in

Kumpulan Contoh Surat Resign Kerja dan Cara Membuatnya

Contoh Surat Resign Kerja – Apakah Grameds sedang kepikiran untuk resign dari tempat kerja? Setiap perusahaan atau instansi biasanya memiliki kebijakannya masing-masing terkait karyawan mereka. Termasuk dalam hal pengunduran diri para karyawannya yang memerlukan surat pengungunduran diri yang baik dan sopan. Jika Grameds masih bingung bagaimana contoh surat resign kerja yang baik dan sopan maka perlu menyimak artikel ini sampai selesai. 

Kita semua tahu bahwa tidak mudah untuk mencari tempat pekerjaan yang cocok, terkadang ada saja masalah yang membuat seseorang tidak betah di tempat kerjanya. Dengan berbagai alasan resign, Grameds perlu memperhatikan beberapa hal sebelum akhirnya memutuskan untuk resign. Termasuk salah satunya membuat surat resign kerja yang baik dan sopan sekaligus sesuai dengan tujuan Grameds membuat surat resign tersebut.

Perlu Grameds ketahui bahwa hal pengunduran diri adalah hal yang sensitif, sehingga perlu membuat surat resign kerja yang baik agar tidak meninggalkan kesan yang buruk atau bertindak tidak profesional pada perusahaan. Berikut ini penjelasan tentang contoh surat resign kerja yang baik dan sopan serta cara membuatnya:  

PENGERTIAN SURAT RESIGN KERJA

Surat resign kerja adalah bentuk surat yang ditujukan untuk memenuhi syarat administrasi yang ditulis oleh karyawan yang ingin mengundurkan diri dari jabatan atau tugas yang sedang di jabat saat itu.

Jadi surat resign kerja merupakan bentuk resmi untuk seorang karyawan berhenti dari pekerjaannya. Setiap perusahaan biasanya memiliki ketentuan tersendiri soal surat resign ini, namun dapat dipastikan jika perusahaan pasti membutuhkan surat resign kerja jika karyawannya ingin mengundurkan diri. 

Saat ingin mengundurkan diri karyawan harus membuat bentuk surat secara tertulis karena jika secara lisan saja akan dianggap tidak resmi dan terlihat tidak profesional karena terkesan tidak sopan.

Itulah sebabnya jika Grameds ingin resign dari tempat kerja perlu memberitahukan bagian HRD dengan surat resign kerja yang ditulis dengan cara yang baik dan sopan. Surat resign tersebut juga bisa dibuat sesuai dengan ketentuan perusahaan jika ada. 

ALASAN KARYAWAN MENGUNDURKAN DIRI

Ada beberapa hal yang membuat seseorang ingin resign dari kerjanya. Berikut ini beberapa alasan yang paling sering terjadi pada karyawan yang ingin resign dari tempat kerjanya:

  1. Ada alasan keluarga yang mendesak
  2. Kurangnya kepercayaan karyawan dan otonomi di tempat kerja
  3. Karyawan kurang rasa hormat dan dukungan dari rekan kerja atau atasannya
  4. Tidak dapat berkempang di bagian pekerjaannya
  5. Komunikasi yang buruk antara karyawan dan manajemen atau Manajer
  6. Lingkungan kerja yang tidak nyaman
  7. Karyawan merasa stress karena terlalu banyak pekerjaan dan tekanan pekerjaan lainnya
  8. Pindah tempat tinggal
  9. Gaji yang tidak sesuai dengan keinginan atau tidak sesuai dengan kesepakatan awal atau kontrak kerja yang dijanjikan
  10. Realita di tempat kerja yang tidak sesuai dengan kecepatan awal
  11. Mencari tantangan baru di tempat pekerjaan yang baru
  12. Melanjutkan studi
  13.  Mengincar pekerjaan lain

MENGAPA HARUS MEMBUAT SURAT RESIGN KERJA

APapun alasan Grameds ingin kerja, harus tetap membuat surat resign kerja. Berikut ini alasan mengapa Grameds harus membuat surat resign kerja dengan baik dan sopan:

1. Terlihat Memiliki Profesionalisme Tinggi

Surat resign kerja yang dibuat dengan baik dan sopan akan menunjukan bahwa Grameds memiliki profesionalisme yang tinggi. Sehingga Grameds tetap memiliki image yang positif di perusahaan tersebut. Secara etika memang sudah sewajarnya karyawan tidak hengkang begitu saja tanpa pemberitahuan apapun saat mengundurkan diri.  

2. Membantu Perusahaan Mencari Karyawan Pengganti

Surat ini akan memberikan pemberitahuan kepada perusahaan untuk segera mencari karyawan pengganti jika ada karyawannya yang mengundurkan diri. Jika Grameds tiba-tiba resign begitu saja akan membuat perusahaan kebingungan karena tidak ada yang memback up pekerjaan Grameds sebelumnya. Apalagi jika bagian yang Grameds kerjakan sangat urgen dan tidak bisa di masa kekosongan.

 Itulah sebabnya surat resign kerja dapat membuat hubungan Grameds dengan perusahaan tetap baik karena bisa berkomunikasi secara baik pula meskipun ingin hengkang. Mengapa kita perlu tetap menjaga hubungan baik dengan perusahaan? Karena bisa jadi di masa depan kita membutuhkan bantuan perusahaan itu kembali. Selain itu juga bisa membuat relasi pekerjaan jika pekerjaan baru Grameds rupanya tidak jauh-jauh dari perusahaan yang lama.  

3. Memberikan Informasi Yang Jelas Mengenai Status Karyawan

Dengan surat resign kerja yang Grameds berikan akan memberikan kejelasan untuk Perusahaan dalam struktur karyawannya dan status pekerja dalam bagian tertentu di perusahaan tersebut. Jadi surat tersebut menunjukkan bahwa Grameds sudah tidak memiliki sangkut paut lagi dengan urusan perusahaan sejak surat tersebut dibuat dan diserahkan. 

HAL-HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM RESIGN KERJA

Kita semua tahu bahwa saat ini mencari bukanlah hal mudah, jadi jika Grameds memutuskan untuk resign pasti perlu pertimbangan yang besar. Berikut ini hal-hal yang perlu Grameds persiapkan sebelum akhirnya memutuskan untuk resign dari tempat kerja: 

banner-promo-gramedia
  1. Coba bahaslah terlebih dahulu dengan atasan secara matang
  2. Pastikan alasan dan tujuan Grameds memutuskan resign kerja sudah jelas
  3. Pastikan kontrak kerja, apakah ada denda yang harus dibayar jika resign kerja sebelum kontrak kerja tersebut habis
  4. Pastikan kembali kebijakan resign kerja di perusahaan 
  5. Tulislah surat resign kerja yang baik dan sopan sesuai dengan kebijakan pengunduran diri di perusahaan
  6. Beranikan diri untuk memberikan surat resign kerja
  7. Jika perusahaan memberi penawaran ulang kepada Grameds maka pikirkanlah kembali dengan baik penawaran tersebut bisa menjawab masalah atau alasan mengapa Grameds resign dari perusahaan tersebut

FORMAT SURAT PENGUNDURAN DIRI YANG BENAR

Meskipun terkadang ada beberapa perusahaan yang memiliki kebijakan tersendiri dalam format surat resign kerja, namun ada hal-hal pokok yang perlu Grameds ketahui untuk membuat surat resign kerja. Berikut ini format surat resign kerja secara umum yang perlu Grameds ketahui:

  1. Nama Jelas Kota dan Tanggal
  2. Nama lengkap Perusahaan dan alamat perusahaan
  3. Salam pembuka
  4. Alasan mengapa Grameds ingin mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut
  5. Mencantumkan tanggal jelas kapan Grameds mulai tidak aktif atau mengundurkan diri
  6. Memberikan ucapan maaf dan terimakasih kepada pihak perusahaan
  7. Beri salam penutup dan tanda tangan 

CONTOH SURAT RESIGN KERJA YANG BENAR

Setelah mengetahui pengertian dan cara membuat surat resign kerja, maka waktunya menulis surat tersebut. Berikut ini beberapa contoh surat resign kerja yang bisa Grameds jadikan referensi sebelum menulis surat resign kerja:

1. Contoh Surat Resign Kerja Resmi

Jakarta, 1 September 2021

Kepada Yth,
Kepala PT Karya Abadi
Di Jl. Alam Sutera, Jakarta

Dengan Hormat,

Nama : Nurulia Mahesti
Departemen : Marketing
Jabatan : Staf Marketing
No Induk Karyawan : 6627901

Saya yang merupakan salah seorang karyawan PT Karya Abadi, ingin mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari pekerjaan dengan alasan ingin melanjutkan bisnis keluarga.

Adapun surat ini dibuat berdasarkan dengan ketentuan dan kontrak kerja yang tertulis pada surat kesepakatan bersama antara karyawan dan perusahaan. Surat ini juga dibuat berdasarkan dengan undang-undang kerja dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial PT Abdi Karya tanpa ada tendensi apapun yang tersembunyi di dalamnya.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat Saya,

 Nurulia Mahesti

2. Contoh Surat Resign Kerja Sederhana

Jakarta, 1 September 2021

Kepada Yth,
HRD PT. Karya Abadi
di Jl. Alam Sutera, Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama Nurulia Mahesti bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Karya Abadi yang mana saya memiliki posisi sebagai Marketing. 

Saya melakukan permohonan ini karena ingin melanjutkan bisnis keluarga. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama 4 tahun ini. Saya mohon maaf jika selama bekerja banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga PT. Karya Abadi akan semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

Nurulia Mahesti

3. Contoh Surat Resign Kerja Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Sopan

Jakarta, 1 September 2021

banner-promo-gramedia

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Karya Abadi
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ratih Mahesti
Alamat : Jl. Ketapang Utara, Jakarta
Jabatan : Marketing
Nomor ID : 6627901

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan Marketing di perusahaan Karya Abadi. Terhitung pada tanggal 1 /9 /2021 bersama dengan karena kontrak yang telah berakhir.

Dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya saya ucapkan berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Karya Abadi selama 4 tahun. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja karena telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan.

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Karya Abdi. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu selama bekerja di PT Karya Abadi. 

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

 

(Nurulia Mahesti)

4. Contoh Surat Resign Kerja Bahasa Inggris

contoh surat resign kerja bahasa inggris

5. Contoh Surat Resign Kerja Pada Masa Percobaan

Jakarta, 1 September 2021

Yth. Ibu HRD PT. Karya Abadi

di tempat

banner-promo-gramedia

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Nurulia Mahesti
Tempat, tgl. Lahir : Jakarta, 1 Juni 1996
Jabatan                        : Staf Marketing
Departemen                : Marketing
Bekerja sejak               : 2021

Bermaksud untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT.  Karya Abadi karena ingin melanjutkan bisnis keluarga. Saya berterima kasih sebesar-besarnya karena Selama bekerja di PT. Karya Abadi saya telah menerima banyak ilmu dan pengalaman kerja yang berharga. Saya sampaikan pula ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh rekan kerja atas kerjasamanya selama ini. Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Tidak lupa saya memohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan selama masih bekerja di PT Abdi Karya. 

Hormat saya,

Nurulia Mahesti

6. Contoh Surat Resign Kerja Di Pabrik Atau PT

Jakarta, 1 September 2021

Yth.

HRD PT Karya Abadi

Di Jl. Alam Sutera, Jakarta

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan Kebijakan perusahaan yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Nurulia Mahesi

NIK : 111030569120473789

Departemen : Marketing

Jabatan : Staf Marketing

 

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT Karya Abadi sebagai staf marketing. Terhitung dari 30 hari sejak dibuat, yaitu pada tanggal 1 September 2021. Adapun alasan saya untuk pengunduran diri adalah karena ingin meneruskan bisnis keluarga.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan pengalaman kerja yang selama ini di PT Karya Abadi. Saya juga mohon maaf yang kepada jajaran pimpinan dan juga rekan karyawan PT Karya Abadi yang disengaja atau tidak. 

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan bagi Bapak/Ibu, saya mohon maaf. 

 

Hormat saya,

Nurulia Mahesti

7. Contoh Surat Resign Kerja Pindah Domisili Atau Tempat Tinggal

Jakarta, 1 September 2021

Yth. 

HRD PT. Karya Abadi

Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Nurulia Mahesi

Alamat : Jl. Ketapang Utara, Jakarta

Jabatan : Staf Marketing

Melalui surat ini ini saya menyatakan untuk melakukan pengunduran diri dari jabatan saya selaku staf marketing di PT Karya Abadi terhitung mulai tanggal 1 September 2021. Surat pengunduran diri ini saya buat karena adanya urusan perpindahan domisili dari tempat tinggal saya yang sekarang menuju tempat domisili saya yang baru.

Saya ucapkan terima kasih kepada ada pihak perusahaan Karya Abadi yang telah mengizinkan saya untuk dapat belajar dan berkontribusi dalam berjalannya perusahaan ini. Semoga perusahaan ini semakin berkembang dan jaya selama berjalannya waktu. Ilmu yang saya peroleh di perusahaan ini akan sangat berguna untuk pengalaman saya di dunia marketing.

Saya ucapkan pula permohonan maaf kepada rekan kerja dan juga jajaran pimpinan PT Karya Abdi bila semasa saya bekerja di perusahaan ini terdapat kesalahan-kesalahan. 

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata saya yang kurang berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya. 

 

Hormat saya,

 

(Nurulia Mahesti )

8. Contoh Surat Resign Kerja Sementara

contoh surat resign kerja sementara

9. Contoh Surat Resign Kerja Untuk Melanjutkan Studi 

contoh surat resign kerja karena melanjutkan studi

10. Contoh Surat Resign Kerja Karena Pekerjaan Lain

contoh surat resign kerja karena pekerjaan lain

11. Contoh Surat Resign Kerja Karena Masalah Kesehatan

contoh surat resign kerja karena kesehatan

12. Contoh Surat Resign Kerja Karena Ingin Berwirausaha

contoh surat resign kerja karena wirausaha

13. Contoh Surat Resign Dari Organisasi

contoh surat resign kerja di organisasi

14. Contoh Surat Resign Kerja Yang Baik dan Benar

contoh surat resign kerja yang baik

15. Contoh Surat Resign Kerja Karena Untuk Mencoba Hal Baru

contoh surat resign kerja karena hal baru

Baca juga artikel terkait “Cara Membuat CV” :

Buku Terkait : 

Nah, itulah penjelasan tentang surat resign kerja beserta contohnya yang bisa Grameds jadikan referensi sebelum akhirnya memutuskan untuk resign dari tempat kerja. Apakah Grameds sudah memikirkan matang-matang untuk resign kerja?

Setiap orang pasti memiliki pengalaman masing-masing dalam dunia pekerjaan. Jadi meskipun saat ini mencari pekerjaan itu susah tetapi tidak menutup kemungkinan seseorang untuk mencoba peruntungan lain untuk memperoleh pendapatan. 

Agar Grameds bisa lebih yakin untuk mengambil keputusan resign dari pekerjaan maka Grameds bisa baca buku koleksi Gramedia di www.gramedia.com dan www.ebooks.gramedia.com. Koleksi buku Gramedia akan memberikan Grameds banyak referensi selain surat resign saja tetapi juga perspektif dalam dunia pekerjaan. Berikut ini rekomendasi buku Gramedai yang bisa Grameds baca untuk mempertimbangkan kembali keputusan untuk resign dari pekerjaan: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas

4 Buku Terkait Contoh Surat Resign Kerja

tombol beli buku

tombol beli bukutombol beli buku

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti