in

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

Apa saja keuntungan dan kerugian investasi emas? – Grameds, apakah kamu memiliki keinginan menjadi seorang investor? Investor adalah pekerjaan yang sangat diinginkan banyak orang. Bagaimana tidak, karena pekerjaan tersebut hanya tinggal menunggu profit atau keuntungan saja, tanpa bertindak banyak.

Namun, yang perlu diketahui adalah investasi atau menjadi investor adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Kamu harus memiliki pengetahuan mengenai pekerjaan tersebut, selain itu kamu juga harus memiliki pengetahuan mengenai keuangan serta analisisnya. Kamu juga harus bisa menganalisis keadaan yang sedang terjadi.

Ada banyak jenis investasi yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah investasi emas. Akhir-akhir ini investasi emas juga termasuk investasi yang sering dilakukan oleh para investor karena memiliki banyak keuntungan. Akan tetapi, investasi emas juga memiliki kekurangan.

Artikel ini akan membahas mengenai keuntungan dan kelemahan dari investasi emas.

Keuntungan Investasi Emas

keuntungan dan kerugian investasi emasAda beberapa keuntungan yang dapat dimiliki jika memilih investasi emas, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jadi alat tukar

Hal-hal buruk adalah hal yang datang tiba-tiba dan tidak bisa dihindari. Contohnya seperti krisis keuangan. Setiap negara pasti pernah mengalami krisis keuangan. Keadaan tersebut bisa berlangsung dalam waktu yang lama maupun sebentar.

Jika kamu memilih untuk investasi emak, ini adalah keuntungan untuk kamu. Ketika sedang terjadi situasi krisis, kamu bisa menggunakan emas sebagai alat tukar. Kamu bisa menggunakannya ketika situasi tidak terkendali.

Biasanya, emas adalah hal yang tidak terpengaruh oleh inflasi. Maka dari itu, akan lebih bisa dikendalikan. Saat ini, banyak orang yang melakukan investasi menggunakan emas. Hal itu terjadi karena mengingat resiko ketika serang terjadi krisis keuangan. Maka emas tidak akan terpengaruh.

2. Menjadi dana darurat

Keuntungan lain dari investasi emas adalah bisa digunakan untuk data darurat. Selain emas tidak akan terdampak dari adanya inflasi, emas juga bisa disetarakan. Ketika terjadinya inflasi, emas dan uang tunai dapat disetarakan. Hal ini akan mengakibatkan kamu menjadi lebih mudah.

Menabung atau menginvestasikan emas juga akan lebih mudah dijadikan alat pembayaran ketika sedang terjadi krisis ekonomi.

Rahasia Membeli Emas Dengan Harga Diskon 50%
Rahasia Membeli Emas Dengan Harga Diskon 50%

tombol beli buku

Buku ini berisi mengenai tips-tips dalam membeli emas serta rahasia insvestasi emas. Jika kamu ingin memulai investasi emas, buku ini adalah buku yang cocok untuk kamu.

4. Tidak memiliki bunga

Keuntungan selanjutnya dari investasi atau menabung emas adalah tidak adanya bunga. Meskipun ada beberapa tabungan emas yang menerapkan sistem bunga, tetapi ada juga yang tidak menggunakan bunga. Contohnya seperti di pegadaian, orang yang memiliki tabungan emas tidak akan mengalami potongan karena bunga. Hanya ada biaya administrasi saja.

5. Keamanan lebih tinggi

Keuntungan lain yang dimiliki jika berinvestasi dengan emas adalah mengenai keamanannya. Orang yang berinvestasi emas memiliki tingkat keamanan lebih tinggi daripada investasi lainnya. Dikatakan lebih aman karena mampu terhindar dari sebuah inflasi dan suku bunga yang terbilang tinggi. Fluktuasi emas tidak akan seekstrem fluktuasi investasi saham maupun mata uang kripto.

banner-promo-gramedia

Harianto, Direktur Pengembangan Produk dan Pemasaran Pegadaian menyarankan terkait jika ingin melakukan investasi. Menurutnya, jika aset yang dimiliki ingin lebih aman maka berinvestasilah dengan emas. Akan tetapi, ia tidak menyarankan menginvestasikan semua aset yang ada pada emas. Sekitar 10% bisa diinvestasikan dalam bentuk emas.

6. Mudah dicairkan

Keuntungan investasi emas ini bisa dibilang keuntungan utama yang bisa kamu miliki jika berinvestasi emas. Keuntungan ini cukup menggiurkan, karena emas mudah dicairkan. Berbeda dengan investasi lainnya yang sifatnya cenderung lebih sulit dicairkan, atau bahkan hanya dapat diklaim pada situasi-situasi tertentu saja.

Ini menjadi keuntungan yang sangat menarik bagi investor emas. Investasi emas memberikan sebuah keleluasaan bagi para investor atau pemegang investasi. Karena emas dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai dengan cara yang lebih mudah. Waktu yang dibutuhkan juga terbilang lebih singkat. Investasi emas juga lebih fleksibel dari investasi lainnya.

7. Bebas pajak

Keuntungan selanjutnya yang dapat dirasakan jika berinvestasi emas adalah tidak perlu membayar pajak. Hal ini berbeda dengan investasi seperti saham, pada perusahaan-perusahaan tertentu. Keuntungan atau kelebihan yang bisa dimiliki dari investasi yang baik pada sebuah perusahaan tidak lantas dapat langsung dimiliki oleh para investor atau pemegang saham di perusahan tersebut.

Hal itu karena keuntungan tersebut terkadang diikuti oleh adanya sebuah pajak. Selain itu, terkadang juga bentuk dari keuntungan yang didapat dalam perusahaan tersebut bukanlah uang tunai. Ada beberapa perusahaan yang menyediakan lembar saham lagi sebagai sebuah keuntungan.

Jika kamu ingin bebas pajak dari melakukan investasi, cobalah untuk berinvestasi dengan emas. Investasi emas adalah pilihan yang tepat jika ingin menginvestasikan sesuatu tanpa perlu membayar pajak.

8. Melindungi nilai kekayaan

Investasi emas dapat dikatakan melindungi nilai kekayaan. Hal ini karena nilainya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebuah perlindungan investasi emas terhadap kekayaan yang dimiliki oleh seseorang dapat dicerminkan dari harganya yang selalu terbilang stabil. Bahkan cenderung mengalami kenaikan, sehingga ketika ingin menjualnya kembali, seseorang yang berinvestasi dengan emas akan cenderung mendapatkan hasil baik yang justru lebih tinggi dari saat membelinya.

9. Dapat dibeli sesuai keinginan

Kelebihan lainnya yang bisa kamu miliki ketika berinvestasi dengan emas adalah dapat membelinya sesuai keinginan. Artinya, kamu tidak harus membeli dalam jumlah yang besar. Hal ini sama seperti membeli emas dalam bentuk perhiasan. Kamu juga bisa memilih emas yang ingin kamu jadikan investasi. Seperti emas muda atau emas tua.

Saat ini, banyak toko-toko emas yang berbondong-bondong memberikan tawaran yang menggiurkan untuk menarik para pelanggan. Banyak masyarakat yang hidup di level ekonomi menengah ke bawah yang tertarik. Mereka menjual emas muda dengan harga yang terbilang cukup terjangkau, dibandingkan dengan emas tua.

Investasi Emas_Serial Rahasia Sukses Investasi
Investasi Emas_Serial Rahasia Sukses Investasi

tombol beli buku

Buku ini membahas mengenai ‘Serial Rahasia Sukses Investasi’ dengan praktis dan mudah diaplikasikan. Khusus buku ini akan membahas tentang Investasi Emas dan dapatkan juga serial investasi lainnya untuk menambah koleksi investasi kamu.

belajar investasi saham

Kerugian Investasi Emas

Selain memiliki kelebihan, investasi emas juga memiliki kelemahan yang dapat menyebabkan kerugian. Berikut ini adalah kelemahan dari investasi emas:

1. Risiko kehilangan

Kelemahan pertama yang harus dihadapi oleh para investor emas adalah risiko kehilangan. Risiko ini adalah risiko terbesar yang harus diwaspadai. Terutama jika emas yang dijadikan investasi berupa perhiasan dan digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Hal yang dapat terjadi dari risiko kehilangan ini adalah adanya tindak kriminal berupa pencurian atau perampokan. Hal itu biasanya terjadi karena emas atau perhiasan yang digunakan cukup banyak dan terlihat mencolok.

Tidak hanya emas yang berbentuk perhiasan, risiko ini juga dimiliki bagi para investor emas dalam bentuk batangan. Emas Batangan juga rawan dan berisiko mengalami kehilangan. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa investor saham yang memilih untuk mengeluarkan dana lebih untuk menyewa safe deposit box. Safe deposit box adalah sebuah fasilitas yang dimiliki oleh bank. Fasilitas ini berfungsi untuk menyimpan berkas-berkas ataupun sebuah barang yang memiliki nilai yang tinggi.

2. Harga fluktuatif

Kelemahan selanjutnya yang harus dihadapi oleh para investor emas adalah harga yang fluktuatif. Meskipun harga emas memiliki kecenderungan selalu meningkat, tetapi yang perlu diingat adalah kenaikan itu tidak terjadi setiap hari. Selain itu, peningkatan harga emas tersebut tidak terjadi dalam waktu yang cepat.

Terkadang, emas juga akan mengalami penurunan terhadap harga jualnya. Perubahan-perubahan harga emas ini sering berdampak pada sulitnya investor emas dalam menghitung nilai dari investasi emas yang dimiliki di masa yang akan datang.

Mungkin ada beberapa investor yang akan mengambil nilai tengah dari fluktuasi harga emas per gram. Hal itu dilakukan untuk menghitung nilai investasi tersebut di masa yang akan datang. Pastinya dengan suku bunga tertentu.

Akan tetapi, hal tersebut mungkin tidak memiliki pengaruh banyak pada para investor emas yang nilai investasi emasnya tidak terlalu fantastis. Namun akan cukup menjadi sebuah pertimbangan yang berat, terkait harga yang fluktuatif. Hal ini dialami oleh para investor emas yang dapat dikatakan banyak.

Maka dari itu, jika kamu memilih untuk berinvestasi dengan menggunakan emas kamu harus tetap memikirkan segala sesuatunya dengan matang. Termasuk mempertimbangkan faktor fluktuasi harga emas tersebut.

3. Dampak kecil terhadap ekonomi riil

Kelemahan selanjutnya yang didapat jika memilih berinvestasi melalui emas adalah tidak dapat memberikan kontribusi positif. Jika kamu memiliki berinvestasi melalui emas, kamu tidak dapat berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi secara riil. Hal ini karena keuntungan yang dimiliki karena investasi emas cenderung digunakan untuk kepentingan pribadi. Meskipun ada beberapa investor emas menggunakan keuntungan investasi ini untuk kebutuhan suatu pembelanjaan. Pembelanjaan tersebut sebagai indikator dari pertumbuhan ekonomi.

Hal ini berbeda jika sebagai seorang investor saham sebuah perusahaan. Keuntungan yang didapat adalah akar dari keuntungan perusahaan tersebut. Keuntungan ini nantinya akan digunakan kembali oleh perusahaan sebagai investasi lagi. Selain itu, dapat juga digunakan untuk membiayai jalannya perusahaan tersebut. Seperti mengembangkan produk menjadi lebih baik.

4. Investasi jangka panjang

Investasi emas adalah investasi yang tidak cocok jika ingin mencari keuntungan dalam jangka waktu yang singkat. Fluktuasi harga emang yang terbilang besar tidak menjadi sebuah jaminan, seorang investor akan mendapat keuntungan dalam waktu yang cepat. Kecenderungan harga emas naik adalah proses yang memakan waktu lama. Maka ini berarti untuk mendapatkan keuntungan dari selisih antara harga beli dan harga jual yang tinggi tidak langsung bisa didapatkan dalam waktu yang cepat.

5. Harga lambat

Kelemahan dari investasi emas selanjutnya adalah harga emas yang lambat. Harga emang memang cenderung mengalami peningkatan ketika keadaan ekonomi dalam keadaan yang tidak stabo;. Akan tetapi, bisa saja pada waktu tersebut terjadi sebuah inflasi yang menyebabkan kenaikan sekaligus penurunan harga emas tersebut.

Ketika kondisi inflasi terjadi jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan oleh masyarakat, itu tidak menutup kemungkinan bahwa harga emas juga akan menjadi jauh lebih tinggi. Namun begitu pula sebaliknya. Ketika kondisi ekonomi stabil, akan mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi segala sesuatu secara sewajarnya saja. Bila terjadi situasi ekonomi yang dikatakan tidak stabil, emas adalah hal yang bisa dijadikan sebuah alternatif yang aman untuk menyelamatkan kekayaan para investor.

6. Biaya lain-lain

Kelemahan dari investasi emas juga terdapat biaya lain yang harus dikeluarkan. Jika kamu ingin membuka tabungan emas atau berinvestasi dengan emas, kamu perlu memperhatikan ketika transaksi yang dilakukan pertama kali. Ketika itu, kamu akan dikenakan biaya penitipan emas. Biaya penitipan emas ini juga memiliki batas-batas waktu tertentu.

Ketika masa berlaku dari penitipan itu sudah habis, maka otomatis akan terjadi perpanjangan penitipan. Perpanjangan itu dengan cara memotong saldo yang ada di tabungan emas tersebut.

Selain itu, setiap pembelian emas juga akan dikenakan biaya lain. Biaya tersebut adalah biaya administrasi. Layanan penjual jasa emas tersebut akan meminta biaya berupa biaya administrasi sebagai jasa dari mereka.

Baca juga :

 

Itulah informasi mengenai keuntungan dan kerugian berinvestasi emas. Jika kamu memilih untuk investasi emas, kamu harus mengetahui lebih dalam mengenai hal-hal yang terkait dengannya. Cari informasi-informasi lainnya mengenai investasi emas dan lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi buku-buku bacaan terbaik untuk para Grameds.

Hukum investasi
Hukum investasi

tombol beli buku

Buku ini, yang dibagi menjadi 10 bab, memberi gambaran mengenai regulasi investasi secara lengkap dan komprehensif dan berbagai aspek investasi yang dinamis, mulai dari pengenalan dasar hukum investasi, teori-teori investasi, prinsip investasi internasional dan prinsip investasi dalam negeri, kebijakan dalam bidang investasi yang meliputi kebijakan investasi secara umum dan kebijakan investasi di Indonesia, bentuk usaha dan kerja sama investasi, bidang usaha untuk kegiatan investasi, analisis fasilitas, insentif, dan jaminan dalam kegiatan investasi hak dan kewajiban investor berikut sanksi, persoalan perizinan investasi dan penyelesaian sengketa investasi.

Sumber: dari berbagai sumber



Penulis: Wida Kurniasih

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih