuk membantu pilot dan co pilot dalam penerbangan ke tempat tujuan. Berikut adalah beberapa tugas dari pramugari.

1. Pengarahan Oleh Pilot

Sebelum melakukan penerbangan maka pramugari akan melakukan pengarahan kepada penumpang yang disampaikan oleh pilot atau kapten. Para awak kabin diberikan infromasi-informasi terkait dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi selama penerbangan berlangsung. Hal-hal yang disampaikan biasanya terkait dengan cuaca, turbulensi, durasi penerbangan, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi penerbangan.

Selain itu, pramugari juga mengarahkan keselamatan dan persediaan peralatan darurat jika sewaktu-waktu terjadi kendala dalam penerbangan pesawat. Hal tersebut adalah hal yang harus penumpang tahu karena semuanya terkait dengan keselamatan nyawa semua awak kabin dan penumpang.

2. Pengarahan Keamanan

Pramugari memiliki tugas untuk memberikan pengarahan mengenai standar keamanan dan keselamatan khusus, dengan melakukan demonstrasi cara memakainya. Peragaan alat keselamatan ini dilakukan pada saat semua penumpang telah duduk di kursinya masing-masing dengan rapi.

Ada beberapa hal yang diarahkan kepada penumpang meliputi, cara memasang sabuk pengaman, menemukan pintu darurat terdekat, hal-hal yang harus dilakukan ketika terjadi turbulensi, cara menggunakan rompi pengaman, dan juga cara menggunakan masker oksigen yang turun ketika kadar oksigen di dalam pesawat menurun.

3. Pemeriksaan Pesawat

Dalam pekerjaan pramugari tentunya berfokus pada keselamatan dan keamanan penumpang, jadi pramugari harus memeriksa kondisi kabin pesawat sebelum dilakukan penerbangan. Mereka harus memeriksa alat-alat keselamatan darurat di dalam pesawat, pastikan semua alat tersebut berfungsi dengan baik. Contohnya, alat pemadam kebakaran, rompi keselamatan, masker oksigen, dan lain-lain.

4. Membantu Proses Saat Penumpang Menuju ke Pesawat

Pramugari bertugas untuk memeriksa tiket yang di bawah oleh para penumpang ketika mereka semua ingin memasuki kabin pesawat. Hal tersebut dilakukan untuk memverifikasi tiket penumpang dan juga keakuratan tiket dengan penerbangan, agar tidak ada tiket palsu yang masuk.

Pramugari juga diajarkan untuk melihat perilaku mencurigakan dari penumpang pesawat. Mereka yang berniat melakukan kejahatan tentunya akan langsung diketahui oleh para pramugari yang berjaga. Ketika proses tersebut berlangsung, para awak kabin akan memeriksa barang-barang apa saja yang dibawa penumpang untuk menjaga keselamatan penerbangan.

5. Memastikan Kenyamanan Penumpang

banner-promo-gramedia

Setelah pesawat melakukan lepas landas, tugas selanjutnya dari pramugari adalah menjaga kenyamanan bagi para penumpang. Pramugari akan memeriksa dan terus berpatroli di kabin pesawat untuk memastikan semua penumpang aman dan nyaman. Pramugari juga harus siap ketika mendapat permintaan dari penumpang seperti meminta selimut, memesan makanan, dan juga hal-hal lain yang dibutuhkan penumpang.

Pada saat pendaratan pesawat, pramugari juga bertugas mengarahkan para penumpang untuk menegakkan sandaran kursi dan membuka penutup jendela pesawat agar pendaratan berlangsung aman dan nyaman bagi penumpang.

Grameds, seperti itulah paparan artikel mengenai gaji pramugari maskapai penerbangan dan juga tugas dari pramugari. Dengan gaji dan tugas yang telah dipaparkan, apakah dari Grameds tertarik untuk menjadi seorang pramugari? Menjadi seorang pramugari memang akan memperoleh gaji yang besar, namun tanggung jawab dan tugasnya juga besar. Semuanya seimbang antara gaji dan tugas.

Bagi kalian yang ingin menemukan hal-hal lain atau pun yang berkaitan dengan pramugari, kalian bisa membeli dan membaca buku yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabaTanpaBatas telah menyediakan buku-buku berkualitas yang mungkin kalian butuhkan untuk belajar hal baru. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Buku ini berisi panduan mulai dari persiapan, latihan dan jawaban soal-soal tes seleksi, cara-cara dalam menghadapi wawancara, serta berbagai hal lain untuk melengkapi diri dalam menjadi seorang pramugari.

Baca juga : 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq