in

Apa Itu Eau De Toilette dan Apa Perbedaannya dengan Eau De Parfum?

pexels.com

Eau de toilette artinya – Keberadaan parfum sampai saat ini tentunya menjadi salah satu benda penting yang wajib ada di meja rias kalian. Biasanya, setiap parfum akan memiliki sebuah informasi mengenai jenisnya seperti eau de parfum (EDP) dan eau de toilette (EDT).

Namun, yang jadi pertanyaan adalah apakah kalian pernah memperhatikan informasi tersebut. Ternyata, baik itu eau de parfum (EDP) maupun eau de toilette (EDT) sangat perlu diperhatikan. Meski sama-sama ada di dalam suatu parfum.

Akan tetapi, baik itu eau de parfum (EDP) ataupun eau de toilette (EDT) memiliki arti yang berbeda. Tak perlu bingung jika kalian belum begitu paham dua istilah tersebut. Sebab, dalam artikel ini akan menjelaskan lebih lengkap apa itu eau de parfum (EDP) dan eau de toilette (EDT).

Pengertian Eau De Toilette (EDT)

Eau de Toilette artinya
pixabay.com

Hal pertama yang akan kita bahas bersama adalah pengertian dari eau de toilette atau EDT. Meski ada kata toilette, tetapi parfum jenis eau de toilette tidak mengandung aroma seperti toilet.

Eau de toilette artinya adalah pewangi untuk tubuh manusia yang memiliki aroma lebih ringan dibandingkan dengan jenis eau de parfum (EDP). Jenis aroma yang dimiliki oleh eau de toilette atau EDT biasanya akan lebih menyegarkan dan bahkan bisa memberikan kesan ceria.

Oleh karena itu parfume eau de toilette begitu cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Aroma wangi yang dimiliki oleh eau de toilette ternyata mengandung kadar alkohol yang lebih tinggi dibandingkan dengan kadar minyak itu sendiri.

Selain itu, konsentrasi minyak eau de toilette dalam aroma wanginya berkisar pada angka 5 hingga 15 persen saja. Karena hal tersebutlah yang menjadikan harga jual dari parfum jenis eau de toilette lebih terjangkau dibandingkan dengan parfum jenis eau de parfum atau EDP.

Memiliki kadar alkohol yang tinggi mampu menjadikan aroma wangi eau de toilette jauh lebih mudah menguap. Hal ini menjadikan parfum jenis eau de toilette hanya memiliki ketahanan selama dua hingga tiga jam saja.

Meski begitu, ketahanan aroma dari eau de toilette hanya bertahan dalam jangkauan waktu sebentar. Namun, untuk saat ini aroma wangi yang dihasilkan oleh eau de toilette masih begitu populer banyak orang karena harga yang dimilikinya juga terbilang cukup terjangkau daripada parfum jenis eau de parfum atau EDP.

Minyak wangi jenis eau de toilette biasanya akan dikemas dengan rapi di dalam botol spray karena pada dasarnya tekstur yang dimilikinya sangat ringan dan encer dibandingkan minyak wangi jenis eau de parfum.

Bahkan, dalam penggunaan minyak wangi eau de toilette tak hanya bisa disemprotkan pada bagian seluruh tubuh saja. Namun minyak wewangian jenis ini juga bisa disemprotkan pada titik-titik jenis nadi.

Selain itu, ketika kalian ingin mendapatkan aroma wangi yang maksimal dari minyak jenis eau de toilette. Maka kalian bisa menggunakan minyak wangi tersebut pada beberapa bagian tubuh seperti pergelangan tangan, sisi kanan dan kiri leher atau pada bagian siku belakang.

Pengertian Eau De Parfum (EDP)

Eau de Toilette artinya
pixabay.com

Eau de parfum atau EDP merupakan salah satu jenis wewangian yang bisa digunakan untuk tubuh manusia. Keberadaan dari eau de parfum memang terbilang cukup umum bagi semua orang. Hal ini tak lain karena minyak wangi jenis eau de parfum lebih mudah ditemukan di pasaran.

Untuk kisaran harga yang ditawarkan oleh eau de parfum terbilang cukup bervariasi. Mulai dari harga murah hingga harga termahal untuk minyak wangi eau de parfum yang sudah bermerek tertentu juga sudah ada.

Pada dasarnya mintak wangi jenis eau de parfum adalah salah satu wewangian yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis minyak wangi eau de toilette. Hal ini tak lain karena konsentrasi minyak jenis eau de parfum lebih tinggi sekitar 15 hingga 20 persen.

Karena memiliki konsentrasi essensial oil yang lebih tinggi mampu menjadikan minyak wangi jenis eau de parfum memiliki aroma yang lebih menyengat serta lebih tahan lama dibandingkan dengan minyak wangi eau de toilette.

Sedangkan untuk ketahanan aroma yang dimiliki oleh minyak wangi jenis eau de parfum diantara empat hingga lima jam lamanya. Tentunya, hal ini juga yang menjadikan minyak wangi jenis eau de parfum begitu cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Konsentrasi eau de parfum atau EDP lebih cenderung kental dan berminyak. Karena hal tersebut juga yang menjadikan minyak wangi jenis Eau de parfum lebih banyak dikemas dalam botol sumbat dan tidak dalam botol spray.

Pengemasan minyak wangi jenis eau de parfum pada botol sumbat bukan tanpa alasan. Pasalnya botol sumbat dipilih sebagai tempat minyak wangi jenis eau de parfum supaya wangi yang dihasilkan tidak terlalu kuat ketika disemprotkan ke setiap bagian.

Selain itu, cara menggunakan eau de parfum juga sangat penting untuk diperhatikan agar aromanya bisa benar-benar keluar. Dalam penggunaanya, kalian hanya perlu mengoleskan minyak wangi jenis Eau de parfum dalam takaran sedikit saja pada beberapa titik denyut nadi seperti pergelangan tangan bagian dalam, bagian dalam siku, leher, bagian belakang telinga atau hingga ke titik belakang lutut.

Beberapa titik tersebut biasanya cenderung mampu menghasilkan suhu panas yang lebih tinggi sehingga dianggap mampu menyebarkan aroma wangi minyak jenis Eau de parfum lebih mudah dan cepat ke bagian seluruh tubuh.

Disarankan agar bisa menjaga kelembaban kulit, kalian bisa mengoleskan pelembab atau lotion terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak wangi jenis eau de parfum atau EDP. Sebab, kondisi lembap yang ada pada permukaan kulit diduga kuat bisa menahan aroma minyak wangi jenis eau de parfum secara lebih lama dibandingkan hanya menggunakannya minyak tersebut secara langsung pada kondisi kulit kering.

Perfume: Cerita Seorang Pembunuh

Tips Mudah dalam Memilih Parfum

Eau de Toilette artinya
pixabay.com

Tak bisa dipungkiri jika saat ini parfum jenis eau de parfum (EDP) maupun eau de toilette (EDT) sudah lebih mudah ditemukan dipasaran. Bahkan untuk harga jual yang dimiliki oleh parfum jenis eau de parfum (EDP) maupun eau de toilette (EDT) terbilang cukup berfarif.

Mungkin beberapa dari kalian sudah pernah beberapa merk parfum jenis eau de parfum (EDP) maupun eau de toilette (EDT). Namun, pada kenyataannya belum juga menemukan kecocokan aroma maupun ketahanan wanginya.

Beberapa tips memilih parfum jenis eau de parfum (EDP) maupun eau de toilette (EDT) di bawah ini akan dijelaskan di bawah ini supaya bisa membantu kalian dalam memilih parfum.

1. Lakukan Riset

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah melakukan sebuah riset sederhana. Kalian bisa mencoba memperhatikan aroma atau wewangian yang ada di rumah pribadi. Sebab biasanya aroma paling favorit adalah yang paling dominan.

Seperti memperhatikan jenis aroma lain adalah dari produk pembersih tubuh atau mungkin sampai bahkan bisa juga aroma dari pakaian yang baru saja dicuci. Terlihat sederhana namun tindakan ini sangat membantu sekali lho.

2. Coba Terlebih Dahulu

Setelah tahu aroma paling disukai, berikutnya kalian bisa mencoba terlebih dahulu parfum yang akan dibeli. Tentunya untuk melakukan proses ini, kalian wajib banget datang langsung ke toko yang menjual parfum tersebut.

Cara paling mudah untuk mengetahui wangi aroma parfum yang akan dibeli adalah dengan menyemprotkan minyak tersebut pada bagian titik nadi kalian agar bisa terasa hangat secara alami seperti di pergelangan tangan atau bagian siku dalam.

Hal ini dilakukan agar aroma dari parfum tersebut bisa lebih mudah memanas dan muncul dengan sendirinya seiring waktu. Lokasi tersebut memang bisa membuat wangi parfum bertahan lebih lama.

Perlu diketahui juga jika aroma parfum juga bisa berpengaruh pada tingkat kimiawi tubuh, pola makan serta hormone pada tubuh kalian. Oleh karena itu, untuk memilih parfum tidak bisa menyamakan dengan pendapat orang lain. Selain itu, kalian juga harus tahu jika parfum sangat sensitif terhadap cahaya dan panas.

3. Gunakan Jenis Parfum yang Tepat

Selanjutnya, kalian juga bisa mencoba memilih jenis parfum yang tepat. Sebenarnya untuk hal ini tergantung dengan pilihan yang kalian inginkan. Apa ingin menggunakan jenis parfum EDT yang memiliki aroma yang bisa bertahan dua sampai tiga jam atau mungkin ingin menggunakan parfum jenis EDP yang bisa memberikan ketahanan aroma hingga empat atau lima jam lamanya.

Keduanya memang sama-sama mudah ditemukan di pasaran. Namun untuk segi harga, kedua jenis parfum tersebut memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan.

4. Waspada Terhadap Iritasi Kulit

Sebuah jurnal dari American Academy of Dermatology menjelaskan jika parfum adalah salah satu jenis wewangian yang bisa bisa dirasakan oleh orang lain. Oleh karena itu, meski parfum masih cenderung aman, tetapi parfum juga tetap memiliki kemungkinan untuk bisa menyebabkan kondisi alergi atau iritasi pada kulit. Itu sebabnya, kalian juga harus memilih parfum yang memang dirasa begitu aman untuk kulit.

5. Coba Menggunakan Konsentrasi Terendah

Jika memang belum yakin dengan selera dan bagaimana aroma dari parfum tersebut bereaksi terhadap aroma tubuh. Maka salah satu cara yang bisa digunakan adalah mencoba untuk membeli jenis parfum dengan konsentrasi rendah.

Pasalnya, setiap jenis parfum memiliki konsentrasi yang rendah. Hal ini juga sangat tergantung terhadap kandungan parfume oil yang ada di dalam parfum tersebut. Biasanya, informasi akan tingkatan atau jenis kandungan akan dijelaskan pada botol kemasan parfum tersebut.

6. Hindari Mencoba Banyak Parfum

Tips selanjutnya dalam memilih jenis parfum adalah dengan mencarinya langsung terhadap kulit atau tubuh. Meski begitu, untuk bisa mendapatkan jenis parfum yang tepat, kalian juga harus bisa membatasi jumlah parfum yang akan dicoba. Pasalnya, terlalu banyak pilihan parfum yang dicoba akan bisa membuat aroma parfum tersebut menjadi bercampur antara satu sama lain. Sebagai saran, sebaiknya kalian tak mencoba lebih dari tiga jenis parfum yang berbeda.

7. Berikan Jeda Waktu

Seperti yang sudah dijelaskan di awal jika setiap aroma parfum memiliki tingkatan dan kandungan yang berbeda. Oleh karena itu, ketika mencoba dan memilih jenis parfum yang sesuai, setidaknya untuk memberikan jeda waktu ketika mencoba menyemprotkan ke tubuh.

Biasanya, 15 menit pertama, aroma tingkat atas atau top note akan lebih kuat. Lalu untuk 15 menit berikutnya akan muncul aroma tingkat tengah atau middle note yang bisa dijadikan juga sebagai patokan dalam memilih parfum.

Sedangkan untuk aroma tingkat bawah atau base note akan muncul sekitar 30 hingga 60 menit setelah digunakan.

8. Mencoba Pada Bagian Tubuh Tertentu

Tak hanya 7 cara di atas saja yang bisa dilakukan ketika akan memilih parfum. Namun, kalian juga bisa mencoba untuk memilih parfum dengan mencobanya terlebih dahulu pada beberapa bagian tubuh.

Biasanya kebanyakan orang akan mencoba parfum pada bagian pergelangan tangan saja. Namun ada beberapa bagian tubuh yang bisa kalian semprotkan parfum tersebut seperti area belakangan dan telinga, area di bawah tenggorokan atau mungkin pada bagian dalam siku dan lutut.

Pada beberapa bagian tubuh tersebut adalah area nadi yang bisa membuat aroma parfum lebih mudah menyebar ke seluruh tubuh serta bertahan dengan lebih lama.

Nah itulah beberapa cara mudah dalam memilih parfum yang cocok bagi aroma tubuh kalian. Namun jika kalian khawatir terhadap produk parfum yang dipilih bisa menyebabkan iritasi kulit. Akan lebih baik, untuk membeli parfum dengan ukuran kemasan yang lebih kecil atau kalian bisa memilih tempat jual parfum yang menyediakan sampel yang bisa dicoba serta menyediakan ukuran kemasan kecil. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah mendapatkan jenis parfum terbaik untuk tubuh.

Purple Citrus and Sweet Perfume

Rekomendasi Merk Parfum Jenis Eau De Toilette Atau EDT

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika jenis parfum eau de toilette atau EDT memang sudah banyak ditemukan di pasaran. Namun mungkin kalian masih bingung untuk memilih diantara banyak merk parfum jenis eau de toilette atau EDT.

Untuk itu berikut ini adalah beberapa rekomendasi merk parfum jenis eau de toilette atau EDT yang bisa kalian jadikan pilihan.

1. Marc Jacobs Daisy

Eau de Toilette artinya
shopee.co.id

Marc Jacobs Daisy adalah salah satu rekomendasi parfum jenis EDT yang pertama. Parfum Marc Jacobs Daisy merupakan produk impor yang memiliki ciri khas aroma feminin. Karena hal tersebutlah menjadikan parfum Marc Jacobs Daisy begitu cocok bagi kalian yang suka dengan aroma lembut.

Marc Jacobs Daisy akan bisa memberikan aroma seperti strawberry liar, melati, gardenia serta daun violet disaat yang bersamaan. Bahkan kalian juga akan mendapatkan sensasi aroma kayu ang cukup intens dari parfum Marc Jacobs Daisy.

2. L’Occitane Neroli & Orchidee EDT

Eau de Toilette artinya
tokopedia.com

L’Occitane Neroli & Orchidee EDT merupakan rekomendasi parfum jenis EDT yang berikutnya. Yang mana L’Occitane Neroli & Orchidee EDT akan memberikan aroma gabungan dari bunga Neroli dan bunga Orchard.

Tak heran jika parfum L’Occitane Néroli & Orchidée EDT mampu memberikan aroma yang tampak menyegarkan sekaligus menenangkan. Bahkan parfum L’Occitane Neroli & Orchidee EDT juga begitu cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari karena memang aroma yang ditawarkan tak hanya bertahan dalam durasi yang lama, namun juga aroma yang cukup ringan.

The Perfume Collector

3. The Body Shop White Musk

Eau de Toilette artinya
thebodyshop.co.id

Berikutnya ada parfum The Body Shop White Musk yang juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi parfum EDT. Parfum ini juga memiliki aroma wangi yang begitu khas serta lembut.

Hal ini karena produk The Body Shop White Musk dibuat dari bahan vegan seperti cruelty-free synthetic musk. Selain itu untuk kemasan dari parfum The Body Shop White Musk juga menggunakan botol kaca, sehingga mampu menampilkan kesan yang begitu mewah.

4. Wardah Eau De Toilette Shine

Berrybenka.com
Berrybenka.com

Rekomendasi terakhir dari parfum jenis EDT adalah Wardah Eau De Toilette Shine. Wardah Eau De Toilette Shine mampu menawarkan aroma wangi yang dihasilkan dari fruity floral yang begitu segar sekaligus bisa menunjukkan kesan ceria.

Menariknya aroma wangi dari parfum Wardah Eau De Toilette Shine memiliki ketahanan hingga sepanjang hari. Tak hanya lembut di kulit, pasalnya Wardah Eau De Toilette Shine ketika digunakan juga tidak lengket lho. Tak heran jika belakangan ini parfum Wardah Eau De Toilette Shine memiliki banyak penggemar.

Nah, itulah ringkasan singkat tentang parfum jenis eau de parfum (EDP) maupun eau de toilette (EDT) yang bisa kalian baca selengkapnya di atas.

Untuk memperdalam tentang kecantikan, kamu bisa membaca buku kecantikan yang bisa ditemukan di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

BACA JUGA:

  1. 10 Rekomendasi Parfum Pria Terbaik
  2. 20+ Rekomendasi Parfum Pria yang Disukai Wanita
  3. Benarkah Feromon Dapat Menarik Lawan Jenis? Berikut Faktanya
  4. Review Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari
  5. Alasan Kenapa Kamu Bisa Suka Aroma Buku


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda