in

18 Fakta Unik Menara Eiffel Yang Perlu Anda Tahu

Fakta Unik Menara Eiffel – Menara Eiffel adalah salah satu bukti nyata keindahan Kota Paris. Menara yang memiliki banyak penggemar ini ternyata memiliki berbagai fakta unik. Apa saja fakta unik Menara Eiffel? Berikut penjelasannya

Siapakah yang merancang Menara Eiffel? Pertanyaan ini mungkin kerap kali terlontar dari pikiran sebagian orang. Akan tetapi, bagi sebagian orang yang sangat terpukau oleh keindahannya justru melupakan hal ini.

Seperti namanya, Menara Eiffel dirancang serta dibangun oleh sebuah perusahaan teknik Gustave Eiffel, Compagnie des Établissements Eiffel. Bertentangan dengan sebuah kepercayaan umum, Menara ini tidak banyak berhubungan dengan konstruksi aktual dan desain dari  menaranya itu sendiri.

Eiffel dirancang oleh dua insinyur senior Eiffel. Kedua insinyur tersebut adalah Émile Nouguier dan Maurice Koechlin. Menara Eiffel dirancang pada tahun 1889, digunakan untuk menyambut Paris Exposition atau Pameran Paris.

Diketahui bahwa pameran tersebut sengaja diadakan. Tujuan diadakannya pameran tersebut adalah untuk memperingati 100 tahun dari Revolusi Prancis. Eiffel kemudian mengakui bahwa desain menara tersebut terinspirasi dari oleh Letting Observatory yang dibangun pada tahun 1853, di New York City.

pintu masuk untuk pameran dunia di tahun 1889Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Menara Eiffel dibangun untuk menjadi pintu masuk pameran dunia. Dalam rangka menghormati ulang tahun ke 100 Revolusi Perancis, kota Paris menjadi tuan rumah dalam Exposition Universelle yang diadakan pada tahun 1889.

Dalam bahasa Inggris, event tersebut dikenal dengan nama World’s Fair. Nama lainnya adalah Pameran Dunia 1889. Pameran ini dilangsungkan pada jantung kota di Champ de Mars,

Champ de Mars merupakan sebuah taman umum yang berukuran besar. Selain itu, merupakan sebuah gerbang masuk yang rumit didirikan. Tujuannya adalah untuk dijadikan sebagai pemeran utamanya.

Konsep Menara EiffelFakta unik mengenai Menara Eiffel selanjutnya adalah mengenai konsep menaranya. Ternyata, konsep Menara Eiffel saat yang saat ini berbeda dengan yang sudah direncanakan. Struktur ikonik dari menara ini ternyata tidak seperti yang semula dibuat oleh Gustave Eiffel.

Perancang utama dari Menara Eiffel ini adalah Maurice Koechlin. Ia adalah salah satu insinyur seniornya. Melalui bantuan dari Emile Nouguier yang juga sesame insinyur dan Stephen Sauvestre, seorang pemimpin departemen arsitektur di perusahaan.

Mereka kemudian merancang menara tersebut. Rupanya, sketsa awal dari menara ini yang ditujukkan kepada Eiffel ditolak. Visinya mengenai sebuah menara adalah sesuatu yang terperinci dan rumit.

Akan tetapi, ternyata mereka menemukan bahwa rencana desain tersebut terlalu minim. Kemudian, pada tahun 1884, desain dari Menara Eiffel mendapatkan persetujuan. Konstruksi menara ini pun dimulai pada tahun 1887.

Tenaga pekerjaBisa kita lihat bagaimana keindahan dan kemegahan dari Menara Eiffel. Di samping hal itu, sudah dapat dipastikan bahwa di dalam pengerjaannya, memerlukan tenaga kerja yang tidak sedikit. Sebanyak tiga ratus pekerja baja dikerahkan di dalam pembangunan proyek Menara Eiffel ini.

Ke tiga ratus pekerja baja tersebut juga menghabiskan waktu selama kurnag lebih dua tahun, dua bulan dan lima hari. Prosesnya dimulai dari tahun 1887. Kemudian berakhir pada tahun 1889.

Dalam pengerjaannya, menara ini membutuhkan lebih dari 18.000 bagian logam individu. Tidak hanya itu, dibutuhkan juga 2,5 juta paku. Serta 40 ton cat untuk pengerjaannya.

Tidak hanya pada proses pembuatannya saja, proses perawatan Menara Eiffel juga tidak mudah. Setiap tujuh tahun, terdapat sekitar 60 ton cat akan diaplikasikan ke menara tersebut. Hal itu akan membuat Menara Eiffel selalu terlihat bagus. Tidak hanya itu, hal tersebut juga akan membantu besi pada menara ini tidak berkarat.

Terdapat ukiran namaPada bagian Menara Eiffel, terdapat sebuah ukiran nama. Ukiran nama tersebut adalah nama dari Insinyur dan Ilmuwan Prancis. Hal tersebut dilakukan supaya tidak dilupakan oleh sejarah.

Jasa-jasa dari para Insinyur dan Ilmuwan Prancis yang bekerja pada abad ke-19 akan dikenang di dalam Menara Eiffel. Terdapat 72 nama yang diukir di Menara Eiffel. Selain itu, nema-nama tersebut juga dijadikan nama jalan di Kota Paris.

Akan tetapi, fakta lainnya adalah ternyata ukiran nama Insinyur dan Ilmuwan tersebut sempat ditutup. Tepatnya pada awal abad ke 20. Kemudian dibuka pertama kalinya pada tahun 1986 sampai 1987, oleh Société Nouvelle d’exploitation de la Tour Eiffel. Ia adalah orang yang mengelola monumen tersebut.

Berkat restorasi yang berlangsung pada menara tersebut, ke 72 ukiran nama Insinyur dan Ilmuwan dari desain aslinya dapat terlihat kembali. Oleh karena itu, para pengunjung yang memperhatikan struktur menara ini dengan jelas akan dapat melihat nama-nama tersebut. seperti Perrier, Dumas dan Foucault.

Sempat mendapatkan protes saat pembangunannyaMenara yang sangat indah ini adalah salah satu monumen yang sangat dicintai dunia. Akan tetapi, hal itu tidak dapat menutupi fakta bahwa Menara Eiffel pernah mendapatkan protes dalam proses pembangunannya.

Pada saat itu, Pemerintah dihadapkan dengan sebuah petisi. Petisi tersebut berisi lebih dari 300 tanda tangan warganya. Petisi tersebut berbunyi “Kami, para penulis, pelukis, pematung, arsitek, dan pecinta keindahan Paris, melakukan protes dengan segenap kekuatan dan kemarahan kami, atas nama Selera Prancis dan seni dan sejarah Prancis yang terancam, melawan Menara Eiffel yang tidak berguna dan mengerikan.”

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Selain itu, terdapat pula sebuah kekhawatiran dari kalangan pecinta alam. Mereka mengkhawatirkan mengenai ketinggian menara tersebut. Dikhawatirkan akan mengganggu burung yang akan terbang di atas Kota Paris tersebut.

Berdasarkan semua masalah tersebut, tidak satupun dari hal itu yang membuat adanya perbedaan dalam prodes pembangunannya. Pada akhirnya, Menara Eiffel tetap dibangun. Kemudian menjadi salah satu struktur yang sangat dicintai. Bahkan menjadi ikon dari Kota Paris dan Negara Prancis.

Hanya untuk 20 tahunPada point sebelumnya, disebutkan bahwa Menara Eiffel dibangun untuk memberikan kesempatan Negara Prancis dalam menunjukkan kemampuan industrinya. Tepat ketika merayakan seratus tahun Revolusi Perancis tahun 1889.

Oleh karena itu, pembangunan Menara Eiffel ini dimaksudkan hanya untuk sementara saja. Menara Eiffel hanya akan berdiri selama 20 tahun saja. Sebelum kembali diruntuhkan.

Akan tetapi, warga Paris dan sebagian besar dunia yang sudah berkesempatan melihat serta mempelajari strukturnya, justru jatuh cinta pada menara ini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan masih berdirinya menara ini.

Selain itu, antena yang ada di atas Menara Eiffel juga pernah dimanfaatkan untuk telegram. Oleh karena itu, rencana meruntuhkan menara tersebut tidak pernah terlaksana. Justru menara tersebut menjadi salah satu wisata dunia yang sangat diminati.

Bloody History: Paris
Bloody History: Paris

tombol beli buku

Sempat menjadi menara tertinggiSelama 41 tahun sejak proses penyelesaiannya, Menara Eiffel dinobatkan sebagai menara tertinggi di dunia. Menara Eiffel menjadi monument dan struktur yang paling tinggi di dunia, dengan ukuran tanpa antena.

Diketahui bahwa tinggi menara ini sekitar 984 kaki atau setara dengan 300 meter. Sampai pada akhirnya ketinggian menara ini dikalahkan oleh Gedung Chrysler di New York. Gedung Chrysler memiliki tinggi sekitar 1046 kaki.

Setahun kemudian, salah satu gedung di New York, yaitu Gedung Empire State menjadi gedung tertinggi di dunia. Ketinggiannya mencapai 1454 kaki dengan sebuah puncak menara.

Akan tetapi, pada tahun 1957 sebuah antenna ditambahkan di atas Menara Eiffel. Antenna tersebut pun menambah ketinggian Menara Eiffel sekitar 67 kaki. Hal itu membuat Menara Eiffel lebih tinggi 6 kaki dari Gedung Chrysler.

Apartemen RahasiaFakta lain dari Menara Eiffel yang jarang diketahui orang banyak adalah adanya tempat rahasia. Di dalam menara ini, Gustave Eiffel menyisipkan atau membangun sebuah apartemen kecil. Apartemen tersebut dibangun untuk keperluannya ketika sedang mendesain.

Apartemen ini terletak pada lantai 3 menara. Perabotan di dalam apartemen ini juga terbilang lengkap. Mulai dari grand piano dan terpasangnya di beberapa area laboratorium. Laboratorium tersebut digunakan untuk bereksperimen.

Rupanya ia menerima berbagai tawaran dari orang-orang yang tertarik untuk menghabiskan waktunya satu malam di Menara Eiffel. Akan tetapi, ternyata ia menolak hal tersebut.

Gustave Eiffel mengungkapkan bahwa ia ingin menggunakan apartemennya sebagai tempat yang tenang. Ia ingin mengukir waktu untuk dirinya sendiri. Namun, ia memutuskan untuk menjamu beberapa tamu yang dianggapnya penting saja.

Contohnya seperti Thomas Edison, sang penemu fonograf. Apartemen yang ada di menara ini masih tidak tersedia untuk disewakan pada public. Akan tetapi, apartemen ini sudah dipajang untuk mengunjung. Sebagian besar perabotan di dalamnya yang asli juga masih ada di sana.

ratusan juta pengunjungMenara yang cantik ini sudah dikenal oleh dunia. Ketenarannya Pun membuat Menara Eiffel mendapatkan banyak kunjungan dari berbagai warga negara. Banyak orang berdatangan untuk melihat bangunan dari monument ini.

Pada tahun 2015, Menara Eiffel dinobatkan sebagai monument berbayar yang paling populer di dunia. Menurut data statistic, ada sekitar 6,91 juta jiwa wisatawan yang mengunjungi menara ini pada tiap tahunnya.

Secara total, diperkirakan ada sekitar 250 juta orang yang sudah mengunjungi Menara Eiffel. Angka tersebut diperoleh sejak pembukaan resmi menara ini pada tahun 1889. Selain itu, diperkirakan juga ada sekitar 25.000 pengunjung yang naik ke atas Menara Eiffel setiap harinya.

Besarnya volume wisatawan ini tentu membuat antrean yang panjang. Oleh karena itu, para pengunjung kini sudah dapat membeli tiket secara online. Hal itu bisa menghindari antrean.

Lift menara eiffelMenara Eiffel adalah menara yang tinggi. Akan tetapi, melalui ketinggiannya kita bisa menyaksikan keindahan kota paris. Oleh karena itu, dibutuhkan alat untuk mencapai bagian atas menara ini.

Alat yang digunakan tersebut adalah lif. Menjadi monument yang berbayar paling banyak dikunjungi di dunia membuat lift dalam pengantaran pengunjung itu menjadi sibuk sepanjang tahun.  Diperkirakan bahwa lift sudah menempuh jarak total sekitar 103.000 km pada tiap tahunnya.

Hal itu setara dengan dua setengah kali mengelilingi bumi ini. Hal menariknya adalah dua lift yang masih asli tersebut masih beroperasi. Lift tersebut masih dijaga dan dipelihara dengan baik sampai sekarang.

BACA JUGA: Potret Kemajuannya Negara Maju di Eropa

Menggunakan 20.000 bola lampuMenara Eiffel tidak hanya dapat dinikmati keindahannya pada siang hari saja. Akan tetapi, ketika malam hari keindahannya tetap bisa dinikmati. Pada malam hari, menara ini akan tampak begitu menakjubkan.

Pasalnya, Menara Eiffel akan dihias dengan sekitar 20.000 bola lampu di malam hari. Hal itu membuat menara ini menjadi menyala dan eksotis.

Sebenarnya, adalah tindakan yang ilegal untuk mempublikasikan foto Menara Eiffel ketika menyala pada malam hari. Hal itu karena menurut Undang-undang Hak Cipta UE, sebuah desain pencahayaan adalah suatu karya seni yang mempunyai hak cipta.

Oleh karena itu, siapapun yang ingin mempublikasikan foto Menara Eiffel perlu meminta izin dari Société Nouvelle d’Exploitation de la Tour Eiffel. Akan tetapi, tentu saja dalam mempraktekannya hal ini sangat sulit untuk diterapkan.

Proses pembangunan sangat amanPada masa pembangunan menara ini, sering sekali terjadi kecelakaan yang fatal. Kecelakaan tersebut dapat terjadi di berbagai industry pekerjaan. Kematian yang terjadi pada proyek berskala besar merupakan kejadian yang umum.

Oleh karena itu, untuk alasan ini Gustave Eiffel menempatkan keselamatan sebagai prioritas yang sangat tinggi. Hal itu berlaku selama proses pembangunan Menara Eiffel.

Dalam mewujudkan tujuan tersebut, dibangunlah sebuah scaffolding atau perancah kayu. Perancah kayu tersebut berada di sekitar struktur selama proses konstruksi. Langkah keamanan yang lain juga adalah digunakannya screen dan guard.

Dari semua upaya dalam mementingkan keselamatan selama proses pembangunan menara ini, tidak banyak korban jiwa di dalamnya. Tercatat hanya satu orang yang tewas ketika proses pembangunan Menara Eiffel.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk pengamanan tersebut telah menyelamatkan pekerjanya. Kemungkinan sebanyak 300 pekerja terselamatkan dari kecelakaan fatal yang mungkin terjadi. Pencapaian ini adalah prestasi yang terbilang luar biasa. Mengingat skala proyek menara pada kondisi saat itu.

Memuai di musim panasSiapa sangka bahwa Menara Eiffel dapat memuai? Ketinggian dari Menara Eiffel sebenarnya dapat bervariasi. Semua itu tergantung situasinya.

Variasi ketinggian menara ini sekitar 15 cm pada tiap tahunnya, tergantung suhunya. Fakta tersebut terbilang tidak cukup mengejutkan. Mengingat bahwa hampir semua bagian menara ini terbuat dari logam.

Pasalnya, suhu rata-rata berfluktuasi sepanjang tahun. Hal itu juga mempengaruhi ketinggian menara ini. Ketika logam akan memuai atau menyusut, maka ketinggiannya akan berbeda.

replika menara eiffeMenara Eiffel memiliki banyak replica. Tercatat di seluruh dunia terdapat lebih dari 30 replika Menara Eiffel. Dari di London, Pakistan, Las Vegas, bahkan Lahore. Replica yang ukurannya setengah dari ukuran aslinya terletak di Paris Las Vegas Hotel, Amerika Serikat.

Pada awalnya, replica ini direncanakan untuk menjadi ukuran yang penuh. Akan tetapi, karena lokasi yang dekat dengan bandara, maka lokasi tersebut dibatalkan.

Replika Menara Eiffel lainnya yang menarik dapat ditemui di Tokyo, Jepang. Menara Tokyo, sebagaimana diketahui adalah struktur tertinggi urutan kedua di negara Jepang. Menara tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan Menara Eiffel.

Paris For One And Other Stories (paris untuk satu orang dan cerita-cerita lain)
Paris For One And Other Stories (paris untuk satu orang dan cerita-cerita lain)

tombol beli buku

Menara Eiffel Harusnya berada di BarcelonaPada awalnya, menara ini direncanakan dibangun di Barcelona, bukan di Paris. Akan tetapi, desain dari Menara Eiffel ditolak oleh Spanyol. Jika melihat perkembangannya sekarang, tentu saja hal ini menjadi kesalahan yang mahal untuk Spanyol.

Pasalnya, pembangunan Menara Eiffel diperkirakan bernilai sekitar 400 Miliar Euro. Nilai tersebut melebihi enam kali lipat dai pembangunan Colosseum di Roma. Selain itu, nilai tersebut juga melebihi nilai dari Menara London.

Menara Eiffel membantu sekutu selama PD ISelama masa Perang Dunia Ke I, Menara Eiffel ternyata digunakan untuk membantu pasukan sekutu. Melalui Menara Eiffel, pasukan sekutu dapat menghentikan komunikasi Jerman. Menara ini memiliki peran yang penting.

Terutama ketika Pertempuran Marne yang terjadi tahun 1914. Pada saat itu, Menara Eiffel bertugas sebagai pemancar telegraf nirkabel. Selama 5 tahun tersebut, Menara Eiffel menjadi pusat komunikasi dalam mendengarkan transmisi Jerman.

Menara Eiffel hampir pindah ke Montreal, KanadaDi dalam kesepakatan rahasia antara Presiden Prancis, Walikota Montreal dan Charles de Gaulle, Menara Eiffel hampir dipindahkan ke negara Kanada. Hal ini terjadi pada tahun 1960.

Rencananya, Menara Eiffel akan ditransfer ke Montreal untuk Pameran Dunia yang diselenggarakan pada tahun 1967. Kemudian pemilik menara tersebut mem vote keputusan tersebut dan membatalkan keinginan dari De Gaulle.

Peminatan Menara Eiffel tentu bersifat sementara saja. Hanya untuk landmark selama pameran berlangsung. Akan tetapi, perusahaan yang mengoperasinya Eiffel tidak menyetujui rencana tersebut. mereka khawatir bahwa pemerintah Prancis akan menolak izin dalam pengembalian menara ke lokasi semula.

Itulah 18 fakta untik dari Menara Eiffel. Temukan fakta dan informasi menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia akan selalu menyediakan rekomendasi artikel dan buku terbaik untuk para Grameds.

Kamus Prancis-Indonesia >< Indonesia-Prancis
Kamus Prancis-Indonesia >< Indonesia-Prancis

tombol beli buku

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih