in

Urutan Pangkat TNI AD, TNI AL, dan TNI AU

Angkatan TNI dibagi menjadi tiga bagian, yang pertama TNI AD atau TNI Angkatan Darat, yang kedua TNI AL atau TNI Angkatan Laut, dan ketiga TNI AU atau TNI Angkatan Udara.

TNI ANGKATAN DARAT (TNI AD)

TNI Angkatan Darat merupakan perangkat pertahanan negara yang bertugas untuk melindungi wilayah perbatasan di negara Indonesia agar tidak diambil oleh negara lain. Membangun dan mengembangkan kekuatan darat supaya memiliki armada yang ideal, dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

Lambang pangkat pada setiap Angkatan selalu dibagi menjadi tiga bagian, kecuali pangkat kehormatan. Pertama, untuk Pakaian Dinas Upacara. Kedua, Pakaian Dinas Harian, dan Pakaian Dinas Lapangan. Lambang yang ada di pakaian dinas masih dibagi lagi menjadi dua. Dua bagian itu diberikan kepada komando dan staff. Sudah tahu struktur pangkat TNI dan pangkatnya? Berikut struktur pangkat TNI dan pangkatnya.

URUTAN PANGKAT TNI ANGKATAN DARAT (AD)

1. Pangkat Kehormatan

Gambar dari bacaterus.com

Pangkat kehormatan yang ada di angkatan darat dikenal dengan sebutan Jenderal Besar dan pangkat tersebut mempunyai lambang bintang lima emas. Ada tiga orang yang mendapatkan pangkat kehormatan ini, yaitu Jenderal Besar Soedirman, Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, dan Jenderal Besar Soeharto.

 

2. Perwira Tinggi

Gambar dari tambahpinter.com

Kepangkatan yang ada di Angkatan Darat adalah empat, yaitu Jenderal, Letnan Jenderal, Mayor Jenderal, dan Brigadir Jenderal.

Jenderal ditandai dengan lambang empat bintang emas. Dengan lambang empat bintang emas itu berarti Jenderal merupakan pangkat tertinggi di struktur kepangkatan Angkatan  Darat. Letnan Jenderal ditandai dengan lambang tiga bintang emas, yang berarti pangkat ini berada di bawah Jenderal.

Mayor Jenderal memiliki lambang dua bintang emas yang berarti posisi pangkat ini di bawah Letnan Jenderal. Pangkat terakhir di perwira tinggi adalah Brigadir Jenderal dengan lambang satu bintang emas. Pakaian Dinas Lapangan perwira tinggi lambang yang diberikan adalah bintang dengan warna hitam.

 

3. Perwira Menengah 

Struktur kepangkatan yang ada di perwira menengah Angkatan Darat ada tiga, yaitu Kolonel, Letnan Kolonel, Mayor.

Kolonel ditandai dengan lambang tiga bunga melati emas. Kolonel merupakan pangkat tertinggi di struktur kepangkatan perwira menengah Angkatan Darat. Pangkat berikutnya adalah Letnan Kolonel yang ditandai dengan lambang dua bunga melati emas.

Pangkat Mayor adalah pangkat terendah di perwira menengah dan lambang yang dimiliki satu bunga melati emas. Hanya pada Pakaian Dinas Lapangan di struktur kepangkatan perwira menengah lambangnya melati dengan warna hitam.

Gambar dari akupintar.id

 



4. Perwira Pertama

Sama seperti perwira menengah, struktur kepangkatan perwira pertama ada tiga, yaitu Kapten, Letnan Satu, dan Letnan Dua.

Pangkat tertinggi pada struktur kepangkatan pertama adalah Kapten, diikuti dengan Letnan Satu, dan Letnan Dua. Pangkat Kapten ditandai dengan lambang tiga garis yang mempunyai warna emas. Pangkat Letnan Satu ditandai dengan lambang dua garis yang memiliki warna emas. Yang terakhir pangkat Letnan Dua ditandai dengan lambang dua garis yang memiliki warna emas. Pada pakaian Dinas Lapangan di struktur kepangkatan perwira pertama lambang garis berwarna hitam.

Gambar dari akupintar.id

 

5. Bintara Tinggi

Pada struktur kepangkatan bintara tinggi hanya ada dua pangkat, yaitu Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua.

Pembantu Letnan Satu ditandai dengan lambang dua garis bergelombang dengan warna emas dan Pembantu Letnan Dua ditandai dengan lambang satu  garis bergelombang dengan warna emas. Hanya lambang Pakaian Dinas Lapangan yang lambangnya garis bergelombang berwarna hitam.

Bintara Tinggi
Gambar dari akupintar.id

 

6. Bintara

Struktur kepangkatan bintara ada empat pangkat. Empat pangkat itu terdiri dari Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan Dua.

Pangkat tertinggi di struktur kepangkatan bintara adalah Sersan Mayor atau biasa disingkat dengan sebutan Serma dan lambangnya empat garis seperti huruf V berwarna emas.

Di bawah Sersan Mayor ada pangkat Sersan Kepala lambangya adalah tiga garis menyerupai huruf V dan memiliki warna emas. Berikutnya pangkat Sersan Satu ditandai dengan dua garis seperti huruf V dengan warna emas.

Pangkat Sersan Dua mempunyai lambang satu garis seperti huruf V yang memiliki warna emas. Hanya lambang Pakaian Dinas Lapangan yang berbentuk seperti huruf V dengan warna hitam.

Bintara
Gambar dari akupintar.id

 

7. Tamtama Kepala

Tamtama kepala mempunyai tiga pangkat, yaitu Kopral Kepala, Kopral Satu, Kopral Dua.

Lambang yang ada pada struktur tamtama kepala hampir sama dengan lambang yang ada pada struktur kepangkatan bintara, perbedaan kedua lambang itu terletak pada warnanya.

Pangkat Kopral Kepala diberi lambang garis seperti huruf V yang warnanya merah. Pangkat Kopral Satu ditandai dengan lambang garis yang menyerupai huruf V dengan warna merah. Pangkat Kopral Dua ini diberi lambang garis seperti huruf V yang memiliki warna merah.

Tamtama Kepala
Gambar dari tambahpinter.com

 

8. Tamtama 

Struktur kepangkatan Tamtama Kepala mempunyai tiga pangkat yaitu Prajurit Kepala, Prajurit Satu, dan Prajurit Dua.

Tiga garis dengan warna merah menjadi lambang pangkat dari Prajurit Kepala. Berikutnya ada Pangkat Prajurit Satu yang berada di bawah Prajurit Kepala dan lambangnya adalah dua garis merah. Pangkat Prajurit Dua ditandai dengan lambang satu garis dengan warna merah.

Tamtama
Gambar dari tambahpinter.com

 

TNI ANGKATAN LAUT (AL) 

TNI Angkatan Laut merupakan salah satu bagian dari pertahanan negara Indonesia yang bertugas untuk menjaga kelautan Indonesia. Adapun tugas-tugas lain dari TNI Angkatan Laut, yaitu:

  1. Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di  wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang sudah diratifikasi.
  2. Menjalankan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan kelautan.
  3. Melakukan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam upaya mendukung kebijakan politik luar negeri yang sudah ditetapkan pemerintah Indonesia.

 



URUTAN PANGKAT TNI ANGKATAN LAUT (AL)

 

1. Pangkat Kehormatan

Di dalam struktur kepangkatan TNI Angkatan Darat pangkat kehormatan disebut dengan nama Laksamana Besar. Lambang pada pangkat ini ialah lima bintang emas.

Pangkat Kehormatan
Gambar dari bacaterus.com

2. Perwira Tinggi 

Perwira adalah struktur kepangkatan tertinggi yang ada di Angkatan Laut. Di dalam struktur kepangkatan perwiran tinggi ada empat pangkat TNI Angkatan Laut, yaitu Laksamana, Laksamana Madya, Laksamana Muda, dan Lakasana Muda Petama.

Laksamana merupakan pangkat tertinggi di dalam struktur kepangkatan perwira tinggi. Pangkat tertinggi itu ditandai dengan lambang empat bintang emas. Di bawah pangkat Laksamana ada pangkat Laksamana Madya, pangkat ini diberi lambang tiga bintang emas.

Selanjutnya ada pangkat Laksamana Muda, lambang yang ada pada pangkat ini adalah dua bintang emas. Pangkat terakhir di struktur kepangkatan Perwira Tinggi adalah Laksamana Muda Pertama, lambang pada pangkat ini ialah satu bintang emas. Pada Pakaian Dinas Lapangan lambang bintang memiliki warna hitam.

Perwira Tinggi
Gambar dari tambahpinter.com

 

 

3. Perwira Menengah 

Perwira Menengah mempunyai tiga pangkat di dalamnya, yaitu Kolonel, Letnan Kolonel, dan Mayor.

Pangkat Kolonel diberikan lambang tiga bunga melati dengan warna emas. Di bawah pangkat kolonel ada pangkat Letnan Kolonel yang ditandai dengan lambang dua bunga melati warna emas.

Berikutnya pangkat terakhir di struktur kepangkatan perwira menengah dengan pangkat Mayor dan dengan lambang satu bunga melati dengan warna emas. Lambang bunga melati dengan warna hitam hanya dimiliki pada Pakaian Dinas Lapangan.

Perwira Menengah
Gambar dari akupintar.id

4. Perwira Pertama

Struktur kepangkatan perwira pertama mempunyai tiga pangkat ,yaitu Kapten, Letnan Satu, dan Letnan Dua.

Pada setiap pakaian dinas semua lambang diberi warna emas, kecuali pakaian dinas lapangan yang lambangnya diberi warna hitam. Pangkat Kapten ditandai dengan lambang tiga garis. Di bawah pangkat Kapten ada pangkat Letnan Satu dengan lambang dua garis. Lalu, ada pangkat Letnan Dua yang lambangnya berupa satu garis.

Perwira Pertama
Gambar dari akupintar.id

5. Bintara Tinggi

Pada struktur kepangkatan bintara tinggi pangkat yang dimiliki adalah Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua.

Pembantu Letnan Satu diberi lambang dua garis bergelombang dengan warna emas pada pakaian dinas upacara dan harian. Sedangkan pakaian dinas lapangan warna lambang hitam. Pangkat Pembantu Letnan Dua diberi lambang satu garis beregelombang dengan warna emas pada pakaian dinas upacara dan harian.

Bintara Tinggi
Gambar dari tambahpinter.com

6. Bintara 



Struktur kepangkatan bintara memiliki empat pangkat, yaitu Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan dua.

Pangkat tertinggi di bintara adalah Sersan Mayor yang ditandai dengan lambang garis seperti huruf V yang berjumlah empat. Pangkat Sersan Kepala diberi lambang garis seperti huruf V dengan jumlah tiga.

Pangkat Sersan Satu lambangnya adalah menyerupai huruf V dan jumlah pada pangkat ini ialah dua. Satu lambang garis seperti huruf V menjadi lambang pada pangkat Sersan Dua. Semua lambang pada pakaian dinas upacara harian dan lapangan warnanya adalah emas. Sedangkan pakaian dinas lapangan warna lambang adalah hitam.

Bintara 
Gambar dari tambahpinter.com

 

7. Tamtama Kepala

Struktur kepangkatan tamtama kepala mempunyai empat pangkat yaitu Kopral Kepala, Kopral Satu, dan Kopral Dua.

Pangkat Kopral Kepala adalah pangkat paling tinggi di struktur kepangkatan tamtama kepala. Lambang yang ada pangkat Kopral Kepala adalah tiga garis menyerupai huruf V. Kopral Satu adalah pangkat dengan lambang garis seperti huruf V yang berjumlah dua. Kopral Dua lambang dimiliki ialah garis seperti huruf V. Semua lambang pada setiap pakaian dinas adalah biru.

Tamtama Kepala
Gambar dari tambahpinter.com

8. Tamtama

Ada tiga pangkat di struktur kepangkatan tamtama. Pertama, Kelasi Kepala, kedua, Kelasi Satu, dan ketiga Kelasi Dua.

Pangkat Kelasi Kepala lambangnya adakah tiga garis dengan warna biru. Pangkat Kelasi Satu ditandai dengan lambang dua garis yang warnanya biru. Satu garis dengan warna biru merupakan lambang dari pangkat tamtama.

Tamtama
Gambar dari tambahpinter.com

TNI ANGKATAN UDARA (AU)

TNI Angkatan Udara merupakan salah satu bagian dari pertahanan negara Indonesia yang bertugas untuk menjaga kelautan Indonesia. Adapun tugas-tugas lain dari TNI Angkatan Udara, yaitu:

  1. Membangun dan mengembangkan kekuatan di daerah udara.
  2. Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.
  3. Menegakkan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan pemerintah.

Setelah mengetahui tugas dari Angkatan Udara, selanjutnya akan menjelaskan struktur kepangkatan dan pangkat di Angkatan Udara. Berikut struktur kepangkatan dan pangkat di Angkatan Udara.

URUTAN PANGKAT TNI ANGKATAN UDARA (AU)

1. Pangkat Kehormatan

Pangkat kehormatan yang dimiliki oleh Angkatan Udara ialah Marsekal Besar dan lambang pada pangkat tersebut adalah bintang lima dengan warna emas.

Pangkat Kehormatan
Gambar dari bacaterus.com

 

2. Perwira Tinggi 

Sama seperti struktur kepangkatan pada Angkatan Darat dan Angkatan Laut bahwa struktur kepangkatan perwira tinggi ada empat pangkat, yaitu Marsekal, Marsekal Madya, Marsekal Muda, dan Marsekal Pertama.

Empat bintang emas menjadi lambang pangkat tertinggi di struktur kepangkatan perwira tinggi, pangkat itu adalah Marsekal. Di bawah pangkat Marsekal adalah Marsekal Madya dengan lambang tiga bintang emas.

Pangkat Marsekal Muda ditandai dengan lambang dua bintang emas. Pangkat terakhir di struktur kepangkatan perwira tinggi adalah Marsekal Pertama dan lambang dari pangkat ini adalah satu bintang emas. Pakaian dinas harian dan upacara lambang bintangnya berwarna emas, sedangkan pakaian dinas lapangan warna bintang hitam.

Perwira Tinggi
Gambar dari tambahpinter.com

3. Perwira Menengah

Struktur kepangkatan menengah mempunyai tiga pangkat, yaitu Kolonel, Letnan Kolonel, dan Mayor.

Pangkat Kolonel pada setiap pakaian dinas ditandai dengan lambang tiga bunga melati berwarna emas, kecuali di pakaian dinas lapangan. Berikutnya, ada pangkat Letnan Kolonel dengan lambang dua bunga melati emas di pakaian dinas upacara dan harian, sementara di pakaian dinas lapangan dua bunga melati dengan warna hitam.

Pangkat terakhir di struktur kepangkatan perwira menengah adalah satu bunga melati berwarna emas pada pakaian dinas upacara dan harian, sedangkan pada pakaian dinas lapangan warna lambang berwarna hitam.

Perwira Menengah
Gambar dari akupintar.id

 

4. Perwira Pertama

Perwira pertama adalah struktur kepangkatan yang berada di bawah perwira menengah. Pada perwira pertama mempunyai tiga pangkat, yaitu Kapten, Letnan Satu, dan Letnan Dua.

Pangkat Kapten memiliki lambang tiga buah garis dengan warna emas. Setelah pangkat Kapten ada pangkat Letnan Satu dan lambang dari pangkat ini adalah dua buah garis warna emas. Pangkat terakhir dari struktur kepangkatan perwira pertama adalah Letnan Dua dan lambang yang dimiliki adalah satu buah garis warna emas. Disetiap pakaian dinas semua pangkat berwarna emas, kecuali pakaian dinas lapangan.

Perwira Pertama
Gambar dari akupintar.id

 

5. Bintara Tinggi 

Bintara tinggi hanya mempunyai dua pangkat yaitu Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua.

Pangkat Pembantu Letnan Satu merupakan pangkat paling tinggi yang ada di struktur kepangkatan Angkatan Udara dan lambang dari pangkat ini adalah dua garis bergelombang berwarna emas pada pakaian dinas upacara dan harian, serta berwarna hitam pada pakaian dinas lapangan. Pembantu Letnan Dua memiliki pangkat satu garis bergelombang pada setiap pakaian dinas, kecuali pakaian dinas lapangan.

Bintara Tinggi
Gambar dari akupintar.id

6. Bintara

Struktur Kepangkatan bintara mempunyai empat pangkat, yaitu Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan Dua.

Empat garis yang menyerupai huruf V merupakan pangkat dari Sersan Mayor. Di bawah Sersan Mayor adalah pangkat Sersan Kepala yang ditandai dengan lambang tiga garis seperti huruf V.

Dua garis seperti huruf V menjadi lambang pangkat Sersan Satu. Pangkat terakhir di struktur pangkat bintara adalah Sersan Dua dan lambangnya satu garis menyerupai huruf V. Semua lambang pada setiap pakaian dinas berwarna emas, kecuali pakaian dinas lapangan lambang pangkat berwarna hitam.

Bintara
Gambar dari akupintar.id

7. Tamtama Kepala

Kopral Kepala, Kopral Satu, dan Kopral Dua adalah pangkat-pangkat yang ada di struktur kepangkatan tamtama kepala.

Pangkat Kopral Kepala ditandai dengan lambang tiga garis yang berbentuk seperti huruf V dan warnanya adalah merah. Pangkat Kopral diberi lambang dua garis yang bentuknya menyerupai huruf V dan warnanya merah. Pangkat terakhir di struktur pangkat ini adalah Kopral Dua yang lambangnya adalah garis seperti huruf V berwarna merah.

Tamtama Kepala
Gambar dari tambahpinter.com

Tamtama 

Pada struktur kepangkatan ini ada tiga pangkat, yaitu Prajurit Kepala, Prajurit Satu, dan Prajurit Dua.

Semua lambang pada pangkat tamtama berbentuk garis dengan warna merah dan yang membedakan antara pangkat Prajurit Kepala, Prajurit Satu, dan Prajurit Dua adalah jumlah garis dengan warna merah. Pangkat Prajurit Satu memiliki tiga garis, Prajurit Satu memiliki dua garis, dan Prajurit Dua memiliki satu garis.

Tamtama
Gambar dari tambahpinter.com

 

Kesimpulan

Setiap angkatan mempunyai tugas utama yang sama yaitu menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.

Hampir setiap pangkat memiliki warna lambang yang sama pada setiap pakaian dinas, kecuali pakaian dinas lapangan. Namun, ada beberapa pakaian dinas di pangkat tersebut memiliki warna lambang yang sama.

Setelah mengetahui pangkat-pangkat yang ada di Tentara Nasional Indonesia (TNI) tertarikkah Anda untuk menjadi TNI?

 

Buku Terkait TNI

Nama Buku: Oerip Soemohardjo: Bapak Tentara Yang Dilupakan

Kategori: Tentara Nasional Indonesia

Link: https://www.gramedia.com/products/oerip-soemohardjo-bapak-tentara-yang-dilupakan

 

Nama Buku: Marsda TNI Dento Priyono

Kategori: Tentara Nasional Indonesia

Link: https://www.gramedia.com/products/marsda-tni-dento-priyono

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy