in

Profil Ezaki Hikaru Kep1er, Sang Idol All-Rounder Asal Jepang!

https://kpop.fandom.com/

Ezaki Hikaru – Bagi Grameds yang mengikuti survival show ‘Girls Planet 999’ besutan Mnet pada tahun 2021 lalu, pasti tidak asing dengan keberadaan Ezaki Hikaru.

Yap, trainee asal Jepang yang mendapatkan pujian dari juri, trainee lain, maupun penonton karena penampilannya dalam babak Audition Performance bersama timnya untuk lagu Boombayah milik BLACKPINK.

Sejak saat itulah, Ezaki Hikaru ditandai sebagai trainee berbakat dan terus-menerus mendapatkan ranking tinggi dalam survival show tersebut.

Tidak hanya itu saja, Ezaki Hikaru juga mendapatkan berhasil meraih vote tertinggi untuk menjadi center untuk lagu tema “O O O (Over & Over & Over)” bersama dengan dua center lainnya yakni Xiaoting dan Dayeon. FYI aja nih, jika dalam survival show pada umumnya hanya memiliki satu center saja, tetapi dalam Girls Planet 999 ini justru terdapat 3 center.

Hal tersebut karena memang sistem acaranya yang membagi antara trainee J (Jepang), K (Korea), dan C (China), sehingga masing-masing 3 negara tersebut memiliki perwakilan center.

Nah, dalam kelompok trainee J yang berasal dari Jepang, memilih Ezaki Hikaru untuk menjadi perwakilan center mereka. Mengingat keberadaan center itu pasti berpeluang untuk menjadi line-up debut, maka tentu saja kesempatan tersebut tidak akan disia-siakan oleh Ezaki Hikaru.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Ezaki Hikaru yang sangat berbakat di usia 19 tahun ini? Apa saja pula fakta-fakta menarik seputar Ezaki Hikaru? Supaya Grameds mengetahuinya, yuk segera simak ulasannya berikut ini.

Biodata dan Profil Ezaki Hikaru

Ezaki Hikaru
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Ezaki Hikaru
  • Nama Panggung: Ezaki Hikaru
  • Tanggal Lahir: 3 Desember 2004
  • Zodiak: Pisces
  • Zodiak China: Monyet (Monkey)
  • Tinggi Badan: 155 cm (5’08”)
  • Golongan Darah: O
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Pendidikan: Taguma Junior High School
  • MBTI: ESFJ

Perjalanan Karir Ezaki Hikaru

2016: Tergabung Dalam Avex Artist Academy Kids dan Menjadi Member +Gang

Ezaki Hikaru
https://annyeongoppa.com/

Sebenarnya, sejak kecil justru Hikaru tidak pernah memimpikan bahwa dirinya akan menjadi seorang penyanyi. Namun pada usia 11 tahun, keinginannya untuk menjadi penyanyi muncul dan dirinya benar-benar mencoba meraih mimpinya tersebut.

Barulah pada tahun 2016 tepatnya saat Hikaru berusia 16 tahun, dirinya tergabung dalam sebuah pelatihan sekaligus agensi Avex Artist Academy Kids yang berada di cabang Fukuoka. Di pelatihan tersebut, Hikaru menjadi anggota trainee cilik untuk grup duo +GANG bersama rekannya Rion. Dalam grup duo tersebut, dirinya dikenal dengan nama ‘Hikarun’. Saking terkenalnya, Hikaru juga memiliki acara solo live untuk para penggemarnya.

Sayangnya, grup duo tersebut hanya bertahan selama 2 tahun saja dan pembubaran dilakukan pada awal 2018. Meskipun grupnya telah bubar, tetapi Hikaru tetap menjadi trainee di bawah naungan Avex Artist Academy Fukuoka.

2021: Berpartisipasi Dalam Survival Show ‘Girls Planet 999’

Ezaki Hikaru
https://annyeongoppa.com/

Pada 6 Agustus, Mnet menayangkan sebuah survival show baru bertajuk ‘Girls Planet 999’ yang memiliki 99 peserta. Sistem yang membedakan dari survival show sebelumnya adalah para trainee telah dibagi sesuai asal negaranya masing-masing yakni Jepang, Korea Selatan, dan China. Itulah mengapa, setiap babak akan ada pembagian J-Grup, K-Grup, dan C-Grup.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Pada episode awal yakni babak AUDITION PERFORMANCE, Ezaki Hikaru menampilkan lagu Boombayah milik BLACKPINK bersama ketiga rekannya. Namun penampilan Hikaru benar-benar disorot karena sangat keren dan amat berbeda dengan wajahnya yang imut. Baik dari segi suara, tarian, hingga ekspresi wajah, Hikaru mendapatkan pujian dari para mentor.

Konsep acara ini adalah dengan mengelompokkan ke-99 trainee menjadi beberapa grup yang disebut dengan “Cells” yang beranggotakan 3 trainee masing-masing dari ketiga negara tersebut. Keberadaan cells ini dapat berubah sewaktu-waktu, terutama jika salah satu trainee dalam cells tersebut tereliminasi. Selain itu, para trainee sendiri yang memiliki pasangannya untuk masuk di cells mereka.

Nah, pada survival show ini Hikaru masuk dalam cells nomor 3 bersama dengan Jeong Jiyoon asal Korea Selatan dan Su Ruiqi asal China. Saking “percayanya” Hikaru dengan anggota cells-nya, dirinya juga memiliki mereka untuk bergabung dalam kelompoknya pada babak CONNECT MISSION. Kelompok Hikaru yang beranggotakan 9 trainee ini bernama Red Moon dan membawakan lagu The Eve milik EXO.

Para trainee beserta mentor menyebut kelompok Red Moon sebagai The Next Avengers karena beranggotakan 9 trainee yang terkenal akan bakatnya yang tidak main-main dan memiliki peringkat atas. Kesembilan anggota Red Moon tersebut adalah Ezaki Hikaru, Jeong Jiyoon, Su Ruiqi, Fu Yaning, Kim Suyeon, Nonaka Shana, Xu Ruowei, Yu Dayeon, dan Kamikura Rei.

Pada episode 2, Hikaru berhasil meraih peringkat pertama dari para trainee Jepang. Setelah itu, peringkatnya terus naik turun tetapi masih tetap masuk dalam 11 besar. Bersama anggota cells-nya, Hikaru juga mendapatkan peringkat ketiga dengan jumlah voting mencapai 1 juta suara. FYI aja nih, anggota cells Hikaru yang bernama Su Ruiqi sebenarnya adalah penyanyi yang telah debut di Tiongkok dan juga pernah menjadi peserta di survival show Produce Camp pada tahun 2020.

Berhubung Hikaru terus-menerus berada di posisi aman dan selalu mendapatkan voting tertinggi, maka para trainee Jepang lain memilihnya untuk menjadi center perwakilan di Signal Song Centers. Bagi Grameds yang tidak tahu akan sistem center di survival show, tidak apa-apa karena artikel ini akan mengulasnya kembali.

Pada sebuah survival show yang mana memiliki puluhan peserta, sangat wajar untuk diadakannya pemilihan posisi center. Posisi center adalah posisi yang berada di tengah sesuai dengan pandangan mata pemirsa maupun penonton secara langsung.

Mengingat mata manusia itu cenderung akan melihat sosok yang ada di tengah sekaligus di depan. Nah, itulah gunanya posisi center di sebuah grup dance maupun ajang survival show.

Berbeda dengan survival show lain yang hanya memiliki seorang center saja, kali ini Girls Planet 999 menginovasikan adanya 3 center yang masing-masing berasal dari perwakilan tiap negara. Artinya, 3 center tersebut adalah perwakilan dari Jepang, Korea Selatan, dan China.

Untuk kelompok negara Jepang, para trainee asal negara tersebut sepakat memilih Ezaki Hikaru sebagai center. Sementara itu, untuk kelompok negara Korea Selatan diwakilkan oleh Kim Dayeon dan negara China diwakilkan oleh Xiaoting.

Ketiganya akan berperan lebih sebagai center yang ada di tengah, seolah “memimpin” para trainee lainnya dalam membawakan lagu tema berjudul “O, O, O (Over & Over & Over)”. Jika Grameds ingin menonton penampilan Ezaki Hikaru menjadi center perwakilan dalam lagu tema tersebut, dapat klik link ini.

2022: Berhasil Debut Bersama KEP1ER

Ezaki Hikaru
https://kpop.fandom.com/

Setelah melalui proses yang berat, akhirnya Hikaru berhasil mempertahankan peringkatnya di 11 besar dan debut bersama anggota KEP1ER lainnya. Ezaki Hikaru menempati peringkat ke-7 dengan total suara 713 ribu dan ketika namanya disebut oleh MC Yeo Jin Goo, dirinya mendapatkan tepuk tangan meriah dari para penonton dan mentor.

Keseluruhan trainee yang berhasil debut bersama Ezaki Hikaru adalah Kim Chaehyun, Huening Bahiyyih, Choi Yujin, Kim Dayeon, Seo Youngeun, Kan Yeseo, Mashiro Sakamoto, dan Shen Xiaoting. Mereka debut secara resmi dengan grup KEP1ER pada 3 Januari 2022 dan lagu debutnya adalah “Wa Da Da”.

Perlu diketahui bahwa grup KEP1ER ini bukanlah grup permanen alias kontraknya hanya 2,5 tahun saja. Artinya, pertengahan tahun 2024 grup KEP1ER ini akan dibubarkan. Peraturan tersebut memang sudah diterapkan sejak acara survival Mnet yang pertama yakni Produce 101 Season 1 pada tahun 2016 lalu.

Ezaki Hikaru
https://annyeongoppa.com/

Atas dasar itulah, Ezaki Hikaru sudah merencanakan masa depannya secara matang di industri hiburan ini. Dilansir dari annyeongoppa.com, Hikaru menyatakan bahwa nanti setelah kontrak KEP1ER berakhir, dirinya akan bergabung dengan girl group XG, sebuah kolaborasi antara agensi Korea Selatan dengan Avex (agensi Hikaru saat di Jepang).

Grup XG ini memang telah debut pada tahun 2022 dan diproduksi oleh Simon, member grup DMTN alias Dalmatian.

Menurut Simon, nantinya Hikaru akan segera bergabung pada XG setelah kegiatan promosinya bersama KEp1ER selesai. Singkatnya, pada tahun 2024 kelak, Hikaru akan debut kembali di bawah nama grup XG.

20 Fakta Menarik Ezaki Hikaru

Ezaki Hikaru
https://media.tenor.com/
  1. Ezaki Hikaru lahir dan besar di wilayah Fukuoka, Jepang.
  2. Hikaru adalah anak tunggal di keluarganya.
  3. Selama di Jepang, Hikaru telah debut pada grup duo +GANG di bawah naungan Avex Artist Academy Fukuoka.
  4. Hikaru telah lulus dari Sekolah Menengah Fukuoka Municipal Takuma (Fukuoka Municipal Takuma Middle School)
  5. Pada tahun 2021, Hikaru berpartisipasi dalam survival Girls Planet 999 dan berhasil debut di grup KEP1ER dengan meraih peringkat ke-7.
  6. Hikaru disebut-sebut sebagai salah satu kontestan Jepang paling populer di survival show tersebut.
  7. Menurut sebuah majalah yang terbit pada tahun 2018, Hikaru telah menjadi ketua tim dance di SMP Takuma.
  8. Hikaru pernah mengikuti sebuah audisi di Jepang dan dirinya terpilih menjadi anggota MELTY. Grup MELTY tersebut aktif dari tahun 2015 hingga 2016 saja dan dirinya bertanggung jawab pada posisi vokal.
  9. Lalu pada tahun 2016, Hikaru debut kembali dengan grup duo bernama +GANG bersama mantan anggota MELTY, yakni Rion.
  10. Di grup KEP1ER, Hikaru adalah member terpendek.
  11. Hobi: bersantai di pemandian air panas.
  12. Hikaru memiliki keahlian khusus di bidang rap.
  13. Meskipun bahasa Koreanya masih belum begitu bagus, tetapi Hikaru dapat mempelajarinya secara cepat.
  14. Hikaru dikenal sebagai trainee yang paling bekerja keras dan tidak patah semangat diantara kontestan Girls Planet 999 lainnya.
  15. Hikaru menunjuk soloist CL sebagai idol K-Pop yang menginspirasinya. Lagu favoritnya pun adalah “Hello Bitches”.
  16. Hikaru juga pernah belajar tari balet selama 3 tahun.
  17. Warna favorit: ungu dan kuning.
  18. Hikaru paling tidak suka minuman keju, susu, dan susu kedelai.
  19. Hikaru pernah berkata bahwa dirinya sangat ingin tampil di variety show Running Man karena sering menontonnya.
  20. Di episode final Girls Planet, Hikaru meraih total suara sebanyak 713.322 suara.

Demikian pembahasan tentang Ezaki Hikaru. Semoga setelah membaca artikel ini sampai selesai, dapat menginspirasi kamu untuk meraih cita-cita.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku seputar K-pop atau Korea Selatan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com atau bisa melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini. 

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing. Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

2. K-Pop Fever

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

3. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

EXO adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

5. KPopers? So What?

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

https://kprofiles.com/

https://en.kepoper.com/

https://kpopping.com/

https://kpop.fandom.com/

https://wikibiography.in/

https://annyeongoppa.com/

https://en.wikipedia.org/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.