Alasan Kenapa Kamu Bisa Suka Aroma Buku

Alasan Kenapa Kamu Bisa Suka Aroma Buku

. 4 min read

Halo para book-sniffer! Kenapa sih kalian suka banget mencium aroma buku? Admin yakin kalau kalian beli buku baru, pasti langsung dicium dulu lembar-lembar kertasnya kan? Atau bahkan ini jadi ritual khusus kalian sebelum membaca buku?

Wangi buku ini juga sudah ditetapkan oleh UNESCO lho sebagai aroma warisan tak benda. Hal ini karena bau bisa menjadi cara untuk memicu ingatan kita loh. Contohnya seperti kalau kamu tiba-tiba mencium bau parfum yang biasa dipakai si dia, langsung kepikiran dia kan? Apa itu Admin aja ya? hahaha..

Nah, hal ini disebut dengan Bibliosmia. Berasal dari bahasa Yunani yang artinya "buku" dan "bau" atau "aroma". Aroma khas ini memang berasal dari lembaran kertas halaman buku kamu. Dan setiap buku ternyata mempunyai bau atau aromanya masing-masing loh, hal ini dikarenakan adanya kandungan bahan pembuatan kertasnya juga yang berbeda.

Kenapa Buku Bisa Beraroma?

Buku yang terdiri dari banyak kertas, perekat, dan juga tinta, menggabungkan banyak senyawa kimia. Dikutip dari berbagai sumber, untuk kertas ini berasal dari kayu yang mempunyai kandungan alami cellulose dan lignin yang merupakan sel yang ada pada batang pohon. Selain itu, kertas juga mengandung bahan kimia lain, seperti benzaldehida, vanillin, ethyl hexanol, toluene, dan ethyl benzene.

richard
Sumber foto: The Times UK

Untuk buku-buku tua, seluruh bahan kimia itu menghasilkan aroma yang berasal dari proses “penuaan” atau “kerusakan” bahan-bahan tadi. Lalu warna kuning yang biasa timbul pada buku-buku tua, karena kandungan lignin yang bereaksi dalam waktu lama. Makanya, buku yang usianya lebih tua aroma khasnya pun akan semakin kuat tercium. Untuk buku baru, saat bahan kimia dari tinta dan perekat terdegradasi, lalu bereaksi dengan oksigen, maka timbul bau khas tersendiri. Reaksi kimia yang bergabung disebut hidrolisis asam dan menghasilkan banyak senyawa organik yang mudah menguap dan menyebabkan terciptanya bibliosmia.

Kenapa Aromanya Bisa Berbeda-Beda?

Tidak semua kertas menggunakan bahan yang sama. Perbedaan senyawa kimia ini lah yang membuat setiap buku bisa berbeda satu sama lain. Bahkan para peneliti pun tidak bisa memperkirakan aroma yang spesifik dari buku-buku.

richard
Sumber foto: Pixabay

Kandungan bezaldehida akan mengeluarkan aroma seperti kacang almond, vanillin sesuai dengan namanya akan mengeluarkan aroma vanili, ethyl benzene dan toluene akan mengeluarkan aroma manis, dan ethyl hexanol bisa mengeluarkan aroma seperti bunga. Begitu banyak aroma yang dikeluarkan ya, Grameds.

Karena setiap buku mempunyai bibliosmia yang berbeda-beda, kita jadi lebih bisa mengingat buku itu dengan mudah, dan bahkan tetap mengingat semua adegan dalam buku itu hanya dari aromanya.

Ada yang mau beli buku biar dapat jenis aroma baru yang lain? Admin kasih rekomendasi buku-buku baru ya.

Hai, Miiko! 33

haiBeli Sekarang!

Miiko si lucu nan cerdas akan kembali menghibur kalian bersama aksi menggemaskan dari kedekatan antara Tappei dan Miiko! Ikuti pre-order-nya sekarang agar dapat bonus masker lucu dengan harga spesial. Ingat, promonya cuma sampai 7 Maret 2021.

Destination: Jakarta 2040

destinationBeli Sekarang!

Bercerita tentang Ilyas yang mempelajari alam semesta dan bagaimana menciptakan manipulasi waktu. Perjalanan manipulasi waktunya merusak hubungan cinta dia dengan seorang gadis bernama Alisa di tahun 2015, dan lalu dipertemukan kembali secara tiba-tiba di tahun 2040. Ilyas pun bingung oleh perjalanan distorsi waktu, apakah ini perjalanan yang harus dihadapi atau disadari? Kalau kamu beli bukunya sekarang, ada diskon 20%, di mana promo pre-order ini hanya sampai 28 Februari 2021.

Serangkai

bukuBeli Sekarang!

Sang penulis ingin menyampaikan bahwa kehilangan bukanlah masalah yang mudah diselesaikan; karena melupakan saja kadang tidak cukup, tanpa kerelaan untuk menerima dan memberi tempat untuk kehilangan itu sendiri.

Pepatah untuk yang Patah

pepatahBeli Sekarang!

Cinta yang salah memang akan selalu terasa (seakan) lebih indah, karena kita sudah merasa kehilangannya saat pertama kali menemukannya. Yuk, ikuti pre-order bukunya yang hanya berlaku sampai 2 Maret 2021.

Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba 05

demonBeli Sekarang!

Demon Slayer volume ke-5 akhirnya datang juga! Tanjiro dkk. akhirnya beranjak menuju Gunung Natagumo dan bertarung begitu alot melawan keluarga iblis laba-laba penghuni gunung tersebut! Zenitsu terkena racun yang akan mengubahnya menjadi laba-laba, Inosuke dan Tanjiro menjadi bulan-bulanan iblis raksasa yang berperan sebagai ayah. Di tengah keputusasaan itu adakah yang bergerak menyusul mereka di belakang? Yuk, jadi yang pertama baca dengan ikut pre-order hanya sampai 2 Maret 2021.


Sumber foto header: demo.themeparrot.com