in

8 Cara Menghitung Persen di Excel! Gampang dan Lengkap!

Cara menghitung persen di Excel penting untuk dipelajari karena persentase sendiri sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari suku bunga, tabungan, hingga untung-rugi.

Microsoft Excel hadir untuk memudahkan pengguna dalam menyelesaikan berbagai jenis perhitungan, termasuk persentase. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan belajar tentang cara menghitung persen di excel lengkap dengan rumus-rumusnya.

Pengertian Persen

Persen atau persentase adalah sebuah bentuk bilangan yang mewakili sebagian atau seluruh dari sebuah nilai dengan membentuk rasio per seratus. Ada juga yang mendefinisikannya sebagai angka atau perbandingan yang menyatakan pecahan dari seratus.

Saat ini, kita bisa dengan mudah mengidentifikasi bilangan persen melalui simbol “%” yang ditulis di belakang angka. Namun sebelum simbol ini digunakan, orang zaman dulu memakai kata “percento” yang diambil dari bahasa latin untuk menyatakan bilangan persen.

Setelah itu, “percento” diganti lagi menjadi dua simbol, yaitu garis miring (/) untuk “per” dan dua angka nol (00) untuk “cento”. Dari sinilah lahir simbol “%” yang kita kenal sekarang.

Persentase juga bisa dipakai untuk bilangan yang tidak termasuk dalam unsur ratusan. Dengan catatan bilang tersebut harus di-skala-kan agar bisa dibandingkan dengan seratus.

 

Cara Mengubah Data Menjadi Persen (%) Di Microsoft Excel

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara menghitung persentase di Excel, Grameds harus tahu dulu bagaimana cara mengubah data menjadi format persen (%). Sebab, secara default Excel menggunakan angka murni agar pengguna bisa mengubahnya menjadi format yang diinginkan.

Nah, ada tiga cara yang bisa Grameds gunakan untuk mengubah data dari angka murni menjadi persen di Microsoft Excel. Mulai dari cara yang manual hingga otomatis. Berikut penjelasannya:

Mengetikkan ikon “%” langsung

Yang pertama adalah menggunakan cara manual, yaitu dengan mengetikkan ikon “%” yang ada di keyboard saat menulis angka pada cell yang diinginkan. Misalnya Grameds bisa langsung mengetikan “100%”, “50%”, atau yang lainnya secara langsung.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + % di cell yang ingin kamu ubah formatnya menjadi persen. Tinggal pilih yang menurutmu paling cepat dan efisien.

Memakai menu “Number Format”

Cara yang kedua adalah dengan memakai menu “Number Format” yang bisa kamu temukan di Tab “Home” pada lembar kerja Microsoft Excel. Cara ini akan mengubah data-data yang kamu inginkan ke dalam format persen secara otomatis seperti pada gambar di atas.

Menggunakan klik kanan

Terakhir, kamu bisa menggunakan klik kanan pada mouse untuk mengakses menu “Format Cells” secara cepat. Dalam menu ini, Grameds akan menemukan berbagai format angka yang bisa digunakan dalam Microsoft Excel, mulai dari angka desimal, persentase, hingga rupiah.

Langkahnya pun mudah, tinggal klik kanan pada cell yang ingin kamu ubah formatnya, lalu klik pada opsi “Format Cells” atau “Number Format”. Setelah itu, pilih format “percentage”.

 

 

FYI, kalau Grameds mengubah format cell-nya ke dalam persen lalu menulis angkanya, maka angka tersebut akan langsung menjadi bilangan persen. Sedangkan jika Grameds menuliskan angkanya dulu lalu mengubah format cell-nya, maka angka tersebut akan otomatis dikalikan dengan bilangan 100 oleh Excel.

Jadi kalau kamu menulis angka 0,5 di cell A1, lalu mengubah format cell-nya menjadi persen maka angka tersebut akan berubah menjadi 50%.

Cara Menghitung Persen Di Excel

Secara umum, untuk bisa menghitung bilangan persen kita butuh 2 buah variabel. Pertama nilai yang akan dihitung persentasenya dan kedua nilai pembanding dari nilai yang pertama. Artinya, kalau ditulis menjadi rumus maka akan menjadi:

Contohnya kamu baru saja selesai mengerjakan soal ujian Bahasa Indonesia yang berisi 20 soal. Dari 20 soal tersebut, jawaban kamu yang benar ada 15. Nah, kira-kira berapa persentase jawaban benar yang kamu miliki?

Jawabannya:

15/20 x 100% = 75% jawaban yang benar

Sementara untuk persentase jawaban yang salah adalah

5/20 x 100% = 25% jawaban yang salah

Menghitung Penjumlahan Dan Pengurangan Persen Di Excel 

Pixabay.com

Rumus pertama yang akan kita bahas adalah penjumlahan dan pengurangan persen. Biasanya rumus ini digunakan jika kamu ingin melihat jumlah angka setelah dijumlahkan atau dikurangkan dengan bilangan persen. Misalnya saat menghitung sisa utang, harga barang, atau yang lainnya.

Menjumlahkan persentase

Rumus menjumlahkan persentase bisa kamu gunakan ketika ingin melihat jumlah angka setelah dijumlahkan dengan sekian persen dari angka awal.

Misalnya, kamu mempunyai gaji bulanan sebesar Rp2.500.000 lalu di bulan ini kamu mendapatkan bonus sebesar 25% dari gaji.

Berarti jumlah gaji yang kamu terima bisa dihitung dengan rumus penjumlahan persentase, yaitu:

=jumlah gaji bulanan*(1+persentase bonus)

Jadi jumlah gaji yang kamu terima setelah ditambah bonus sebesar 25% adalah Rp3.125.000.

Mengurangkan persentase

Rumus mengurangkan persentase bisa kamu gunakan ketika ingin melihat jumlah angka setelah dikurangi dengan sekian persen dari angka awal.

Misalnya, Grameds mempunyai gaji bulanan sebesar Rp2.500.000 lalu di bulan ini kamu harus membayar denda sebesar 5% dari gaji.

Maka, jumlah total gaji yang kamu dapatkan di bulan ini bisa dihitung menggunakan rumus:

=jumlah gaji bulanan*(1-persentase bonus)

Jadi, jumlah gaji yang kamu terima setelah dipotong denda sebesar 5% adalah Rp2.375.000

Menghitung Persentase Perubahan Dan Proporsi

 

Dalam artikel cara menghitung persen di excel ini, kita juga akan membahas tentang 2 tipe rumus persentase, yaitu persentase perubahan dan persentase proporsi.

Persentase Perubahan

Persentase perubahan biasanya digunakan sebagai penunjuk selisih antara nilai sebelum dan nilai sesudah. Nah, nilai yang dihasilkan dalam rumus ini umumnya berupa bilangan persen.

Persentase perubahan sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu persentase kenaikan dan persentase penurunan. Pada dasarnya, rumus untuk menghitung persentase perubahan di excel adalah:


Misalnya, setiap bulan kamu menerima uang jajan bulanan dari orang tua sebesar Rp1.00.000 lalu tak ada angin tak ada hujan, uang jajan bulan Desember berubah menjadi Rp1.250.000. Alhamdulillah banget, bukan?

Nah, kira-kira berapa persen perubahan uang jajan kamu di bulan Desember nanti? Untuk menghitungnya kamu bisa menggunakan rumus:

=(uang jajan bulan desember-uang jajan bulan november)/uang jajan bulan november

Dari perhitungan rumus persentase perubahan di atas, Grameds bisa lihat bahwa perubahan uang jajan bulan Desember adalah 25% atau bertambah Rp250.000.

Rumus persentase perubahan bisa juga dipakai untuk menghitung nilai yang bukan merupakan akumulasi dari keseluruhan nilai yang ada. Misalnya dalam contoh di atas, uang jajan bulan November bukan hasil dari penjumlahan uang jajan kamu selama bulan Januari sampai Oktober.

Dalam menghitung persentase perubahan, kamu mungkin akan menemukan nilai “0%”, tapi tak perlu khawatir karena nilai tersebut justru menunjukkan bahwa tidak ada perubahan sama sekali.

Selain itu, kamu juga akan menemukan nilai persen positif (+) dan negatif (-) di mana positif menunjukkan peningkatan dari nilai sebelumnya sementara negatif menunjukkan penurunan dari nilai sebelumnya.

Cara menghitung persentase perubahan kenaikan

Persentase perubahan kenaikan biasanya menunjukkan jumlah penambahan nilai baru dibandingkan dengan nilai yang lama. Nilai penambahan ini diperoleh dengan cara mengurangi nilai yang baru dengan nilai yang lama.

Jadi secara matematika, rumus menghitung persentase kenaikan bisa ditulis menjadi:

Dalam Microsoft Excel rumusnya menjadi:

=(nilai baru-nilai lama)/nilai lama

Contohnya, selama 3 bulan terakhir kamu sudah mengerjakan Try Out (TO) Ujian Nasional sebanyak 5 kali dengan hasil sebagai berikut:

Try Out Nilai
TO pertama 75
TO kedua 82
TO ketiga 87
TO keempat 90
TO kelima 93

Berapa persen kenaikan nilai dari TO pertama sampai TO kelima? Untuk menghitungnya kita akan menggunakan rumus =(nilai baru-nilai lama)/nilai lama

Dalam contoh tabel di atas, F3 adalah nilai baru dan F2 adalah nilai lama, begitupun dengan F4, F5, dan F6.

Cara menghitung persentase perubahan penurunan

 

Berbanding terbalik dengan perubahan kenaikan, persentase perubahan penurunan biasanya menunjukkan jumlah penurunan nilai baru dibandingkan dengan nilai yang lama. Nilai penurunan ini diperoleh dengan cara mengurangi nilai yang lama dengan nilai yang baru. Jadi kalau ditulis secara matematis, rumusnya adalah:


Artinya kalau ditulis ke dalam rumus Microsoft Excel menjadi:

=(nilai lama-nilai baru)/nilai lama

Contohnya, selama 3 bulan terakhir kamu sudah mengerjakan Try Out (TO) Ujian Nasional sebanyak 5 kali dengan hasil sebagai berikut:

Try Out Nilai
TO pertama 90
TO kedua 85
TO ketiga 80
TO keempat 76
TO kelima 73

Berapa persen penurunan nilai dari TO pertama sampai TO kelima? Untuk menghitungnya kita akan menggunakan rumus =(nilai lama-nilai baru)/nilai lama

Dalam persentase perubahan, nilai yang minus juga menunjukkan perubahan penurunan.

Cara menghitung persentase proporsi

Proporsi merupakan pecahan yang pembilangnya adalah bagian dari penyebutnya. Ini berarti persentase proporsi menghitung nilai persentase dari variabel dengan cara membandingkan variabel tersebut dengan pembandingnya. Namun variabel yang dibandingkan ini adalah bagian dari variabel pembandingnya.

Agar lebih mudah, perhatikan contoh kasus berikut ini:

Misalnya di tahun ajaran 2022/2023 ada 300 siswa baru yang mendaftar ke SMP Harapan Jaya. Dari 300 pendaftar tersebut, 120 diantaranya adalah laki-laki dan 180 sisanya adalah perempuan.

Nah, persentase proporsi bisa kamu gunakan untuk menghitung persentase siswa laki-laki dan perempuan tersebut karena persentase proporsi berdasarkan pada rumus matematika:


Mengacu pada rumus matematika ini, maka rumus untuk menghitung persentase proporsi dalam Microsoft Excel adalah:

=jumlah siswa laki-laki atau perempuan/jumlah siswa yang mendaftar*100%

Untuk lebih jelasnya langsung saja cek ilustrasi di bawah ini:

Selain rumus di atas, kamu juga bisa menggunakan rumus lain yang tidak mengalikan dengan angka 100%, yaitu:

=jumlah siswa laki-laki atau perempuan/jumlah siswa yang mendaftar

Namun jika menggunakan rumus ini kamu harus mengubah format cell menjadi persentase atau percentage (%) sehingga Excel akan otomatis mengalikan hasil perhitungan dengan angka 100%.

Cara Menghitung Rata-Rata Persen Di Excel

Untuk mengetahui cara menghitung rata-rata persen di Excel, perhatikan contoh kasus berikut ini:

Misalnya, hasil ujian Bahasa Inggris terakhir kamu adalah 85. Sementara itu, salah satu teman di kelasmu mendapatkan nilai maksimal dalam ujian tersebut, yaitu 100. Nah, berapa besar rata-rata persentase skor ujian Bahasa Inggris yang kamu miliki?

Untuk mengetahui nilai persennya, Grameds bisa menggunakan rumus:

=Nilai yang kamu peroleh/Nilai maksimal

Cara menghitung persentase kumulatif di Excel

Persentase kumulatif sama dengan nilai dari keseluruhan perhitungan. Jadi kalau ingin menghitungnya, Grameds perlu menjumlahkan semua angka yang ada terlebih dulu. Biar lebih mudah, cek penjelasan berikut ini:

Misalnya, kamu memiliki catatan pemasukan selama bulan Agustus sampai Oktober dengan jumlah yang berbeda-beda setiap bulannya.

Nah, sebelum mengetahui berapa persentase kumulatifnya, kamu harus menjumlahkan dulu semua angka tersebut dengan rumus =sum seperti pada gambar di bawah ini:

Setelah itu, kamu bisa menghitung persentase kumulatif dengan menggunakan rumus:

=sum(pemasukan)/total pemasukan, maka hasilnya akan menjadi seperti ini:

Cara Menghitung Persen Keuntungan, Kerugian, Bunga, Dan Diskon Di Excel

Unsplash.com

Bagi Grameds yang memiliki bisnis sendiri atau bekerja sebagai admin keuangan, tentunya sudah akrab dengan keuntungan, kerugian, bunga, dan juga diskon. Kamu bisa menghitung itu semua dengan Microsoft Excel dengan rumus-rumus yang ada di bawah ini:

Cara Menghitung Persentase Keuntungan Dan Kerugian

Keuntungan atau laba merupakan biaya yang tersisa di luar biaya yang sudah dikeluarkan. Sementara kerugian adalah kondisi ketika harga penjualan barang lebih kecil dibanding harga modal.

Karena itu, untuk menghitung keuntungan dan kerugian kamu harus mempunyai data-data seperti nama barang, harga beli, harga jual. Setelah itu, tinggal masukkan ke dalam lembar kerja Microsoft Excel.

Agar lebih mudah, anggaplah kamu memiliki data nama barang, harga beli, dan harga jual seperti di bawah ini:

Pertama, hitung dulu berapa keuntungan dan kerugian yang kamu peroleh dengan rumus:

=harga jual-harga beli. Maka hasilnya akan menjadi seperti ini:

Dari tabel di atas, bisa dilihat kamu mengalami satu kerugian karena menjual topi seharga Rp25 ribu padahal modal untuk membelinya adalah Rp30 ribu. Sekarang waktunya menentukan persentase dari untung dan rugi tersebut dengan menggunakan rumus:

=jumlah untung atau rugi/harga beli

Dengan rumus ini kamu akan mendapatkan hasil sebagai berikut:

Jangan lupa untuk mengubah format cell pada bagian “Persentase” menjadi “percentage” jika hasil perhitungan yang kamu lakukan adalah angka desimal. Dengan begitu, Excel akan secara otomatis mengubahnya menjadi bilangan persen (%).

Cara Menghitung Persentase Bunga Di Excel

Menghitung bunga pinjaman

Mengetahui besaran bunga pinjaman per tahun bisa Grameds lakukan dengan menggunakan rumus

=jumlah bunga (%)*jumlah pinjaman

Misalnya, kamu meminjam uang ke bank sebanyak Rp55.000.000 dengan bunga 12% per tahunnya. Kira-kira berapa jumlah bunga pinjaman yang harus kamu bayarkan?

Jawabannya bisa dicek pada gambar di bawah ini:

Jadi jumlah bunga yang harus kamu bayar adalah Rp6.600.000

Menghitung Bunga Tabungan

Untuk menghitung bunga tabungan, Grameds bisa memakai rumus:

=(100%+jumlah bunga)*jumlah tabungan

Misalnya kamu punya tabungan di bank D sebesar Rp35.000.000, bank D memberikan bunga tabungan sebesar 2,5% per tahun. Kira-kira berapa jumlah tabunganmu setelah satu tahun? Jawabannya:

Menghitung bunga pinjaman per bulan

Jika kamu meminjam uang sebesar Rp25.000.000 dengan bunga pinjaman flat 2% per bulan dari pokok pinjaman awal, berapa yang jumlah yang harus kamu bayar setelah satu tahun? Untuk menghitungnya, Grameds bisa menggunakan rumus:

=12*jumlah bunga*jumlah pinjaman pokok

Cara Menghitung Persentase Diskon Di Excel

Cara menghitung persentase diskon di Excel bisa kamu lakukan dengan menggunakan rumus:

=harga barang*diskon

Plagiarisme:

Demikian pembahasan tentang cara menghitung persen di excel. Semoga semua pembahasan di atas memudahkan kamu dalam menghitung persen di excel.

Jika ingin mencari buku tentang Microsoft Excel, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang Oktaviana Putra



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy