in

7 Contoh Surat Pribadi Singkat dan Struktur Bagiannya

Contoh Surat Pribadi Singkat – Sobat grameds pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan pesan pribadi, bukan? Atau apakah sobat grameds pernah memiliki teman pena? Ya, surat pribadi tentu berbeda dengan surat izin atau surat dinas, baik dari segi tujuan, bagian struktur maupun bahasanya.

Meski teknologi sekarang sudah maju, penggunaan pesan pribadi sudah berkurang karena adanya aplikasi chatting, namun di beberapa daerah masih ada orang yang rajin menulis dan membalas surat. Bagi mereka, surat pribadi itu seolah menyampaikan perasaan dan pikiran mereka dengan lebih tulus. 7 Contoh Surat Pribadi

Tidak hanya surat resmi, Anda juga harus tahu cara menulis surat pribadi. Seperti namanya, surat ini bersifat pribadi dan dapat dikirimkan kepada orang-orang terdekat Anda. Anda dapat melihat contoh referensi surat pribadi untuk lebih memahami cara membuatnya.

Biasanya surat ini digunakan untuk memberikanberita/informasi kepada orang terdekat yang tinggal jauh dari kita. isi suratnya bisa panjang, tapi bisa juga isi suratnya pendek. Ini sangat mudah dilakukan, karena Anda tidak harus mengikuti aturan resmi apa pun. Berikut ulasan seputar contoh surat pribadi singkat!

Contoh-Contoh Surat Pribadi Singkat

Padahal, menulis surat pribadi itu sederhana karena berisi pikiran dan perasaan yang ingin kita sampaikan kepada penerimanya. Ini seperti kita mengobrol dengan mereka secara langsung, tetapi dengan menulis surat. Jadi, apa contoh surat pribadi? Berikut contoh yang saya berikan.

Strategi Sukses Menguasai Surat-Menyurat Dalam Bisnis Dan Perjanjian
Strategi Sukses Menguasai Surat-Menyurat Dalam Bisnis Dan Perjanjian

1. Contoh Surat Memberi Kabar

Jakarta, 22 Januari 2021

Untuk Fahira

Di Pekan Baru

Hai teman seperjuanganku,

Gimana kabarnya? Aku baik, meskipun kamu belum nanya kabar aku haha, btw selamat tahun baru fahira!!!! Semoga tahun ini lebih baik ya. Maaf ya aku udah lama banget gak ngabarin ke kamu, karena kesibukan aku di Jakarta. Tapi saya tidak lupa untuk menulis surat kepada Anda, meskipun saya butuh beberapa saat untuk membalasnya hehehe. Rasanya waktu berjalan cepat banget gak sih? Perasaan baru kemarin kita berjuang lulus SMA bareng, belajar bareng, ngerjain PR bareng, bahkan pilih jurusan juga sama ya kan, meskipun kita beda PTN :’). Sekarang sudah tahun ke-4 bagi kita sama-sama berjuang di PTN masing-masing dan dua tahun belakangan kita harus belajar di rumah aja gara-gara pandemi.

Oya, aku bulan depan akan sidang akhir lho, doain aku ya, biar lancar sampai sidang, dan dapat nilai terbaik. Kalo kamu kapan Fahira? Aku yakin kamu juga bentar lagi kan?

aku harap surat itu dapat mencapai kamu sesegera mungkin, saya juga menantikan kabar dari kamu dan aku menyesal tidak melihat postingan kamu haha. Semoga hari kamu menyenangkan di sana, menunggu tanggapan kamu, sampai jumpa!

Salam manis dari yang termanis,

Fadhil

2. Contoh Surat Pribadi Singkat Mengungkapkan Perasaan

Jakarta, 28 Februari 2021

Untuk Ibu dan Bapak

Di Medan

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Selamat tahun baru ibu dan bapak yang sangat aku rindukan. Maaf kalo aku belum bisa pulang  tahun ini ke rumah ibu dan bapak karena masa pandemi yang tak kunjung mereda.Seperti Anda, saya rindu untuk bertemu kembali dengan ayah dan ibu saya. 

Hadirin sekalian, Anda tidak perlu khawatir tentang kesehatan saya karena saya saat ini bekerja dari rumah dan mengikuti prosedur perawatan kesehatan yang tepat. aku juga rajin minum vitamin dan olahraga di rumah untuk memperkuat daya tahan tubuh. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika aku kembali kepada orang tua kita justru akan membawa anak-anak nakal bersama kita, jadi kita semua harus menahan diri untuk mencapai kebaikan bersama ini. Tetapi hormati protokol kesehatan ya bu, dan juga stay at home, insyaallah kita bisa bertemu kembali jika mata rantai virus sudah putus. 

 Semoga tetap sehat dan terlindungi dari segala penyakit dan virus, dan semoga pandemi ini cepat berlalu sehingga kita bisa bertemu muka.Salam kangen :),

Maswanah

Di bawah ini ada contoh berdasarkan orang yang dituju dari menulis surat pribadi.

3. Contoh Surat Untuk Teman

Pekan Baru, 5 Januari 2021

Teruntuk teman masa kecilku,

Fadhil

Di tempat

Hidup Sipil!

Begitulah slogan jurusan ku, terdengar tangguh bukan? Hehe. Kalian harus mendengarkannya secara live sesekali, kalian pasti akan terkejut karena kita berjauhan (eaa) ketika kita memasuki lab yang berbeda, kita biasanya sibuk satu sama lain dan fokus pada mimpi kita masing-masing Tapi tentunya aku sering tiba-tiba kangen masa-masa belajar dan nongkrong bareng kamu, Fahira.

Aku tidak percaya, kita belum pernah bertemu selama 4 tahun. Jika kita berada di pulau yang sama, kapan kita akan saling mengenal haha. aku sangat senang ketika saya mendengar dari kamu, kamu mungkin tidak percaya, tapi itu kebenarannya. Sekarang aku juga sedang menulis disertasi saya sebagai persiapan untuk penilaian akhir, mungkin dalam beberapa minggu. Tapi belum ada tanggal pasti, nanti aku kabari kalau masa percobaan aku sudah habis, jadi kalian juga bisa mendoakan xaku, hanya aku yang mendoakan kalian hahaha.

aku harap disertasi kamu berjalan dengan baik dan persidangan kamu berjalan dengan baik, aku sangat menyadari bahwa orang seperti kamu tidak dapat menjawab dalam interogasi karena kamu seorang pekerja keras, tetapi saya tetap ingin mendoakan yang terbaik untuk kamu.

Salam aku yang manis yang kaya gula,

Fahira.

4. Contoh Surat Pribadi Singkat Untuk Guru

Jakarta, 25 Januari 2021

Kepada Guru yang saya Hormati,

Ibu Andien

Di tempat 

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Apa kabar ibu? Apakah Anda ingat saya, saya Al, siswa SMA ibumu. Tidak apa-apa Bu, jika Anda tidak ingat, saya mengerti karena Anda memiliki banyak siswa dan saya bukan salah satu siswa yang berprestasi di sekolah menengah. Tapi saya masih ingat Andina karena cara dia mengajari kami sangat menginspirasi saya untuk menjadi lebih baik.

Karena apa yang ibu saya katakan tentang salah satu disiplin ilmu saya saat itu, sementara yang lain meremehkan jurusan dan pekerjaan impian saya, saya sekarang telah berhasil bekerja di bidang yang sesuai dengan keahlian saya dan yang saya sukai, yaitu di bidang teknologi informasi. Maka dalam kesempatan langka ini, saya sangat berterima kasih atas pengajaran dan inspirasi Anda, layanan Anda sangat berarti bagi saya, dan saya yakin teman-teman lain akan merasakan hal yang sama.

Itu surat dari saya bu, semoga ibu Andien selalu sehat dan bahagia selamanya. Terima kasih ibu.

Murid Ibu Andien, 

Al 

5. Contoh Surat Pribadi Singkat Untuk Orang Tua

Jakarta, 25 Januari 2020

Kepada Bunda tersayang, 

Di tempat

Hai bun, 

Bunda lagi apa? Saya tahu kalo bunda mau saya tetap tinggal bersama bunda dan kerja di Surabaya saja agar saya tidak perlu tinggal sendirian di ibukota, namun saat ini saya ingin membangun karirku sebaik mungkin. Saya telah bekerja di Jakarta selama 6 bulan  dan semuanya baik-baik saja sehingga Anda tidak perlu khawatir. 

 Sebenarnya, saya menulis untuk memberi tahu Anda bahwa saya akan memiliki pekerjaan di daerah Surabaya selama seminggu, yang berarti saya dapat mengunjungi ibu saya selama beberapa hari. saya mau ke surabaya 2 minggu lagi kakak-kakak udah ga sabar mau makan nasi buatan ibu buat bantu bersihin rumah hehe. Ngomong-ngomong, mau bawa dari Jakarta atau tidak, nanti saya bawa. 

 Jika surat ini sampai, tolong balas ibu saya, agar saya juga tahu apa berita Anda dan apa yang ingin Anda bawa, sapa dia dan saudara laki-laki., bilangin gitu aku kangen hehe.

Salam hangat dari anakmu, 

Ningsih.

6. Contoh Surat Pribadi Singkat Untuk Orang di Luar Negeri

Rotterdam, 27 Juli 2022

Teruntuk Ibu Guruku

Assalamualaikum Wr.Wb

Haloooo Bu Enggar, bagaimana kabar Ibu? Saya harap ibu selalu diberi kekuatan dan ketabahan menjalani kehidupan. Kira-kira, apakah Ibu masih ingat dengan saya? Saya adalah Madun, murid Ibu yang selalu membuat Ibu kesal selama di SMA. Saya yakin Ibu masih ingat saya.

Dulu sekitar enam tahun lalu, Ibu pernah memarahi saya dan justru membuat saya senang dan  titik itu menjadi titik balik dalam kehidupan saya dan membuat saya lebih bergairah lagi menjalani kehidupan. Ibu masih ingat tidak? Saat itu Ibu sudah izin untuk keluar kelas sebentar karena hendak mengurus sesuatu di kantor, kemudian kelas langsung ramai. Saya dan teman-teman sedang bermain game melalui hp sambil tertawa dan berteriak. Kemudian seluruh kelas terdiam karena ibu guru saya lewat, tetapi saya masih berteriak karena permainan yang saya mainkan. Ibu akhirnya muncul di belakangku dan menyenggol bahuku dan tersenyum. Tapi saya pikir dia adalah teman jadi saya marah. Ketika menoleh, ternyata itu adalah Ibu. Aduh bu… Saya malu bukan main. Alhasil teman-teman lain menertawakan kelakuan saya.

Kemudian, suatu hari, saya bolos sekolah dengan ibu saya untuk bermain game di stasiun persewaan atau rental ps. Ibu Edgar saya benar-benar kesulitan untuk pergi ke persewaan dan datang menemui saya, meminta saya untuk segera kembali ke sekolah. Tetapi saya tetap cuek terhadap perintah Ibu dan terus menatap telivisi. Ibu langsung mengupingku keras-keras karena aku sama sekali tidak menanggapi nasehatmu.

Akhirnya Ibu berkata “Kamu itu pandai, Madun. Jangan buang waktu belajar bermain game. Bermain game boleh saja, tetapi Anda juga harus ingat kewajiban Anda adalah belajar. Jika kamu bolos sekolah, kamu merasa kasihan pada orang tuamu… Aku tahu kamu adalah anak yang baik, kamu tentu tidak ingin melihat orang tuamu sedih bukan?

.Mungkin bagi orang lain, apa yang ibu saya ajarkan kepada saya hanyalah nasihat biasa, tetapi bagi saya, itu menyentuh saya  sekali dan saya masih mengingatnya dengan jelas hingga hari ini. Mungkin juga jika ibuku tidak datang untuk mencubit telingaku, aku akan gagal. Saya benar-benar ingin  bertemu dengan Anda secara langsung dan mengucapkan  terima kasih Namun sepertinya keadaan masih belum mengizinkannya. Alhamdulillah saya  bekerja di KBRI Belanda. 

 Jadi, melalui surat ini saya ingin mengucapkan  terima kasih kepada Ibu Yang bisa saya lakukan adalah selalu mendoakannya, Dia selalu dalam keadaan sehat sehingga saya dapat mengunjunginya.. Jasa-jasa Ibu bahkan tidak akan sanggup saya balas. Tidak ada yang abadi di dunia ini, tapi jasa dan dedikasi Ibu sebagai guru akan terus hidup. Terima kasih, Bu Enggar. 

Muridmu yang nakal tetapi tetap tampan,

Madun

7. Surat Pribadi Singkat Setengah Resmi

Jakarta, 25 Juni 2021

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X3

SMA Budi Pekerti Jakarta

Dengan hormat,

Dengan ini saya sebagai orang tua/wali murid dari:

Nama: Gerry Pangestu

Siswa: Kelas X3 SMA Budi Pekerti Jakarta

Alamat: Jl. Akordion 1 No. 8B Koja, Jakarta Utara

Surat tersebut menyatakan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar reguler karena sakit. Oleh karena itu saya mohon izin kepada wali kelas kelas X3 untuk membiarkan anak saya istirahat sampai anak saya bisa sekolah seperti biasa.

Demikian surat ini saya sampaikan kurang lebihnya saya minta maaf . Atas perhatian Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya.

Hormat saya,

Orang tua/wali murid

Bagus pangestu

Pengertian Surat Pribadi Singkat

Surat pribadi singkat  juga dikenal sebagai surat yang bersifat rahasia atau pribadi. Seperti namanya, surat pribadi adalah surat yang  berisi pesan untuk penggunaan pribadi atau pribadi dan dikirimkan kepada orang lain. Jadi perbedaan antara surat resmi dan surat pribadi adalah sifatnya. Surat resmi adalah kepentingan umum sedangkan pesan pribadi bersifat pribadi.

Surat Menyurat Dengan Microsoft Word XP
Surat Menyurat Dengan Microsoft Word XP

Pada umumnya surat ini ditujukan kepada keluarga, orang-orang terkasih, sahabat, sahabat dan lain-lain. Pada saat yang sama, korespondensi resmi dikirim ke organisasi publik, swasta atau individu.

Perbedaan antara surat resmi dan surat pribadi kedua adalah pada umumnya surat pribadi menggunakan bahasa yang tidak baku. Namun, pesan individu terkadang juga dapat  menggunakan bahasa standar tergantung pada pesan yang  disampaikan dan disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing.

Ciri-Ciri Surat Pribadi Singkat

  • Tidak memiliki kop surat itulah yang membedakannya dengan surat dinas.
  • Tidak ada jumlah huruf.
  •  Gunakan sapaan pribadi yang  santai dalam membuka dan menutup salam.
  •  Kalimat dan bahasa yang digunakan tidak terlalu formal dan cenderung menggunakan bahasa sehari-hari yang biasa digunakan oleh penulis dan penerima surat, namun tetap  santun dan dapat dimengerti.
  •  Bentuk tulisan tergantung  keinginan dan kesukaan penulis atau bebas.

Jenis-Jenis Surat Pribadi Singkat

Berdasarkan isi dan sifatnya, surat pribadi digolongkan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Surat pribadi keluarga

Jenis surat pribadi yang isinya  kekeluargaan, misalnya surat kepada saudara, teman, teman kirim untuk berkomunikasi dan sering menggunakan bahasa asing standar, tulisan tangan.

2. Surat pribadi semi formal

Surat yang dibuat dan juga disampaikan kepada pihak lain sebagai sarana komunikasi baik dengan perorangan maupun organisasi atau instansi. Biasanya dilakukan dengan bahasa yang sopan dan baku.

Surat Kopi
Surat Kopi

Contohnya adalah surat  yang digunakan untuk melamar pekerjaan dan juga surat  yang digunakan untuk melamar ke pihak lain, seperti surat izin meninggalkan sekolah, surat izin meninggalkan pekerjaan atau surat kuasa untuk keluar.

Struktur Surat Pribadi

Surat pribadi  bukan merupakan bagian dari surat resmi atau surat dinas. Namun demikian, penulisannya tetap memiliki bagian-bagian tertentu. Nah, struktur atau bagian dari surat pribadi meliputi:

  1. Tempat atau alamat dan tanggal penulisan, biasanya penulis  mencantumkan kota tempat dan tanggal penulis menulis surat.
  2. Salam pembuka dapat dituliskan contohnya seperti halo, hai, salam sejahtera, salam manis, salam rindu.
  3. Paragraf atau kalimat pembuka surat biasanya berisi sapaan khusus yangs sering digunakan penulis kepada penerima surat.
  4. Paragraf isi surat berisi pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh penulis yang merupakan bagian utama dari surat tersebut.
  5. Paragraf penutup biasanya dituliskan sebagai sapaan akhir untuk menutup surat. Salam penutup.
  6. Nama pengirim dan tanda tangan.

Apa itu surat pribadi dan sebutkan ciri cirinya?

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri surat pribadi yaitu: Tidak menggunakan kop surat.

Apa saja yang termasuk contoh surat pribadi?

Berdasarkan isi dan sifatnya, surat pribadi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu: Surat pribadi yang isinya bersifat kekeluargaan, misalnya surat perkenalan, surat antarkerabat, surat kepada teman, surat kepada orang tua dan sebagainya.

Apa tujuan dan fungsi surat pribadi?

Memberikan kabar atau informasi kepada orang lain (penerima). 2. Sebagai sarana bersilaturahmi karena lama tidak bersua. 3. Mengekspresikan perasaan si penulis pada penerima, bisa berupa perasaan senang, sedih, baik, terharu, bangga, rindu, dan lainnya.

Apa saja syarat penulisan surat pribadi?

Isi surat bersifat pribadi. Tidak menggunakan kop surat. Bahasa yang digunakan boleh tidak resmi, ragam bahasanya akrab. Salam pembuka dan penutup bersifat non formal.

 

Artikel Terkait

https://www.gramedia.com/best-seller/contoh-surat-pribadi/

https://www.gramedia.com/best-seller/contoh-surat-guru/

https://www.gramedia.com/best-seller/contoh-surat-kesepakatan-bersama/

https://www.gramedia.com/best-seller/contoh-surat-pernyataan-kesanggupan/

https://www.gramedia.com/best-sell



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by ziaggi